Jumat, 18 Agustus 2017 - 07:29:30 WIB
Pertama di Sumsel Pemkab Muba Luncurkan KSWPKategori: Laporan Khusus - Dibaca: 16 kali

Baca Juga:Kades Sukaraja Akui Memalsukan Tanda Tangan dan Cap RWSMK Teknologi Plus Padjadjaran Kota Sukabumi Siap Menampung 600 Peserta Didik BaruKasus Korupsi Pengadaan Al-Quran Nazar di Tubuh BeringinPendana Kaos Bonaran Situmeang Menang Proyek Rp 4,3 M

Muba, Jaya Pos

Kepala Kanwil DJP Sumatera Selatan dan Kepulauan Bangka Belitung Muhammad Ismiransyah M Zain bersama Bupati Musi Banyuasin (Muba) H Dodi Reza Alex Noerdin secara resmi meluncurkan program Konfirmasi Status Wajib Pajak (KSWP), yang acaranya digelar di Auditorium Pemkab Muba.

Kakanwil yang akrab disapa Rendy ini menerangkan bahwa KSWP sendiri adalah aplikasi layanan berbasis web yang dijalankan di Badan Perizinan Pemerintah Daerah untuk memastikan bahwa permohonan izin seperti Izin Mendirikan Bangunan (IMB), Tanda Daftar Perusahaan (TDP) dan lain-lain telah memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) dan telah menyampaikan SPT tahunan selama 2 tahun berturut-turut.

KWSP sendiri dilaksanakan sebagai amanat dari Instruksi Presiden Nomor 7 Tahun 2015 tentang pencegahan dan pemberantasan korupsi yang wajib dilaksanakan oleh tujuh kementrian dan lembaga terhadap layanan publik, serta Permendagri Nomor 12 tentang Konfirmasi Status Wajib Pajak dalam pemberian layanan publik tertentu di lingkungan pemerintah daerah.

Penerapan KSWP antara DJP dengan Pemkab Muba lanjut Rendy, akan saling menguntungkan bagi kedua belah pihak. Dengan KSWP, pendapatan asli daerah yang berasal dari dana bagi hasil akan meningkat, karena KSWP dapat menjaring wajib pajak yang belum terdaftar atau wajib pajak yang telah terdaftar, namun tidak melaporkan SPT tahunannya untuk melaksanakan kewajiban perpajakan secara tertib.

Dengan adanya aplikasi KSWP diharapkan kepatuhan wajib pajak yang berkaitan dengan perpanjangan perizinan, bisa dilihat dulu konfirmasi kewajiban pajaknya.

Sementara Bupati Muba H Dodi Reza Alex Noerdin menerangkan bahwa dirinya merasa bangga atas cepatnya kinerja instansi terkait sehingga Muba menjadi kabupaten pertama di Sumsel yang meluncurkan program KSWP.

Hal ini menandakan bahwa sinergi dan komitmen instansi terkait dalam kemajuan di konteks penggunaan IT sudah sangat baik. “Muba tentunya terus bergerak maju dan berjaya,” ujarnya.

Dodi menambahkan, potensi pajak di Muba yang begitu pesat baik dari pengusaha mikro hingga perusahaan-perusahaan besar memang sangat berpengaruh bagi pembangunan infrastruktur.  “Saya berharap dengan kemudahan yang diberikan program KSWP akan meningkatkan motivasi para pengusaha untuk membayar pajak,” ungkapnya. (Rama/Adv)


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerDinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (10050)Proyek KA di Sulsel Membawa Petaka, Danyon Zipur Jadi Tersangka (3041)PT IIGF Adakan Baksos di Desa Telajung (1853)Komentari Kasus e-KTP, Andar: Abraham Samad Itu 'Omdo' (1691)Pandangan Umum Fraksi PDIP, PAN, dan RNB Terhadap Nota Keuangan dan Raperda APBD Kota Depok TA 2018 (1115)Sutadi SH dan Oknum Polres Ketapang Diduga Bobol Rumah Walet Milik Akim (997)PT Jembatan Nusantara Melakukan Pembohongan Terhadap Pelamar Pekerjaan (844)10,8 Miliar Proyek Pembangunan Jembatan Ulim Dikerjakan Asal Jadi (586)Endorsement Operational Level Untuk Kelas III dan IV Merugikan Pelaut (534)Sintong Gultom Bubarkan Rapat Banmus DPRD Setiran Bonaran Situmeang (504)
Bedah JayaposPT MRIA Harus Bertanggung Dalam Kasus Yang Menyeret Danyon Zipur 8 SMG Jadi TersangkaMakassar, Jaya Pos Kasus keterlibatan Danyon Zipur 8 SMG yang terlibat dalam peledakan bukit (blasting), ...


Proyek Rehabilitasi Jembatan Terkesan Asal Jadi, BPKP Diminta Turun TanganPengusaha Nakal Berkeliaran Memburuh Proyek Di Kabupaten DharmasrayaSoal Kasus Lampu Jalan di Maros, Kompolnas Minta Klarifikasi Kepada Kapolri10,8 Miliar Proyek Pembangunan Jembatan Ulim Dikerjakan Asal JadiAPBDes Katimoho Terindikasi DikorupsiBendungan Karalloe Senilai 518 M Tidak Selesai PPK dan Kontraktor Enggan KomentarTangani Sengketa Tanah Damang Tewah Turun Lapangan
Laporan KhususPerantau Asal Samosir Merintis Obyek Wisata di KampungSamosir, Jaya Pos Sejak dicanangkan oleh Presiden Jokowi bahwa Samosir adalah salah satu tempat kunjungan ...


TNI Peduli Atas Penderitaan Seorang Anak BOB Berikan Bantuan Mesin Pengolah Pakan Ikan Kepada Warga Desa KasikanDPRD Muba Sambut Baik Inisiatif Pemkab MubaPemkab Muba Sampaikan Raperda Tentang Pinjaman Daerah Kepada DPRDDinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan Depok Gelar Workshop B2SAMemperkenalkan Lebih Dini Budaya Batak Pada Anak-Anak Melalui Natal STM SarohaWaiting List Keberangkatan Jamaah Haji Kabupaten Ciamis Sudah Mencapai 2030