Selasa, 30 Juni 2015 - 07:24:00 WIB
Dihadiri Ribuan Warga Masyarakat Rohul Bupati Achmad Pimpin Acara "Potang Balimau"Kategori: Advertorial - Dibaca: 424 kali

Baca Juga:Rukindo Gelar Raker Tahun 2012Pelanggaran Tata Ruang Marak di Jakarta PusatPelayanan e-KTP di Kelurahan Kaliabang Tengah Mendapat Antusias WargaPerlu Pemanggilan Paksa

Pasir Pengaraian, Jaya Pos

Potang Balimau atau mandi dengan air limau merupakan tradisi turun temurun masyarakat kecamatan Rambah, kabupaten Rokan Hulu (Rohul), yang dilakukan sehari sebelum memasuki bulan suci Ramadhan. Warga bersilaturahmi dengan mandi-mandi, di setiap kecamatan nama tradisi ini berbeda-beda, namun tujuannya sama.

Dalam rangka itu, Rabu (17/6) sore, Bupati Rohul, Drs H Achmad MSi, memimpin acara tradisi warisan leluhur tersebut, di Water Front City Sungai Batang Lubuh, Pasirpangaraian, didampingi Wabup, Ir H Hafith Syukri MM, Ketua DPRD, Nasrul Hadi ST MT, Ketua LAMR (Lembaga Adat Melayu Riau) Rohul, T Raflie Amri SSos. Juga hadir, para unsure Forkopimda, Asisten Setda, kepala dinas, badan, kantor di lingkungan Pemkab, bersama ribuan warga Rohul lainnya.

Yang menarik pada acara ini, sebanyak 80 wanita membawa nampan berisi kue, yang berasal dari 16 kecamatan masing-masing membawa 5 nampan kue khasnya, ratusan anggota rebana, para tokoh adat, tokoh agama, tokoh masyarakat, dan ratusan pelajar yang membawa manggar, ikut mengarak Bupati dan Wabup beserta pejabat lainnya ke lokasi acara.

Usai acara, kue-kue khas tersebut dibagi-bagikan kepada warga yang hadir. Panitia juga mengadakan lomba memanjat di tepi Sungai Batang Lubuh, dengan menyiapkan 7 pohon pinang dengan hadiah utama sepeda di setiap pohon.

Bupati Achmad dalam sambutannya mengatakan, Potang Balimau ini pada intinya kita membersihkan diri dengan air limau dan harum-haruman lainnya. “Secara fisik kita bersihkan diri, secara bathin kita sambut datangnya bulan suci Ramadhan,” ungkapnya.

Acara tradisi warisan leluhur ini masih terjaga hingga sekarang. Satu hari menjelang puasa, biasanya warga mandi-mandi dengan air limau di sungai Batang Lubuh ini, kemudian bersalam-salaman. Menjelang waktu Maghrib, mereka pulang untuk mengikuti Shalat Tarawih. Ini sudah menjadi Wisata Adat di Rohul, diharapkan acara seperti ini terus dilestarikan, sebut Achmad.

Di akhir sambutannya, bupati mengajak seluruh warga Rohul untuk lebih meningkatkan ibadahnya. Kepada warga non muslim dihimbau agar senantiasa menghormati umat muslim yang sedang berpuasa, para pemilik warung makanan dan minuman, agar menutup usahanya pada siang hari. Secara khusus kepada pemilik warung remang-remang, dapat menutup usahanya, tegas Bupati dua periode ini. (adv/humas)


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerKejanggalan Pengadaan Barang dan Jasa di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kab Sidoarjo Terciu (19684)Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (13267)BPPT MoU Dengan Pemkab Natuna Kaji Pemanfaatan Teknologi Guna Mendukung Percepatan Pembangunan Dae (12661)Perselingkuhan Antar Kepsek Akhirnya Terbongkar (7807)Mandi Seperti Manusia Petugas Yakin Bonita Adalah Harimau 'Jadi-Jadian' (5169)Dua Siswa Kelas 3 SMKN Tutur Dikeluarkan, Disuruh Buat Pernyataan Pengunduran Diri (3705)PT IIGF Adakan Baksos di Desa Telajung (3507)Proyek KA di Sulsel Membawa Petaka, Danyon Zipur Jadi Tersangka (3336)Tujuh Komoditas Unggulan Dinas Perkebunan Propinsi Jawa Timur (2868)Sintong Gultom Bubarkan Rapat Banmus DPRD Setiran Bonaran Situmeang (2763)
Bedah JayaposDiduga Menyinggung Institusi TNI Kapolres Karawang DimutasiIsu yang berkembang menyebutkan kalau Kapolres Karawang di mutasi karena adanya rekaman video yang viral di ...


Telkom Manado Tutup Mata Tiang Melintang Di Jalan Trans Sulawesi TateliKomnas PAN Subang Gugat Sertifikat HGB PT.Central Georgente Nusantara6 Bulan Tidak Ditindaklanjuti Kejagung Koleksi Laporan Pengaduan?Poktan Penerima Program Kedelai Keluhkan Kualitas BenihPutusan Merasa Tidak Adil, Penggugat Curahkan Kemarahannya Pada HakimBantuan Keuangan Khusus Senilai Rp 2 M Jadi Ajang Bancakan (Bag 3)Bantuan Keuangan Khusus Senilai Rp 2 Milyar Jadi Ajang Bancakan (bag 2)
Laporan KhususAmbulans Hanura Siap Layani Kepentingan Warga ManadoManado, Jaya Pos Komitmen Partai Hati Nurani Rakyat Provinsi Sulawesi Utara dibawah kepemimpinan Ketua ...


Acara sosialisasi BHPRD TA 2018Study KomparasiKegiatan Ketahanan Pangan NasionalKegiatan Peningkatan Kapasitas TP-PKKPisah Sambut Dandim 0307/Tanah Datar, Sekaligus Penyambutan Komandan Secata B dan Ketua PA PadangpanJelang Ramadhan, Harga Bahan Pokok di Depok Masih Stabil Bupati Labuhanbatu Apresiasi Pelaksanaan Isra Mi'raj Yang Diprakarsai Oleh Kodim 0209/LB