Minggu, 13 Agustus 2017 - 06:13:19 WIB
Jimmy Sidak Perusahaan Pembuang Limbah Cair ke Aliran Sungai CitarumKategori: Jawa Barat - Dibaca: 17 kali

Baca Juga:Bupati Boul Ditangkap KPK Bidik Pembina DemokratKPUD dan Walikota Berebut Kursi Sekretaris KPUDBerita Poto :Pesta Bolon Simbolon Indonesia Dihadiri Megawati Berita Foto :Bupati Buol Amran Batalipu Lagi Digiring ke KPK Jumat (6/7/2012)

Karawang, Jaya Pos

Wakil Bupati Karawang H Ahmad Zamakhsyari didampingi unsur Dinas Lingkungan Hidup, Pol PP, Camat Karawang Timur, serta penggiat lingkungan melakukan sidak ke beberapa perusahaan yang disinyalir membuang limbahnya cairnya ke aliran Sungai Citarum, Rabu (09/08).

Tempat pertama yang didatangi yakni PT Pindo Deli 1 lalu ke PT Sandang Agung Makmur (SMU), serta ke PT Fuli Semitex Jaya. Ketiga perusahaan itu terletak di wilayah Kecamatan Karawang Timur.

Di ketiga perusahaan tersebut Wabup beserta tim melihat langsung lokasi Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) serta mengambil sampel untuk diteliti lebih lanjut oleh Dinas Lingkungan Hidup, dan dilanjutkan berdialog dengan perwakilan manajemen dari ketiga perusahan.

Adapun hasil dialog yang dilakukan, Wabup beserta tim meminta kepada tiga perusahaan dimaksud untuk membuat surat pernyataan yang isinya bersedia memperbaiki sistem IPAL nya paling lambat 3 hari kedepan sudah diserahkan ke Pemkab Karawang melalui Dinas Lingkungan Hidup serta tembusan kepada Bupati Karawang.

Sidak dilakukan guna menindaklanjuti hasil pengamatan langsung Wabup beserta tim beberapa hari belakangan yang telah menyusuri Sungai Citarum menggunakan perahu dari hulu ke hilir dan menemukan beberapa bukti pencemaran yang diduga dilakukan oleh perusahaan-perusahaan tersebut, diantaranya berubahnya warna air Sungai Citarum menjadi hitam, ikan pada mati dan rusaknya ekosistem di sekitar muara pembuangan limbah cair dari ketiga perusahaan tersebut.

Di sela sidak, saat dimintai keterangan Wabup menjelaskan, pada dasarnya pemkab bukan mau mempersulit pihak swasta yang berada di wilayah Kabupaten Karawang,  apalagi mereka telah berkontribusi nyata dalam membantu program pemkab dalam hal tenaga kerja. “Tetapi dibalik itu semua dalam hal menjaga lingkungan merupakan tanggung jawab bersama. Untuk itu kami dari pemerintah meminta agar pihak perusahaan memperbaiki sistem IPAL nya bila tidak sesuai dengan standar, agar Karawang yang sama sama kita cintai ini tetap asri,” jelasnya.

Ditambahkannya, untuk perusahaan yang telah membuat  surat pernyataan tetapi dikemudian hari masih terbukiti tidak memperbaiki sistem IPAL nya, terpaksa akan menyerahkannya ke jalur hukum, yakni ke Tim Lingkungan Hidup yang terdiri dari unsur Polri, Kejaksaan dan Dinas Lingkungan Hidup guna proses hukumn lebih lanjut.(JK/AS)


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerMembongkar Proyek Permai Grup (Bag 1), PT AJ Dapat Jatah Rp 35 M di Kementerian Perhubungan (121112)Komisi IX DPR RI dan Menteri Kesehatan Agar Meninjau Kembali Pembangunan Rumah Sakit Internasional (90669)Bayi Hasil Hubungan Gelap Dibuang di WC Sekitar Kabah ( Nestapa Pahlawan Devisa di Negeri Orang Bgn (55276)SMPN 2 Pasar Kemis Butuh Ruang Kelas Baru (48251)Diduga Peras Pengusaha Toko Material dan Toko Emas, PPATK Diminta Audit Harta Pejabat KPP Pratama Ko (45600)PP Amanatul Ummah Tidak Penuhi Janjinya Pada Wali Murid (44750)Tanah Milik H.Amiruddin Pase Jadi Ajang Kejahatan Koneksitas Hakim Dan Penyidik Kepolisian (37233)Perusahaan Martua Sitorus Ngemplang Pajak Rp 7,2 Triliun? (32555)Ibunda Ajeng Mamamia Dimejahijaukan (31261)Sudah Tiga Jenderal Polisi Pembawa Gerbong Terbelit Kasus (23515)
Bedah JayaposMasyarakat Desa Kace Timur Bangka Pertanyakan LKPJ Tahun 2016Bangka, Jaya Pos Masyarakat Desa Kace Timur, Kecamatan Mendo Barat, Kabupaten Bangka, Provinsi Bangka ...


Lemkira Tantang Polda Sulsel Untuk Menahan 7 Tersangka Proyek Pipa SPAM Proyek Amburadul Kok Dibilang Bagus Dan SesuaiPembangunan Jalan Baru Wiyung Asal Jadi, Dinas PU Kota Surabaya Dinilai Tutup MataTim Verifikasi Kecamatan Dan Kades Karangsari Angsana Diduga Kangkangi DD 2016-2017Pengadaan Alkes RSUD Barru Senilai 22,7 M Jadi SorotanPolres Bolmong Bidik Proyek Pembangunan Pasar GenggulangKades Sidojangkung Layak Dibui
Laporan KhususPiala Adipura Diarak Mengelilingi Kota Baturaja Kabupaten OkuBaturaja, Jaya Pos. Piala Adipura diarak keliling Kota Baturaja oleh Bupati Kab.Oku Drs. H. Kuryana Azis ...


Kesepakatan RPJMD DitandatanganiMenristek Dikti Apresiasi Kepemimpinan Bupati BantaengKado HUT Kabupaten OKU Ke-107 Tahun 2017 Raih AdipuraAnugerah Adipura di Terima Bupati TrenggalekBupati Iskandar Persembahkan Adipura untuk OKIKepedulian Bupati Labuhanbatu Terhadap Warganya Pantas Diacungi JempolBupati Kab. Oku Menerima Piala Adipura Tahun 2017