Senin, 29 Mei 2017 - 05:34:55 WIB
Petani Minta PSDA Segera Merubah Bendungan Pintu Air Cipedit Matarena Kategori: Bogor - Dibaca: 109 kali

Baca Juga:Menang Adu Pinalti Lawan Portugal, Spanyol ke Pinal SMPN 1 Bantaeng Ingin Ciptakan Siswa BerkualitasPegawai PDAM yang Pasang Sambungan Air Ilegal Terancam Dipecat400 Gram Sabu Sabu Asal Malaysia Berhasil Di Tangkap Satuan Narkoba Tanjungbalai

Bogor, Jaya Pos

Akibat kekurangan air sawah, petani di beberapa desa di dua kecamatan yakni Kecamatan Rancabungur dan Kecamatan Ciseeng ini sering gagal panen saat musim kemarau tiba. Sehingga para petani mengalami kerugian besar.

“Padahal ada solusi jikalau Balai Penanggulangan Sumber Daya Air (PSDA) bijaksana dan peka terhadap keluhan para petani di beberapa desa yang ada di Kecamatan Rancabungur dan Ciseeng, Kabupaten Bogor,” ungkap Deden salah satu petani.

Solusi yang dimaksud adalah di hulu irigasi yaitu tepatnya bendungan pintu air Cidepit, Kel.Makarena di Semplak Barat wilayah Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor bendungan pintu air tersebut segera diperbaiki karena sudah tidak pas lagi.

Pondasi bawah pintu lebih rendah kearah saluran Depok dari pada saluran ke arah Kecamatan Rancabungur dan Ciseeng. Sehingga debit air yang mengalir air dari Kali Cisadane ke saluran arah Depok debitnya lebih besar dari pada saluran lintasan di Sasak yang melewati beberapa desa di dua kecamatan itu.

“Padahal dihilirnya Depok, wilayah Sawah Empang petani sudah makin sedikit sudah banyakan jadi pemukiman. Kebutuhan air relatif jadi berkurang tentunya,” ujar Udin, salah satu pemilik empang warga Bojongsari.

“Sedangkan seperti kami petani di Kec Ciseeng dan Rancabungur masih produktif semua butuh debit air yang banyak untuk mengairi sawah sawah kami, terutama jikalau musim kemarau sawah kami sampai kering tidak ada air sama sekali di lintasan DI Sasak yang melintasi beberapa sawah mulai dari Ranca Bungur sampai Kec Ciseeng sering kami jadi gagal panen,” ungkap Ujang, petani Desa Cihowe. “Untuk itu bendungan pintu air Cidepit Matarena perlu segera dirubah oleh Balai PSDA sebagai penanggung jawab pintu air tersebut,” ujarnya lagi.

Hal ini juga dibenarkan oleh Nurdi, juru air Kec Rancabungur UPT Pengairan Parung, Kab. Bogor. Dirinya sebagai penanggung jawab saluran irigasi sering dimarah marahi petani jikalau kekurangan air.

” Normalisasi saluran irigasi sudah kami lakukan semaksimal mungkin di hilirnya ternyata saya telusuri sampai ke hulunya tepatnya sampai di bendungan Pintu Air Cidepit Matarena ada yang kurang tepat pondasi dasar pintu air arah Depok lebih rendah dari pada ke arah DI Sasak sebagai saluran air ke dua kecamatan tersebut di hilirnya sehingga plang pintunya dinaikin juga debit airnya tetap lebih kecil kearah Depok tetap lebih besar jikalau pondasi di dasar plang pintu itu tidak direndahin,” tutur Nurdi.

Dia juga sependapat dengan beberapa petani yang mengeluhkan kurangya air ke hilir dua kec tersebut untuk itu PSDA yang punya wewenang untuk merubah Bendungan Cidepit Matarena itu agar segera merubah fungsi pengaturan debit airnya. (Predy)


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerMembongkar Proyek Permai Grup (Bag 1), PT AJ Dapat Jatah Rp 35 M di Kementerian Perhubungan (121145)Komisi IX DPR RI dan Menteri Kesehatan Agar Meninjau Kembali Pembangunan Rumah Sakit Internasional (90690)Bayi Hasil Hubungan Gelap Dibuang di WC Sekitar Kabah ( Nestapa Pahlawan Devisa di Negeri Orang Bgn (55555)SMPN 2 Pasar Kemis Butuh Ruang Kelas Baru (48434)Diduga Peras Pengusaha Toko Material dan Toko Emas, PPATK Diminta Audit Harta Pejabat KPP Pratama Ko (45608)PP Amanatul Ummah Tidak Penuhi Janjinya Pada Wali Murid (44842)Tanah Milik H.Amiruddin Pase Jadi Ajang Kejahatan Koneksitas Hakim Dan Penyidik Kepolisian (37240)Perusahaan Martua Sitorus Ngemplang Pajak Rp 7,2 Triliun? (32571)Ibunda Ajeng Mamamia Dimejahijaukan (31283)Sudah Tiga Jenderal Polisi Pembawa Gerbong Terbelit Kasus (23548)
Bedah JayaposBendahara P3A Kadu Kemis Karya Diduga Tidak DifungsikanPandeglang Jaya Pos Ust Armad, Bendahara Kelompok Perkumpulan Petani Pengguna Air (P3A), ‘Kadu ...


Insentif Guru Honorer K2 dan Non K2 Disunat 10%Proyek Jalan Nasional dan Jembatan AmburadulProyek Siluman Ala Disdik Kepulauan RiauKasup Korupsi Bupati Maros Terhenti, Tiga Petinggi Polri Akan Kembali DigugatMasyarakat Desa Kace Timur Bangka Pertanyakan LKPJ Tahun 2016Lemkira Tantang Polda Sulsel Untuk Menahan 7 Tersangka Proyek Pipa SPAM Proyek Amburadul Kok Dibilang Bagus Dan Sesuai
Laporan KhususBupati Muba Dodi Reza Alex: Teruslah Berbuat Untuk Kemajuan BangsaMuba, Jaya Pos Memaknai HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-72, ratusan Aparatur Sipil Negara (ASN) ...


HUT RI, Bersama Membangun NatunaHari Pramuka Nasional Bupati OKI Iskandar Dapat Lencana MelatiPeringatan HUT Ke-72 Kemerdekaan RI di OKU Penuh KhidmatPertama di Sumsel Pemkab Muba Luncurkan KSWPPiala Adipura Diarak Mengelilingi Kota Baturaja Kabupaten OkuKesepakatan RPJMD DitandatanganiMenristek Dikti Apresiasi Kepemimpinan Bupati Bantaeng