Selasa, 29 Mei 2012 - 07:32:13 WIB
Realisasi PNPM di Kecamatan Sukaratu Disambut BaikKategori: Jawa Barat - Dibaca: 396 kali

Baca Juga:SMP Budi Mulia Pangururan Samosir Selenggarakan Olimpiade MIPAPT Pos Prakarsai Kerjasama Pembayaran Kredit KendaraanORSOS Penting Dalam Pemberdayaan Masyarakat KalbarPANORAMA SAMOSIR

Tasikmalaya, Jaya Pos

Program nasional pemberdayaan masyarakat mandiri pedesaan (PNPM-MP) merupakan salah satu program pemerintah yang bertujuan untuk mempercepat penaggulangan angka kemiskinan dan pengangguran di pedesaan, yang berbasis pemberdayaan masyarakat, dan juga untuk medorong upaya peningkatan tarap hidup dan kesejahteraan serta kemandirian masyarakat khususnya dipedesaan.

Program PNPM-MP ini awalnya dilaksanakan oleh 13 departemen dan satu lembaga pemberdayaan. Sedangkan pada tahun 2012 program ini dilaksanakan oleh 5 kementerian dan satu lembaga pemberdayaan.

Masing-masing kementerian dan lembaga mencakup bidang-bidang yang sesuai dengan kebutuhan dan tujuan dari program tersebut. Pada tahun 2012 ini dana yang akan digulirkan sekitar 14,053 triliyun dengan sasaran 33 propinsi yang meliputi 495 kabupaten terdiri dari 6.680 kecamatan.  

Di Kabupaten Tasikmalaya, salah satunya adalah Kecamatan Sukaratu, yang mana sejak tahun 2009 sudah mendapatkan realisasi dana PNPM yang dialokasikan untuk 8 Desa.

Rita Agustiani,SE selaku fasilitator Kecamatan Sukaratu mengatakan, bahwa program PNPM di Kecamatan Sukaratu itu direalisasikan untuk 8 desa. Adapun dalam hal pengerjaan dan alokasi dana itu sesuai dengan kebutuhan masyarakat masing-masing desa. Ada yang ke infrastuktur, sarana pendidikan, irigasi dan lain-lain.

Selama program ini direalisasikan partisipasi masyarakat selalu aktiv. Dengan adanya swadaya itu sebagai wujud peran serta masyarakat dalam mensukseskan program ini .

Seperti pengerjaan PAUD MIftahul ulum Desa Sukagalih, 2 Madrasah Desa Sinagar, PAUD Al-Hidayah Desa Sukamahi, Jalan Cihejo Desa Sukaratu, Poskesdes Desa Tawang Banteng, MCK Desa Gunungsari dan 3 ruas jalan di Desa Indrajaya. Semua disambut baik oleh masyarakat. Bahkan untuk pengerjaan 3 ruas jalan di Desa Indrajaya itu mendapatkan nilai terbaik dan dijadikan PNPM percontohan di Kabupaten Tasikmalaya.

“Kami selaku fasilitator kecamatan (FK)  bersama UPK selain mempioritaskan program pembangunan, program sosial juga tidak dilewatkan guna merealisasikan program CSR (Corporate Sosial Responbility) yang langsung bersentuhan dengan masyarakat.

Seperti pengalokasian dana sulflus SPP tahun 2011 itu direalisasikan untuk membantu siswa miskin dari ibu-ibu anggota kelompok SPP. Yang sampai saat ini terus dikembangkan melalui kegiatan-kegiatan nyata yang langsung menyentuh kepada kebutuhan masyarakat.

Dalam Program ini kami selaku pengendali manajemen anggaran akan bekerja dengan penuh tanggung jawab. FK,UPK dan TPK merupakan tolak ukur maju mundurnya program ini dan alhamdulilah 3 unsur PNPM dikecamatan sukaratu dalam program ini selalu sinergis,” kata Rita.

Ketua UPK Kecamatan Sukaratu Enok Liana.R,S.IP menambahkan Skala pioritas program PNPM-MP di kecamatan sukaratu sudah direalisasikan dengan hasil yang maksimal sesuai harapan masyarakat banyak. Dan semua tidak terlepas dari ketentuan dan aturan-aturan yang telah ditetapkan.

“Kami atas nama UPK dan FK mengucapkan terimakasih kepada masyarakat atas partisipasinya dalam mensukseskan program ini diharapkan untuk program tahun ini meraih kesuksesan yang lebih maksimal,” ujarnya. Gus’N / A’ Jen        


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerProyek Kawasan Wisata Penataran Blitar Abaikan Spek Kadis dan Satker Disbudpar Lempar Tanggung Jawab (59935)Walikota Tanjungbalai Hadiri Seminar Nasional Yang Diselenggarakan Pusat Kajian Selat Malaka USU Me (54223)Kejanggalan Pengadaan Barang dan Jasa di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kab Sidoarjo Terciu (51781)Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (15276)Perempuan Misterius Titip Bayi, Gegerkan Warga Kolelet Picung (14547)BPPT MoU Dengan Pemkab Natuna Kaji Pemanfaatan Teknologi Guna Mendukung Percepatan Pembangunan Dae (14358)Sepasang Kekasih Tewas Di Hotel Kisaran (14068)Kejahatan Freddie Tan, Menjual Aset Triliunan Milik Pemprov DKI Jakarta (13626)Sintong Gultom Bubarkan Rapat Banmus DPRD Setiran Bonaran Situmeang (13532)Perselingkuhan Antar Kepsek Akhirnya Terbongkar (9574)
Bedah JayaposPAD Dishub Bukittinggi Diduga Terjadi Kebocoran, Oknum ASN Tidak Beretika Perlu PembinaanBukittinggi, Jaya Pos Tingkat kebocoran sektor Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari retribusi perparkiran di ...


Kasektor Citata Kramat Jati Diduga Lindungi Bangunan BermasalahProyek Jalan PUPR Lahat AmburadulPT DWK Diduga Produksi CPO Dioplos MikoTiang Oktagonal Segi 8 Bengkok, Dishub Surabaya Lakukan PembiaranKegiatan Pamsimas di Kabupaten Sidoarjo Diduga Mark UpPembangunan Gerai Pusat Oleh-Oleh Diduga Gunakan Bangunan LamaPendataan Dinas Sosial Bukittinggi Diduga Pilih Kasih Pada Warga Miskin
Laporan KhususPemkab Gumas Raih Penghargaan Dari Menkumham RIKuala Kurun, Jaya Pos Pemerintah Kabupaten Gunung Mas (Gumas) Kalimantan Tengah (Kalteng) melalui Bagian ...


Menjelang Hari Jadi Kabupaten Indramayu Lantik WabupWalikota Padang Panjang Kembali Terima Penghargaan Pembina ProklimPemkab Bantaeng Raih Penghargaan STBM Award Tingkat NasionalJumaga Nadeak Kembali Dilantik Pimpin DPRD KepriPimpinan Tiga Daerah ke Bantaeng Ikuti Monev Bersama KPKHari Kesaktian Pancasila Pemkot Manado Gelar Upacara Bendera45 Anggota DPRD Labuhanbatu Periode 2019 - 2014 Dilantik