Rabu, 18 Oktober 2017 - 07:31:15 WIB
Tahapan Seleksi Sekda Memasuki Penulisan MakalahKategori: Laporan Khusus - Dibaca: 192 kali

Baca Juga:SMK Darul Ulum Lemah Ayu Lakukan Terobosan Pendidikan InovatifRehab Empat SDN di Kecamatan Wonoayu Berjalan LancarPeresmian Kantor dan Launching e-KTP Kec Bunguran Timur Layani Masyarakat Secara ProfesionalPengawasan BPOM Dinilai Lemah

Depok, Jaya Pos

Tahapan seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Depok memasuki tahap kedua, yakni penulisan makalah. Dengan diikuti 13 peserta. Pada tahap pertama setiap peserta atau para kandidat mengikuti tes kesehatan.

Menurut Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Depok H.Supian Suri, peserta diberikan waktu selama tiga jam. Dua jam untuk penulisan makalah dan satu jam membuat presentasi makalah.

“Terdapat tiga tema pembahasan yang bisa dipilih peserta. Tema-tema ini dipilih untuk melihat sejauh mana peserta memahami tugas dan fungsi pokok Sekda,” katanya.

Tema makalah dan wawancara dihadapan pansel masing-masing diberi waktu 45 menit,yang dibahas, tutur Supian, pertama tentang optimalisasi peran Sekda dalam menguatkan hubungan antara eksekutif, legislatif dan seluruh unsur pemerintahan pusat di daerah. Kedua, optimalisasi peran strategis Sekda dalam pencapaian program unggulan Kota Depok. Ketiga, optimalisasi peran strategis Sekda untuk kerja yang harmoni, menuju Kota Depok yang unggul, nyaman, dan religius.

“Meski mengetik dengan laptop yang disediakan Pansel, namun jaringan internetnya sudah dimatikan, sehingga tidak bisa diakses peserta seleksi. Selain itu, peserta juga tidak dibolehkan menggunakan ponsel, USB, modem, dan alat elektronik lainnya. De­ngan demikian, apa yang ditulis merupakan hasil pemikiran asli peserta,” katanya.

Supian Suri menegaskan, setiap peserta diwajibkan menandatangani bukti keotentikan makalah sebagai karya tulis sendiri. Setelah menulis makalah, besoknya peserta akan mempresentasikan hasil karya tulis tersebut.

“Saya akan langsung laporkan kepada Pak Wali Kota, tidak ditunda-tunda. Mudah-mudahan hasilnya­ mak­simal dan prosesnya di­lancarkan, sehingga awal November sudah ada nama untuk Sekda Kota Depok secara definitif,” tandasnya.

Sebelumnya, 13 calon Sekda menjalani tes kesehatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Depok. Dalam pemeriksaan tersebut, 13 calon Sekda didampingi 13 petugas RSUD Kota Depok yang membantu memeriksakan kesehatan berupa Medical Check Up (MCU) peserta seleksi rotasi/mutasi pengisian jabatan pimpinan tinggi pratama.  Ke-13 orang petugas yang diturunkan ini sesuai dengan spesialisasi keilmuan sesuai bidangnya masing-masing.

Menurut Direktur RSUD Kota Depok, Asloe’ah Madjri, MCU kali ini bertujuan untuk mengetahui kondisi jasmani dan rohani calon Sekda.
Adapun tahapan tes kesehatan untuk menilai kondisi jasmani peserta meliputi, pengecekan tekanan darah (tensi), EKG, tes urine, rontgen, pemeriksaan umum fisik, pemeriksaan darah, dan tes narkoba.

“Petugas yang diturunkan memang ahli di bidangnya seperti dokter spesialis penyakit dalam, dokter spesialis kesehatan jiwa, dokter radiologi, patologi klinis, perawat, analis, radiografer, psikiatri, dan petugas pendaftaran yang bertugas hari ini,” katanya.

Asloe’ah menuturkan, selain pemeriksaan jasmani, peserta juga diperiksa rohaninya melalui tes Minnesota Multiphasic Personality Inventory (MMPI) – 2. Dalam tes ini, peserta diharuskan menjawab sekitar 529 pertanyaan mendalam guna melihat kondisi kejiwaan dari para peserta seleksi.

“MMPI-2 ini sifatnya le­bih mendalam dari MMPI-1 yang dilakukan tes psikologi oleh Universitas Indonesia (UI). MMPI-2 kami diawasi dan diperiksa hasilnya oleh dokter spesialis kesehatan jiwa,” tuturnya.

Perempuan yang pernah menjabat sebagai Camat Cinere ini mengungkapkan dari hasil pemeriksaan Medical Check Up (MCU) hasilnya akan diserahkan langsung ke Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSD) Kota Depok dan bersifat rahasia.

“Hasil yang didapat seluruhnya sgera akan kami serahkan pada BKPSDM, karena hasil MCU ini sifatnya privacy bagi pasien. Kami sebagai pihak yang memfasilitasi pemeriksaan MCU ke­sehatan secara umum,” ucap­nya.(ADV)


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerKejanggalan Pengadaan Barang dan Jasa di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kab Sidoarjo Terciu (50355)Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (13446)BPPT MoU Dengan Pemkab Natuna Kaji Pemanfaatan Teknologi Guna Mendukung Percepatan Pembangunan Dae (12779)Perselingkuhan Antar Kepsek Akhirnya Terbongkar (8004)Mandi Seperti Manusia Petugas Yakin Bonita Adalah Harimau 'Jadi-Jadian' (5326)Tujuh Komoditas Unggulan Dinas Perkebunan Propinsi Jawa Timur (4818)Dua Siswa Kelas 3 SMKN Tutur Dikeluarkan, Disuruh Buat Pernyataan Pengunduran Diri (3942)Sintong Gultom Bubarkan Rapat Banmus DPRD Setiran Bonaran Situmeang (3739)PT IIGF Adakan Baksos di Desa Telajung (3615)Pengusaha Ayam Goreng Karawaci Rugi Rp 28 Juta (3527)
Bedah JayaposPerusakan Pagar Beton Diperintah Oleh TerdakwaTangerang, JAYAPOS - Sungguh berani, walaupun usia tua tapi semangat tetap muda. Kalau pada ...


Penggunaan Anggaran Pendidikan PAUD Mantan Pjs Mekar Jaya Diduga Tidak TransparanPungli di CV BB Travel Catut Nama Polres Penyidik Dilapor Ke Propam Polda KaltengPedestrian Merr-Kalidami Senilai Rp 3 Milyar Terkesan Asal JadiGalian C Desa Treman Kabupaten Minut Diduga Tidak Mengantongi IzinProyek Kawasan Wisata Penataran Blitar Abaikan Spek Kadis dan Satker Disbudpar Lempar Tanggung JawabKinerja PPDP KPU Way Kanan DipertanyakanSatpol PP Kota Tanjungbalai Tertibkan PKL Berdagang di Trotoar
Laporan KhususSrikandi Pasegeran Multi Peran di TMMDBanjarnegara, JAYAPOS - Suparti (45) petani dari Dusun Kroya Rt 02 Rw 03 Desa Pasegeran Kecamatan ...


Sembako Malam Disalurkan Kepada Warga Sasaran TMMD BanjarnegaraPeringatan Harganas XXV Tahun 2018, Bupati Irdinansyah Peroleh Tanda Kehormatan Manggala Karya KencaSuport Ibu-ibu Karanggondang Luar Biasa "Tak Ragu Langsir Material"Pemprov Jambi Dukung Pelestarian Olahraga Tradisional dan Liga SantriBerkah TMMD Bagi Pedagang TernakPembangunan Drainase di Lokasi TMMD Reg 102 DikebutRehab RTLH di Lokasi TMMD Reg 102 Pasegeran