Jumat, 28 Juli 2017 - 05:46:58 WIB
Disdikpora Gelar Invitasi Olahraga TradisionalKategori: Olahraga - Dibaca: 86 kali

Baca Juga:Proyek Bibit Tanaman Apel dan Stober Delapan Ratus Juta, Gagal.Adpel Pontianak Tuan Rumah Kampanye Keselamatan Pelayaran dan Hari Pelaut SeduniaSiswa SDN 1 Bojong Lopang Juara Sempoa Se SukabumiDinas Pertanian Bersama Polres Pangkep Sidak Pengantrian BBM, DPRD Membantah

Karawang, Jaya Pos

Guna mengeksiskan kembali Invitasi Olahraga Tradisional yang kian hari mulai tergeser keberadaannya oleh permainan modern, dan juga selain sebagai ajang hiburan, kegiatan ini merupakan upaya untuk turut melestarikan budaya sunda.

Atas dasar itu, Disdikpora Kab Karawang menggelar Invitasi Olahraga Tingkt Kabupaten Karawang tahun 2017. Kegiatan tersebut digelar di halaman depan Stadion Singaperbangsa Karawang, dibuka langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Karawang Drs Dadan Sugardan MPd, Rabu (19/7).

Dalam sambutannya Kadisdik menyampaikan, sebagaimana diketahui kegiatan ini memiliki maksud dan tujuan yang sangat luhur, tidak hanya dalam rangka memasyarakatkan olahraga dan mengolahragakan masyarakat saja, juga turut ditujukan untuk memelihara dan mewariskan permainan olahraga tradisional sebagai bagian dari budaya bangsa.

Di Jawa Barat khususnya di Kabupaten Karawang, terdapat banyak sekali warisan budaya berupa permainan olahraga tradisional yang sangat beragam. Permainan tersebut sarat dengan ajaran ajaran luhur seperti menempa kesabaran dan keterampilan serta mengajarkan kita akan pentingnya kerjasama untuk meraih dan mewujudkan sesuatu.

Selanjutnya Kadisdik berkata, dengan digelarnya Invitasi Olahraga ini adalah komitmen dari Disdikpora Kab Karawang untuk terus meletarikan olahraga tradisional. Kepada anak-anak yang hadir pada saat ini juga diharapkan dapat menyenangi olahraga tradisional, karena ini merupakan kewajiban kita semua untuk melestarikan budaya.

Lebih lanjut Kadisdik berpesan, prestasi anak anak yang didapat di TK perlu ditingkatkan hingga ke tingkat provinsi maupun nasional. “Oleh karenanya, dalam kesempatan ini saya berharap kepada anak anak yang akan bertanding, untuk dapat menunjukkan kemampuan yang terbaik dengan tetap menjunjung tinggi sportifitas dan semangat persaudaraan,” himbaunya.

Gelaran invitasi olahraga ini juga disiapkan bagi yang berprestasi untuk maju ke jenjang lebih tinggi, yakni tingkat provinsi maupun nasional,
Ada 4 jenis invitasi olahraga yakni Hadang yang bahasa dahulu biasa disebut Galah, kemudian Gadongan, Engrang menggunakan bambu, taropah panjang, serta 1 nomor seleksi yaitu sumpit.

Untuk jumlah peserta terdiri dari 600 atlet dari 30 UPTD Pendidikan Kecamatan, hadir pula Kepala UPTD Paud SD se Kab Karawang sebagai official untuk membawa atlet dari pelajar di masing-masing daerah.(JK/IM)


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerMembongkar Proyek Permai Grup (Bag 1), PT AJ Dapat Jatah Rp 35 M di Kementerian Perhubungan (121557)Komisi IX DPR RI dan Menteri Kesehatan Agar Meninjau Kembali Pembangunan Rumah Sakit Internasional (90934)Bayi Hasil Hubungan Gelap Dibuang di WC Sekitar Kabah ( Nestapa Pahlawan Devisa di Negeri Orang Bgn (63529)SMPN 2 Pasar Kemis Butuh Ruang Kelas Baru (50531)Diduga Peras Pengusaha Toko Material dan Toko Emas, PPATK Diminta Audit Harta Pejabat KPP Pratama Ko (45785)PP Amanatul Ummah Tidak Penuhi Janjinya Pada Wali Murid (45618)Tanah Milik H.Amiruddin Pase Jadi Ajang Kejahatan Koneksitas Hakim Dan Penyidik Kepolisian (37463)Perusahaan Martua Sitorus Ngemplang Pajak Rp 7,2 Triliun? (32919)Ibunda Ajeng Mamamia Dimejahijaukan (31612)Sudah Tiga Jenderal Polisi Pembawa Gerbong Terbelit Kasus (24049)
Bedah JayaposKades Stroke, BPD Pertanyakan Sikap Bupati SubangDesakan warga ini murni guna menciptakan kondusifitas pemerintahan dalam pelayanan terhadap warga dan ...


Tutupi Indikasi Persekongkolan Tender, ULP Ketapang Manipulasi Data?Pelaksanaan 2 Proyek Bandara Kuala Kurun, Diduga Tidak Sesuai Kontrak445 Mesin Parkir Jadi Mubazir, Ada Politik Dibalik Pengadaan ?Peningkatan Jalan Coban Blimbing-Wonosari Diduga Asal JadiHasil Kerjaan Amburadul Tanpa Referensi Dan Kemampuan Dasar PT Nasrip Indonesia Menang 3 PaketKanwil DJBC Riau dan Sumbar Musnahkan Barang Selundupan Senilai Rp13 M LebihDiduga Kongkalikong Antara Kontraktor dan Pejabat PU di Proyek Rigit Beton 6 M
Laporan KhususBerhasil Kendalikan Kaki Gajah Depok Raih PenghargaanDepok, Jaya Pos Pemerintah Kota (Pemkot) Depok meraih penghargaan dari Menteri Kesehatan Republik Indonesia ...


Tahapan Seleksi Sekda Memasuki Penulisan MakalahBadan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor Tahun 2017Ketua Dewan Pimpin Paripurna Istimewa APBD-P 2017Inovasi Disbun Jatim Untuk Petani KakaoHUT Kabupaten Natuna Bupati Berikan Penghargaan Pada PegawaiJaksa Pangkalpinang Masuk SekolahPDAM Kab Melawi Peroleh Predikat WTP