Jumat, 28 Juli 2017 - 05:46:58 WIB
Disdikpora Gelar Invitasi Olahraga TradisionalKategori: Olahraga - Dibaca: 33 kali

Baca Juga:Proyek Bibit Tanaman Apel dan Stober Delapan Ratus Juta, Gagal.Adpel Pontianak Tuan Rumah Kampanye Keselamatan Pelayaran dan Hari Pelaut SeduniaSiswa SDN 1 Bojong Lopang Juara Sempoa Se SukabumiDinas Pertanian Bersama Polres Pangkep Sidak Pengantrian BBM, DPRD Membantah

Karawang, Jaya Pos

Guna mengeksiskan kembali Invitasi Olahraga Tradisional yang kian hari mulai tergeser keberadaannya oleh permainan modern, dan juga selain sebagai ajang hiburan, kegiatan ini merupakan upaya untuk turut melestarikan budaya sunda.

Atas dasar itu, Disdikpora Kab Karawang menggelar Invitasi Olahraga Tingkt Kabupaten Karawang tahun 2017. Kegiatan tersebut digelar di halaman depan Stadion Singaperbangsa Karawang, dibuka langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Karawang Drs Dadan Sugardan MPd, Rabu (19/7).

Dalam sambutannya Kadisdik menyampaikan, sebagaimana diketahui kegiatan ini memiliki maksud dan tujuan yang sangat luhur, tidak hanya dalam rangka memasyarakatkan olahraga dan mengolahragakan masyarakat saja, juga turut ditujukan untuk memelihara dan mewariskan permainan olahraga tradisional sebagai bagian dari budaya bangsa.

Di Jawa Barat khususnya di Kabupaten Karawang, terdapat banyak sekali warisan budaya berupa permainan olahraga tradisional yang sangat beragam. Permainan tersebut sarat dengan ajaran ajaran luhur seperti menempa kesabaran dan keterampilan serta mengajarkan kita akan pentingnya kerjasama untuk meraih dan mewujudkan sesuatu.

Selanjutnya Kadisdik berkata, dengan digelarnya Invitasi Olahraga ini adalah komitmen dari Disdikpora Kab Karawang untuk terus meletarikan olahraga tradisional. Kepada anak-anak yang hadir pada saat ini juga diharapkan dapat menyenangi olahraga tradisional, karena ini merupakan kewajiban kita semua untuk melestarikan budaya.

Lebih lanjut Kadisdik berpesan, prestasi anak anak yang didapat di TK perlu ditingkatkan hingga ke tingkat provinsi maupun nasional. “Oleh karenanya, dalam kesempatan ini saya berharap kepada anak anak yang akan bertanding, untuk dapat menunjukkan kemampuan yang terbaik dengan tetap menjunjung tinggi sportifitas dan semangat persaudaraan,” himbaunya.

Gelaran invitasi olahraga ini juga disiapkan bagi yang berprestasi untuk maju ke jenjang lebih tinggi, yakni tingkat provinsi maupun nasional,
Ada 4 jenis invitasi olahraga yakni Hadang yang bahasa dahulu biasa disebut Galah, kemudian Gadongan, Engrang menggunakan bambu, taropah panjang, serta 1 nomor seleksi yaitu sumpit.

Untuk jumlah peserta terdiri dari 600 atlet dari 30 UPTD Pendidikan Kecamatan, hadir pula Kepala UPTD Paud SD se Kab Karawang sebagai official untuk membawa atlet dari pelajar di masing-masing daerah.(JK/IM)


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerDinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (10050)Proyek KA di Sulsel Membawa Petaka, Danyon Zipur Jadi Tersangka (3041)PT IIGF Adakan Baksos di Desa Telajung (1853)Komentari Kasus e-KTP, Andar: Abraham Samad Itu 'Omdo' (1691)Pandangan Umum Fraksi PDIP, PAN, dan RNB Terhadap Nota Keuangan dan Raperda APBD Kota Depok TA 2018 (1115)Sutadi SH dan Oknum Polres Ketapang Diduga Bobol Rumah Walet Milik Akim (997)PT Jembatan Nusantara Melakukan Pembohongan Terhadap Pelamar Pekerjaan (844)10,8 Miliar Proyek Pembangunan Jembatan Ulim Dikerjakan Asal Jadi (586)Endorsement Operational Level Untuk Kelas III dan IV Merugikan Pelaut (533)Sintong Gultom Bubarkan Rapat Banmus DPRD Setiran Bonaran Situmeang (504)
Bedah JayaposPT MRIA Harus Bertanggung Dalam Kasus Yang Menyeret Danyon Zipur 8 SMG Jadi TersangkaMakassar, Jaya Pos Kasus keterlibatan Danyon Zipur 8 SMG yang terlibat dalam peledakan bukit (blasting), ...


Proyek Rehabilitasi Jembatan Terkesan Asal Jadi, BPKP Diminta Turun TanganPengusaha Nakal Berkeliaran Memburuh Proyek Di Kabupaten DharmasrayaSoal Kasus Lampu Jalan di Maros, Kompolnas Minta Klarifikasi Kepada Kapolri10,8 Miliar Proyek Pembangunan Jembatan Ulim Dikerjakan Asal JadiAPBDes Katimoho Terindikasi DikorupsiBendungan Karalloe Senilai 518 M Tidak Selesai PPK dan Kontraktor Enggan KomentarTangani Sengketa Tanah Damang Tewah Turun Lapangan
Laporan KhususPerantau Asal Samosir Merintis Obyek Wisata di KampungSamosir, Jaya Pos Sejak dicanangkan oleh Presiden Jokowi bahwa Samosir adalah salah satu tempat kunjungan ...


TNI Peduli Atas Penderitaan Seorang Anak BOB Berikan Bantuan Mesin Pengolah Pakan Ikan Kepada Warga Desa KasikanDPRD Muba Sambut Baik Inisiatif Pemkab MubaPemkab Muba Sampaikan Raperda Tentang Pinjaman Daerah Kepada DPRDDinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan Depok Gelar Workshop B2SAMemperkenalkan Lebih Dini Budaya Batak Pada Anak-Anak Melalui Natal STM SarohaWaiting List Keberangkatan Jamaah Haji Kabupaten Ciamis Sudah Mencapai 2030