Senin, 09 April 2012 - 11:30:06 WIB
Korupsi Berjamaah di Sudin Kebersihan Jakarta BaratKategori: Jakarta - Dibaca: 207 kali

Baca Juga:Pat Gulipat Pembebasan Tanah Cisumdawu “Indonesia 2012” Pameran Filateli oleh PT PosSamsat Soreang Berikan Pelayanan PrimaBiaya Pemasangan Listrik di Desa Cimahpar Sangat Beratkan Warga
Jakarta, Jaya Pos

Wajar saja Jakarta Barat mendapatkan raport merah di penilaian Adipura tahap 1 dan 2 dari 5 wilayah di Provinsi DKI Jakarta, karena tidak optimalnya kinerja UKPD dan SKPD.

Hal itu dibuktikan atas kinerja Suku Dinas (Sudin) Kebersihan Jakarta Barat yang terindikasi korupsi berjamaah pada penggunaan anggaran BBM hingga puluhan miliar rupiah per tahun, yang diperuntukkan bagi kendaraan oprasional pengangkut sampah.

Sementara BBM yang diperuntukkan bagi truk kecil sebanyak 30 liter, dan untuk truk besar sebanyak 35 liter solar sekali mengirim sampah ke TPS Bantar Gebang. Dalam satu hari, satu kendaraan bisa dua kali pengiriman sampah. Jadi, bisa dipastikan per satu mobil truk kecil sebanyak 60 liter.

Sedangkan untuk truk besar 70 liter solar, yang tiap harinya mengisi BBM di POM Bensin Pertamina unit PPDN-lll PT Cendrawasih Bumi Pertiwi di Jalan Raya Cendrawasih No 99 Cengkareng, Jakarta Barat.

Salah seorang sopir truk pengangkut sampah, yang tidak mau menyebut namanya, kepada Jaya Pos mengatakan, “karena tidak semua kendaraan layak jalan dan tidak semua dua kali per hari mengirim sampah, namun di cacatan harian pembelian BBM Kasi Kecamatan Kalideres, saya lihat semua masuk dalam daftar pengguanaan BBM”.

Jika per hari ada sekitar 2 - 4 kendaraan tidak layak jalan, tambahnya, bisa dihitung berapa jumlah anggaran BBM yang masuk ke kantong Kasi Kecamatan. Belum lagi, jika ada 3 - 6 mobil tidak dua kali mengirim sampah atau jalan, namun tetap saja masuk dalam daftar catatan penggunaan BBM dua kali pembelian.

“Kalau saya, sepertinya modus ini berlaku juga pada Kecamatan Kali De­res, Cengka­reng, Grogol Petamburan, Tambora, Kebunjeruk, Taman Sari, Palmerah. Ini sudah berjalan sejak dari tahun 2007,” katanya.

A Sagala yang menjabat Kasudin Kebersihan Jakarta Barat, hingga berita ini diturunkan belum dapat dikonfirmasi Jaya Pos.

Di tempat terpisah, Ketua Umum LSM-GACD Andar Situmorang mengatakan, pada tahun 2007, Gubernur Fauzi Bowo telah memberi mandat kepada A Sagala menjadi kordinator pembangunan jalan di Pulau Gerbang.

Kemudian A Sagala menunjuk yang berinisial M Napitupulu sebagai pelaksana, yang konon walaupun banyak kalangan pemerhati pembangunan DKI Jakarta serta LSM menggagab sukses, sehingga A Sagala ditunjuk menjadi Kasudin Kebersihan Jakarta Barat dan Imade sebagai Kasapras pada tahun 2007.

Sejak itu, A Sagala dengan Imade memainkan skenario menggerogoti anggaran kebersihan. Namun ironisnya lagi, pasca pensiunnya A Sagala, Imade masih memainkan peran memperkaya diri melalui paket lelang, seperti pada tahun 2010 di anggaran minyak pelumas kendaraan oprasioanal Sudin Kebersihan Jakarta Barat sekitar Rp 2, 305 miliar kode rekening : 1.03.013.27.009.

Namun yang dilelangkan pada tahun 2010 tersebut hanya sebesar Rp 576,463 juta. Hal itu dapat dibuktikan pada pengumuman pelelangan umum nomor : 5/PPBJ/lX/2010.

Bukan hanya itu, angaran penggantian suku cadang kendaraan oprasional untuk tahun 2010 sekitar Rp 5,583 miliar kode rekening : 1.03.013.27.007.5.2.2.02.18. Namun yang dilelang hanya sekitar Rp 1,172 miliar kode rekening : 5.2.2.02.18 dengan nomor pelelangan : 07/PPBJ/X/2010 pada tanggal 13 Oktober 2010.

Kemudian, penghamburan anggaran miliaran rupiah pada pengadaan mobeler yang sampai mobeler tersebut tak dapat difungsikan. Padahal, jika melihat perlengkapan mobeler di kantor Kasi Kecamatan Cengkareng yang sangat pantas mendapatkan penggantian lemari, kursi dan meja, begitu juga dengan kecamatan yang lain di Jakarta Barat.

   “Untuk itu, sudah sepantasnya Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memeriksa jajaran Suku Dinas Kebersihan Jakarta Barat, terkait selama ini Kejaksaan Negeri Jakarta Barat tak mampu mengungkap fakta di balik korupsi berjamaah di Sudin Kebersihan Jakarta Barat,” kata bung Andar. RHM
0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerKejanggalan Pengadaan Barang dan Jasa di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kab Sidoarjo Terciu (50469)Proyek Kawasan Wisata Penataran Blitar Abaikan Spek Kadis dan Satker Disbudpar Lempar Tanggung Jawab (18678)Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (13556)BPPT MoU Dengan Pemkab Natuna Kaji Pemanfaatan Teknologi Guna Mendukung Percepatan Pembangunan Dae (12869)Perselingkuhan Antar Kepsek Akhirnya Terbongkar (8132)Mandi Seperti Manusia Petugas Yakin Bonita Adalah Harimau 'Jadi-Jadian' (5423)Tujuh Komoditas Unggulan Dinas Perkebunan Propinsi Jawa Timur (5176)Sintong Gultom Bubarkan Rapat Banmus DPRD Setiran Bonaran Situmeang (4413)Dua Siswa Kelas 3 SMKN Tutur Dikeluarkan, Disuruh Buat Pernyataan Pengunduran Diri (4069)PT IIGF Adakan Baksos di Desa Telajung (3684)
Bedah JayaposDugaan Pungli Program Redis di Kecamatan Sobang, LSM Setempat Siap Laporkan ke Aparat HukumPandeglang, JAYAPOS - Terkait dugaan pungutan liar (pungli) Program Redistibusi yang sedang berjalan ...


Futsal Pogot Samping Balai RW Asal Jadi, Penyelenggara Dispora BungkamKebakaran Jenggot, Kadis PUTR Kabupaten Agam Marah-Marah Pemasangan Lampu PJU Darmo Terindikasi DikorupsiDiduga Tanpa IMB, Pembangunan Pasar Rao-Rao Tetap DilanjutkanTPM P3TGAI Desa Banyubiru Tertutup Pada WartawanAnggota DPRD Geram, Bangun Drainase Tidak Sesuai HarapanKejati Minta Tindak PT Citra Indah Lestari, Proyek Rp 4 M di Kapuas Terindikasi Tak Sesuai Kontrak
Laporan KhususRapat Paripurna DPRD Tanah Datar Terkait APBDTanah Datar, JAYAPOS - Ranperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Kabupaten Tanah Datar tahun 2017 ...


Publikasi Kinerja Sekretariat Daerah Kabupaten Bogor Semester I Tahun 2018Bupati Heri Amalindo Lepas Rombongan Karnaval HUT RI Ke-73Detik-Detik Proklamasi HUT Kemerdekaan RI di Muara Enim BerkumandangBangun Kesehatan, Padangpanjang Canangkan GermasRibuan Manusia Menari Maumere di Penutupan TMMD BanjarnegaraMengenang Sejarah Aceh di Pameran Aceh Story ExpoPangdam Diponegoro Bangun Jembatan Sutabrata Desa Sawangan