Jumat, 19 Juni 2015 - 06:51:01 WIB
Bupati Rohul: Kehadiran Masjid Bermakna 4 HalKategori: Advertorial - Dibaca: 10 kali

Baca Juga:Jalan Poros Terkikis, Pemprov Kalbar Diharapkan Segera MeresponTerbukti Berpihak Pada Parpol, Petugas TPS Kakap Akan Ditindak Terkesan Ada Manipulasi SPPD Anggota Dewan ParmoutPT POS Menandatangani Kerjasama Dengan UPS

Pasir Pengaraian, Jaya Pos

Ada 4 hal makna dari kehadiran masjid, yakni pertama sebagai simbol agama Islam, dengan berdirinya sebuah masjid di suatu kota atau desa maka setiap orang yang melintasi rumah ibadah tersebut, akan berkata dalam hatinya bahwa warga di sekitarnya pasti mayoritas pemeluk agama Islam.

Kedua, sebagai pusat aktivitas umat Islam. Suatu masjid bukan hanya digunakan sebagai ibadah tetapi juga untuk seluruh aktivitas masyarakat, seperti sosial ekonomi dan kegiatan lainnya yang berhubungan dengan urat nadi kehidupan.

Ketiga, membangun kekuatan umat Islam. Melalui kehadiran para jamaah di dalam masjid untuk menunaikan ibadahnya setiap waktu maka akan tercipta komunikasi kekeluargaan, jika ada seseorang jamaah yang tidak hadir menunaikan ibadah seperti biasanya, maka jamaah yang lain akan mencari tahu halangan apa gerangan yang terjadi bagi yang bersangkutan, jika karena sakit maka sesama jamah akan menjenguknya.

Keempat sebagai sumber rezeki bagi umat Islam. Karena para jamaah setiap waktu hadir beribadah di masjid yang diimani sebagai rumah Allah SWT selaku pemberi rezeki, maka akan diberi limpahan rezeki kepada para jamaah yang setia  mengunjungi rumahNya tersebut.  

Demikian sambutan Bupati Rokan Hulu (Rohul), Drs H Achmad MSi, saat meresmikan Masjid Besar Riyadul Muttaqin, Rabu (10/6), di Kelurahan Kota Lama Kecamatan Kunto Darussalam Kabupaten Rohul, Provinsi Riau.

Selain bupati, juga hadir anggota DPRD Rohul, para kepala dinas, badan, kantor di lingkungan Pemkab Rohul, ketua dan para panitia pembangunan masjid, Camat dan Upika, para tokoh masyarakat, dan limaratusan warga Kunto Darussalam.

Bupati kemudian mengajak para jamaah agar memanfaatkan masjid megah tersebut dengan sebaik-baiknya seperti yang sudah diuraikan, seraya menantang para jamaah untuk melakukannya dalam tiga bulan berturut-turut secara rutin tanpa absen ibadahnya, maka akan terjadi suatu perubahan yang radikal dalam kehidupannya. Bupati memberi contoh  yaitu Masjid Agung Madani Islamic Centre (MAMIC) Pasir Pengaraian, yang dibangun semasa kepemimpinannya.

Para jamaah termasuk dirinya dan pejabat serta PNS Pemkab Rohul melakukan ibadah secara teratur dan kontiniu pada MAMIC tersebut. “Saat ini kabupaten Rohul mendapat rezeki melimpah ruah, melalui kehadiran sumur-sumur minyak di sejumlah kecamatan, dan telah memproduksi puluhan ribu barel per harinya,” terang Achmad.

Menjawab pertanyaan, Ketua Panitia Pembangunan Masjid, M Rusli, kepada sejumlah wartawan menyebutkan, anggaran pembangunannya sebesar Rp3,8 milyar dan sudah terealisasi untuk pembangunan fisik masjid sekira Rp2 milyar, melalui kotak pembangunan para jamaah rata-rata Rp35 juta setiap bulannya, dan dari Pemda Rohul sebesar Rp500 juta, dan juga berupa pemasangan kubah masjid. Masih kekurangan Rp1,8 milyar lagi.  

“Hingga saat ini fisik masjid sudah mencapai 85%, setelah peresmian ini  dan seterusnya sudah dapat digunakan para jamaah,” ungkap mantan anggota DPRD Rohul fraksi Golkar 2009-2014 ini. adv/humas


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerDinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (4499)Proyek KA di Sulsel Membawa Petaka, Danyon Zipur Jadi Tersangka (2989)Komentari Kasus e-KTP, Andar: Abraham Samad Itu 'Omdo' (1659)Pandangan Umum Fraksi PDIP, PAN, dan RNB Terhadap Nota Keuangan dan Raperda APBD Kota Depok TA 2018 (1080)PT IIGF Adakan Baksos di Desa Telajung (604)PT Jembatan Nusantara Melakukan Pembohongan Terhadap Pelamar Pekerjaan (441)Proyek Jalan Siduk-Ketapang Rp 27 M Diduga Bermasalah (328)Wujud Sinergitas TNI Polri, Polsek Wates Makan bersama dengan 70 Anggota TNI (283)Diabetes, Ancaman Yang Harus Diwaspadai (273)Ratusan Pekarya KSO Demo PT BBP (238)
Bedah JayaposBendungan Karalloe Senilai 518 M Tidak Selesai PPK dan Kontraktor Enggan KomentarMakassar, Jaya Pos Mega proyek konstruksi pembangunan Bendungan Karalloe, yang menelan anggaran sebesar Rp ...


Tangani Sengketa Tanah Damang Tewah Turun LapanganPT EBB Supply Puluhan Ribu Ton Solar Perhari ke Penambang di Sei KahayanRehab Sekolah Di Pandeglang Diduga Rawan PenyimpanganBPN Maros Akan Panggil Pemilik Sertifikat Ganda Pada Lahan Proyek Mamminasata Pekerjaan Jalan Pasirkadu-Perdana Dikeluhkan WargaPT. MAJI Diduga Serobot Lahan Kelompok Tani Karya MandiriPeningkatan Jalan Kebonagung Kemangsen Menyimpang
Laporan KhususMemperkenalkan Lebih Dini Budaya Batak Pada Anak-Anak Melalui Natal STM SarohaJakarta, Jaya Pos Perayaan Natal Parsahutaon STM Saroha Kedaung Kali Mati Jakarta Barat, Sabtu (9/12/2017) ...


Waiting List Keberangkatan Jamaah Haji Kabupaten Ciamis Sudah Mencapai 2030Menggali Monumen Quo Lijn, Tim Pusat Sejarah Kepolisian Melakukan PenelitianSiapkan Aparatur Transportasi Handal, Padang Panjang Teken MoU dengan STTDPemkab Mukomuko Memperingati Maulid Nabi Mudammad SAW 1439 H/2017 MImbau Pemkab/Pemkot Ingatkan Masyarakat Lakukan Pencegahan KebakaranPengembangan Pemasaran Melalui OnlinePublikasi Kinerja Setda Kabupaten Bogor Semester II Tahun 2017