Sabtu, 12 Agustus 2017 - 07:19:19 WIB
Pembangunan Jalan Baru Wiyung Asal Jadi, Dinas PU Kota Surabaya Dinilai Tutup MataKategori: Bedah Jaya Pos - Dibaca: 11 kali

Baca Juga:Bupati Boul Ditangkap KPK Bidik Pembina DemokratKPUD dan Walikota Berebut Kursi Sekretaris KPUDBerita Poto :Pesta Bolon Simbolon Indonesia Dihadiri Megawati Berita Foto :Bupati Buol Amran Batalipu Lagi Digiring ke KPK Jumat (6/7/2012)

Surabaya, Jaya Pos

Pembangunan dan rehabilitasi jalan dan jembatan (DAK fisik), yaitu pembuatan jalan baru kolektor tipe 2 Jalan Wiyung (Wiyung) di Kota Surabaya dengan nomor kontrak 621/0003.1.16/DAK-FSK/IX-12/436.7.3/2017 tanggal kontrak 15 Mei 2017 dengan jangka waktu pelaksanaan 180 hari kalender bersumber dana dari APBD pemkot dilakukan oleh kontraktor pelaksana PT Kharisma Bina Kontruksi (KBK), konsultan supervisi PT Global Profe Synergy (GPS).

Namun saying, dalam pelaksanaan pekerjaan PT KBK sama sekali tidak memperhatikan spesifikasi teknis yang telah disepakati untuk dilakukan sebagaimana penyedia jasa dalam melaksanakannya telah diatur dalam kontrak kerja antara Satuan Kerja Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Pematusan Kota Surabaya dengan PT KBK. Bahkan dan kedua belah pihak ini juga telah menandatangani fakta integritas untuk memenuhi setiap detil pelaksanaan pekerjaan sehingga tercapai kualitas dan kuantitas pekerjaan.

Pantauan Jaya Pos yang didampingi beberapa LSM, Kamis (10/8/17) diketahui bahwa PT KBK cenderung tidak punya itikat baik dan melakukan pekerjaan asal jadi. Indikasi-indikasi tersebut terlihat kasat mata dari item–item pekerjaan yang dilakukan semisal pekerjaan pasangan batu, pekerjaan jembatan, pekerjaan beton dan pembesiannya, pekerjaan jalan dan masih banyak lagi item pekerjaan.

Dalam pekerjaan pasangan batu (masounry stone) PT KBK sama sekali tidak memperhatikan metode kerja dalam rangka mencapai kualitas dan kuantitas pekerjaan semisal untuk spesi (luluh) yang dalam ketentuanya ditentukan 1:4 atau setara dengan K 175, kenyataannya diketahui dilaksanakan 1:8. Belum lagi cara pemasangan batu kali tidak bersinggungan dengan batu lain atau tidak dilapisi oleh spesi (luluh).

Pekerjaan jalan yang salah satu item pekerjaannya urugan dan pemadatan, kontraktor lagi-lagi melakukannya tidak sesuai ketentuan, menganti dengan sisa ayakan pasir dari pasangan batu kali.

Anehnya lagi, papan proyek ternyata dipasang di dalam direksi kid, ini jelas untuk menghalangi masyarakat supaya tidak dapat melihat besaran anggaran yang dipakai dalam pengerjaan proyek tersebut.

Wahyono, salah satu warga masyarakat yang pernah memantau kegiatan pembangunan jalan tersebut mengaku kaget melihat tukang bangunan menggunakan tabung gas LPG 3 kilogram untuk aktifitas. “Lha, tabung LPG 3 kg kan disubsidi pemerintah untuk warga ekonomi lemah,” ujarnya.

Sementara H Ghofur pe­milik PT KBK yang dihubungi melalui telepon selulernya untuk dikonfirmasi terkait adanya temuan pengurangan kualitas dan kuantitas dalam kegiatan tersebut, yang bersangkutan tidak mengangkat teleponnya.  Demikian pula Kabid Jalan dan Jembatan yang berusaha dikonfirmasi melalui telepon, juga tidak ada respon. (Zein)


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerDinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (4500)Proyek KA di Sulsel Membawa Petaka, Danyon Zipur Jadi Tersangka (2989)Komentari Kasus e-KTP, Andar: Abraham Samad Itu 'Omdo' (1659)Pandangan Umum Fraksi PDIP, PAN, dan RNB Terhadap Nota Keuangan dan Raperda APBD Kota Depok TA 2018 (1080)PT IIGF Adakan Baksos di Desa Telajung (604)PT Jembatan Nusantara Melakukan Pembohongan Terhadap Pelamar Pekerjaan (441)Proyek Jalan Siduk-Ketapang Rp 27 M Diduga Bermasalah (328)Wujud Sinergitas TNI Polri, Polsek Wates Makan bersama dengan 70 Anggota TNI (283)Diabetes, Ancaman Yang Harus Diwaspadai (273)Ratusan Pekarya KSO Demo PT BBP (238)
Bedah JayaposBendungan Karalloe Senilai 518 M Tidak Selesai PPK dan Kontraktor Enggan KomentarMakassar, Jaya Pos Mega proyek konstruksi pembangunan Bendungan Karalloe, yang menelan anggaran sebesar Rp ...


Tangani Sengketa Tanah Damang Tewah Turun LapanganPT EBB Supply Puluhan Ribu Ton Solar Perhari ke Penambang di Sei KahayanRehab Sekolah Di Pandeglang Diduga Rawan PenyimpanganBPN Maros Akan Panggil Pemilik Sertifikat Ganda Pada Lahan Proyek Mamminasata Pekerjaan Jalan Pasirkadu-Perdana Dikeluhkan WargaPT. MAJI Diduga Serobot Lahan Kelompok Tani Karya MandiriPeningkatan Jalan Kebonagung Kemangsen Menyimpang
Laporan KhususMemperkenalkan Lebih Dini Budaya Batak Pada Anak-Anak Melalui Natal STM SarohaJakarta, Jaya Pos Perayaan Natal Parsahutaon STM Saroha Kedaung Kali Mati Jakarta Barat, Sabtu (9/12/2017) ...


Waiting List Keberangkatan Jamaah Haji Kabupaten Ciamis Sudah Mencapai 2030Menggali Monumen Quo Lijn, Tim Pusat Sejarah Kepolisian Melakukan PenelitianSiapkan Aparatur Transportasi Handal, Padang Panjang Teken MoU dengan STTDPemkab Mukomuko Memperingati Maulid Nabi Mudammad SAW 1439 H/2017 MImbau Pemkab/Pemkot Ingatkan Masyarakat Lakukan Pencegahan KebakaranPengembangan Pemasaran Melalui OnlinePublikasi Kinerja Setda Kabupaten Bogor Semester II Tahun 2017