Jumat, 28 Juli 2017 - 05:46:58 WIB
Disdikpora Gelar Invitasi Olahraga TradisionalKategori: Olahraga - Dibaca: 27 kali

Baca Juga:Proyek Bibit Tanaman Apel dan Stober Delapan Ratus Juta, Gagal.Adpel Pontianak Tuan Rumah Kampanye Keselamatan Pelayaran dan Hari Pelaut SeduniaSiswa SDN 1 Bojong Lopang Juara Sempoa Se SukabumiDinas Pertanian Bersama Polres Pangkep Sidak Pengantrian BBM, DPRD Membantah

Karawang, Jaya Pos

Guna mengeksiskan kembali Invitasi Olahraga Tradisional yang kian hari mulai tergeser keberadaannya oleh permainan modern, dan juga selain sebagai ajang hiburan, kegiatan ini merupakan upaya untuk turut melestarikan budaya sunda.

Atas dasar itu, Disdikpora Kab Karawang menggelar Invitasi Olahraga Tingkt Kabupaten Karawang tahun 2017. Kegiatan tersebut digelar di halaman depan Stadion Singaperbangsa Karawang, dibuka langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Karawang Drs Dadan Sugardan MPd, Rabu (19/7).

Dalam sambutannya Kadisdik menyampaikan, sebagaimana diketahui kegiatan ini memiliki maksud dan tujuan yang sangat luhur, tidak hanya dalam rangka memasyarakatkan olahraga dan mengolahragakan masyarakat saja, juga turut ditujukan untuk memelihara dan mewariskan permainan olahraga tradisional sebagai bagian dari budaya bangsa.

Di Jawa Barat khususnya di Kabupaten Karawang, terdapat banyak sekali warisan budaya berupa permainan olahraga tradisional yang sangat beragam. Permainan tersebut sarat dengan ajaran ajaran luhur seperti menempa kesabaran dan keterampilan serta mengajarkan kita akan pentingnya kerjasama untuk meraih dan mewujudkan sesuatu.

Selanjutnya Kadisdik berkata, dengan digelarnya Invitasi Olahraga ini adalah komitmen dari Disdikpora Kab Karawang untuk terus meletarikan olahraga tradisional. Kepada anak-anak yang hadir pada saat ini juga diharapkan dapat menyenangi olahraga tradisional, karena ini merupakan kewajiban kita semua untuk melestarikan budaya.

Lebih lanjut Kadisdik berpesan, prestasi anak anak yang didapat di TK perlu ditingkatkan hingga ke tingkat provinsi maupun nasional. “Oleh karenanya, dalam kesempatan ini saya berharap kepada anak anak yang akan bertanding, untuk dapat menunjukkan kemampuan yang terbaik dengan tetap menjunjung tinggi sportifitas dan semangat persaudaraan,” himbaunya.

Gelaran invitasi olahraga ini juga disiapkan bagi yang berprestasi untuk maju ke jenjang lebih tinggi, yakni tingkat provinsi maupun nasional,
Ada 4 jenis invitasi olahraga yakni Hadang yang bahasa dahulu biasa disebut Galah, kemudian Gadongan, Engrang menggunakan bambu, taropah panjang, serta 1 nomor seleksi yaitu sumpit.

Untuk jumlah peserta terdiri dari 600 atlet dari 30 UPTD Pendidikan Kecamatan, hadir pula Kepala UPTD Paud SD se Kab Karawang sebagai official untuk membawa atlet dari pelajar di masing-masing daerah.(JK/IM)


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerMembongkar Proyek Permai Grup (Bag 1), PT AJ Dapat Jatah Rp 35 M di Kementerian Perhubungan (121112)Komisi IX DPR RI dan Menteri Kesehatan Agar Meninjau Kembali Pembangunan Rumah Sakit Internasional (90669)Bayi Hasil Hubungan Gelap Dibuang di WC Sekitar Kabah ( Nestapa Pahlawan Devisa di Negeri Orang Bgn (55276)SMPN 2 Pasar Kemis Butuh Ruang Kelas Baru (48251)Diduga Peras Pengusaha Toko Material dan Toko Emas, PPATK Diminta Audit Harta Pejabat KPP Pratama Ko (45600)PP Amanatul Ummah Tidak Penuhi Janjinya Pada Wali Murid (44750)Tanah Milik H.Amiruddin Pase Jadi Ajang Kejahatan Koneksitas Hakim Dan Penyidik Kepolisian (37233)Perusahaan Martua Sitorus Ngemplang Pajak Rp 7,2 Triliun? (32555)Ibunda Ajeng Mamamia Dimejahijaukan (31261)Sudah Tiga Jenderal Polisi Pembawa Gerbong Terbelit Kasus (23515)
Bedah JayaposMasyarakat Desa Kace Timur Bangka Pertanyakan LKPJ Tahun 2016Bangka, Jaya Pos Masyarakat Desa Kace Timur, Kecamatan Mendo Barat, Kabupaten Bangka, Provinsi Bangka ...


Lemkira Tantang Polda Sulsel Untuk Menahan 7 Tersangka Proyek Pipa SPAM Proyek Amburadul Kok Dibilang Bagus Dan SesuaiPembangunan Jalan Baru Wiyung Asal Jadi, Dinas PU Kota Surabaya Dinilai Tutup MataTim Verifikasi Kecamatan Dan Kades Karangsari Angsana Diduga Kangkangi DD 2016-2017Pengadaan Alkes RSUD Barru Senilai 22,7 M Jadi SorotanPolres Bolmong Bidik Proyek Pembangunan Pasar GenggulangKades Sidojangkung Layak Dibui
Laporan KhususPiala Adipura Diarak Mengelilingi Kota Baturaja Kabupaten OkuBaturaja, Jaya Pos. Piala Adipura diarak keliling Kota Baturaja oleh Bupati Kab.Oku Drs. H. Kuryana Azis ...


Kesepakatan RPJMD DitandatanganiMenristek Dikti Apresiasi Kepemimpinan Bupati BantaengKado HUT Kabupaten OKU Ke-107 Tahun 2017 Raih AdipuraAnugerah Adipura di Terima Bupati TrenggalekBupati Iskandar Persembahkan Adipura untuk OKIKepedulian Bupati Labuhanbatu Terhadap Warganya Pantas Diacungi JempolBupati Kab. Oku Menerima Piala Adipura Tahun 2017