Sabtu, 07 Juli 2012 - 17:18:43 WIB
KPUD dan Walikota Berebut Kursi Sekretaris KPUDKategori: Depok - Dibaca: 206 kali

Baca Juga:Berita Poto :Pesta Bolon Simbolon Indonesia Dihadiri Megawati Berita Foto :Bupati Buol Amran Batalipu Lagi Digiring ke KPK Jumat (6/7/2012)Penderitaan Emeh Mengundang Keprihatinan Kapolres MajalengkaDua Petinju Samosir Masuk Final Kejurnas Tinju Amatir di Jakarta

Depok, Jaya Pos

Aroma perebutan kekuasaan menjelang Pemilihan Guburnur (Pilgub) Jawa Barat (Jabar) mulai kental terasa di Kota Depok. Pemerintah Kota Depok dan jajaran Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kota Depok saling ngotot memperebutkan bangku posisi Sekretaris KPUD yang ditinggalkan Solihin Yusup Sudarman pindah menjadi Sekretaris di Dinas Pasar, Koperasi, dan UKM.

KPUD sebagai pihak penyelenggara Pilgub berhak mengusulkan tiga nama untuk dicalonkan menjadi Sekretaris KPUD. Mereka adalah Arif Rusli, Ahmad Oting, Ikhwan.

Sementara pemerintah juga mengusulkan tiga nama yakni Aris P, Ferry Birowa, dan Hardiman. “Sampai detik ini KPUD belum memilih pengganti Pak Yusup. Namun, kita sudah mengkonsultasikan tiga nama ke wali kota.

Mereka adalah Arif, Oting, dan Ikhwan,” kata Ketua KPUD Muhammad Hasan di ruang kerjanya, baru-baru ini.
Hasan menjelaskan, sesuai aturan perundang-undangan, lembaga yang berhak mengusulkan nama Sekretaris KPUD adalah KPUD sendiri.

Makanya, kata dia, hasil rapat pleno KPUD terpilih lah tiga nama tadi. Namun, pemerintah melalui Badan Kepegawaian Daerah (BKD) menolak tiga nama usulan KPUD, dan mengusulkan tiga nama baru. “Ketiga nama usulan KPUD sudah kita usulkan ke Sekretaris Jenderal KPU Pusat. Tapi nama mereka ditolak BKD. BKD justru mengusulkan tiga nama baru,” terangnya.

Hasan menegaskan, pihaknya sudah melakukan temu wawancara dengan ketiga nama yang diusulkan pemerintah. Sampai detik ini, kata dia, KPUD belum mengeluarkan keputusan apapun terkait ketiga nama itu. Pada hakekatnya, ungkap Hasan, KPUD membutuhkan orang berpengalaman serta profesional.

“Orang-orang yang kami usulkan tidak mungkin tidak memenuhi persyaratan. Dua nama terdepan merupakan pejabat struktural KPUD. Sementara Ikhwan pernah bekerja di KPUD. Hal ini sangat memudahkan KPUD bekerja,” kata dia.

Menurut Hasan, pihak KPUD tetap berupaya seindependen mungkin agar penyelenggaraan Pilgub Jabar dapat terlaksana tanpa tekanan politik dari pihak mana pun juga. “Apa yang diinginkan pemerintah sudah kita kerjakan, tapi semuanya bergantung pada hasil rapat pleno anggota. Kalau anggota menerima ketiga nama yang diusulkan pemerintah, maka ketiganya kita usulkan,” ujarnya.

Pernyataan Hasan diamini anggota KPUD Raden Salamun Adiningrat. Menurutnya, semua keputusan terkait pengusulan nama sekretaris ada didalam rapat pleno KPUD.

Pemerintah tidak dapat melakukan intervensi terkait hal tersebut. “Tunggu saja hasil plenonya. Pemerintah juga harus menerima apapun hasil yang dikeluarkan KPUD,” kata Salamun.

Salamun menegaskan, jika tidak terjadi titik temu antara KPUD dan pemerintah maka sebaiknya kembali lagi dalam aturan. Dimana, kata dia, pejabat struktural dapat menjadi pejabat sementara Sekretaris KPUD. Bisa juga Sekretaris KPUD yang sudah dipindahkan kembali diaktifkan dengan menganggap pejabat tersebut tidak memiliki jabatan baru. “Semua itu sudah diatur secara terang benerang, kita tinggal melaksanakan saja,” kata dia.

Di tempat terpisah, Kasno dari LSM Kapok menyatakankan tidak heran kalau Walikota Depok Nurmahmudi Ismail mengajukan tiga nama, karena PKS punya kepentingan di Pilgub Jawa Barat 2013 nanti, maka Walikota Depok ngotot agar salah satu calon yang diajukan jadi sekretaris di KPUD. “Bahkan Nurmahmudi Ismail sudah menyiapkan dana ratusan juta untuk mengolkan calon sekretaris KPUD yang diajukan,” kata Kasno.

Keberadaan Sekretaris KPUD adalah posisi jabatan penting, karena dapat menjadi pilot dan diduga akan menjadi dalang dari drama jual-beli suara dan transaksi anggaran lewat lobi-lobi dalam setiap pilkada di kota Depok. “Ada kabar calon Sekretaris KPUD Depok yang diajukan Walikota Nurmahmudi Ismail sudah digembleng harus memperjuangkan kemenangan PKS dalam pilgub Jabar nanti,” tegas Kasno.
Sementara dari data yang dihimpun Jaya Pos di lapangan, dari tiga calon sekretaris yang diajukan oleh KPUD Depok, adalah orang yang sudah punya pengalaman di KPUD Depok. Joko Warihnyo


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerKejanggalan Pengadaan Barang dan Jasa di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kab Sidoarjo Terciu (50370)Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (13454)BPPT MoU Dengan Pemkab Natuna Kaji Pemanfaatan Teknologi Guna Mendukung Percepatan Pembangunan Dae (12783)Perselingkuhan Antar Kepsek Akhirnya Terbongkar (8009)Mandi Seperti Manusia Petugas Yakin Bonita Adalah Harimau 'Jadi-Jadian' (5335)Tujuh Komoditas Unggulan Dinas Perkebunan Propinsi Jawa Timur (4892)Proyek Kawasan Wisata Penataran Blitar Abaikan Spek Kadis dan Satker Disbudpar Lempar Tanggung Jawab (4574)Dua Siswa Kelas 3 SMKN Tutur Dikeluarkan, Disuruh Buat Pernyataan Pengunduran Diri (3947)Sintong Gultom Bubarkan Rapat Banmus DPRD Setiran Bonaran Situmeang (3797)PT IIGF Adakan Baksos di Desa Telajung (3616)
Bedah JayaposProgram PPLP di Dispora Jatim Jadi Ajang Korupsi ?Surabaya, JAYAPOS - Pemusatan Pelatihan Pelajar Provinsi Jawa Timur (PPLP) digulirkan sejak tahun ...


Kades Mekar Sari-Panimbang Diduga Manipulasi Data BSPS Kaum MiskinDana DAK Rehab, RKB dan Perpustakaan Sekolah Diduga Dipungli Hingga Ratusan Juta RupiahPerusakan Pagar Beton Diperintah Oleh TerdakwaPenggunaan Anggaran Pendidikan PAUD Mantan Pjs Mekar Jaya Diduga Tidak TransparanPungli di CV BB Travel Catut Nama Polres Penyidik Dilapor Ke Propam Polda KaltengPedestrian Merr-Kalidami Senilai Rp 3 Milyar Terkesan Asal JadiGalian C Desa Treman Kabupaten Minut Diduga Tidak Mengantongi Izin
Laporan KhususBuka Pekan Koperasi, Walikota Jabarkan Tiga Komponen ReformasiPekan koperasi yang digagas oleh DKUM Kota Depok ini mengusung tema koperasi bergerak bersama untuk ekonomi ...


Wagub Berikan Jawaban pada Rapat Paripurna DPRD Provinsi SumselBupati OKI Minta Polisi Tindak Tegas Pembakaran LahanSrikandi Pasegeran Multi Peran di TMMDSembako Malam Disalurkan Kepada Warga Sasaran TMMD BanjarnegaraPeringatan Harganas XXV Tahun 2018, Bupati Irdinansyah Peroleh Tanda Kehormatan Manggala Karya KencaSuport Ibu-ibu Karanggondang Luar Biasa "Tak Ragu Langsir Material"Pemprov Jambi Dukung Pelestarian Olahraga Tradisional dan Liga Santri