Rabu, 11 Oktober 2017 - 05:42:59 WIB
Tim Penggerak PKK Depok Wakili Jabar Dalam Lomba B2SA Tingkat NasionalKategori: Laporan Khusus - Dibaca: 107 kali

Baca Juga:PT Rezeki Kencana Sosialisasikan Penanggulangan Kebakaran HutanDinas Bina Marga dan Tata Ruang Provinsi Banten Harus Berani Beri Sangsi Tegas Kontraktor NakalLSM LIRA Kabupaten Labuhan Batu Kumpulkan Koin Untuk Pembangunan Gedung KPKAparat Diminta Turun Tangan, Aksi Pemerasan Oknum Berkedok Wartawan Semakin Meresahkan

Depok, Jaya Pos

Setelah berhasil merengkuh juara pertama lomba cipta menu Beragam, Bergizi Seimbang, Aman (B2SA) Berbasis Sumber Daya Lokal tingkat Provinsi Jawa Barat (Jabar) dalam kategori kreasi menu seimbang dan beragam, Tim Penggerak PKK Kota Depok didaulat mewakili Provinsi Jabar dalam lomba serupa dalam acara Hari Pangan Sedunia (HPS) ke-37 pada 17 sampai 19 Oktober 2017 di Kalimantan Barat.

Lomba tersebut rencana­nya dibuka langsung oleh Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo (Jokowi). Tema HPS tahun 2017 adalah “Merubah Masa Depan Migrasi, Invertasi, Keamanan Pangan dan Pembangunan Pedesaan” dan tema nasio­nal “Menggerakkan Generasi Muda Dalam Membangun Pertanian Menuju Lumbung Pangan Dunia”.

Menurut Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Depok Farah Mulyati SH MSi, setiap peserta lomba diharuskan menampilkan kreatifitas maupun inovasi baru dalam mengolah beragam menu makanan yang bersumber dari pangan lokal. Dengan prinsip utama tidak mahal, mudah didapat, bergizi dan aman.

“Lomba B2SA merupakan agenda rutin pemerintah pusat, saya berharap Kota Depok kembali meraih pretasi gemilang di ajang bergengsi tingkat nasional tersebut,” katanya.

Farah berkata, prinsip penilaian B2SA meliputi menu yang ditampilkan, profil pa­ngan dan biaya menu tersebut. Sedangkan penilaian saat didisplay meliputi keseimbangan menu, keanekara­gaman jenis pangan, kreatifitas pengembangan resep dan aplikatif, cita rasa dan tampilan, penyajian dan aspek keamanan pangan.

“Dengan memahami kreteria penilaian tersebut saya yakin Depok bisa tampil gemilang. Semoga perwa­kilan Kota Depok dapat mengharumkan nama Depok dan Jabar,” tuturnya.

Farah mengingatkan, tujuan diadakannya lomba ini bukan semata-mata memperebutkan piala melainkan untuk mendorong dan me­ningkatkan kreatifitas masyarakat dalam mengembangkan ataupun menciptakan menu makanan beragam, bergizi seimbang dan nyaman.

“Yang terpenting berbasis sumber daya lokal serta memasyarakatkan dan membiasakan keluarga kita untuk mengkonsumsi beraneka ragam menu makanan se­hari-hari sehingga dapat mengurangi ketergantungan terhadap pangan pokok (beras) dan terigu,” tandasnya. (Adv)


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerKejanggalan Pengadaan Barang dan Jasa di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kab Sidoarjo Terciu (50355)Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (13446)BPPT MoU Dengan Pemkab Natuna Kaji Pemanfaatan Teknologi Guna Mendukung Percepatan Pembangunan Dae (12779)Perselingkuhan Antar Kepsek Akhirnya Terbongkar (8004)Mandi Seperti Manusia Petugas Yakin Bonita Adalah Harimau 'Jadi-Jadian' (5326)Tujuh Komoditas Unggulan Dinas Perkebunan Propinsi Jawa Timur (4817)Dua Siswa Kelas 3 SMKN Tutur Dikeluarkan, Disuruh Buat Pernyataan Pengunduran Diri (3942)Sintong Gultom Bubarkan Rapat Banmus DPRD Setiran Bonaran Situmeang (3739)PT IIGF Adakan Baksos di Desa Telajung (3615)Pengusaha Ayam Goreng Karawaci Rugi Rp 28 Juta (3527)
Bedah JayaposPerusakan Pagar Beton Diperintah Oleh TerdakwaTangerang, JAYAPOS - Sungguh berani, walaupun usia tua tapi semangat tetap muda. Kalau pada ...


Penggunaan Anggaran Pendidikan PAUD Mantan Pjs Mekar Jaya Diduga Tidak TransparanPungli di CV BB Travel Catut Nama Polres Penyidik Dilapor Ke Propam Polda KaltengPedestrian Merr-Kalidami Senilai Rp 3 Milyar Terkesan Asal JadiGalian C Desa Treman Kabupaten Minut Diduga Tidak Mengantongi IzinProyek Kawasan Wisata Penataran Blitar Abaikan Spek Kadis dan Satker Disbudpar Lempar Tanggung JawabKinerja PPDP KPU Way Kanan DipertanyakanSatpol PP Kota Tanjungbalai Tertibkan PKL Berdagang di Trotoar
Laporan KhususSrikandi Pasegeran Multi Peran di TMMDBanjarnegara, JAYAPOS - Suparti (45) petani dari Dusun Kroya Rt 02 Rw 03 Desa Pasegeran Kecamatan ...


Sembako Malam Disalurkan Kepada Warga Sasaran TMMD BanjarnegaraPeringatan Harganas XXV Tahun 2018, Bupati Irdinansyah Peroleh Tanda Kehormatan Manggala Karya KencaSuport Ibu-ibu Karanggondang Luar Biasa "Tak Ragu Langsir Material"Pemprov Jambi Dukung Pelestarian Olahraga Tradisional dan Liga SantriBerkah TMMD Bagi Pedagang TernakPembangunan Drainase di Lokasi TMMD Reg 102 DikebutRehab RTLH di Lokasi TMMD Reg 102 Pasegeran