Sabtu, 12 Agustus 2017 - 07:19:19 WIB
Pembangunan Jalan Baru Wiyung Asal Jadi, Dinas PU Kota Surabaya Dinilai Tutup MataKategori: Bedah Jaya Pos - Dibaca: 116 kali

Baca Juga:Bupati Boul Ditangkap KPK Bidik Pembina DemokratKPUD dan Walikota Berebut Kursi Sekretaris KPUDBerita Poto :Pesta Bolon Simbolon Indonesia Dihadiri Megawati Berita Foto :Bupati Buol Amran Batalipu Lagi Digiring ke KPK Jumat (6/7/2012)

Surabaya, Jaya Pos

Pembangunan dan rehabilitasi jalan dan jembatan (DAK fisik), yaitu pembuatan jalan baru kolektor tipe 2 Jalan Wiyung (Wiyung) di Kota Surabaya dengan nomor kontrak 621/0003.1.16/DAK-FSK/IX-12/436.7.3/2017 tanggal kontrak 15 Mei 2017 dengan jangka waktu pelaksanaan 180 hari kalender bersumber dana dari APBD pemkot dilakukan oleh kontraktor pelaksana PT Kharisma Bina Kontruksi (KBK), konsultan supervisi PT Global Profe Synergy (GPS).

Namun saying, dalam pelaksanaan pekerjaan PT KBK sama sekali tidak memperhatikan spesifikasi teknis yang telah disepakati untuk dilakukan sebagaimana penyedia jasa dalam melaksanakannya telah diatur dalam kontrak kerja antara Satuan Kerja Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Pematusan Kota Surabaya dengan PT KBK. Bahkan dan kedua belah pihak ini juga telah menandatangani fakta integritas untuk memenuhi setiap detil pelaksanaan pekerjaan sehingga tercapai kualitas dan kuantitas pekerjaan.

Pantauan Jaya Pos yang didampingi beberapa LSM, Kamis (10/8/17) diketahui bahwa PT KBK cenderung tidak punya itikat baik dan melakukan pekerjaan asal jadi. Indikasi-indikasi tersebut terlihat kasat mata dari item–item pekerjaan yang dilakukan semisal pekerjaan pasangan batu, pekerjaan jembatan, pekerjaan beton dan pembesiannya, pekerjaan jalan dan masih banyak lagi item pekerjaan.

Dalam pekerjaan pasangan batu (masounry stone) PT KBK sama sekali tidak memperhatikan metode kerja dalam rangka mencapai kualitas dan kuantitas pekerjaan semisal untuk spesi (luluh) yang dalam ketentuanya ditentukan 1:4 atau setara dengan K 175, kenyataannya diketahui dilaksanakan 1:8. Belum lagi cara pemasangan batu kali tidak bersinggungan dengan batu lain atau tidak dilapisi oleh spesi (luluh).

Pekerjaan jalan yang salah satu item pekerjaannya urugan dan pemadatan, kontraktor lagi-lagi melakukannya tidak sesuai ketentuan, menganti dengan sisa ayakan pasir dari pasangan batu kali.

Anehnya lagi, papan proyek ternyata dipasang di dalam direksi kid, ini jelas untuk menghalangi masyarakat supaya tidak dapat melihat besaran anggaran yang dipakai dalam pengerjaan proyek tersebut.

Wahyono, salah satu warga masyarakat yang pernah memantau kegiatan pembangunan jalan tersebut mengaku kaget melihat tukang bangunan menggunakan tabung gas LPG 3 kilogram untuk aktifitas. “Lha, tabung LPG 3 kg kan disubsidi pemerintah untuk warga ekonomi lemah,” ujarnya.

Sementara H Ghofur pe­milik PT KBK yang dihubungi melalui telepon selulernya untuk dikonfirmasi terkait adanya temuan pengurangan kualitas dan kuantitas dalam kegiatan tersebut, yang bersangkutan tidak mengangkat teleponnya.  Demikian pula Kabid Jalan dan Jembatan yang berusaha dikonfirmasi melalui telepon, juga tidak ada respon. (Zein)


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerKejanggalan Pengadaan Barang dan Jasa di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kab Sidoarjo Terciu (50355)Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (13446)BPPT MoU Dengan Pemkab Natuna Kaji Pemanfaatan Teknologi Guna Mendukung Percepatan Pembangunan Dae (12779)Perselingkuhan Antar Kepsek Akhirnya Terbongkar (8004)Mandi Seperti Manusia Petugas Yakin Bonita Adalah Harimau 'Jadi-Jadian' (5326)Tujuh Komoditas Unggulan Dinas Perkebunan Propinsi Jawa Timur (4817)Dua Siswa Kelas 3 SMKN Tutur Dikeluarkan, Disuruh Buat Pernyataan Pengunduran Diri (3942)Sintong Gultom Bubarkan Rapat Banmus DPRD Setiran Bonaran Situmeang (3739)PT IIGF Adakan Baksos di Desa Telajung (3615)Pengusaha Ayam Goreng Karawaci Rugi Rp 28 Juta (3527)
Bedah JayaposPerusakan Pagar Beton Diperintah Oleh TerdakwaTangerang, JAYAPOS - Sungguh berani, walaupun usia tua tapi semangat tetap muda. Kalau pada ...


Penggunaan Anggaran Pendidikan PAUD Mantan Pjs Mekar Jaya Diduga Tidak TransparanPungli di CV BB Travel Catut Nama Polres Penyidik Dilapor Ke Propam Polda KaltengPedestrian Merr-Kalidami Senilai Rp 3 Milyar Terkesan Asal JadiGalian C Desa Treman Kabupaten Minut Diduga Tidak Mengantongi IzinProyek Kawasan Wisata Penataran Blitar Abaikan Spek Kadis dan Satker Disbudpar Lempar Tanggung JawabKinerja PPDP KPU Way Kanan DipertanyakanSatpol PP Kota Tanjungbalai Tertibkan PKL Berdagang di Trotoar
Laporan KhususSrikandi Pasegeran Multi Peran di TMMDBanjarnegara, JAYAPOS - Suparti (45) petani dari Dusun Kroya Rt 02 Rw 03 Desa Pasegeran Kecamatan ...


Sembako Malam Disalurkan Kepada Warga Sasaran TMMD BanjarnegaraPeringatan Harganas XXV Tahun 2018, Bupati Irdinansyah Peroleh Tanda Kehormatan Manggala Karya KencaSuport Ibu-ibu Karanggondang Luar Biasa "Tak Ragu Langsir Material"Pemprov Jambi Dukung Pelestarian Olahraga Tradisional dan Liga SantriBerkah TMMD Bagi Pedagang TernakPembangunan Drainase di Lokasi TMMD Reg 102 DikebutRehab RTLH di Lokasi TMMD Reg 102 Pasegeran