Rabu, 23 Maret 2016 - 08:06:13 WIB
Dalam Pelayanan, Disdukcapil Tapteng Diduga Pungli Hingga 5 Juta Setiap HariKategori: Sumatera Utara - Dibaca: 61 kali

Baca Juga:Sijanda Kembang Bertubuh Seksi Membuat Sang Kades Lupa DiriPeringatan Hari Kartini di Kab. OKU Penuh HikmadPemenang Pembangunan RSUD Anwar Makkatutu Tahap Kedua Diduga Sudah Diplot Tenaga Yang Tidak Honor Masuk K 1, Honor Benaran Tercecer?

Tapteng, Jaya Pos

Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng) diduga sebagai instansi pelaku pungutan liar (pungli) terbesar di daerah itu, dengan nilai mencapai 3 hingga 5 jutaan rupiah setiap hari, atau 90 hingga 150 jutaan rupiah per bulan.

Pungli yang dilakukan oleh pegawai dinas tersebut terhadap masyarakat yang melakukan pengurusan dokumen kependudukan di instansi ini, nampaknya terkoordinir dengan rapih sehingga terkesan seakan-akan pungutan tersebut resmi padahal ilegal.

Demikian dikatakan salah seorang kepala lingkungan (kepling) dari Kelurahan Kalangan yang tidak bersedia namanya disebutkan kepada Jaya Pos, beberapa waktu lalu.

Menurut Kepling, berdasarkan perda setiap pengurusan dokumen kependudukan di Kabupaten Tapteng adalah gratis, pada kenyataannya masih dipungut bayaran dengan berbagai macam alasan dan itu adalah ilegal.

Menindaklanjuti per­nya­­taan dari Kepling tersebut, Jaya Pos melakukan investigasi ke dinas terkait pada Selasa (15/3) dan men­yaksikan langsung praktek pungli di SKPD tersebut.

Hutabarat, salah se­orang staf Dinas Ke­pendudukan dan Catatan Sipil yang tertangkap basah sedang menerima uang dari salah seorang warga saat ditanyai Jaya Pos, mengatakan bahwa ia hanya menjalankan perintah dari atasan. “Yang saya terima itu hanya uang leges sebesar 15.000 rupiah per akte kelahiran dan itu perintah atasan saya,” tegas Hutabarat. Padahal, uang yang ia terima dari warga adalah pecahan 100.000.

Sementara Kepala Bidang Catatan Sipil yang merupakan atasan dari Hutabarat saat ditemui Jaya Pos di ruang kerjanya mengatakan, itu sudah TST alias tahu sama tahu. “Sudahlah, sama-sama tahu ajalah,” tegasnya sambil berusaha menyodorkan amplop kepada wartawan yang mengkonfirmasinya. (Sbg.02)


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerDinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (13168)BPPT MoU Dengan Pemkab Natuna Kaji Pemanfaatan Teknologi Guna Mendukung Percepatan Pembangunan Dae (12610)Kejanggalan Pengadaan Barang dan Jasa di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kab Sidoarjo Terciu (8573)Perselingkuhan Antar Kepsek Akhirnya Terbongkar (7726)Mandi Seperti Manusia Petugas Yakin Bonita Adalah Harimau 'Jadi-Jadian' (5102)Dua Siswa Kelas 3 SMKN Tutur Dikeluarkan, Disuruh Buat Pernyataan Pengunduran Diri (3638)PT IIGF Adakan Baksos di Desa Telajung (3474)Proyek KA di Sulsel Membawa Petaka, Danyon Zipur Jadi Tersangka (3276)PT Jembatan Nusantara Melakukan Pembohongan Terhadap Pelamar Pekerjaan (2265)Menuju Sumut 1 Djarot-Sihar Diunggulkan (2232)
Bedah JayaposPelebaran Jalan Rantepao-Palopo Senilai 141,6 M BermasalahSeharusnya proyek ini sudah berakhir pada Desember 2017 lalu, hingga memasuki tahun 2018, pekerjaan belum ...


Bibit Tanaman Bantuan Diembat Kabid dan PNS Perikanan dan Ketahanan PangaProyek Penataan Halaman Rusun di Kapuas Senilai Rp 1,3 M Terindikasi KKNAbaikan Persyaratan Dokumen Kontrak, CV. MGA Harus Bertanggung JawabPolsek Kualuh Hulu Diduga Tangkap Lepas Pemain JudiAPBDeS Balong Garut Dikorupsi ? (BAG. 3)Geruduk Kantor Bupati dan DPRD, Kampak Tuntut Sekda dan Kepala BPKPSDM Kembalikan Uang PungliBukan Hanya Sarat Pungli, Pengangkatan Pramubakti Di Kantor Kemenag Pandeglang Berbau Nepotisme
Laporan KhususDandim Salim 0304 Agam Lakukan Kegiatan Peduli Lingkungan Danau Maninjau Dan Berbagi KasihAgam, Jaya Pos Program kegiatan Peduli Lingkungan Danau Maninjau Kab.Agam Sumatera Barat dilakukan oleh ...


Rumahnya Dibangun, Napiah Berterimakasih Kepada Tim Wasev Kodam IV/DiponegoroDan TNI AL Adakan Kegiatan Terjun PayungTujuh Dinas Usul Perubahan AnggaranNiat Terpangil Meriahkan Penutupan TMMD Dengan Tari Rampak PurbalinggaKabupaten Ciamis Siap Kembali Meraih Adipura Kali Ke 9 71 Desa di Ciamis Terima Dana DesaBNN Kota Manado Giat Pengembangan Kapasitas P4GN di Instansi Pemerintah