Rabu, 23 Maret 2016 - 08:06:13 WIB
Dalam Pelayanan, Disdukcapil Tapteng Diduga Pungli Hingga 5 Juta Setiap HariKategori: Sumatera Utara - Dibaca: 120 kali

Baca Juga:Sijanda Kembang Bertubuh Seksi Membuat Sang Kades Lupa DiriPeringatan Hari Kartini di Kab. OKU Penuh HikmadPemenang Pembangunan RSUD Anwar Makkatutu Tahap Kedua Diduga Sudah Diplot Tenaga Yang Tidak Honor Masuk K 1, Honor Benaran Tercecer?

Tapteng, Jaya Pos

Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng) diduga sebagai instansi pelaku pungutan liar (pungli) terbesar di daerah itu, dengan nilai mencapai 3 hingga 5 jutaan rupiah setiap hari, atau 90 hingga 150 jutaan rupiah per bulan.

Pungli yang dilakukan oleh pegawai dinas tersebut terhadap masyarakat yang melakukan pengurusan dokumen kependudukan di instansi ini, nampaknya terkoordinir dengan rapih sehingga terkesan seakan-akan pungutan tersebut resmi padahal ilegal.

Demikian dikatakan salah seorang kepala lingkungan (kepling) dari Kelurahan Kalangan yang tidak bersedia namanya disebutkan kepada Jaya Pos, beberapa waktu lalu.

Menurut Kepling, berdasarkan perda setiap pengurusan dokumen kependudukan di Kabupaten Tapteng adalah gratis, pada kenyataannya masih dipungut bayaran dengan berbagai macam alasan dan itu adalah ilegal.

Menindaklanjuti per­nya­­taan dari Kepling tersebut, Jaya Pos melakukan investigasi ke dinas terkait pada Selasa (15/3) dan men­yaksikan langsung praktek pungli di SKPD tersebut.

Hutabarat, salah se­orang staf Dinas Ke­pendudukan dan Catatan Sipil yang tertangkap basah sedang menerima uang dari salah seorang warga saat ditanyai Jaya Pos, mengatakan bahwa ia hanya menjalankan perintah dari atasan. “Yang saya terima itu hanya uang leges sebesar 15.000 rupiah per akte kelahiran dan itu perintah atasan saya,” tegas Hutabarat. Padahal, uang yang ia terima dari warga adalah pecahan 100.000.

Sementara Kepala Bidang Catatan Sipil yang merupakan atasan dari Hutabarat saat ditemui Jaya Pos di ruang kerjanya mengatakan, itu sudah TST alias tahu sama tahu. “Sudahlah, sama-sama tahu ajalah,” tegasnya sambil berusaha menyodorkan amplop kepada wartawan yang mengkonfirmasinya. (Sbg.02)


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerKejanggalan Pengadaan Barang dan Jasa di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kab Sidoarjo Terciu (50610)Proyek Kawasan Wisata Penataran Blitar Abaikan Spek Kadis dan Satker Disbudpar Lempar Tanggung Jawab (41256)Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (13887)Perempuan Misterius Titip Bayi, Gegerkan Warga Kolelet Picung (13381)BPPT MoU Dengan Pemkab Natuna Kaji Pemanfaatan Teknologi Guna Mendukung Percepatan Pembangunan Dae (13014)Kejahatan Freddie Tan, Menjual Aset Triliunan Milik Pemprov DKI Jakarta (12281)Perselingkuhan Antar Kepsek Akhirnya Terbongkar (8350)Sintong Gultom Bubarkan Rapat Banmus DPRD Setiran Bonaran Situmeang (6429)Tujuh Komoditas Unggulan Dinas Perkebunan Propinsi Jawa Timur (5795)Mandi Seperti Manusia Petugas Yakin Bonita Adalah Harimau 'Jadi-Jadian' (5574)
Bedah JayaposPT PLN (Persero) Riau Memasang Jaringan Arus Listrik Asal JadiRiau, Beberapa anggota masyarakat kembali lagi mempertayakan sudah sejauh mana pertanggung jawaban ...


Tersangka Jansaiman Saragih Menguasai Asset GBI ICC Rayon 11 Pekanbaru Kasus Penebangan Pohon Jati Milik PTPN 2 Tandem MengambangDirut Rumah Sakit Diduga Pungli, Massa Berunjuk RasaAnggaran DD Desa Cimanis- Sobang Pantas DiauditCatut Nama Emil Dardak Akun FB Pencari Sumbangan DipolisikanTipu Nasabah, Developer KSU Penyang Sangkalemu DipolisikanDamparit Kabupaten Barru Sul-Sel Diduga Tidak Sesuai Bestek
Laporan KhususBupati Emil Dardak Sambut Baik Lawatan Danrem 081/DSJ MadiunDitengah kesibukan kerjanya, Emil Dardak meluangkan waktu bersilaturahmi dan menjalin komunikasi dengan ...


TMMD Reg 103 Wilayah Kodim 0736/ Batang, Percepat Pembangunan Wilayah dan Masyarakat Pemkab Gumas Gelar Bursa Inovasi Desa 20182019, Seluruh Kegiatan di OPD Gumas Terintegrasi Secara OnlineUsai Dilantik, Fadly Amran dan Asrul Resmi Jabat Walikota dan Wakil Walikota Padang PanjangPemkab Gumas Rakor Pilkades Serentak 2018HUT OKI Jadi Energi Tuntaskan PembangunanPemko Tanjungbalai Menerima Kedatangan Kafilah MTQN XXVII Asal Kepri di Bandara Kuala Namu