Rabu, 23 Maret 2016 - 08:06:13 WIB
Dalam Pelayanan, Disdukcapil Tapteng Diduga Pungli Hingga 5 Juta Setiap HariKategori: Sumatera Utara - Dibaca: 102 kali

Baca Juga:Sijanda Kembang Bertubuh Seksi Membuat Sang Kades Lupa DiriPeringatan Hari Kartini di Kab. OKU Penuh HikmadPemenang Pembangunan RSUD Anwar Makkatutu Tahap Kedua Diduga Sudah Diplot Tenaga Yang Tidak Honor Masuk K 1, Honor Benaran Tercecer?

Tapteng, Jaya Pos

Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng) diduga sebagai instansi pelaku pungutan liar (pungli) terbesar di daerah itu, dengan nilai mencapai 3 hingga 5 jutaan rupiah setiap hari, atau 90 hingga 150 jutaan rupiah per bulan.

Pungli yang dilakukan oleh pegawai dinas tersebut terhadap masyarakat yang melakukan pengurusan dokumen kependudukan di instansi ini, nampaknya terkoordinir dengan rapih sehingga terkesan seakan-akan pungutan tersebut resmi padahal ilegal.

Demikian dikatakan salah seorang kepala lingkungan (kepling) dari Kelurahan Kalangan yang tidak bersedia namanya disebutkan kepada Jaya Pos, beberapa waktu lalu.

Menurut Kepling, berdasarkan perda setiap pengurusan dokumen kependudukan di Kabupaten Tapteng adalah gratis, pada kenyataannya masih dipungut bayaran dengan berbagai macam alasan dan itu adalah ilegal.

Menindaklanjuti per­nya­­taan dari Kepling tersebut, Jaya Pos melakukan investigasi ke dinas terkait pada Selasa (15/3) dan men­yaksikan langsung praktek pungli di SKPD tersebut.

Hutabarat, salah se­orang staf Dinas Ke­pendudukan dan Catatan Sipil yang tertangkap basah sedang menerima uang dari salah seorang warga saat ditanyai Jaya Pos, mengatakan bahwa ia hanya menjalankan perintah dari atasan. “Yang saya terima itu hanya uang leges sebesar 15.000 rupiah per akte kelahiran dan itu perintah atasan saya,” tegas Hutabarat. Padahal, uang yang ia terima dari warga adalah pecahan 100.000.

Sementara Kepala Bidang Catatan Sipil yang merupakan atasan dari Hutabarat saat ditemui Jaya Pos di ruang kerjanya mengatakan, itu sudah TST alias tahu sama tahu. “Sudahlah, sama-sama tahu ajalah,” tegasnya sambil berusaha menyodorkan amplop kepada wartawan yang mengkonfirmasinya. (Sbg.02)


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerKejanggalan Pengadaan Barang dan Jasa di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kab Sidoarjo Terciu (50370)Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (13454)BPPT MoU Dengan Pemkab Natuna Kaji Pemanfaatan Teknologi Guna Mendukung Percepatan Pembangunan Dae (12783)Perselingkuhan Antar Kepsek Akhirnya Terbongkar (8009)Mandi Seperti Manusia Petugas Yakin Bonita Adalah Harimau 'Jadi-Jadian' (5335)Tujuh Komoditas Unggulan Dinas Perkebunan Propinsi Jawa Timur (4892)Proyek Kawasan Wisata Penataran Blitar Abaikan Spek Kadis dan Satker Disbudpar Lempar Tanggung Jawab (4574)Dua Siswa Kelas 3 SMKN Tutur Dikeluarkan, Disuruh Buat Pernyataan Pengunduran Diri (3947)Sintong Gultom Bubarkan Rapat Banmus DPRD Setiran Bonaran Situmeang (3797)PT IIGF Adakan Baksos di Desa Telajung (3616)
Bedah JayaposProgram PPLP di Dispora Jatim Jadi Ajang Korupsi ?Surabaya, JAYAPOS - Pemusatan Pelatihan Pelajar Provinsi Jawa Timur (PPLP) digulirkan sejak tahun ...


Kades Mekar Sari-Panimbang Diduga Manipulasi Data BSPS Kaum MiskinDana DAK Rehab, RKB dan Perpustakaan Sekolah Diduga Dipungli Hingga Ratusan Juta RupiahPerusakan Pagar Beton Diperintah Oleh TerdakwaPenggunaan Anggaran Pendidikan PAUD Mantan Pjs Mekar Jaya Diduga Tidak TransparanPungli di CV BB Travel Catut Nama Polres Penyidik Dilapor Ke Propam Polda KaltengPedestrian Merr-Kalidami Senilai Rp 3 Milyar Terkesan Asal JadiGalian C Desa Treman Kabupaten Minut Diduga Tidak Mengantongi Izin
Laporan KhususBuka Pekan Koperasi, Walikota Jabarkan Tiga Komponen ReformasiPekan koperasi yang digagas oleh DKUM Kota Depok ini mengusung tema koperasi bergerak bersama untuk ekonomi ...


Wagub Berikan Jawaban pada Rapat Paripurna DPRD Provinsi SumselBupati OKI Minta Polisi Tindak Tegas Pembakaran LahanSrikandi Pasegeran Multi Peran di TMMDSembako Malam Disalurkan Kepada Warga Sasaran TMMD BanjarnegaraPeringatan Harganas XXV Tahun 2018, Bupati Irdinansyah Peroleh Tanda Kehormatan Manggala Karya KencaSuport Ibu-ibu Karanggondang Luar Biasa "Tak Ragu Langsir Material"Pemprov Jambi Dukung Pelestarian Olahraga Tradisional dan Liga Santri