Rabu, 18 Oktober 2017 - 07:13:14 WIB
Tutupi Indikasi Persekongkolan Tender, ULP Ketapang Manipulasi Data?Kategori: Bedah Jaya Pos - Dibaca: 182 kali

Baca Juga:Rehab Empat SDN di Kecamatan Wonoayu Berjalan LancarPeresmian Kantor dan Launching e-KTP Kec Bunguran Timur Layani Masyarakat Secara ProfesionalPengawasan BPOM Dinilai LemahRaskin di Mancak Kab Serang Diduga Marak Penyelewengan

Ketapang, Jaya Pos

Pasca pemberitaan Jaya Pos pada 2 edisi lalu, terkait indikasi persekongkolan 15 paket tender proyek APBD tahun 2017 di Kabupaten Ketapang Provinsi Kalbar, ternyata untuk menutupi borok, dimana Pokja 5 ULP Ketapang secara diam-diam melakukan manipulasi data pada aplikasi SPSE di Website LPSE Kabupaten Ketapang. Hal tersebut terungkap setelah Jaya Pos Biro Ketapang melakukan cross check di lapangan.

Beberapa sampling paket merupakan indikasi serta bukti bahwa Pokja 5 ULP Ketapang telah melakukan manipulasi pada sistem pelelangan proyek di Kabupaten Ketapang tahun 2017. Sampling 1 pada paket proyek “Belanja Jasa Konsultan Perencanaan Revitalisasi Pasar Rangga Sentap Kec Delta Pawan”, pemenang tender CV PK.

Pada paket ini sebelum diberitakan, Berita Acara Hasil Pelelangan (BAHP) tidak diupload oleh Pokja 5 hingga status lelang selesai. Menurut tahapan yang sudah terjadwal, seharusnya BAHP tersebut telah diupload oleh Pokja 5 pada tanggal 24 Mei 2017, namun secara diam-diam mengupload BAHP paket tersebut pada tanggal 27 September 2017 pukul 14.50 wib.

Kemudian sampling 2 pada paket proyek “Pengadaan Bahan dan Reagen Untuk Laboratorium”, pemenang tender PT DCW. Hal serupa terjadi pada paket ini, kemudian 12 paket lainnya juga terjadi hal yang sama.

Berita Acara Hasil Pelelangan (BAHP) merupakan resume dari semua proses lelang proyek pemerintah secara elektronik, peraturan di dalam Standar Dokumen Lelang Secara Elektronik yang diadopsi dari Peraturan Presiden tentang Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah, mewajibkan BAHP diupload pada aplikasi SPSE sebelum tahap penetapan pemenang, pengumuman pemenang, masa sanggah lelang, surat penunjukan penyedia barang/jasa hingga tahap penandatanganan kontrak.

Dokumen BAHP wajib tayang pada aplikasi SPSE dan bisa didownload oleh para peserta lelang. BAHP bisa diupload oleh ketua atau sekretaris pokja, karena keduanya sama-sama memegang password pada user Pokja tersebut.

Sesuai Surat Keputusan (SK) Bupati Ketapang Nomor 96/BLP-B/2017 Tanggal 7 Februari 2017, tentang Pembentukan Kelompok Kerja Layanan Pengadaan Barang dan Jasa di lingkungan Peme­rintah Kabupaten Ketapang. Pada lampiran SK tersebut, Armen Sahlan SE merupakan Ketua Pokja 5.

Pada sampling 1, Jaya Pos pernah melakukan konfirmasi kepada Armen Sahlan SE, dirinya memberikan jawaban tertulis melalui surat, yang isinya antara lain mengatakan bahwa tidak tayangnya BAHP disebabkan karena kesalahan sistem. Namun belakangan, permasalahan yang sama terjadi pada belasan paket lain yang dilelang oleh Pokja 5.

Hingga berita ini diturunkan, Jaya Pos akan berkoordinasi dengan pihak Aparat Pengawas Intern Pemerintah (APIP) Kabupaten Ketapang. (Hardi)


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerMembongkar Proyek Permai Grup (Bag 1), PT AJ Dapat Jatah Rp 35 M di Kementerian Perhubungan (121670)Komisi IX DPR RI dan Menteri Kesehatan Agar Meninjau Kembali Pembangunan Rumah Sakit Internasional (90982)Bayi Hasil Hubungan Gelap Dibuang di WC Sekitar Kabah ( Nestapa Pahlawan Devisa di Negeri Orang Bgn (69679)SMPN 2 Pasar Kemis Butuh Ruang Kelas Baru (50763)PP Amanatul Ummah Tidak Penuhi Janjinya Pada Wali Murid (45936)Diduga Peras Pengusaha Toko Material dan Toko Emas, PPATK Diminta Audit Harta Pejabat KPP Pratama Ko (45832)Tanah Milik H.Amiruddin Pase Jadi Ajang Kejahatan Koneksitas Hakim Dan Penyidik Kepolisian (37607)Perusahaan Martua Sitorus Ngemplang Pajak Rp 7,2 Triliun? (33028)Ibunda Ajeng Mamamia Dimejahijaukan (31756)Sudah Tiga Jenderal Polisi Pembawa Gerbong Terbelit Kasus (24290)
Bedah JayaposSertifikat Ganda Di Lahan Proyek Nasional MamminasataPembebasan lahan milik warga di Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan, untuk pembangunan jalan pada proyek ...


Peningkatan Jalan di Desa Kali Pucang Diduga Tidak Sesuai SpekWabah Korupsi Diduga Melanda Desa PelemwatuPolres Bolmong Diminta Usut Tuntas Dugaan Pungli DDDiduga Banyak Item Hilang, Proyek 5,5 Milyar Layak Di SorotRekanan Dispora Diduga Curangi Proyek Lapangan Futsal, Kabid Lakukan PembiaranPengerjaan Trotoar Kota Padangpanjang Diduga Tidak Sesuai SpekProyek Pusyangatra Ditengarai Tidak Sesuai Speck
Laporan KhususDPA DP3AP2KB Dorong Anak Aktif Mengembangkan Minat dan KemampuanBogor, Jaya Pos Saat ini jumlah penduduk usia anak (dibawah 18 tahun) di Kabupaten Bogor cukup tinggi yaitu ...


FBBI Sumbangkan Buku ke SDN 106149 Bulu CinaPemkab Kampanyekan Program Gemar Makan IkanTingkatkan Potensi Wisata di Tatar Galuh Ciamis, Dispar Menggelar Rally Nyukcruk LemburCamat Cengkareng Gelar Jumling ke Wilayah KapukUntuk Kali Kedua Menteri Susi Dianugerahi Gelar Doktor Honoris Causa dari Undip SemarangDimeriahkan Penghafal 30 Juz, Kegiatan Wakaf 1.000 Hafidz di Istano Basa PagaruyungWakil Bupati Kabupaten Mukomuko Resmikan Pelaksanaan Karya Bhakti Kodim 0423/BU