Sabtu, 02 Juni 2012 - 18:40:28 WIB
Polisi Tahan Anak Buah Bonaran Karena MemerasKategori: Bedah Jaya Pos - Dibaca: 371 kali

Baca Juga:Praktek Mafia Proyek (Bag I), Perusahaan Pinjaman Menang Proyek Laboratorium 70 Miliar di Untad PaluAndi Malarangeng Sulap Dana Hambalang Jadi Rp 1,2 TAnggaran Untuk Meubeler DPRD Kab OKU Diduga DikorupsiTahun 2012, Pasar Bunga Rawa Belong Targetkan Penjualan Bunga Hingga Rp 41 M

-AMPP Minta Polres Tapteng Tahan Kadiskes

Pandan-Tapteng, Jaya Pos

Sikap tegas Kepolisian Resor (Polres) Tapanuli Tengah (Tapteng) dengan melakukan penahanan terhadap oknum bendahara Bidan Pegawai Tidak Tetap (PTT) Dinas Kesehatan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tapteng,  Provinsi Sumatera Utara (Provsu) berinisial AFP dan oknum Kabag Kepegawaian berinisial DM tidak membuat Aliansi Masyarakat Pro Perubahan (AMPP) berhenti melakukan aksi.

Mereka mendesak polisi juga melakukan penahanan terhadap Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Tapteng, dr Margan Sibarani, M. Kes. Karena patut diduga, anak buah Bonaran Situmeang (Bupato Tapteng) adalah otak pemerasan yang dilakukan AFP dan DM.

“Polisi harus menahan Margan Sibarani karena secara administratif yang bertanggung jawab di instansi itu adalah kepala dinas. Patut diduga kedua tersangka yang saat ini ditahan di Mapolres Tapanuli Tengah hanyalah suruhan. Sedangkan hasilnya bermuara pada dia (Kadis-red),” kata Sahata Simon Situmorang kepada Jaya Pos di depan Kantor Dinkes Pemkab Tapteng minggu lalu.

Mahasiswa Fakultas Hukum salah satu perguruan tinggi swasta Kota Padang Sedempuan itu lanjut mengatakan, Polres Tapanuli Tengah harus bekerja profesional dan optimal sehingga mampu mengungkap kasus tersebut secara transparan sesuai paradigma baru Polri menjadikan hukum sebagai panglima.

Penahanan badan terhadap para tersangka sangat diperlukan. Selain agar barang bukti tidak dihilangkan juga guna adanya efek jera bagi para tersangka serta para birokrat tidak melakukan lagi hal yang sama.

Sesuai informasi yang diperolehnya, sejak hari Selasa (29/05) pihak penyidik Tipikor Polres Tapanuli Tengah telah memanggil dan melakukan pemeriksaan pada Margan Sibarani sebagai saksi.

Pemeriksaan terhadap orang nomor satu di instansi tersebut kiranya menjadi langkah awal untuk mengungkap keterlibatan anak buah kesayangan Bonaran Situmang tersebut sebagai tersangka utama dan selanjutnya dilakukan penahanan bersama kedua anak buahnya itu.    

Sekretaris Jenderal Asosiasi Wartawan dan Lembaga Swadaya Masyarakat (ASWAL) itu menjelaskan, sesuai informasi yang diperolehnya, saat ini telah ada upaya dari pihak Pemkab Tapteng melalui salah satu pengurus LSM untuk melakukan lobbi pada pihak Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Poldasu) guna   penggeseran inti delik pidana.

Pada dasarnya kasus tersebut merupakan delik tindak pidana korupsi sebab berkenaan dengan panyalah gunaan wewenang menjadi delik pidana umum dengan alasan tidak ada unsur kerugian negara.

“Kita harus mengawal kasus ini hingga tuntas. Patut kita waspadai adanya upaya dari Pemkab Tapteng melalui salah seorang ketua LSM melakukan lobbi ke Poldasu terkait permasalahan ini dengan harapan kasus ini menjadi tindak pidana umum alias pemerasan,” pungkasnya. JP/SG-86


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerProyek Kawasan Wisata Penataran Blitar Abaikan Spek Kadis dan Satker Disbudpar Lempar Tanggung Jawab (59698)Walikota Tanjungbalai Hadiri Seminar Nasional Yang Diselenggarakan Pusat Kajian Selat Malaka USU Me (52464)Kejanggalan Pengadaan Barang dan Jasa di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kab Sidoarjo Terciu (51552)Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (15040)Perempuan Misterius Titip Bayi, Gegerkan Warga Kolelet Picung (14309)BPPT MoU Dengan Pemkab Natuna Kaji Pemanfaatan Teknologi Guna Mendukung Percepatan Pembangunan Dae (14133)Sepasang Kekasih Tewas Di Hotel Kisaran (13849)Kejahatan Freddie Tan, Menjual Aset Triliunan Milik Pemprov DKI Jakarta (13356)Sintong Gultom Bubarkan Rapat Banmus DPRD Setiran Bonaran Situmeang (12403)Perselingkuhan Antar Kepsek Akhirnya Terbongkar (9328)
Bedah JayaposEksekusi bergaya premanisme, Hendra Laporkan ACC Finance ke BPSK Bukittinggi Bukittinggi, Jaya Pos Karena merasa dirugikan, Hendra Sutoto (39) melaporkan peristiwa yang dialaminya 3 ...


Kasus Tanah Kas Desa RancaudikTerkait Izin Tambang Pasir Laut Galesong, Diduga Antara Pengusaha dan Oknum di Dinas ESDM Ada KonspiBobroknya Pengerjaan Jalan di Kabupaten Dharmasraya, Hitungan Bulan Sudah RetakPenangkapan Kasus Narkoba Oleh Polres Pangkep Diduga Tidak Prosedural Dan RekayasaPembangunan Wisma Haji Lanjutan DipertanyakanPembangunan Gedung Produksi Kabupaten Dharmasraya Diduga Tidak Sesuai RABDenpom Pekanbaru Menertibkan Perjudian di Tapung
Laporan KhususPemdes Sukaramai Jalin Kerjasama Dengan Praktisi Pelatihan Pemberdayaan Masyarakat Tentang PerikaKampar, Jaya Pos Pemerintahan Desa (Pemdes) Sukaramai menjalin kerjasama dengan pegiat/praktisi pelatihan ...


Ketua PWI OKU Tutup Acara Penyuluhan Bahasa Indonesia dan Melantik PWI PeduliPolsek Jatisari Adakan Sosialisasi Di PKBM Tunas Baru DPRD Muba Setujui Perubahan R-APBD TA 2019DPRD Minta Pemkab Muba Fokus Tingkatkan PADEka Kartika Lantik Anggota DPRD Provinsi Kepri45 Anggota DPRD Muba Periode 2019-2024 Resmi Dilantik50 Anggota DPRD Subang Periode 2019-2024 Dilantik