Jumat, 18 Agustus 2017 - 07:29:30 WIB
Pertama di Sumsel Pemkab Muba Luncurkan KSWPKategori: Laporan Khusus - Dibaca: 79 kali

Baca Juga:Kades Sukaraja Akui Memalsukan Tanda Tangan dan Cap RWSMK Teknologi Plus Padjadjaran Kota Sukabumi Siap Menampung 600 Peserta Didik BaruKasus Korupsi Pengadaan Al-Quran Nazar di Tubuh BeringinPendana Kaos Bonaran Situmeang Menang Proyek Rp 4,3 M

Muba, Jaya Pos

Kepala Kanwil DJP Sumatera Selatan dan Kepulauan Bangka Belitung Muhammad Ismiransyah M Zain bersama Bupati Musi Banyuasin (Muba) H Dodi Reza Alex Noerdin secara resmi meluncurkan program Konfirmasi Status Wajib Pajak (KSWP), yang acaranya digelar di Auditorium Pemkab Muba.

Kakanwil yang akrab disapa Rendy ini menerangkan bahwa KSWP sendiri adalah aplikasi layanan berbasis web yang dijalankan di Badan Perizinan Pemerintah Daerah untuk memastikan bahwa permohonan izin seperti Izin Mendirikan Bangunan (IMB), Tanda Daftar Perusahaan (TDP) dan lain-lain telah memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) dan telah menyampaikan SPT tahunan selama 2 tahun berturut-turut.

KWSP sendiri dilaksanakan sebagai amanat dari Instruksi Presiden Nomor 7 Tahun 2015 tentang pencegahan dan pemberantasan korupsi yang wajib dilaksanakan oleh tujuh kementrian dan lembaga terhadap layanan publik, serta Permendagri Nomor 12 tentang Konfirmasi Status Wajib Pajak dalam pemberian layanan publik tertentu di lingkungan pemerintah daerah.

Penerapan KSWP antara DJP dengan Pemkab Muba lanjut Rendy, akan saling menguntungkan bagi kedua belah pihak. Dengan KSWP, pendapatan asli daerah yang berasal dari dana bagi hasil akan meningkat, karena KSWP dapat menjaring wajib pajak yang belum terdaftar atau wajib pajak yang telah terdaftar, namun tidak melaporkan SPT tahunannya untuk melaksanakan kewajiban perpajakan secara tertib.

Dengan adanya aplikasi KSWP diharapkan kepatuhan wajib pajak yang berkaitan dengan perpanjangan perizinan, bisa dilihat dulu konfirmasi kewajiban pajaknya.

Sementara Bupati Muba H Dodi Reza Alex Noerdin menerangkan bahwa dirinya merasa bangga atas cepatnya kinerja instansi terkait sehingga Muba menjadi kabupaten pertama di Sumsel yang meluncurkan program KSWP.

Hal ini menandakan bahwa sinergi dan komitmen instansi terkait dalam kemajuan di konteks penggunaan IT sudah sangat baik. “Muba tentunya terus bergerak maju dan berjaya,” ujarnya.

Dodi menambahkan, potensi pajak di Muba yang begitu pesat baik dari pengusaha mikro hingga perusahaan-perusahaan besar memang sangat berpengaruh bagi pembangunan infrastruktur.  “Saya berharap dengan kemudahan yang diberikan program KSWP akan meningkatkan motivasi para pengusaha untuk membayar pajak,” ungkapnya. (Rama/Adv)


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerKejanggalan Pengadaan Barang dan Jasa di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kab Sidoarjo Terciu (50355)Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (13446)BPPT MoU Dengan Pemkab Natuna Kaji Pemanfaatan Teknologi Guna Mendukung Percepatan Pembangunan Dae (12779)Perselingkuhan Antar Kepsek Akhirnya Terbongkar (8004)Mandi Seperti Manusia Petugas Yakin Bonita Adalah Harimau 'Jadi-Jadian' (5326)Tujuh Komoditas Unggulan Dinas Perkebunan Propinsi Jawa Timur (4817)Dua Siswa Kelas 3 SMKN Tutur Dikeluarkan, Disuruh Buat Pernyataan Pengunduran Diri (3942)Sintong Gultom Bubarkan Rapat Banmus DPRD Setiran Bonaran Situmeang (3739)PT IIGF Adakan Baksos di Desa Telajung (3615)Pengusaha Ayam Goreng Karawaci Rugi Rp 28 Juta (3527)
Bedah JayaposPerusakan Pagar Beton Diperintah Oleh TerdakwaTangerang, JAYAPOS - Sungguh berani, walaupun usia tua tapi semangat tetap muda. Kalau pada ...


Penggunaan Anggaran Pendidikan PAUD Mantan Pjs Mekar Jaya Diduga Tidak TransparanPungli di CV BB Travel Catut Nama Polres Penyidik Dilapor Ke Propam Polda KaltengPedestrian Merr-Kalidami Senilai Rp 3 Milyar Terkesan Asal JadiGalian C Desa Treman Kabupaten Minut Diduga Tidak Mengantongi IzinProyek Kawasan Wisata Penataran Blitar Abaikan Spek Kadis dan Satker Disbudpar Lempar Tanggung JawabKinerja PPDP KPU Way Kanan DipertanyakanSatpol PP Kota Tanjungbalai Tertibkan PKL Berdagang di Trotoar
Laporan KhususSrikandi Pasegeran Multi Peran di TMMDBanjarnegara, JAYAPOS - Suparti (45) petani dari Dusun Kroya Rt 02 Rw 03 Desa Pasegeran Kecamatan ...


Sembako Malam Disalurkan Kepada Warga Sasaran TMMD BanjarnegaraPeringatan Harganas XXV Tahun 2018, Bupati Irdinansyah Peroleh Tanda Kehormatan Manggala Karya KencaSuport Ibu-ibu Karanggondang Luar Biasa "Tak Ragu Langsir Material"Pemprov Jambi Dukung Pelestarian Olahraga Tradisional dan Liga SantriBerkah TMMD Bagi Pedagang TernakPembangunan Drainase di Lokasi TMMD Reg 102 DikebutRehab RTLH di Lokasi TMMD Reg 102 Pasegeran