Jumat, 18 Agustus 2017 - 07:29:30 WIB
Pertama di Sumsel Pemkab Muba Luncurkan KSWPKategori: Laporan Khusus - Dibaca: 79 kali

Baca Juga:Kades Sukaraja Akui Memalsukan Tanda Tangan dan Cap RWSMK Teknologi Plus Padjadjaran Kota Sukabumi Siap Menampung 600 Peserta Didik BaruKasus Korupsi Pengadaan Al-Quran Nazar di Tubuh BeringinPendana Kaos Bonaran Situmeang Menang Proyek Rp 4,3 M

Muba, Jaya Pos

Kepala Kanwil DJP Sumatera Selatan dan Kepulauan Bangka Belitung Muhammad Ismiransyah M Zain bersama Bupati Musi Banyuasin (Muba) H Dodi Reza Alex Noerdin secara resmi meluncurkan program Konfirmasi Status Wajib Pajak (KSWP), yang acaranya digelar di Auditorium Pemkab Muba.

Kakanwil yang akrab disapa Rendy ini menerangkan bahwa KSWP sendiri adalah aplikasi layanan berbasis web yang dijalankan di Badan Perizinan Pemerintah Daerah untuk memastikan bahwa permohonan izin seperti Izin Mendirikan Bangunan (IMB), Tanda Daftar Perusahaan (TDP) dan lain-lain telah memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) dan telah menyampaikan SPT tahunan selama 2 tahun berturut-turut.

KWSP sendiri dilaksanakan sebagai amanat dari Instruksi Presiden Nomor 7 Tahun 2015 tentang pencegahan dan pemberantasan korupsi yang wajib dilaksanakan oleh tujuh kementrian dan lembaga terhadap layanan publik, serta Permendagri Nomor 12 tentang Konfirmasi Status Wajib Pajak dalam pemberian layanan publik tertentu di lingkungan pemerintah daerah.

Penerapan KSWP antara DJP dengan Pemkab Muba lanjut Rendy, akan saling menguntungkan bagi kedua belah pihak. Dengan KSWP, pendapatan asli daerah yang berasal dari dana bagi hasil akan meningkat, karena KSWP dapat menjaring wajib pajak yang belum terdaftar atau wajib pajak yang telah terdaftar, namun tidak melaporkan SPT tahunannya untuk melaksanakan kewajiban perpajakan secara tertib.

Dengan adanya aplikasi KSWP diharapkan kepatuhan wajib pajak yang berkaitan dengan perpanjangan perizinan, bisa dilihat dulu konfirmasi kewajiban pajaknya.

Sementara Bupati Muba H Dodi Reza Alex Noerdin menerangkan bahwa dirinya merasa bangga atas cepatnya kinerja instansi terkait sehingga Muba menjadi kabupaten pertama di Sumsel yang meluncurkan program KSWP.

Hal ini menandakan bahwa sinergi dan komitmen instansi terkait dalam kemajuan di konteks penggunaan IT sudah sangat baik. “Muba tentunya terus bergerak maju dan berjaya,” ujarnya.

Dodi menambahkan, potensi pajak di Muba yang begitu pesat baik dari pengusaha mikro hingga perusahaan-perusahaan besar memang sangat berpengaruh bagi pembangunan infrastruktur.  “Saya berharap dengan kemudahan yang diberikan program KSWP akan meningkatkan motivasi para pengusaha untuk membayar pajak,” ungkapnya. (Rama/Adv)


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerMembongkar Proyek Permai Grup (Bag 1), PT AJ Dapat Jatah Rp 35 M di Kementerian Perhubungan (121670)Komisi IX DPR RI dan Menteri Kesehatan Agar Meninjau Kembali Pembangunan Rumah Sakit Internasional (90982)Bayi Hasil Hubungan Gelap Dibuang di WC Sekitar Kabah ( Nestapa Pahlawan Devisa di Negeri Orang Bgn (69679)SMPN 2 Pasar Kemis Butuh Ruang Kelas Baru (50764)PP Amanatul Ummah Tidak Penuhi Janjinya Pada Wali Murid (45936)Diduga Peras Pengusaha Toko Material dan Toko Emas, PPATK Diminta Audit Harta Pejabat KPP Pratama Ko (45832)Tanah Milik H.Amiruddin Pase Jadi Ajang Kejahatan Koneksitas Hakim Dan Penyidik Kepolisian (37607)Perusahaan Martua Sitorus Ngemplang Pajak Rp 7,2 Triliun? (33028)Ibunda Ajeng Mamamia Dimejahijaukan (31756)Sudah Tiga Jenderal Polisi Pembawa Gerbong Terbelit Kasus (24290)
Bedah JayaposSertifikat Ganda Di Lahan Proyek Nasional MamminasataPembebasan lahan milik warga di Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan, untuk pembangunan jalan pada proyek ...


Peningkatan Jalan di Desa Kali Pucang Diduga Tidak Sesuai SpekWabah Korupsi Diduga Melanda Desa PelemwatuPolres Bolmong Diminta Usut Tuntas Dugaan Pungli DDDiduga Banyak Item Hilang, Proyek 5,5 Milyar Layak Di SorotRekanan Dispora Diduga Curangi Proyek Lapangan Futsal, Kabid Lakukan PembiaranPengerjaan Trotoar Kota Padangpanjang Diduga Tidak Sesuai SpekProyek Pusyangatra Ditengarai Tidak Sesuai Speck
Laporan KhususRekomendasi Hasil Sidang LKS Tripartit Bogor, Jaya Pos Rekomendasi hasil sidang Lembaga Kerja Sama (LKS) Tripartit diantaranya 1. UMK sektor I, ...


DPA DP3AP2KB Dorong Anak Aktif Mengembangkan Minat dan KemampuanFBBI Sumbangkan Buku ke SDN 106149 Bulu CinaPemkab Kampanyekan Program Gemar Makan IkanTingkatkan Potensi Wisata di Tatar Galuh Ciamis, Dispar Menggelar Rally Nyukcruk LemburCamat Cengkareng Gelar Jumling ke Wilayah KapukUntuk Kali Kedua Menteri Susi Dianugerahi Gelar Doktor Honoris Causa dari Undip SemarangDimeriahkan Penghafal 30 Juz, Kegiatan Wakaf 1.000 Hafidz di Istano Basa Pagaruyung