Senin, 29 Mei 2017 - 05:34:55 WIB
Petani Minta PSDA Segera Merubah Bendungan Pintu Air Cipedit Matarena Kategori: Bogor - Dibaca: 21 kali

Baca Juga:Menang Adu Pinalti Lawan Portugal, Spanyol ke Pinal SMPN 1 Bantaeng Ingin Ciptakan Siswa BerkualitasPegawai PDAM yang Pasang Sambungan Air Ilegal Terancam Dipecat400 Gram Sabu Sabu Asal Malaysia Berhasil Di Tangkap Satuan Narkoba Tanjungbalai

Bogor, Jaya Pos

Akibat kekurangan air sawah, petani di beberapa desa di dua kecamatan yakni Kecamatan Rancabungur dan Kecamatan Ciseeng ini sering gagal panen saat musim kemarau tiba. Sehingga para petani mengalami kerugian besar.

“Padahal ada solusi jikalau Balai Penanggulangan Sumber Daya Air (PSDA) bijaksana dan peka terhadap keluhan para petani di beberapa desa yang ada di Kecamatan Rancabungur dan Ciseeng, Kabupaten Bogor,” ungkap Deden salah satu petani.

Solusi yang dimaksud adalah di hulu irigasi yaitu tepatnya bendungan pintu air Cidepit, Kel.Makarena di Semplak Barat wilayah Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor bendungan pintu air tersebut segera diperbaiki karena sudah tidak pas lagi.

Pondasi bawah pintu lebih rendah kearah saluran Depok dari pada saluran ke arah Kecamatan Rancabungur dan Ciseeng. Sehingga debit air yang mengalir air dari Kali Cisadane ke saluran arah Depok debitnya lebih besar dari pada saluran lintasan di Sasak yang melewati beberapa desa di dua kecamatan itu.

“Padahal dihilirnya Depok, wilayah Sawah Empang petani sudah makin sedikit sudah banyakan jadi pemukiman. Kebutuhan air relatif jadi berkurang tentunya,” ujar Udin, salah satu pemilik empang warga Bojongsari.

“Sedangkan seperti kami petani di Kec Ciseeng dan Rancabungur masih produktif semua butuh debit air yang banyak untuk mengairi sawah sawah kami, terutama jikalau musim kemarau sawah kami sampai kering tidak ada air sama sekali di lintasan DI Sasak yang melintasi beberapa sawah mulai dari Ranca Bungur sampai Kec Ciseeng sering kami jadi gagal panen,” ungkap Ujang, petani Desa Cihowe. “Untuk itu bendungan pintu air Cidepit Matarena perlu segera dirubah oleh Balai PSDA sebagai penanggung jawab pintu air tersebut,” ujarnya lagi.

Hal ini juga dibenarkan oleh Nurdi, juru air Kec Rancabungur UPT Pengairan Parung, Kab. Bogor. Dirinya sebagai penanggung jawab saluran irigasi sering dimarah marahi petani jikalau kekurangan air.

” Normalisasi saluran irigasi sudah kami lakukan semaksimal mungkin di hilirnya ternyata saya telusuri sampai ke hulunya tepatnya sampai di bendungan Pintu Air Cidepit Matarena ada yang kurang tepat pondasi dasar pintu air arah Depok lebih rendah dari pada ke arah DI Sasak sebagai saluran air ke dua kecamatan tersebut di hilirnya sehingga plang pintunya dinaikin juga debit airnya tetap lebih kecil kearah Depok tetap lebih besar jikalau pondasi di dasar plang pintu itu tidak direndahin,” tutur Nurdi.

Dia juga sependapat dengan beberapa petani yang mengeluhkan kurangya air ke hilir dua kec tersebut untuk itu PSDA yang punya wewenang untuk merubah Bendungan Cidepit Matarena itu agar segera merubah fungsi pengaturan debit airnya. (Predy)


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerDinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (4662)Proyek KA di Sulsel Membawa Petaka, Danyon Zipur Jadi Tersangka (2990)Komentari Kasus e-KTP, Andar: Abraham Samad Itu 'Omdo' (1659)Pandangan Umum Fraksi PDIP, PAN, dan RNB Terhadap Nota Keuangan dan Raperda APBD Kota Depok TA 2018 (1085)PT IIGF Adakan Baksos di Desa Telajung (605)Sutadi SH dan Oknum Polres Ketapang Diduga Bobol Rumah Walet Milik Akim (515)PT Jembatan Nusantara Melakukan Pembohongan Terhadap Pelamar Pekerjaan (464)Proyek Jalan Siduk-Ketapang Rp 27 M Diduga Bermasalah (336)Diabetes, Ancaman Yang Harus Diwaspadai (295)Sintong Gultom Bubarkan Rapat Banmus DPRD Setiran Bonaran Situmeang (288)
Bedah JayaposAPBDes Katimoho Terindikasi DikorupsiGresik, Jaya Pos APBDes Desa Katimoho Kecamatan Kedamean Kabupaten Gresik Jawa Timur jadi sorotan. Pasalnya ...


Bendungan Karalloe Senilai 518 M Tidak Selesai PPK dan Kontraktor Enggan KomentarTangani Sengketa Tanah Damang Tewah Turun LapanganPT EBB Supply Puluhan Ribu Ton Solar Perhari ke Penambang di Sei KahayanRehab Sekolah Di Pandeglang Diduga Rawan PenyimpanganBPN Maros Akan Panggil Pemilik Sertifikat Ganda Pada Lahan Proyek Mamminasata Pekerjaan Jalan Pasirkadu-Perdana Dikeluhkan WargaPT. MAJI Diduga Serobot Lahan Kelompok Tani Karya Mandiri
Laporan KhususDinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan Depok Gelar Workshop B2SADepok, Jaya Pos Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan Kota Depok mengelar acara Workshop penyusunan ...


Memperkenalkan Lebih Dini Budaya Batak Pada Anak-Anak Melalui Natal STM SarohaWaiting List Keberangkatan Jamaah Haji Kabupaten Ciamis Sudah Mencapai 2030Menggali Monumen Quo Lijn, Tim Pusat Sejarah Kepolisian Melakukan PenelitianSiapkan Aparatur Transportasi Handal, Padang Panjang Teken MoU dengan STTDPemkab Mukomuko Memperingati Maulid Nabi Mudammad SAW 1439 H/2017 MImbau Pemkab/Pemkot Ingatkan Masyarakat Lakukan Pencegahan KebakaranPengembangan Pemasaran Melalui Online