Jumat, 19 Juni 2015 - 06:51:01 WIB
Bupati Rohul: Kehadiran Masjid Bermakna 4 HalKategori: Advertorial - Dibaca: 1081 kali

Baca Juga:Jalan Poros Terkikis, Pemprov Kalbar Diharapkan Segera MeresponTerbukti Berpihak Pada Parpol, Petugas TPS Kakap Akan Ditindak Terkesan Ada Manipulasi SPPD Anggota Dewan ParmoutPT POS Menandatangani Kerjasama Dengan UPS

Pasir Pengaraian, Jaya Pos

Ada 4 hal makna dari kehadiran masjid, yakni pertama sebagai simbol agama Islam, dengan berdirinya sebuah masjid di suatu kota atau desa maka setiap orang yang melintasi rumah ibadah tersebut, akan berkata dalam hatinya bahwa warga di sekitarnya pasti mayoritas pemeluk agama Islam.

Kedua, sebagai pusat aktivitas umat Islam. Suatu masjid bukan hanya digunakan sebagai ibadah tetapi juga untuk seluruh aktivitas masyarakat, seperti sosial ekonomi dan kegiatan lainnya yang berhubungan dengan urat nadi kehidupan.

Ketiga, membangun kekuatan umat Islam. Melalui kehadiran para jamaah di dalam masjid untuk menunaikan ibadahnya setiap waktu maka akan tercipta komunikasi kekeluargaan, jika ada seseorang jamaah yang tidak hadir menunaikan ibadah seperti biasanya, maka jamaah yang lain akan mencari tahu halangan apa gerangan yang terjadi bagi yang bersangkutan, jika karena sakit maka sesama jamah akan menjenguknya.

Keempat sebagai sumber rezeki bagi umat Islam. Karena para jamaah setiap waktu hadir beribadah di masjid yang diimani sebagai rumah Allah SWT selaku pemberi rezeki, maka akan diberi limpahan rezeki kepada para jamaah yang setia  mengunjungi rumahNya tersebut.  

Demikian sambutan Bupati Rokan Hulu (Rohul), Drs H Achmad MSi, saat meresmikan Masjid Besar Riyadul Muttaqin, Rabu (10/6), di Kelurahan Kota Lama Kecamatan Kunto Darussalam Kabupaten Rohul, Provinsi Riau.

Selain bupati, juga hadir anggota DPRD Rohul, para kepala dinas, badan, kantor di lingkungan Pemkab Rohul, ketua dan para panitia pembangunan masjid, Camat dan Upika, para tokoh masyarakat, dan limaratusan warga Kunto Darussalam.

Bupati kemudian mengajak para jamaah agar memanfaatkan masjid megah tersebut dengan sebaik-baiknya seperti yang sudah diuraikan, seraya menantang para jamaah untuk melakukannya dalam tiga bulan berturut-turut secara rutin tanpa absen ibadahnya, maka akan terjadi suatu perubahan yang radikal dalam kehidupannya. Bupati memberi contoh  yaitu Masjid Agung Madani Islamic Centre (MAMIC) Pasir Pengaraian, yang dibangun semasa kepemimpinannya.

Para jamaah termasuk dirinya dan pejabat serta PNS Pemkab Rohul melakukan ibadah secara teratur dan kontiniu pada MAMIC tersebut. “Saat ini kabupaten Rohul mendapat rezeki melimpah ruah, melalui kehadiran sumur-sumur minyak di sejumlah kecamatan, dan telah memproduksi puluhan ribu barel per harinya,” terang Achmad.

Menjawab pertanyaan, Ketua Panitia Pembangunan Masjid, M Rusli, kepada sejumlah wartawan menyebutkan, anggaran pembangunannya sebesar Rp3,8 milyar dan sudah terealisasi untuk pembangunan fisik masjid sekira Rp2 milyar, melalui kotak pembangunan para jamaah rata-rata Rp35 juta setiap bulannya, dan dari Pemda Rohul sebesar Rp500 juta, dan juga berupa pemasangan kubah masjid. Masih kekurangan Rp1,8 milyar lagi.  

“Hingga saat ini fisik masjid sudah mencapai 85%, setelah peresmian ini  dan seterusnya sudah dapat digunakan para jamaah,” ungkap mantan anggota DPRD Rohul fraksi Golkar 2009-2014 ini. adv/humas


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerMembongkar Proyek Permai Grup (Bag 1), PT AJ Dapat Jatah Rp 35 M di Kementerian Perhubungan (121145)Komisi IX DPR RI dan Menteri Kesehatan Agar Meninjau Kembali Pembangunan Rumah Sakit Internasional (90690)Bayi Hasil Hubungan Gelap Dibuang di WC Sekitar Kabah ( Nestapa Pahlawan Devisa di Negeri Orang Bgn (55558)SMPN 2 Pasar Kemis Butuh Ruang Kelas Baru (48434)Diduga Peras Pengusaha Toko Material dan Toko Emas, PPATK Diminta Audit Harta Pejabat KPP Pratama Ko (45608)PP Amanatul Ummah Tidak Penuhi Janjinya Pada Wali Murid (44842)Tanah Milik H.Amiruddin Pase Jadi Ajang Kejahatan Koneksitas Hakim Dan Penyidik Kepolisian (37240)Perusahaan Martua Sitorus Ngemplang Pajak Rp 7,2 Triliun? (32571)Ibunda Ajeng Mamamia Dimejahijaukan (31283)Sudah Tiga Jenderal Polisi Pembawa Gerbong Terbelit Kasus (23548)
Bedah JayaposBendahara P3A Kadu Kemis Karya Diduga Tidak DifungsikanPandeglang Jaya Pos Ust Armad, Bendahara Kelompok Perkumpulan Petani Pengguna Air (P3A), ‘Kadu ...


Insentif Guru Honorer K2 dan Non K2 Disunat 10%Proyek Jalan Nasional dan Jembatan AmburadulProyek Siluman Ala Disdik Kepulauan RiauKasup Korupsi Bupati Maros Terhenti, Tiga Petinggi Polri Akan Kembali DigugatMasyarakat Desa Kace Timur Bangka Pertanyakan LKPJ Tahun 2016Lemkira Tantang Polda Sulsel Untuk Menahan 7 Tersangka Proyek Pipa SPAM Proyek Amburadul Kok Dibilang Bagus Dan Sesuai
Laporan KhususBupati Muba Dodi Reza Alex: Teruslah Berbuat Untuk Kemajuan BangsaMuba, Jaya Pos Memaknai HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-72, ratusan Aparatur Sipil Negara (ASN) ...


HUT RI, Bersama Membangun NatunaHari Pramuka Nasional Bupati OKI Iskandar Dapat Lencana MelatiPeringatan HUT Ke-72 Kemerdekaan RI di OKU Penuh KhidmatPertama di Sumsel Pemkab Muba Luncurkan KSWPPiala Adipura Diarak Mengelilingi Kota Baturaja Kabupaten OkuKesepakatan RPJMD DitandatanganiMenristek Dikti Apresiasi Kepemimpinan Bupati Bantaeng