Minggu, 10 September 2017 - 09:11:42 WIB
Waduk Telaga Sari TerbengkalaiKategori: Kalimantan Timur - Dibaca: 713 kali

Baca Juga:Ketua DPD KNPI Natuna : Upayakan Lapangan Pekerjaan, Berantas Pemuda PengangguranDana Bansos Tapteng Rawan Korupsi Rp 2, 4 MiliarSDN Pasir Kadu 3 Tidak Memiliki Gedung PerpustakanPetani Akhiri Aksi Mogok Makan & Jahit Mulut di DPRD Sumut

Balikpapan, Jaya Pos

Kota Balikpapan yang meraih penghargaan Adipura Kencana 2017, pekan lalu dilanda banjir setelah diguyur hujan deras selama 2-3 jam. Kota yang sekarang dipimpin duet walikota dan wakil walikota HM Rizal Effendi dan H Rahmad Mas’ud, juga mi­nim dengan kawasan wisata, ke­cuali Pantai Manggar Segara Sari, Pantai Polda, Pantai Lamaru yang menjadi andalan bagi Disporapar Balikpapan.

Tetapi, ada satu obyek yang belum dimanfaatkan secara maksimal, yakni Waduk Telaga Sari yang berada di Kecamatan Balikpapan Kota. Waduk ini berada di te­ngah-tengah kota dulunya adalah telaga penampungan air yang dibangun oleh kolonial Belanda di era penjajahan. Sekarang, di sisi waduk telah berdiri bangunan-bangunan gedung, diantaranya Kantor Arsip dan Perpustakaan Kota Balikpapan.

Namun sayangnya, telaga yang telah direhabilitas kurang dimanfaatkan secara maksimal, padahal waduk tersebut sangat berpotensi bisa menjadi salah satu kawasan wisata kota bagi warga dan para turis tentunya.

Sejumlah warga menyesali Waduk Telaga Sari yang terletak di belakang kantor Dinas Arsip dan Perpustakaan Kota Balikpapan tidak dimanfaatkan secara maksimal. Padahal di daerah lain waduk menjadi tempat favorit bagi warga untuk bersantai karena memiliki keindahan alam air tawar.

“Sayang, Waduk Telaga Sari yang dibangun miliaran rupiah tidak dimaksaimalkan sebagai tempat bersantai bagi warga,” kata sejumlah pelajar yang sedang menikmati dijaga kebersihannya, tidak se­perti apa yang terlihat sekarang, sampah begitu banyak berserakan di kawasan telaga.

Kepala UPT DPU Misransyah menuturkan, sampah yang ada di Waduk Telaga Sari mengindikasikan warga daerah hulu masih banyak yang membuang sampah di dalam saluran drainase. Sehingga sampah terbawa arus air hingga ke dalam waduk. Selain minimnya kesadaran warga membuang sampah pada tempatnya, hujan yang turun juga membawa sampah dedaunan ke dalam waduk tersebut.

Pihak UPT sendiri kerap melakukan pengerukan sedimen dan membersihkan Waduk Telaga Sari. Namun jika tak didukung oleh sikap warga yang tak membuang sampah sembarang, maka meski beberapa kali dibersihkan, kondisi waduk akan terus kotor oleh sampah.(hbr/hbs)


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerProyek Kawasan Wisata Penataran Blitar Abaikan Spek Kadis dan Satker Disbudpar Lempar Tanggung Jawab (59628)Kejanggalan Pengadaan Barang dan Jasa di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kab Sidoarjo Terciu (51482)Walikota Tanjungbalai Hadiri Seminar Nasional Yang Diselenggarakan Pusat Kajian Selat Malaka USU Me (48824)Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (14969)Perempuan Misterius Titip Bayi, Gegerkan Warga Kolelet Picung (14240)BPPT MoU Dengan Pemkab Natuna Kaji Pemanfaatan Teknologi Guna Mendukung Percepatan Pembangunan Dae (14065)Sepasang Kekasih Tewas Di Hotel Kisaran (13795)Kejahatan Freddie Tan, Menjual Aset Triliunan Milik Pemprov DKI Jakarta (13291)Sintong Gultom Bubarkan Rapat Banmus DPRD Setiran Bonaran Situmeang (11774)Perselingkuhan Antar Kepsek Akhirnya Terbongkar (9257)
Bedah JayaposAPBDes Pademonegoro Diduga Masuk Kantong KadesSidoarjo, Jaya Pos Kepala Desa Pademonegoro Ispriyanto diduga cenderung tertutup dan memonopoli dalam ...


Realisasi APBDes Sidokepung Kecamatan Buduran Tidak TransparanLahan Pertanian Milik Pemprov Jatim Disewakan di Kecamatan Tutur, Uangnya Kemana ?Kasus Suap Mega Proyek Meikarta, Sekda Pemprov Jabar Jadi Tersangka BaruDiduga Palsukan Produk Pabrikasi, U-Ditch Merek BCA Berstempel Calvary DipertanyakanBuruh PT Siwanggi Sejati Luhur Demo Karena Pembayaran Bonus Yang Tak SesuaiKasus Suap Mega Proyek Meikarta, Sekda Pemprov Jabar Jadi Tersangka BaruPenggunaan ADD di Jorong Silungkang Tidak Transparan
Laporan Khusus20 Anggota DPRD Kota Padang Panjang Dilantik dan DisumpahPadang Panjang, Jaya Pos Sebanyak 20 Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Padang Panjang ...


Ilyas Panji Alam Sholat Idul Adha di Masjid An-NurPUBLIKASI KINERJA DINAS LINGKUNGAN HIDUP KABUPATEN BOGOR TAHUN 2019Bertemu di IPDN, Bupati Bantaeng Bincang Akrab dengan Wapres Demi Keutuhan NKRI Majelis Madiena Adakan Istigosah Dan TausiyahPimpin Upacara di IPDN, Pengamat: Bukti Bupati Bantaeng Punya Jejaring Kuat di PusatRanperda Pelaksanaan APBD Kabupaten Tanah Datar di 2018 DiSetujuiPublikasi Kinerja Sekda Kabupaten Bogor Semester I Tahun 2019