Rabu, 14 Juni 2017 - 09:01:00 WIB
Putusan Majelis Hakim Dikritik Pengunjung SidangKategori: Sulawesi Selatan - Dibaca: 14 kali

Baca Juga:Kebobrokan Pembangunan Gedung VIP Bandara Surtan Syarif II PekanbaruAkibat Ulah Spekulan BBM Solar Langka di KakapSejumlah SDN di Pandeglang Gelar Acara Kenaikan Kelas dan Pelepasan Siswa Kelas VIEmpat Parpol Pendukung Jokowi Beralih ke Fauzi Bowo

Makassar, Jaya Pos

Terdakwa Rudi Dg Gassing, yang merupakan saudara dari Ruslan Hasan alias Cullan yang tak lain adalah gembong narkoba seberat kurang lebih 9 kg yang tertembak mati oleh pihak Kepolisian, baru-baru ini digelar persidangannya di Pengadilan Negeri (PN) Makassar, Kamis (8/6) dengan agenda pembacaan putusan oleh Majelis Hakim yang diketuai Sapri dan didampingi Hakim Anggota Rianto Adam Ponto dan Imam Supriadi.

Dalam putusan Majelis Hakim, terdakwa Rudi Dg Gassing terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan tindak pidana penyalahgunaan narkotika sesuai pasal 114 Undang-Undang Nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika, dimana menyuruh, menyiapkan, menyediakan dan mengedarkan narkotika tanpa hak dan izin dari pihak yang berwenang sehingga dijatuhi hukuman 6 tahun penjara.

Putusan ini lebih ringan dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum dari Kejati Sulsel Andi Nurhasanah yang menjerat terdakwa dengan pasal 114 tentang narkotika sehingga dituntut 9 tahun penjara. Tuntutan ini berdasarkan fakta persidangan yang terungkap yakni keterangan dua terdakwa lain yang terlebih dahulu ditangkap.

Dimana pihak kepolisian pertama kali berhasil meringkus terdakwa Sangkala di rumahnya di Jl Tinumbu beserta barang bukti berupa sabu sebanyak 25 paket seberat sekitar 100 gram seharga Rp 35 juta.

Setelah diintriogasi dan dilakukan pemeriksaan terhadap terdakwa Sangkala diketahui kalau barang haram tersebut didapatkan dari terdakwa Saharuddin. Pihak kepolisian dengan terdakwa Sangkala bergerak cepat menuju kediaman terdakwa Saharuddin yang terletak di Jl Kerung-Kerung, dan berhasil meringkus terdakwa Saharuddin tanpa perlawanan.

Tertangkapnya kedua terdakwa ini membawa angin segar kepada Tim Reserse Narkoba Polda Sulselbar, dimana diketahui kalau para terdakwa mendapatkan sabu tersebut dari terdakwa Rudi. Setelah melakukan pemantauan dan pengintaian selama kurang lebih 1 bulan lamanya, Tim berhasil meringkus terdakwa Rudi dan mengamankan 2 buah handphone yang disinyalir di dalamnya terdapat kontak (nomor telepon) para pelanggang dan pemesan narkoba.

Setelah persidangan, beberapa pengunjung sidang yang dimintai tanggapannya oleh Jaya Pos soal putusan yang dijatuhkan kepada terdakwa Rudi Dg Gassing mengatakan sangat kecewa atas putusan yang dijatuhkan oleh Majelis Hakim lantaran putusannya terlalu ringan dan tidak memberikan efek jera kepada pelaku. “Kami menduga ada permainan uang dalam kasus ini, terlihat dari rekam jejak dari terdakwa, kan sudah diketahui sebagai salah satu gembong narkoba, tetapi masih saja diberikan putusan ringan,” sebutnya.

Dugaan permainan uang dalam kasus ini tidak bisa dibuktikan secara autentik, tetapi saja ini sudah menjadi rahasia umum dan merupakan mata rantai yang tidak bisa dipisahkan antara oknum Majelis Hakim, Jaksa dan Panitera yang kerap kali melakukan komunikasi kepada keluara maupun terdakwa sendiri agar mendapatkan tuntutan maupun putusan ringan.(KM/JK)


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerDinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (4662)Proyek KA di Sulsel Membawa Petaka, Danyon Zipur Jadi Tersangka (2990)Komentari Kasus e-KTP, Andar: Abraham Samad Itu 'Omdo' (1659)Pandangan Umum Fraksi PDIP, PAN, dan RNB Terhadap Nota Keuangan dan Raperda APBD Kota Depok TA 2018 (1085)PT IIGF Adakan Baksos di Desa Telajung (605)Sutadi SH dan Oknum Polres Ketapang Diduga Bobol Rumah Walet Milik Akim (515)PT Jembatan Nusantara Melakukan Pembohongan Terhadap Pelamar Pekerjaan (464)Proyek Jalan Siduk-Ketapang Rp 27 M Diduga Bermasalah (336)Diabetes, Ancaman Yang Harus Diwaspadai (295)Sintong Gultom Bubarkan Rapat Banmus DPRD Setiran Bonaran Situmeang (288)
Bedah JayaposAPBDes Katimoho Terindikasi DikorupsiGresik, Jaya Pos APBDes Desa Katimoho Kecamatan Kedamean Kabupaten Gresik Jawa Timur jadi sorotan. Pasalnya ...


Bendungan Karalloe Senilai 518 M Tidak Selesai PPK dan Kontraktor Enggan KomentarTangani Sengketa Tanah Damang Tewah Turun LapanganPT EBB Supply Puluhan Ribu Ton Solar Perhari ke Penambang di Sei KahayanRehab Sekolah Di Pandeglang Diduga Rawan PenyimpanganBPN Maros Akan Panggil Pemilik Sertifikat Ganda Pada Lahan Proyek Mamminasata Pekerjaan Jalan Pasirkadu-Perdana Dikeluhkan WargaPT. MAJI Diduga Serobot Lahan Kelompok Tani Karya Mandiri
Laporan KhususDinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan Depok Gelar Workshop B2SADepok, Jaya Pos Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan Kota Depok mengelar acara Workshop penyusunan ...


Memperkenalkan Lebih Dini Budaya Batak Pada Anak-Anak Melalui Natal STM SarohaWaiting List Keberangkatan Jamaah Haji Kabupaten Ciamis Sudah Mencapai 2030Menggali Monumen Quo Lijn, Tim Pusat Sejarah Kepolisian Melakukan PenelitianSiapkan Aparatur Transportasi Handal, Padang Panjang Teken MoU dengan STTDPemkab Mukomuko Memperingati Maulid Nabi Mudammad SAW 1439 H/2017 MImbau Pemkab/Pemkot Ingatkan Masyarakat Lakukan Pencegahan KebakaranPengembangan Pemasaran Melalui Online