Senin, 07 Agustus 2017 - 05:43:52 WIB
Lakukan Penipuan Hingga 1,4 M Akiong Hanya Divonis 10 Bulan PenjaraKategori: Jakarta - Dibaca: 141 kali

Baca Juga:Pelepasan Siswa-Siswi SMKN 1 LabangWarga Desa Sungai Belidak Merasa DianaktirikanTersangka Kasus Korupsi Tidak Ditahan Kejari SimalungunBPR Siap Mewujudkan Impian Masyarakat Natuna

Jakarta, Jaya Pos

Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Utara menggelar sidang putusan kasus penipuan dan penggelapan (378/372), yang dipimpin Hakim Ketua Majelis Sutejo Bimantoro SH didampingi Hakim anggota Dodom Iman Rusdani SH dan Crisfajar Sosiawan SH. Dalam putusannya, hakim memvonis 10 bulan penjara terhadap terdakwa Jiang Quahuang alias Akiong, karena terbukti menggelapkan (372) uang Rp 1,4 miliar.

Majelis hakim dalam amar putusannya sependapat dengan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Ireine Relanita K SH dan Fedrick SH dari Kejaksaan Negeri (Kejari) Jakarta Utara, bahwa terdakwa telah terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah, tetapi dalam menjatuhkan hukuman pidana, majelis hakim berbeda pendapat, sehingga menjatuhkan putusan 10 bulan dan putusan itu 5 bulan lebih ringan dari tuntutan 15 bulan pidana penjara.

Tedakwa Jiang Quahuang alias Akiong yang telah terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana pengelap Rp 1,4 miliar terhadap Rudi Salim sebagaimana diatur dan diancam dalam Pasal 372/378 KUHP yang ancaman hukumannya paling lama 4 tahun penjara.

Sebelum menjatuhkan putusan, majelis terlebih dahulu membacakan petimbangan-pertimbangan hukum sesuai dengan fakta-fakta yang terungkap di persidangan sebagaimana keterangan saksi pelapor, saksi fakta dan saksi ahli maupun keterangan terdakwa, bahwa terdakwa telah melakukan penipuan uang Rp 1,4 miliar terhadap pelapor Nur Salam. Dimana, Nur Salim memesan marmer seharga Rp 1,4 miliar kepada terdakwa Jiang Qau­huang alias Akiong, tetapi pesanan itu tidak pernah dipenuhi terdakwa.

Hal-hal yang memberatkan, terdakwa berbelit-belit dalam persidangan dan bahkan tidak mengakui perbuatannya, padahal terdakwa mengakui telah menerima transferan sebanyak tiga kali masing-masing pertama Rp 700 juta, kedua Rp 500 juta dan ketiga Rp 200 juta, terhadap rekening istrinya (Irene), tetapi barang (marmar) yang dipesan pelapor tidak pernah dipenuhi terdakwa, sementara uang yang sudah diterima tidak pernah dikembalikan.

Hal-hal yang meringankan, terdakwa belum pernah dihukum serta masih punya tanggungjawab terhadap anak dan istri-istrinya.
Atas putusan hakim yang jauh le­bih ringan dari tuntutan JPU tersebut, JPU langsung menyatakan banding.

Terdakwa Jiang Quahuang alias Akiong yang tinggal bersama istrinya Irene Handayani di Ruko Permata Ancol Bloki N, No 1 Jl RE Martadinata, Pademangan, Jakarta Utara, berjanji akan menyerahkan barang (mar­mer) kepada Rudi Salim tiga bulan sejak uang sudah ditransfer. Dan batu marmer yang dipesan Rudi Salim itu akan didatangkan Akiong dari China.

Walapun uang sudah diterima terdakwa seluruhnya, namu sampai laporannya dibuat di Polres Jakarta Utara, terdakwa belum pernah mengirimkan barang bahkan tidak ada etiket baik dari terdakwa untuk mengembalikan uang Rp 1,4 miliar itu.(Herman)


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerKejanggalan Pengadaan Barang dan Jasa di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kab Sidoarjo Terciu (50355)Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (13446)BPPT MoU Dengan Pemkab Natuna Kaji Pemanfaatan Teknologi Guna Mendukung Percepatan Pembangunan Dae (12779)Perselingkuhan Antar Kepsek Akhirnya Terbongkar (8004)Mandi Seperti Manusia Petugas Yakin Bonita Adalah Harimau 'Jadi-Jadian' (5326)Tujuh Komoditas Unggulan Dinas Perkebunan Propinsi Jawa Timur (4817)Dua Siswa Kelas 3 SMKN Tutur Dikeluarkan, Disuruh Buat Pernyataan Pengunduran Diri (3942)Sintong Gultom Bubarkan Rapat Banmus DPRD Setiran Bonaran Situmeang (3739)PT IIGF Adakan Baksos di Desa Telajung (3615)Pengusaha Ayam Goreng Karawaci Rugi Rp 28 Juta (3527)
Bedah JayaposPerusakan Pagar Beton Diperintah Oleh TerdakwaTangerang, JAYAPOS - Sungguh berani, walaupun usia tua tapi semangat tetap muda. Kalau pada ...


Penggunaan Anggaran Pendidikan PAUD Mantan Pjs Mekar Jaya Diduga Tidak TransparanPungli di CV BB Travel Catut Nama Polres Penyidik Dilapor Ke Propam Polda KaltengPedestrian Merr-Kalidami Senilai Rp 3 Milyar Terkesan Asal JadiGalian C Desa Treman Kabupaten Minut Diduga Tidak Mengantongi IzinProyek Kawasan Wisata Penataran Blitar Abaikan Spek Kadis dan Satker Disbudpar Lempar Tanggung JawabKinerja PPDP KPU Way Kanan DipertanyakanSatpol PP Kota Tanjungbalai Tertibkan PKL Berdagang di Trotoar
Laporan KhususSrikandi Pasegeran Multi Peran di TMMDBanjarnegara, JAYAPOS - Suparti (45) petani dari Dusun Kroya Rt 02 Rw 03 Desa Pasegeran Kecamatan ...


Sembako Malam Disalurkan Kepada Warga Sasaran TMMD BanjarnegaraPeringatan Harganas XXV Tahun 2018, Bupati Irdinansyah Peroleh Tanda Kehormatan Manggala Karya KencaSuport Ibu-ibu Karanggondang Luar Biasa "Tak Ragu Langsir Material"Pemprov Jambi Dukung Pelestarian Olahraga Tradisional dan Liga SantriBerkah TMMD Bagi Pedagang TernakPembangunan Drainase di Lokasi TMMD Reg 102 DikebutRehab RTLH di Lokasi TMMD Reg 102 Pasegeran