Senin, 09 April 2012 - 11:30:06 WIB
Korupsi Berjamaah di Sudin Kebersihan Jakarta BaratKategori: Jakarta - Dibaca: 155 kali

Baca Juga:Pat Gulipat Pembebasan Tanah Cisumdawu “Indonesia 2012” Pameran Filateli oleh PT PosSamsat Soreang Berikan Pelayanan PrimaBiaya Pemasangan Listrik di Desa Cimahpar Sangat Beratkan Warga
Jakarta, Jaya Pos

Wajar saja Jakarta Barat mendapatkan raport merah di penilaian Adipura tahap 1 dan 2 dari 5 wilayah di Provinsi DKI Jakarta, karena tidak optimalnya kinerja UKPD dan SKPD.

Hal itu dibuktikan atas kinerja Suku Dinas (Sudin) Kebersihan Jakarta Barat yang terindikasi korupsi berjamaah pada penggunaan anggaran BBM hingga puluhan miliar rupiah per tahun, yang diperuntukkan bagi kendaraan oprasional pengangkut sampah.

Sementara BBM yang diperuntukkan bagi truk kecil sebanyak 30 liter, dan untuk truk besar sebanyak 35 liter solar sekali mengirim sampah ke TPS Bantar Gebang. Dalam satu hari, satu kendaraan bisa dua kali pengiriman sampah. Jadi, bisa dipastikan per satu mobil truk kecil sebanyak 60 liter.

Sedangkan untuk truk besar 70 liter solar, yang tiap harinya mengisi BBM di POM Bensin Pertamina unit PPDN-lll PT Cendrawasih Bumi Pertiwi di Jalan Raya Cendrawasih No 99 Cengkareng, Jakarta Barat.

Salah seorang sopir truk pengangkut sampah, yang tidak mau menyebut namanya, kepada Jaya Pos mengatakan, “karena tidak semua kendaraan layak jalan dan tidak semua dua kali per hari mengirim sampah, namun di cacatan harian pembelian BBM Kasi Kecamatan Kalideres, saya lihat semua masuk dalam daftar pengguanaan BBM”.

Jika per hari ada sekitar 2 - 4 kendaraan tidak layak jalan, tambahnya, bisa dihitung berapa jumlah anggaran BBM yang masuk ke kantong Kasi Kecamatan. Belum lagi, jika ada 3 - 6 mobil tidak dua kali mengirim sampah atau jalan, namun tetap saja masuk dalam daftar catatan penggunaan BBM dua kali pembelian.

“Kalau saya, sepertinya modus ini berlaku juga pada Kecamatan Kali De­res, Cengka­reng, Grogol Petamburan, Tambora, Kebunjeruk, Taman Sari, Palmerah. Ini sudah berjalan sejak dari tahun 2007,” katanya.

A Sagala yang menjabat Kasudin Kebersihan Jakarta Barat, hingga berita ini diturunkan belum dapat dikonfirmasi Jaya Pos.

Di tempat terpisah, Ketua Umum LSM-GACD Andar Situmorang mengatakan, pada tahun 2007, Gubernur Fauzi Bowo telah memberi mandat kepada A Sagala menjadi kordinator pembangunan jalan di Pulau Gerbang.

Kemudian A Sagala menunjuk yang berinisial M Napitupulu sebagai pelaksana, yang konon walaupun banyak kalangan pemerhati pembangunan DKI Jakarta serta LSM menggagab sukses, sehingga A Sagala ditunjuk menjadi Kasudin Kebersihan Jakarta Barat dan Imade sebagai Kasapras pada tahun 2007.

Sejak itu, A Sagala dengan Imade memainkan skenario menggerogoti anggaran kebersihan. Namun ironisnya lagi, pasca pensiunnya A Sagala, Imade masih memainkan peran memperkaya diri melalui paket lelang, seperti pada tahun 2010 di anggaran minyak pelumas kendaraan oprasioanal Sudin Kebersihan Jakarta Barat sekitar Rp 2, 305 miliar kode rekening : 1.03.013.27.009.

Namun yang dilelangkan pada tahun 2010 tersebut hanya sebesar Rp 576,463 juta. Hal itu dapat dibuktikan pada pengumuman pelelangan umum nomor : 5/PPBJ/lX/2010.

Bukan hanya itu, angaran penggantian suku cadang kendaraan oprasional untuk tahun 2010 sekitar Rp 5,583 miliar kode rekening : 1.03.013.27.007.5.2.2.02.18. Namun yang dilelang hanya sekitar Rp 1,172 miliar kode rekening : 5.2.2.02.18 dengan nomor pelelangan : 07/PPBJ/X/2010 pada tanggal 13 Oktober 2010.

Kemudian, penghamburan anggaran miliaran rupiah pada pengadaan mobeler yang sampai mobeler tersebut tak dapat difungsikan. Padahal, jika melihat perlengkapan mobeler di kantor Kasi Kecamatan Cengkareng yang sangat pantas mendapatkan penggantian lemari, kursi dan meja, begitu juga dengan kecamatan yang lain di Jakarta Barat.

   “Untuk itu, sudah sepantasnya Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memeriksa jajaran Suku Dinas Kebersihan Jakarta Barat, terkait selama ini Kejaksaan Negeri Jakarta Barat tak mampu mengungkap fakta di balik korupsi berjamaah di Sudin Kebersihan Jakarta Barat,” kata bung Andar. RHM
0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerKejanggalan Pengadaan Barang dan Jasa di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kab Sidoarjo Terciu (36864)Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (13338)BPPT MoU Dengan Pemkab Natuna Kaji Pemanfaatan Teknologi Guna Mendukung Percepatan Pembangunan Dae (12715)Perselingkuhan Antar Kepsek Akhirnya Terbongkar (7889)Mandi Seperti Manusia Petugas Yakin Bonita Adalah Harimau 'Jadi-Jadian' (5237)Tujuh Komoditas Unggulan Dinas Perkebunan Propinsi Jawa Timur (4483)Dua Siswa Kelas 3 SMKN Tutur Dikeluarkan, Disuruh Buat Pernyataan Pengunduran Diri (3809)PT IIGF Adakan Baksos di Desa Telajung (3549)Pengusaha Ayam Goreng Karawaci Rugi Rp 28 Juta (3472)Proyek KA di Sulsel Membawa Petaka, Danyon Zipur Jadi Tersangka (3401)
Bedah JayaposKorupsi Di Disdik Jabar ? Asep Suhanggan : Saya Punya Saudara JaksaBANDUNG, JAYA POS – Dengan anggaran gemuk Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat rentan ...


Warga Desa Indrajaya Komplain Pengerjaan JalanProyek Baja Ringan SMPN 9 Purwakarta Diduga Asal-asalan, Disdik Segera Tegur PemborongPengawasan Dinas Lemah, Inspeksi Tanggul Urukan Pantai Kenjeran (Bronjong) Asal JadiProyek Rp 14 M Lebih Kawalan TP4D Kajati Kalteng Terindikasi Tak Sesuai KontrakProgram BSPS Tahun 2017, Diduga Langgar Peraturan Kemen PUPRProyek Irigasi Banda Usang Di Siguhung Terkesan AmburadulApotik Intan Farma Diduga Jual Obat Diatas HET, Imodium Dijual Rp 145 Ribu, Apotik Lain Rp 91 Ribu
Laporan KhususPT Semen Baturaja (Persero) Tbk. ...


Jelang Lebaran, Harga Stabil di Mendobarat dan MerawangPemkab Mojokerto Kembali Pertahankan Gelar WTPPT Inalum Bagikan Paket Sembako Gratis kepada WargaPelantikan Pejabat Tinggi Pratama Kabupaten Samosir DigelarBupati Dan Ketua TP- PKK Tanjab Barat, Bagikan Zakat MalPUBLIKASI KINERJA DINAS SOSIAL KABUPATEN BOGOR TAHUN 2018WTP Ke Enam Anugerah Terindah Bagi Kabupaten Tanah Datar