Minggu, 11 Juni 2017 - 06:05:35 WIB
Suku Dayak Ketapang Tetap Lestarikan Adat Budaya Nganjan SerayongKategori: Kalimantan Barat - Dibaca: 149 kali

Baca Juga:Empat Parpol Pendukung Jokowi Beralih ke Fauzi BowoDi Bawah Kendali Bonaran Situmeang Keuangan Tapteng Diduga Merugi Rp 2,4 MKasus Hambalang Segera Naik ke Penyidikan, Anas di Ujung TandukIbu boru Sitorus di Kabanjahe: Satu Demi Satu Rongsokan Kupungut Demi Anak-Anakku

Ketapang, Jaya Pos

Suku Dayak Kecamatan Sungai Melayu Kabupaten Ketapang Provinsi Kalimantan Barat tetap melestarikan adat budaya Nganjan Serayong dari zaman nenek moyang sampai saat ini. Upacara adat Nganjan Serayong, artinya pemindahan tulang-belulang mayat ke tempat kuburan umum agar bersatu dengan komunitas yang telah dipanggil Tuhan.

Tujuan lain dari upacara serimonial adat Nganjan Serayong, merupakan persembahan kudus ke surga alam, agar mendapat tempat yang layak, supaya mendiang mendapat fasilitas rumah dan lain-lain layaknya manusia yang masih hidup.

Dalam upacara Nganjan Serayong kali ini, adalah almarhumah ibu Sekawin dan anaknya almarhum Bandan yang berusia 32 tahun. Upacara diselenggarakan pada di Desa Sungai Melayu Rayak. Dalam upacara ini juga hadir masyarakat dari 10 desa yang ada di Kecamatan Sungai Melayu Rayak, Sabtu (3/6).

Hal ini dikatakan Timutius selaku panitia acara kepada Jaya Pos, di lokasi upacara adat Nganjan Serayong. “Tujuan dari upacara serimonial adat ini merupakan persembahan kudus ke surga alam, agar mendapat tempat yang layak, supaya almarhumah mendapat fasilitas rumah dan lain-lain layaknya orang yang masih hidup. Dalam upacara kali ini adalah almarhumah ibu Sekawin dan anaknya almarhum Bandan yang berusia 32 tahun,” sebut Timotius, disela acara.

Di lain pihak, Yr Suandi selaku Ketua Persatuan Pemuda Dayak (PPD) Kecamatan Sungai Melayu, berkomitmen akan menjaga dan melestarikan semua adat istiadat budaya dayak Lewat berbagai program-proram kegiatan organisasi.

Dalam kesempatan ini Yr Suandi juga penghimbau kepada semua organisasi pemuda dayak yang ada di desa-desa di Kecamatan Sungai Melayu, agar mendaftarkan organisasinya di Persatuan Pemuda Dayak (PPD) Kecamatan Sungai Melayu, supaya terdaftar secara legalitas. (Agustinus)


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerKejanggalan Pengadaan Barang dan Jasa di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kab Sidoarjo Terciu (19681)Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (13267)BPPT MoU Dengan Pemkab Natuna Kaji Pemanfaatan Teknologi Guna Mendukung Percepatan Pembangunan Dae (12661)Perselingkuhan Antar Kepsek Akhirnya Terbongkar (7807)Mandi Seperti Manusia Petugas Yakin Bonita Adalah Harimau 'Jadi-Jadian' (5169)Dua Siswa Kelas 3 SMKN Tutur Dikeluarkan, Disuruh Buat Pernyataan Pengunduran Diri (3705)PT IIGF Adakan Baksos di Desa Telajung (3507)Proyek KA di Sulsel Membawa Petaka, Danyon Zipur Jadi Tersangka (3336)Tujuh Komoditas Unggulan Dinas Perkebunan Propinsi Jawa Timur (2868)Sintong Gultom Bubarkan Rapat Banmus DPRD Setiran Bonaran Situmeang (2763)
Bedah JayaposDiduga Menyinggung Institusi TNI Kapolres Karawang DimutasiIsu yang berkembang menyebutkan kalau Kapolres Karawang di mutasi karena adanya rekaman video yang viral di ...


Telkom Manado Tutup Mata Tiang Melintang Di Jalan Trans Sulawesi TateliKomnas PAN Subang Gugat Sertifikat HGB PT.Central Georgente Nusantara6 Bulan Tidak Ditindaklanjuti Kejagung Koleksi Laporan Pengaduan?Poktan Penerima Program Kedelai Keluhkan Kualitas BenihPutusan Merasa Tidak Adil, Penggugat Curahkan Kemarahannya Pada HakimBantuan Keuangan Khusus Senilai Rp 2 M Jadi Ajang Bancakan (Bag 3)Bantuan Keuangan Khusus Senilai Rp 2 Milyar Jadi Ajang Bancakan (bag 2)
Laporan KhususAmbulans Hanura Siap Layani Kepentingan Warga ManadoManado, Jaya Pos Komitmen Partai Hati Nurani Rakyat Provinsi Sulawesi Utara dibawah kepemimpinan Ketua ...


Acara sosialisasi BHPRD TA 2018Study KomparasiKegiatan Ketahanan Pangan NasionalKegiatan Peningkatan Kapasitas TP-PKKPisah Sambut Dandim 0307/Tanah Datar, Sekaligus Penyambutan Komandan Secata B dan Ketua PA PadangpanJelang Ramadhan, Harga Bahan Pokok di Depok Masih Stabil Bupati Labuhanbatu Apresiasi Pelaksanaan Isra Mi'raj Yang Diprakarsai Oleh Kodim 0209/LB