Senin, 14 Agustus 2017 - 05:25:06 WIB
Lemkira Tantang Polda Sulsel Untuk Menahan 7 Tersangka Proyek Pipa SPAM Kategori: Bedah Jaya Pos - Dibaca: 19 kali

Baca Juga:Pendana Kaos Bonaran Situmeang Menang Proyek Rp 4,3 MBupati Boul Ditangkap KPK Bidik Pembina DemokratKPUD dan Walikota Berebut Kursi Sekretaris KPUDBerita Poto :Pesta Bolon Simbolon Indonesia Dihadiri Megawati

Makassar, Jaya Pos

Proyek pengadaan dan pemasangan pipa tahun anggaran 2016 dilingkungan Satker Pengembangan Kinerja Penyediaan Air Minum Sulawesi Selatan (PKPAMSS) yang bersumber dari dana APBN, akhirnya memakan korban.

Proyek yang Satkernya dibawa naungan Kementerian PUPR ini, menyeret 7 nama dari pimpinan hingga staf, sebagai tersangka, dikarenakan proyek yang nilainya sebesar Rp 3,7 milyar tersebut fiktif dan merugikan negara. “Setelah lebih dari 4 bulan Kepolisian Polda Sulsel mengungkap kasus ini, akhirnya penyidik dari Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Sulsel, melakukan gelar perkara dan hasilnya menetapkan 7 orang tersangka dalam kasus ini,” tutur Kabid Humas Polda Sulsel Kombes Pol Dicky Sondani, Rabu pekan lalu kepada awak media.

Ketujuh tersangka tersebut, yakni Kepala Satker Ir.Kaharuddin, M.si yang juga selaku KPA, Ferry Nasir selaku PPK, Mukhtar Kadir selaku PPK, Andi Kemal selaku Pejabat Pengadaan, Andi Murni selaku Bendahara, Rahmat Dahlan sebagai Penandatangan SPM, serta Muh.Aras selaku Koordinator Penyedia.

Para Tersangka telah melanggar aturan Pasal 6 Perpres 70 Tahun 2012 tentang PBJ, UU Nomor 17 Tahun 2003 Tentang Keuangan Negara Pasal 18, serta UU Nomor 1 Tahun 2004 Tentang Perbendaharaan Negara Pasal 21 tutur Dicky.

Dalam kasus ini, pekerjaan proyek melalui mekanisme penunjukan langsung kepada para perusahan sebagai penyedia.  Namun pekerjaan tersebut tidak dilaksanakan berdasarkan SPK yang ada. Proyek tersebut, terbagi dalam 21 paket kegiatan dan tersebar pada 10 Kabupaten yang ada di Sulawesi Selatan, akan tetapi proyek dimaksud tidak pernah dilaksanakan alias fiktif. Dalam hitungan yang dilakukan BPK, terdapat kerugian negara sebesar 2,4 Milyar dalam proyek tersebut Kunci Kabid Humas Polda Sulsel.

Sementara itu, penetapan ketujuh tersangka dalam proyek Pipa SPAM oleh Polda Sulsel, mendapat tanggapan beragam dari penggiat Anti Korupsi di Kota Makassar. Risal Noma dari Lembaga LEMKIRA, dengan tegas menantang Polda Sulsel, untuk menahan para tersangka, “Sehingga ada efek jerahnya,” tegas Risal. “Kalau tidak dilakukan penahanan, maka para tersangka akan berlengga lenggo dan bebas berkeliaran, walaupun sudah menjadi tersangka,” tutur Risal.

Pertanyaannya sekarang, berani ngak Polda Sulsel menahan ke tujuh tersangka ini?, tanya Risal. Dari ke tujuh orang yang telah ditetapkan sebagai tersangka, salah satunya telah pensiun sebagai PNS yakni Ir.Kaharuddin dan yang menggantikan posisi Kaharuddin sebagai Kepala Satker adalah Ferry Nasir yang saat itu selaku PPK, dan saat ini menjadi Kepala Satker kunci Risal. (JK)


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerDinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (9952)Proyek KA di Sulsel Membawa Petaka, Danyon Zipur Jadi Tersangka (3041)PT IIGF Adakan Baksos di Desa Telajung (1853)Komentari Kasus e-KTP, Andar: Abraham Samad Itu 'Omdo' (1691)Pandangan Umum Fraksi PDIP, PAN, dan RNB Terhadap Nota Keuangan dan Raperda APBD Kota Depok TA 2018 (1115)Sutadi SH dan Oknum Polres Ketapang Diduga Bobol Rumah Walet Milik Akim (995)PT Jembatan Nusantara Melakukan Pembohongan Terhadap Pelamar Pekerjaan (841)10,8 Miliar Proyek Pembangunan Jembatan Ulim Dikerjakan Asal Jadi (585)Endorsement Operational Level Untuk Kelas III dan IV Merugikan Pelaut (528)Sintong Gultom Bubarkan Rapat Banmus DPRD Setiran Bonaran Situmeang (501)
Bedah JayaposProyek Rehabilitasi Jembatan Terkesan Asal Jadi, BPKP Diminta Turun TanganKalau mengacu pada papan informasi pekerjaan seharusnya jembatan sudah selesai dan bisa dimanfaatkan oleh ...


Pengusaha Nakal Berkeliaran Memburuh Proyek Di Kabupaten DharmasrayaSoal Kasus Lampu Jalan di Maros, Kompolnas Minta Klarifikasi Kepada Kapolri10,8 Miliar Proyek Pembangunan Jembatan Ulim Dikerjakan Asal JadiAPBDes Katimoho Terindikasi DikorupsiBendungan Karalloe Senilai 518 M Tidak Selesai PPK dan Kontraktor Enggan KomentarTangani Sengketa Tanah Damang Tewah Turun LapanganPT EBB Supply Puluhan Ribu Ton Solar Perhari ke Penambang di Sei Kahayan
Laporan KhususTNI Peduli Atas Penderitaan Seorang Anak Purwokerto, Jaya Pos Pria Muhammad Dian berusia 10 tahun, penderita polio, putra dari ibu Mahyuni dan bapak ...


BOB Berikan Bantuan Mesin Pengolah Pakan Ikan Kepada Warga Desa KasikanDPRD Muba Sambut Baik Inisiatif Pemkab MubaPemkab Muba Sampaikan Raperda Tentang Pinjaman Daerah Kepada DPRDDinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan Depok Gelar Workshop B2SAMemperkenalkan Lebih Dini Budaya Batak Pada Anak-Anak Melalui Natal STM SarohaWaiting List Keberangkatan Jamaah Haji Kabupaten Ciamis Sudah Mencapai 2030Menggali Monumen Quo Lijn, Tim Pusat Sejarah Kepolisian Melakukan Penelitian