Jumat, 19 Juni 2015 - 06:51:01 WIB
Bupati Rohul: Kehadiran Masjid Bermakna 4 HalKategori: Advertorial - Dibaca: 140 kali

Baca Juga:Jalan Poros Terkikis, Pemprov Kalbar Diharapkan Segera MeresponTerbukti Berpihak Pada Parpol, Petugas TPS Kakap Akan Ditindak Terkesan Ada Manipulasi SPPD Anggota Dewan ParmoutPT POS Menandatangani Kerjasama Dengan UPS

Pasir Pengaraian, Jaya Pos

Ada 4 hal makna dari kehadiran masjid, yakni pertama sebagai simbol agama Islam, dengan berdirinya sebuah masjid di suatu kota atau desa maka setiap orang yang melintasi rumah ibadah tersebut, akan berkata dalam hatinya bahwa warga di sekitarnya pasti mayoritas pemeluk agama Islam.

Kedua, sebagai pusat aktivitas umat Islam. Suatu masjid bukan hanya digunakan sebagai ibadah tetapi juga untuk seluruh aktivitas masyarakat, seperti sosial ekonomi dan kegiatan lainnya yang berhubungan dengan urat nadi kehidupan.

Ketiga, membangun kekuatan umat Islam. Melalui kehadiran para jamaah di dalam masjid untuk menunaikan ibadahnya setiap waktu maka akan tercipta komunikasi kekeluargaan, jika ada seseorang jamaah yang tidak hadir menunaikan ibadah seperti biasanya, maka jamaah yang lain akan mencari tahu halangan apa gerangan yang terjadi bagi yang bersangkutan, jika karena sakit maka sesama jamah akan menjenguknya.

Keempat sebagai sumber rezeki bagi umat Islam. Karena para jamaah setiap waktu hadir beribadah di masjid yang diimani sebagai rumah Allah SWT selaku pemberi rezeki, maka akan diberi limpahan rezeki kepada para jamaah yang setia  mengunjungi rumahNya tersebut.  

Demikian sambutan Bupati Rokan Hulu (Rohul), Drs H Achmad MSi, saat meresmikan Masjid Besar Riyadul Muttaqin, Rabu (10/6), di Kelurahan Kota Lama Kecamatan Kunto Darussalam Kabupaten Rohul, Provinsi Riau.

Selain bupati, juga hadir anggota DPRD Rohul, para kepala dinas, badan, kantor di lingkungan Pemkab Rohul, ketua dan para panitia pembangunan masjid, Camat dan Upika, para tokoh masyarakat, dan limaratusan warga Kunto Darussalam.

Bupati kemudian mengajak para jamaah agar memanfaatkan masjid megah tersebut dengan sebaik-baiknya seperti yang sudah diuraikan, seraya menantang para jamaah untuk melakukannya dalam tiga bulan berturut-turut secara rutin tanpa absen ibadahnya, maka akan terjadi suatu perubahan yang radikal dalam kehidupannya. Bupati memberi contoh  yaitu Masjid Agung Madani Islamic Centre (MAMIC) Pasir Pengaraian, yang dibangun semasa kepemimpinannya.

Para jamaah termasuk dirinya dan pejabat serta PNS Pemkab Rohul melakukan ibadah secara teratur dan kontiniu pada MAMIC tersebut. “Saat ini kabupaten Rohul mendapat rezeki melimpah ruah, melalui kehadiran sumur-sumur minyak di sejumlah kecamatan, dan telah memproduksi puluhan ribu barel per harinya,” terang Achmad.

Menjawab pertanyaan, Ketua Panitia Pembangunan Masjid, M Rusli, kepada sejumlah wartawan menyebutkan, anggaran pembangunannya sebesar Rp3,8 milyar dan sudah terealisasi untuk pembangunan fisik masjid sekira Rp2 milyar, melalui kotak pembangunan para jamaah rata-rata Rp35 juta setiap bulannya, dan dari Pemda Rohul sebesar Rp500 juta, dan juga berupa pemasangan kubah masjid. Masih kekurangan Rp1,8 milyar lagi.  

“Hingga saat ini fisik masjid sudah mencapai 85%, setelah peresmian ini  dan seterusnya sudah dapat digunakan para jamaah,” ungkap mantan anggota DPRD Rohul fraksi Golkar 2009-2014 ini. adv/humas


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerKejanggalan Pengadaan Barang dan Jasa di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kab Sidoarjo Terciu (50370)Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (13454)BPPT MoU Dengan Pemkab Natuna Kaji Pemanfaatan Teknologi Guna Mendukung Percepatan Pembangunan Dae (12783)Perselingkuhan Antar Kepsek Akhirnya Terbongkar (8009)Mandi Seperti Manusia Petugas Yakin Bonita Adalah Harimau 'Jadi-Jadian' (5335)Tujuh Komoditas Unggulan Dinas Perkebunan Propinsi Jawa Timur (4893)Proyek Kawasan Wisata Penataran Blitar Abaikan Spek Kadis dan Satker Disbudpar Lempar Tanggung Jawab (4577)Dua Siswa Kelas 3 SMKN Tutur Dikeluarkan, Disuruh Buat Pernyataan Pengunduran Diri (3947)Sintong Gultom Bubarkan Rapat Banmus DPRD Setiran Bonaran Situmeang (3797)PT IIGF Adakan Baksos di Desa Telajung (3616)
Bedah JayaposProgram PPLP di Dispora Jatim Jadi Ajang Korupsi ?Surabaya, JAYAPOS - Pemusatan Pelatihan Pelajar Provinsi Jawa Timur (PPLP) digulirkan sejak tahun ...


Kades Mekar Sari-Panimbang Diduga Manipulasi Data BSPS Kaum MiskinDana DAK Rehab, RKB dan Perpustakaan Sekolah Diduga Dipungli Hingga Ratusan Juta RupiahPerusakan Pagar Beton Diperintah Oleh TerdakwaPenggunaan Anggaran Pendidikan PAUD Mantan Pjs Mekar Jaya Diduga Tidak TransparanPungli di CV BB Travel Catut Nama Polres Penyidik Dilapor Ke Propam Polda KaltengPedestrian Merr-Kalidami Senilai Rp 3 Milyar Terkesan Asal JadiGalian C Desa Treman Kabupaten Minut Diduga Tidak Mengantongi Izin
Laporan KhususBuka Pekan Koperasi, Walikota Jabarkan Tiga Komponen ReformasiPekan koperasi yang digagas oleh DKUM Kota Depok ini mengusung tema koperasi bergerak bersama untuk ekonomi ...


Wagub Berikan Jawaban pada Rapat Paripurna DPRD Provinsi SumselBupati OKI Minta Polisi Tindak Tegas Pembakaran LahanSrikandi Pasegeran Multi Peran di TMMDSembako Malam Disalurkan Kepada Warga Sasaran TMMD BanjarnegaraPeringatan Harganas XXV Tahun 2018, Bupati Irdinansyah Peroleh Tanda Kehormatan Manggala Karya KencaSuport Ibu-ibu Karanggondang Luar Biasa "Tak Ragu Langsir Material"Pemprov Jambi Dukung Pelestarian Olahraga Tradisional dan Liga Santri