Sabtu, 12 Agustus 2017 - 07:19:19 WIB
Pembangunan Jalan Baru Wiyung Asal Jadi, Dinas PU Kota Surabaya Dinilai Tutup MataKategori: Bedah Jaya Pos - Dibaca: 103 kali

Baca Juga:Bupati Boul Ditangkap KPK Bidik Pembina DemokratKPUD dan Walikota Berebut Kursi Sekretaris KPUDBerita Poto :Pesta Bolon Simbolon Indonesia Dihadiri Megawati Berita Foto :Bupati Buol Amran Batalipu Lagi Digiring ke KPK Jumat (6/7/2012)

Surabaya, Jaya Pos

Pembangunan dan rehabilitasi jalan dan jembatan (DAK fisik), yaitu pembuatan jalan baru kolektor tipe 2 Jalan Wiyung (Wiyung) di Kota Surabaya dengan nomor kontrak 621/0003.1.16/DAK-FSK/IX-12/436.7.3/2017 tanggal kontrak 15 Mei 2017 dengan jangka waktu pelaksanaan 180 hari kalender bersumber dana dari APBD pemkot dilakukan oleh kontraktor pelaksana PT Kharisma Bina Kontruksi (KBK), konsultan supervisi PT Global Profe Synergy (GPS).

Namun saying, dalam pelaksanaan pekerjaan PT KBK sama sekali tidak memperhatikan spesifikasi teknis yang telah disepakati untuk dilakukan sebagaimana penyedia jasa dalam melaksanakannya telah diatur dalam kontrak kerja antara Satuan Kerja Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Pematusan Kota Surabaya dengan PT KBK. Bahkan dan kedua belah pihak ini juga telah menandatangani fakta integritas untuk memenuhi setiap detil pelaksanaan pekerjaan sehingga tercapai kualitas dan kuantitas pekerjaan.

Pantauan Jaya Pos yang didampingi beberapa LSM, Kamis (10/8/17) diketahui bahwa PT KBK cenderung tidak punya itikat baik dan melakukan pekerjaan asal jadi. Indikasi-indikasi tersebut terlihat kasat mata dari item–item pekerjaan yang dilakukan semisal pekerjaan pasangan batu, pekerjaan jembatan, pekerjaan beton dan pembesiannya, pekerjaan jalan dan masih banyak lagi item pekerjaan.

Dalam pekerjaan pasangan batu (masounry stone) PT KBK sama sekali tidak memperhatikan metode kerja dalam rangka mencapai kualitas dan kuantitas pekerjaan semisal untuk spesi (luluh) yang dalam ketentuanya ditentukan 1:4 atau setara dengan K 175, kenyataannya diketahui dilaksanakan 1:8. Belum lagi cara pemasangan batu kali tidak bersinggungan dengan batu lain atau tidak dilapisi oleh spesi (luluh).

Pekerjaan jalan yang salah satu item pekerjaannya urugan dan pemadatan, kontraktor lagi-lagi melakukannya tidak sesuai ketentuan, menganti dengan sisa ayakan pasir dari pasangan batu kali.

Anehnya lagi, papan proyek ternyata dipasang di dalam direksi kid, ini jelas untuk menghalangi masyarakat supaya tidak dapat melihat besaran anggaran yang dipakai dalam pengerjaan proyek tersebut.

Wahyono, salah satu warga masyarakat yang pernah memantau kegiatan pembangunan jalan tersebut mengaku kaget melihat tukang bangunan menggunakan tabung gas LPG 3 kilogram untuk aktifitas. “Lha, tabung LPG 3 kg kan disubsidi pemerintah untuk warga ekonomi lemah,” ujarnya.

Sementara H Ghofur pe­milik PT KBK yang dihubungi melalui telepon selulernya untuk dikonfirmasi terkait adanya temuan pengurangan kualitas dan kuantitas dalam kegiatan tersebut, yang bersangkutan tidak mengangkat teleponnya.  Demikian pula Kabid Jalan dan Jembatan yang berusaha dikonfirmasi melalui telepon, juga tidak ada respon. (Zein)


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerMembongkar Proyek Permai Grup (Bag 1), PT AJ Dapat Jatah Rp 35 M di Kementerian Perhubungan (121533)Komisi IX DPR RI dan Menteri Kesehatan Agar Meninjau Kembali Pembangunan Rumah Sakit Internasional (90924)Bayi Hasil Hubungan Gelap Dibuang di WC Sekitar Kabah ( Nestapa Pahlawan Devisa di Negeri Orang Bgn (62912)SMPN 2 Pasar Kemis Butuh Ruang Kelas Baru (50275)Diduga Peras Pengusaha Toko Material dan Toko Emas, PPATK Diminta Audit Harta Pejabat KPP Pratama Ko (45779)PP Amanatul Ummah Tidak Penuhi Janjinya Pada Wali Murid (45590)Tanah Milik H.Amiruddin Pase Jadi Ajang Kejahatan Koneksitas Hakim Dan Penyidik Kepolisian (37444)Perusahaan Martua Sitorus Ngemplang Pajak Rp 7,2 Triliun? (32907)Ibunda Ajeng Mamamia Dimejahijaukan (31604)Sudah Tiga Jenderal Polisi Pembawa Gerbong Terbelit Kasus (24022)
Bedah JayaposTutupi Indikasi Persekongkolan Tender, ULP Ketapang Manipulasi Data?Ketapang, Jaya Pos Pasca pemberitaan Jaya Pos pada 2 edisi lalu, terkait indikasi persekongkolan 15 paket ...


Pelaksanaan 2 Proyek Bandara Kuala Kurun, Diduga Tidak Sesuai Kontrak445 Mesin Parkir Jadi Mubazir, Ada Politik Dibalik Pengadaan ?Peningkatan Jalan Coban Blimbing-Wonosari Diduga Asal JadiHasil Kerjaan Amburadul Tanpa Referensi Dan Kemampuan Dasar PT Nasrip Indonesia Menang 3 PaketKanwil DJBC Riau dan Sumbar Musnahkan Barang Selundupan Senilai Rp13 M LebihDiduga Kongkalikong Antara Kontraktor dan Pejabat PU di Proyek Rigit Beton 6 MKerja Proyek Senilai 47,1 Miliar PT CPK Hanya Mampu Sewa Satu Escavator
Laporan KhususTahapan Seleksi Sekda Memasuki Penulisan MakalahDepok, Jaya Pos Tahapan seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Depok ...


Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor Tahun 2017Ketua Dewan Pimpin Paripurna Istimewa APBD-P 2017Inovasi Disbun Jatim Untuk Petani KakaoHUT Kabupaten Natuna Bupati Berikan Penghargaan Pada PegawaiJaksa Pangkalpinang Masuk SekolahPDAM Kab Melawi Peroleh Predikat WTPTim Penggerak PKK Depok Wakili Jabar Dalam Lomba B2SA Tingkat Nasional