Senin, 14 Agustus 2017 - 05:25:06 WIB
Lemkira Tantang Polda Sulsel Untuk Menahan 7 Tersangka Proyek Pipa SPAM Kategori: Bedah Jaya Pos - Dibaca: 53 kali

Baca Juga:Pendana Kaos Bonaran Situmeang Menang Proyek Rp 4,3 MBupati Boul Ditangkap KPK Bidik Pembina DemokratKPUD dan Walikota Berebut Kursi Sekretaris KPUDBerita Poto :Pesta Bolon Simbolon Indonesia Dihadiri Megawati

Makassar, Jaya Pos

Proyek pengadaan dan pemasangan pipa tahun anggaran 2016 dilingkungan Satker Pengembangan Kinerja Penyediaan Air Minum Sulawesi Selatan (PKPAMSS) yang bersumber dari dana APBN, akhirnya memakan korban.

Proyek yang Satkernya dibawa naungan Kementerian PUPR ini, menyeret 7 nama dari pimpinan hingga staf, sebagai tersangka, dikarenakan proyek yang nilainya sebesar Rp 3,7 milyar tersebut fiktif dan merugikan negara. “Setelah lebih dari 4 bulan Kepolisian Polda Sulsel mengungkap kasus ini, akhirnya penyidik dari Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Sulsel, melakukan gelar perkara dan hasilnya menetapkan 7 orang tersangka dalam kasus ini,” tutur Kabid Humas Polda Sulsel Kombes Pol Dicky Sondani, Rabu pekan lalu kepada awak media.

Ketujuh tersangka tersebut, yakni Kepala Satker Ir.Kaharuddin, M.si yang juga selaku KPA, Ferry Nasir selaku PPK, Mukhtar Kadir selaku PPK, Andi Kemal selaku Pejabat Pengadaan, Andi Murni selaku Bendahara, Rahmat Dahlan sebagai Penandatangan SPM, serta Muh.Aras selaku Koordinator Penyedia.

Para Tersangka telah melanggar aturan Pasal 6 Perpres 70 Tahun 2012 tentang PBJ, UU Nomor 17 Tahun 2003 Tentang Keuangan Negara Pasal 18, serta UU Nomor 1 Tahun 2004 Tentang Perbendaharaan Negara Pasal 21 tutur Dicky.

Dalam kasus ini, pekerjaan proyek melalui mekanisme penunjukan langsung kepada para perusahan sebagai penyedia.  Namun pekerjaan tersebut tidak dilaksanakan berdasarkan SPK yang ada. Proyek tersebut, terbagi dalam 21 paket kegiatan dan tersebar pada 10 Kabupaten yang ada di Sulawesi Selatan, akan tetapi proyek dimaksud tidak pernah dilaksanakan alias fiktif. Dalam hitungan yang dilakukan BPK, terdapat kerugian negara sebesar 2,4 Milyar dalam proyek tersebut Kunci Kabid Humas Polda Sulsel.

Sementara itu, penetapan ketujuh tersangka dalam proyek Pipa SPAM oleh Polda Sulsel, mendapat tanggapan beragam dari penggiat Anti Korupsi di Kota Makassar. Risal Noma dari Lembaga LEMKIRA, dengan tegas menantang Polda Sulsel, untuk menahan para tersangka, “Sehingga ada efek jerahnya,” tegas Risal. “Kalau tidak dilakukan penahanan, maka para tersangka akan berlengga lenggo dan bebas berkeliaran, walaupun sudah menjadi tersangka,” tutur Risal.

Pertanyaannya sekarang, berani ngak Polda Sulsel menahan ke tujuh tersangka ini?, tanya Risal. Dari ke tujuh orang yang telah ditetapkan sebagai tersangka, salah satunya telah pensiun sebagai PNS yakni Ir.Kaharuddin dan yang menggantikan posisi Kaharuddin sebagai Kepala Satker adalah Ferry Nasir yang saat itu selaku PPK, dan saat ini menjadi Kepala Satker kunci Risal. (JK)


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerMembongkar Proyek Permai Grup (Bag 1), PT AJ Dapat Jatah Rp 35 M di Kementerian Perhubungan (121378)Komisi IX DPR RI dan Menteri Kesehatan Agar Meninjau Kembali Pembangunan Rumah Sakit Internasional (90824)Bayi Hasil Hubungan Gelap Dibuang di WC Sekitar Kabah ( Nestapa Pahlawan Devisa di Negeri Orang Bgn (59239)SMPN 2 Pasar Kemis Butuh Ruang Kelas Baru (49757)Diduga Peras Pengusaha Toko Material dan Toko Emas, PPATK Diminta Audit Harta Pejabat KPP Pratama Ko (45722)PP Amanatul Ummah Tidak Penuhi Janjinya Pada Wali Murid (45278)Tanah Milik H.Amiruddin Pase Jadi Ajang Kejahatan Koneksitas Hakim Dan Penyidik Kepolisian (37350)Perusahaan Martua Sitorus Ngemplang Pajak Rp 7,2 Triliun? (32800)Ibunda Ajeng Mamamia Dimejahijaukan (31465)Sudah Tiga Jenderal Polisi Pembawa Gerbong Terbelit Kasus (23823)
Bedah JayaposPT Karya Res Lisbet Mineral Diduga Loloskan Circon Ilegal Gunakan Dokumen AspalPT Karya ResLisbet Mineral ini, diduga telah menyalahgunakan dokumen pertambangan, karena beroperasi ...


15 Paket Proyek T.A 2017 Di Ketapang Terindikasi Persekongkolan TenderDianggap Tidak Berfungsi, Nama TP4D Kejati Sulsel Dihapus Dari Papan Proyek100 M Dana APBD Katingan di Bank BTN Raib?26 M Bangun Peningkatan Puskesmas/RSU di Kec. Merlung Dinilai MubazirEmpat Perusahan Siap Cairkan Uang Proyek Spandek Tanpa TenderPeningkatan Jalan Kp.Gardu-Kp.Cibayana Kab.Tangerang Diduga Tak Sesuai RabProyek Perbaikan Atap dan Interior Dinas PKPP Provinsi Sulsel Diduga Sarat Kongkalikong
Laporan KhususEnam Kali WTP, Kabupaten OKI Terima Penghargaan dari Presiden Kayuagung, Jaya Pos Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) berhasil meraih predikat Wajar Tanpa Pengecualian ...


Idris Abdul Somad : Alhamdulillah Depok Kembali Meraih Penghargaan dari PresidenWakil Bupati Natuna Hadiri Wisuda ke IV TPQ Desa SepempangFery Pemda Natuna Tiba di Pelabuhan PenagiPengamen Jalanan Menjamur di Kota CiamisRadio Smooth FM Ajukan Permohonan Perpanjangan Izin SiaranPemkot Depok Berikan Bantuan Langsung Kepada 457 RTLHBupati Pastikan Proyek Rp 17,9 M Lancar