Selasa, 10 April 2012 - 10:44:28 WIB
Bandara Syukuran Aminudin Amir Bubung Luwuk Dilengkapi 16 CCTV, Pendaratan di Malam Hari Sudah BisaKategori: Sulawesi Tengah - Dibaca: 1330 kali

Baca Juga:RRC Negara Tujuan Wisata Dunia, Raksasa Ekonomi AsiaSMPN 62 Jakarta Terancam AmbrukSekdakab: Hati-Hati Terhadap Calo CPNSDemi Pujaan Hati, Siswa MTS Mina Tanjungbalai Tenggelam di Sungai Asahan

Banggai–Sulteng, Jaya Pos

Kementerian Perhubungan cq Direktorat Jenderal Perhubungan Udara, memberikan cukup perhatian terhadap infrastruktur Bandara Syukuran Aminudin Amir Bubung Luwuk di Kab Banggai, agar dapat memberikan pelayanan prima terhadap pengguna jasa transportasi udara, khususnya para penumpang dari dan ke bandara ini.

Perhatian pemerintah dapat tercapai, tentunya selaian kepiawaian sosok Umat selaku Kepala Bandara, juga disebabkan adanya dukungan pemda dan masyarakat setempat.  

Bandara Syukuran Aminudin Amir Bubung Luwuk, merupakan bandara yang mempunyai load factor penumpang cukup tinggi, demikian pula angkutan cargo nya. Bandara ini merupakan tersibuk untuk ukuran bandara di kabupaten di Indonesia, setiap harinya disinggahi oleh pesawat jenis Boeing 737-300, dengan arus penumpang mencapai 200 hingga 300 orang.

Adapun pesawat yang mempunyai route penerbangan di bandara ini yaitu Pesawat Merpati 737-300,  Batavia Air 737-300, Express Air Donier 228-100 dan Wings Air ATR 72-500.

Olehnya itu, bandara ini terus melakukan peningkatan pelayanan dan kenyamanan penumpang, baik yang tiba maupun yang berangkat. Pada terminal penumpang kini telah dilengkapi dengan 16 CCTV yang memantau di segala sisi kawasan terminal bandara.

Kepala  Bandar Udara, Umar B Linggulu yang didampingi Fitrajaya Siwu selaku Penanggungjawab Seksi Landasan dan Perencanaan saat ditemui mengatakan, dengan adanya CCTV ini semua area terpantau, mulai dari halaman parkir, hingga kedatangan/keberangkatan pesawat.

Ini dimaksudkan agar para penumpang bisa merasa aman, karena setiap gerakan mencurigakan, yang bersifat melawan hukum akan terpantau. “Dan, selanjutnya kami akan melakukan tindakan pengamanan,” tandasnya.

Umar menambahkan, telah melakukan renovasi ruang tunggu dan ruang VIP, diakuinya bahwa tempat duduk yang berada di ruang tunggu, pusat tidak menganggarkan, maka untuk kenyamanan penumpang, kami mensiasati dengan anggaran yang ada. “Olehnya itu, kami berharap agar Pemda Kabupaten Banggai dan Provinsi Sulawesi Tengah, memperhatikan hal ini,” jelas Umar yang diamini oleh Fitrajaya Siwu.

Lebih jauh Umar yang komunikatif dengan kalangan pers mengatakan, Kementerian Perhubungan  (tahun depan) akan mengucurkan dana sebesar Rp 20 miliar, dana tersebut akan digunakan untuk perluasan bandara di sisi kiri dan kanan, diantaranya over lay atau pelapisan landasan tahap 4, pembuatan rezo 04 2,5 meter, penimbunan persiapan perpanjangan R/W 2,5 meter dan pengadaan fasilitas peralatan lainnya termasuk runwaynya.

Bandara ini juga, lanjut Umar, sudah bisa melakukan pendaratan di malam hari, ligthingnya sudah mendukung, dan pesawat Batavia sudah melakukannya. Ditambahkannya, tanggal 29 Pebruari sampai 2 Maret kemarin, telah datang tim evaluasi dalam rangka menindaklanjuti usulan kenaikan kelas bandara yakni dari Kelas Tiga menjadi Kelas Dua.

Rini, salah seorang penumpang menuju Makassar melalui bandara ini kepada Jaya Pos mengatakan, sangat bersyukur dan berterima kasih kepada pemerintah khususnya pihak bandara dalam hal ini Kepala Bandara, yang telah mengupayakan untuk mengembangkan dan meningkatkan fasilitas bandara, sehingga mampu bersaing dengan bandara-bandara setingkat kabupaten di Indonesia lainnya.

Pernyatan Rini itu, ada benarnya, karena tahun 2011 bertempat di Hotel Borobudur Jakarta, Umar B Linggulu selaku Kepala Bandara Syukuran Aminudin Amir Luwuk menerima penghargaan Bandara Awards 2011 dari majalah Bandara dengan Pimpinan Redaksinya Erwin Nurdin sebagai kategori Special Achievement  atas kreatifitas menciptakan kenyamanan.

Majalah tersebut sepesial menyoroti setiap bandara yang ada di Indonesia tentang kenyamanan dalam penerbangan.AnM/ST


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerMembongkar Proyek Permai Grup (Bag 1), PT AJ Dapat Jatah Rp 35 M di Kementerian Perhubungan (115023)Komisi IX DPR RI dan Menteri Kesehatan Agar Meninjau Kembali Pembangunan Rumah Sakit Internasional (86820)PP Amanatul Ummah Tidak Penuhi Janjinya Pada Wali Murid (17906)Tanah Milik H.Amiruddin Pase Jadi Ajang Kejahatan Koneksitas Hakim Dan Penyidik Kepolisian (15692)Diduga Peras Pengusaha Toko Material dan Toko Emas, PPATK Diminta Audit Harta Pejabat KPP Pratama Ko (11479)Dilaporkan Ke KPK, Pejabat DKI Korupsi Tanah Rp 49 Miliar (10745)SMPN 2 Pasar Kemis Butuh Ruang Kelas Baru (10721)Demo di Jakarta dan Tapteng Desak Tangkap Bonaran Situmeang (10427)Gurame PJTV Ajang Penyaluran Artis Penyanyi (10265)Sudah Tiga Jenderal Polisi Pembawa Gerbong Terbelit Kasus (10203)
Bedah JayaposPantau Proyek PK PAMSS 2015 Rp 227 M, Koalisi GERAM Bentuk Tim InvestigasiMakassar, Jaya Pos Pengalokasian dana APBN yang jumlahnya ratusan miliar rupiah setiap tahun, untuk kegiatan ...


16 Paket Proyek Dana Aspirasi DPRD Jeneponto Jadi Ajang Bagi-bagi Kue Untuk KontraktorMafia Lahan Kebun Sawit di Kecamatan Pulau Laut Barat TerungkapProyek Pengembangan Irigasi Sadang Hilir Loan Jica Sarat PenyimpanganProyek P4-ISDA-IK di Lingkungan BBWSPJ 2013 Banyak PenyimpanganGapoktan Gema Desa Diduga Lakukan Pungli Berkedok TabunganPenegak Hukum Didesak Telusuri Kekayaan Kepsek SMAN 41 JakutDirjen KP3K Akui Belum Diberitahu SPDN Habis Kuota BBM
Laporan KhususBupati Resmikan Gedung Serbaguna Senilai Rp.6,044 MilyarRanai, Jaya Pos Bupati Natuna, Drs.H.Ilyas Sabli, MS.i meresmikan Gedung Serbaguna Sri Serindit, Senin ...


Menteri Kelautan dan Perikanan RI Kunjungi Pulau NatunaGedung Serbaguna Sri Srindit Kabupaten Natuna Resmi DigunakanBupati Serahkan Bantuan Rp 160 Juta Untuk Pembangunan Katolik Center RantauprapatSebanyak 2.000 Nelayan Dapat KNPemerintah dan Masyarakat Kabupaten Simalungun Laksanakan Natal Bersama TK Pembina Banten Menjadi Tempat Inovasi Proses PembelajaranTanah Bumbu Raih DESTIKA Award 2014