Rabu, 11 Oktober 2017 - 05:42:59 WIB
Tim Penggerak PKK Depok Wakili Jabar Dalam Lomba B2SA Tingkat NasionalKategori: Laporan Khusus - Dibaca: 24 kali

Baca Juga:PT Rezeki Kencana Sosialisasikan Penanggulangan Kebakaran HutanDinas Bina Marga dan Tata Ruang Provinsi Banten Harus Berani Beri Sangsi Tegas Kontraktor NakalLSM LIRA Kabupaten Labuhan Batu Kumpulkan Koin Untuk Pembangunan Gedung KPKAparat Diminta Turun Tangan, Aksi Pemerasan Oknum Berkedok Wartawan Semakin Meresahkan

Depok, Jaya Pos

Setelah berhasil merengkuh juara pertama lomba cipta menu Beragam, Bergizi Seimbang, Aman (B2SA) Berbasis Sumber Daya Lokal tingkat Provinsi Jawa Barat (Jabar) dalam kategori kreasi menu seimbang dan beragam, Tim Penggerak PKK Kota Depok didaulat mewakili Provinsi Jabar dalam lomba serupa dalam acara Hari Pangan Sedunia (HPS) ke-37 pada 17 sampai 19 Oktober 2017 di Kalimantan Barat.

Lomba tersebut rencana­nya dibuka langsung oleh Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo (Jokowi). Tema HPS tahun 2017 adalah “Merubah Masa Depan Migrasi, Invertasi, Keamanan Pangan dan Pembangunan Pedesaan” dan tema nasio­nal “Menggerakkan Generasi Muda Dalam Membangun Pertanian Menuju Lumbung Pangan Dunia”.

Menurut Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Depok Farah Mulyati SH MSi, setiap peserta lomba diharuskan menampilkan kreatifitas maupun inovasi baru dalam mengolah beragam menu makanan yang bersumber dari pangan lokal. Dengan prinsip utama tidak mahal, mudah didapat, bergizi dan aman.

“Lomba B2SA merupakan agenda rutin pemerintah pusat, saya berharap Kota Depok kembali meraih pretasi gemilang di ajang bergengsi tingkat nasional tersebut,” katanya.

Farah berkata, prinsip penilaian B2SA meliputi menu yang ditampilkan, profil pa­ngan dan biaya menu tersebut. Sedangkan penilaian saat didisplay meliputi keseimbangan menu, keanekara­gaman jenis pangan, kreatifitas pengembangan resep dan aplikatif, cita rasa dan tampilan, penyajian dan aspek keamanan pangan.

“Dengan memahami kreteria penilaian tersebut saya yakin Depok bisa tampil gemilang. Semoga perwa­kilan Kota Depok dapat mengharumkan nama Depok dan Jabar,” tuturnya.

Farah mengingatkan, tujuan diadakannya lomba ini bukan semata-mata memperebutkan piala melainkan untuk mendorong dan me­ningkatkan kreatifitas masyarakat dalam mengembangkan ataupun menciptakan menu makanan beragam, bergizi seimbang dan nyaman.

“Yang terpenting berbasis sumber daya lokal serta memasyarakatkan dan membiasakan keluarga kita untuk mengkonsumsi beraneka ragam menu makanan se­hari-hari sehingga dapat mengurangi ketergantungan terhadap pangan pokok (beras) dan terigu,” tandasnya. (Adv)


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerMembongkar Proyek Permai Grup (Bag 1), PT AJ Dapat Jatah Rp 35 M di Kementerian Perhubungan (121558)Komisi IX DPR RI dan Menteri Kesehatan Agar Meninjau Kembali Pembangunan Rumah Sakit Internasional (90934)Bayi Hasil Hubungan Gelap Dibuang di WC Sekitar Kabah ( Nestapa Pahlawan Devisa di Negeri Orang Bgn (63531)SMPN 2 Pasar Kemis Butuh Ruang Kelas Baru (50531)Diduga Peras Pengusaha Toko Material dan Toko Emas, PPATK Diminta Audit Harta Pejabat KPP Pratama Ko (45785)PP Amanatul Ummah Tidak Penuhi Janjinya Pada Wali Murid (45618)Tanah Milik H.Amiruddin Pase Jadi Ajang Kejahatan Koneksitas Hakim Dan Penyidik Kepolisian (37463)Perusahaan Martua Sitorus Ngemplang Pajak Rp 7,2 Triliun? (32919)Ibunda Ajeng Mamamia Dimejahijaukan (31612)Sudah Tiga Jenderal Polisi Pembawa Gerbong Terbelit Kasus (24049)
Bedah JayaposKades Stroke, BPD Pertanyakan Sikap Bupati SubangDesakan warga ini murni guna menciptakan kondusifitas pemerintahan dalam pelayanan terhadap warga dan ...


Tutupi Indikasi Persekongkolan Tender, ULP Ketapang Manipulasi Data?Pelaksanaan 2 Proyek Bandara Kuala Kurun, Diduga Tidak Sesuai Kontrak445 Mesin Parkir Jadi Mubazir, Ada Politik Dibalik Pengadaan ?Peningkatan Jalan Coban Blimbing-Wonosari Diduga Asal JadiHasil Kerjaan Amburadul Tanpa Referensi Dan Kemampuan Dasar PT Nasrip Indonesia Menang 3 PaketKanwil DJBC Riau dan Sumbar Musnahkan Barang Selundupan Senilai Rp13 M LebihDiduga Kongkalikong Antara Kontraktor dan Pejabat PU di Proyek Rigit Beton 6 M
Laporan KhususBerhasil Kendalikan Kaki Gajah Depok Raih PenghargaanDepok, Jaya Pos Pemerintah Kota (Pemkot) Depok meraih penghargaan dari Menteri Kesehatan Republik Indonesia ...


Tahapan Seleksi Sekda Memasuki Penulisan MakalahBadan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor Tahun 2017Ketua Dewan Pimpin Paripurna Istimewa APBD-P 2017Inovasi Disbun Jatim Untuk Petani KakaoHUT Kabupaten Natuna Bupati Berikan Penghargaan Pada PegawaiJaksa Pangkalpinang Masuk SekolahPDAM Kab Melawi Peroleh Predikat WTP