Rabu, 18 Oktober 2017 - 07:13:14 WIB
Tutupi Indikasi Persekongkolan Tender, ULP Ketapang Manipulasi Data?Kategori: Bedah Jaya Pos - Dibaca: 33 kali

Baca Juga:Rehab Empat SDN di Kecamatan Wonoayu Berjalan LancarPeresmian Kantor dan Launching e-KTP Kec Bunguran Timur Layani Masyarakat Secara ProfesionalPengawasan BPOM Dinilai LemahRaskin di Mancak Kab Serang Diduga Marak Penyelewengan

Ketapang, Jaya Pos

Pasca pemberitaan Jaya Pos pada 2 edisi lalu, terkait indikasi persekongkolan 15 paket tender proyek APBD tahun 2017 di Kabupaten Ketapang Provinsi Kalbar, ternyata untuk menutupi borok, dimana Pokja 5 ULP Ketapang secara diam-diam melakukan manipulasi data pada aplikasi SPSE di Website LPSE Kabupaten Ketapang. Hal tersebut terungkap setelah Jaya Pos Biro Ketapang melakukan cross check di lapangan.

Beberapa sampling paket merupakan indikasi serta bukti bahwa Pokja 5 ULP Ketapang telah melakukan manipulasi pada sistem pelelangan proyek di Kabupaten Ketapang tahun 2017. Sampling 1 pada paket proyek “Belanja Jasa Konsultan Perencanaan Revitalisasi Pasar Rangga Sentap Kec Delta Pawan”, pemenang tender CV PK.

Pada paket ini sebelum diberitakan, Berita Acara Hasil Pelelangan (BAHP) tidak diupload oleh Pokja 5 hingga status lelang selesai. Menurut tahapan yang sudah terjadwal, seharusnya BAHP tersebut telah diupload oleh Pokja 5 pada tanggal 24 Mei 2017, namun secara diam-diam mengupload BAHP paket tersebut pada tanggal 27 September 2017 pukul 14.50 wib.

Kemudian sampling 2 pada paket proyek “Pengadaan Bahan dan Reagen Untuk Laboratorium”, pemenang tender PT DCW. Hal serupa terjadi pada paket ini, kemudian 12 paket lainnya juga terjadi hal yang sama.

Berita Acara Hasil Pelelangan (BAHP) merupakan resume dari semua proses lelang proyek pemerintah secara elektronik, peraturan di dalam Standar Dokumen Lelang Secara Elektronik yang diadopsi dari Peraturan Presiden tentang Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah, mewajibkan BAHP diupload pada aplikasi SPSE sebelum tahap penetapan pemenang, pengumuman pemenang, masa sanggah lelang, surat penunjukan penyedia barang/jasa hingga tahap penandatanganan kontrak.

Dokumen BAHP wajib tayang pada aplikasi SPSE dan bisa didownload oleh para peserta lelang. BAHP bisa diupload oleh ketua atau sekretaris pokja, karena keduanya sama-sama memegang password pada user Pokja tersebut.

Sesuai Surat Keputusan (SK) Bupati Ketapang Nomor 96/BLP-B/2017 Tanggal 7 Februari 2017, tentang Pembentukan Kelompok Kerja Layanan Pengadaan Barang dan Jasa di lingkungan Peme­rintah Kabupaten Ketapang. Pada lampiran SK tersebut, Armen Sahlan SE merupakan Ketua Pokja 5.

Pada sampling 1, Jaya Pos pernah melakukan konfirmasi kepada Armen Sahlan SE, dirinya memberikan jawaban tertulis melalui surat, yang isinya antara lain mengatakan bahwa tidak tayangnya BAHP disebabkan karena kesalahan sistem. Namun belakangan, permasalahan yang sama terjadi pada belasan paket lain yang dilelang oleh Pokja 5.

Hingga berita ini diturunkan, Jaya Pos akan berkoordinasi dengan pihak Aparat Pengawas Intern Pemerintah (APIP) Kabupaten Ketapang. (Hardi)


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerDinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (10050)Proyek KA di Sulsel Membawa Petaka, Danyon Zipur Jadi Tersangka (3041)PT IIGF Adakan Baksos di Desa Telajung (1853)Komentari Kasus e-KTP, Andar: Abraham Samad Itu 'Omdo' (1691)Pandangan Umum Fraksi PDIP, PAN, dan RNB Terhadap Nota Keuangan dan Raperda APBD Kota Depok TA 2018 (1115)Sutadi SH dan Oknum Polres Ketapang Diduga Bobol Rumah Walet Milik Akim (997)PT Jembatan Nusantara Melakukan Pembohongan Terhadap Pelamar Pekerjaan (844)10,8 Miliar Proyek Pembangunan Jembatan Ulim Dikerjakan Asal Jadi (586)Endorsement Operational Level Untuk Kelas III dan IV Merugikan Pelaut (533)Sintong Gultom Bubarkan Rapat Banmus DPRD Setiran Bonaran Situmeang (504)
Bedah JayaposPT MRIA Harus Bertanggung Dalam Kasus Yang Menyeret Danyon Zipur 8 SMG Jadi TersangkaMakassar, Jaya Pos Kasus keterlibatan Danyon Zipur 8 SMG yang terlibat dalam peledakan bukit (blasting), ...


Proyek Rehabilitasi Jembatan Terkesan Asal Jadi, BPKP Diminta Turun TanganPengusaha Nakal Berkeliaran Memburuh Proyek Di Kabupaten DharmasrayaSoal Kasus Lampu Jalan di Maros, Kompolnas Minta Klarifikasi Kepada Kapolri10,8 Miliar Proyek Pembangunan Jembatan Ulim Dikerjakan Asal JadiAPBDes Katimoho Terindikasi DikorupsiBendungan Karalloe Senilai 518 M Tidak Selesai PPK dan Kontraktor Enggan KomentarTangani Sengketa Tanah Damang Tewah Turun Lapangan
Laporan KhususPerantau Asal Samosir Merintis Obyek Wisata di KampungSamosir, Jaya Pos Sejak dicanangkan oleh Presiden Jokowi bahwa Samosir adalah salah satu tempat kunjungan ...


TNI Peduli Atas Penderitaan Seorang Anak BOB Berikan Bantuan Mesin Pengolah Pakan Ikan Kepada Warga Desa KasikanDPRD Muba Sambut Baik Inisiatif Pemkab MubaPemkab Muba Sampaikan Raperda Tentang Pinjaman Daerah Kepada DPRDDinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan Depok Gelar Workshop B2SAMemperkenalkan Lebih Dini Budaya Batak Pada Anak-Anak Melalui Natal STM SarohaWaiting List Keberangkatan Jamaah Haji Kabupaten Ciamis Sudah Mencapai 2030