Rabu, 18 Oktober 2017 - 07:31:15 WIB
Tahapan Seleksi Sekda Memasuki Penulisan MakalahKategori: Laporan Khusus - Dibaca: 35 kali

Baca Juga:SMK Darul Ulum Lemah Ayu Lakukan Terobosan Pendidikan InovatifRehab Empat SDN di Kecamatan Wonoayu Berjalan LancarPeresmian Kantor dan Launching e-KTP Kec Bunguran Timur Layani Masyarakat Secara ProfesionalPengawasan BPOM Dinilai Lemah

Depok, Jaya Pos

Tahapan seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Depok memasuki tahap kedua, yakni penulisan makalah. Dengan diikuti 13 peserta. Pada tahap pertama setiap peserta atau para kandidat mengikuti tes kesehatan.

Menurut Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Depok H.Supian Suri, peserta diberikan waktu selama tiga jam. Dua jam untuk penulisan makalah dan satu jam membuat presentasi makalah.

“Terdapat tiga tema pembahasan yang bisa dipilih peserta. Tema-tema ini dipilih untuk melihat sejauh mana peserta memahami tugas dan fungsi pokok Sekda,” katanya.

Tema makalah dan wawancara dihadapan pansel masing-masing diberi waktu 45 menit,yang dibahas, tutur Supian, pertama tentang optimalisasi peran Sekda dalam menguatkan hubungan antara eksekutif, legislatif dan seluruh unsur pemerintahan pusat di daerah. Kedua, optimalisasi peran strategis Sekda dalam pencapaian program unggulan Kota Depok. Ketiga, optimalisasi peran strategis Sekda untuk kerja yang harmoni, menuju Kota Depok yang unggul, nyaman, dan religius.

“Meski mengetik dengan laptop yang disediakan Pansel, namun jaringan internetnya sudah dimatikan, sehingga tidak bisa diakses peserta seleksi. Selain itu, peserta juga tidak dibolehkan menggunakan ponsel, USB, modem, dan alat elektronik lainnya. De­ngan demikian, apa yang ditulis merupakan hasil pemikiran asli peserta,” katanya.

Supian Suri menegaskan, setiap peserta diwajibkan menandatangani bukti keotentikan makalah sebagai karya tulis sendiri. Setelah menulis makalah, besoknya peserta akan mempresentasikan hasil karya tulis tersebut.

“Saya akan langsung laporkan kepada Pak Wali Kota, tidak ditunda-tunda. Mudah-mudahan hasilnya­ mak­simal dan prosesnya di­lancarkan, sehingga awal November sudah ada nama untuk Sekda Kota Depok secara definitif,” tandasnya.

Sebelumnya, 13 calon Sekda menjalani tes kesehatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Depok. Dalam pemeriksaan tersebut, 13 calon Sekda didampingi 13 petugas RSUD Kota Depok yang membantu memeriksakan kesehatan berupa Medical Check Up (MCU) peserta seleksi rotasi/mutasi pengisian jabatan pimpinan tinggi pratama.  Ke-13 orang petugas yang diturunkan ini sesuai dengan spesialisasi keilmuan sesuai bidangnya masing-masing.

Menurut Direktur RSUD Kota Depok, Asloe’ah Madjri, MCU kali ini bertujuan untuk mengetahui kondisi jasmani dan rohani calon Sekda.
Adapun tahapan tes kesehatan untuk menilai kondisi jasmani peserta meliputi, pengecekan tekanan darah (tensi), EKG, tes urine, rontgen, pemeriksaan umum fisik, pemeriksaan darah, dan tes narkoba.

“Petugas yang diturunkan memang ahli di bidangnya seperti dokter spesialis penyakit dalam, dokter spesialis kesehatan jiwa, dokter radiologi, patologi klinis, perawat, analis, radiografer, psikiatri, dan petugas pendaftaran yang bertugas hari ini,” katanya.

Asloe’ah menuturkan, selain pemeriksaan jasmani, peserta juga diperiksa rohaninya melalui tes Minnesota Multiphasic Personality Inventory (MMPI) – 2. Dalam tes ini, peserta diharuskan menjawab sekitar 529 pertanyaan mendalam guna melihat kondisi kejiwaan dari para peserta seleksi.

“MMPI-2 ini sifatnya le­bih mendalam dari MMPI-1 yang dilakukan tes psikologi oleh Universitas Indonesia (UI). MMPI-2 kami diawasi dan diperiksa hasilnya oleh dokter spesialis kesehatan jiwa,” tuturnya.

Perempuan yang pernah menjabat sebagai Camat Cinere ini mengungkapkan dari hasil pemeriksaan Medical Check Up (MCU) hasilnya akan diserahkan langsung ke Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSD) Kota Depok dan bersifat rahasia.

“Hasil yang didapat seluruhnya sgera akan kami serahkan pada BKPSDM, karena hasil MCU ini sifatnya privacy bagi pasien. Kami sebagai pihak yang memfasilitasi pemeriksaan MCU ke­sehatan secara umum,” ucap­nya.(ADV)


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerMembongkar Proyek Permai Grup (Bag 1), PT AJ Dapat Jatah Rp 35 M di Kementerian Perhubungan (121670)Komisi IX DPR RI dan Menteri Kesehatan Agar Meninjau Kembali Pembangunan Rumah Sakit Internasional (90982)Bayi Hasil Hubungan Gelap Dibuang di WC Sekitar Kabah ( Nestapa Pahlawan Devisa di Negeri Orang Bgn (69678)SMPN 2 Pasar Kemis Butuh Ruang Kelas Baru (50763)PP Amanatul Ummah Tidak Penuhi Janjinya Pada Wali Murid (45936)Diduga Peras Pengusaha Toko Material dan Toko Emas, PPATK Diminta Audit Harta Pejabat KPP Pratama Ko (45832)Tanah Milik H.Amiruddin Pase Jadi Ajang Kejahatan Koneksitas Hakim Dan Penyidik Kepolisian (37607)Perusahaan Martua Sitorus Ngemplang Pajak Rp 7,2 Triliun? (33028)Ibunda Ajeng Mamamia Dimejahijaukan (31756)Sudah Tiga Jenderal Polisi Pembawa Gerbong Terbelit Kasus (24290)
Bedah JayaposPeningkatan Jalan di Desa Kali Pucang Diduga Tidak Sesuai SpekPasuruan, Jaya Pos Begitu banyak pekerjaan infrastruktur di Kabupaten Pasuruan yang saat ini masih ...


Wabah Korupsi Diduga Melanda Desa PelemwatuPolres Bolmong Diminta Usut Tuntas Dugaan Pungli DDDiduga Banyak Item Hilang, Proyek 5,5 Milyar Layak Di SorotRekanan Dispora Diduga Curangi Proyek Lapangan Futsal, Kabid Lakukan PembiaranPengerjaan Trotoar Kota Padangpanjang Diduga Tidak Sesuai SpekProyek Pusyangatra Ditengarai Tidak Sesuai SpeckPemkab Siak Kebal Hukum Atau Tidak Mengerti Hukum
Laporan KhususDPA DP3AP2KB Dorong Anak Aktif Mengembangkan Minat dan KemampuanBogor, Jaya Pos Saat ini jumlah penduduk usia anak (dibawah 18 tahun) di Kabupaten Bogor cukup tinggi yaitu ...


FBBI Sumbangkan Buku ke SDN 106149 Bulu CinaPemkab Kampanyekan Program Gemar Makan IkanTingkatkan Potensi Wisata di Tatar Galuh Ciamis, Dispar Menggelar Rally Nyukcruk LemburCamat Cengkareng Gelar Jumling ke Wilayah KapukUntuk Kali Kedua Menteri Susi Dianugerahi Gelar Doktor Honoris Causa dari Undip SemarangDimeriahkan Penghafal 30 Juz, Kegiatan Wakaf 1.000 Hafidz di Istano Basa PagaruyungWakil Bupati Kabupaten Mukomuko Resmikan Pelaksanaan Karya Bhakti Kodim 0423/BU