Senin, 14 Agustus 2017 - 05:25:06 WIB
Lemkira Tantang Polda Sulsel Untuk Menahan 7 Tersangka Proyek Pipa SPAM Kategori: Bedah Jaya Pos - Dibaca: 106 kali

Baca Juga:Pendana Kaos Bonaran Situmeang Menang Proyek Rp 4,3 MBupati Boul Ditangkap KPK Bidik Pembina DemokratKPUD dan Walikota Berebut Kursi Sekretaris KPUDBerita Poto :Pesta Bolon Simbolon Indonesia Dihadiri Megawati

Makassar, Jaya Pos

Proyek pengadaan dan pemasangan pipa tahun anggaran 2016 dilingkungan Satker Pengembangan Kinerja Penyediaan Air Minum Sulawesi Selatan (PKPAMSS) yang bersumber dari dana APBN, akhirnya memakan korban.

Proyek yang Satkernya dibawa naungan Kementerian PUPR ini, menyeret 7 nama dari pimpinan hingga staf, sebagai tersangka, dikarenakan proyek yang nilainya sebesar Rp 3,7 milyar tersebut fiktif dan merugikan negara. “Setelah lebih dari 4 bulan Kepolisian Polda Sulsel mengungkap kasus ini, akhirnya penyidik dari Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Sulsel, melakukan gelar perkara dan hasilnya menetapkan 7 orang tersangka dalam kasus ini,” tutur Kabid Humas Polda Sulsel Kombes Pol Dicky Sondani, Rabu pekan lalu kepada awak media.

Ketujuh tersangka tersebut, yakni Kepala Satker Ir.Kaharuddin, M.si yang juga selaku KPA, Ferry Nasir selaku PPK, Mukhtar Kadir selaku PPK, Andi Kemal selaku Pejabat Pengadaan, Andi Murni selaku Bendahara, Rahmat Dahlan sebagai Penandatangan SPM, serta Muh.Aras selaku Koordinator Penyedia.

Para Tersangka telah melanggar aturan Pasal 6 Perpres 70 Tahun 2012 tentang PBJ, UU Nomor 17 Tahun 2003 Tentang Keuangan Negara Pasal 18, serta UU Nomor 1 Tahun 2004 Tentang Perbendaharaan Negara Pasal 21 tutur Dicky.

Dalam kasus ini, pekerjaan proyek melalui mekanisme penunjukan langsung kepada para perusahan sebagai penyedia.  Namun pekerjaan tersebut tidak dilaksanakan berdasarkan SPK yang ada. Proyek tersebut, terbagi dalam 21 paket kegiatan dan tersebar pada 10 Kabupaten yang ada di Sulawesi Selatan, akan tetapi proyek dimaksud tidak pernah dilaksanakan alias fiktif. Dalam hitungan yang dilakukan BPK, terdapat kerugian negara sebesar 2,4 Milyar dalam proyek tersebut Kunci Kabid Humas Polda Sulsel.

Sementara itu, penetapan ketujuh tersangka dalam proyek Pipa SPAM oleh Polda Sulsel, mendapat tanggapan beragam dari penggiat Anti Korupsi di Kota Makassar. Risal Noma dari Lembaga LEMKIRA, dengan tegas menantang Polda Sulsel, untuk menahan para tersangka, “Sehingga ada efek jerahnya,” tegas Risal. “Kalau tidak dilakukan penahanan, maka para tersangka akan berlengga lenggo dan bebas berkeliaran, walaupun sudah menjadi tersangka,” tutur Risal.

Pertanyaannya sekarang, berani ngak Polda Sulsel menahan ke tujuh tersangka ini?, tanya Risal. Dari ke tujuh orang yang telah ditetapkan sebagai tersangka, salah satunya telah pensiun sebagai PNS yakni Ir.Kaharuddin dan yang menggantikan posisi Kaharuddin sebagai Kepala Satker adalah Ferry Nasir yang saat itu selaku PPK, dan saat ini menjadi Kepala Satker kunci Risal. (JK)


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerKejanggalan Pengadaan Barang dan Jasa di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kab Sidoarjo Terciu (50355)Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (13446)BPPT MoU Dengan Pemkab Natuna Kaji Pemanfaatan Teknologi Guna Mendukung Percepatan Pembangunan Dae (12779)Perselingkuhan Antar Kepsek Akhirnya Terbongkar (8004)Mandi Seperti Manusia Petugas Yakin Bonita Adalah Harimau 'Jadi-Jadian' (5326)Tujuh Komoditas Unggulan Dinas Perkebunan Propinsi Jawa Timur (4817)Dua Siswa Kelas 3 SMKN Tutur Dikeluarkan, Disuruh Buat Pernyataan Pengunduran Diri (3942)Sintong Gultom Bubarkan Rapat Banmus DPRD Setiran Bonaran Situmeang (3739)PT IIGF Adakan Baksos di Desa Telajung (3615)Pengusaha Ayam Goreng Karawaci Rugi Rp 28 Juta (3527)
Bedah JayaposPerusakan Pagar Beton Diperintah Oleh TerdakwaTangerang, JAYAPOS - Sungguh berani, walaupun usia tua tapi semangat tetap muda. Kalau pada ...


Penggunaan Anggaran Pendidikan PAUD Mantan Pjs Mekar Jaya Diduga Tidak TransparanPungli di CV BB Travel Catut Nama Polres Penyidik Dilapor Ke Propam Polda KaltengPedestrian Merr-Kalidami Senilai Rp 3 Milyar Terkesan Asal JadiGalian C Desa Treman Kabupaten Minut Diduga Tidak Mengantongi IzinProyek Kawasan Wisata Penataran Blitar Abaikan Spek Kadis dan Satker Disbudpar Lempar Tanggung JawabKinerja PPDP KPU Way Kanan DipertanyakanSatpol PP Kota Tanjungbalai Tertibkan PKL Berdagang di Trotoar
Laporan KhususSrikandi Pasegeran Multi Peran di TMMDBanjarnegara, JAYAPOS - Suparti (45) petani dari Dusun Kroya Rt 02 Rw 03 Desa Pasegeran Kecamatan ...


Sembako Malam Disalurkan Kepada Warga Sasaran TMMD BanjarnegaraPeringatan Harganas XXV Tahun 2018, Bupati Irdinansyah Peroleh Tanda Kehormatan Manggala Karya KencaSuport Ibu-ibu Karanggondang Luar Biasa "Tak Ragu Langsir Material"Pemprov Jambi Dukung Pelestarian Olahraga Tradisional dan Liga SantriBerkah TMMD Bagi Pedagang TernakPembangunan Drainase di Lokasi TMMD Reg 102 DikebutRehab RTLH di Lokasi TMMD Reg 102 Pasegeran