Kamis, 09 November 2017 - 07:41:33 WIB
Tingkatkan Potensi Wisata di Tatar Galuh Ciamis, Dispar Menggelar Rally Nyukcruk LemburKategori: Laporan Khusus - Dibaca: 12 kali

Baca Juga:Foke dan Istri Optimis Rakyat Akan Dukung Dirinya di Putaran KeduaMau Mendapat Untung Besar Kontraktor Kerja Asal Jadi, Dinas Bina Marga dan Tata Ruang TertidurPemilik Sabu Divonis 1 Tahun Penjara di PN Simalungun, JPU Hanya Tuntut Terdakwa 1,6 Tahun BuiGrand Final Futsal Nabaja CUP III 2012 , Minggu 22 Juli 2012

Ciamis, Jaya Pos

Dalam upaya memperkenalkan obyek wisata Kabupaten Ciamis, Dinas Pariwisata (Dispar) menggelar Rally Nyukcruk Lembur Tatar Galuh. Peserta diajak mengunjungi beberapa lokasi wisata andalan di wilayah ini.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Ciamis H Toto Marwoto melalui Kepala Bidang Destinasi Dinas Pariwisata Ciamis Budi Kurnia menuturkan, Rally Nyukcruk Lembur Tatar Galuh ini baru pertama kali digelar, tujuannya untuk mengenalkan dan meningkatkan potensi wisata di Tatar Galuh Ciamis.
Meski baru pertama kali digelar kata Budi, antusiasme masyarakat cukup tinggi, setidaknya ada 68 kendaraan yang turut serta.

Bukan hanya dari warga lokal, terdapat 10 kendaraan yang datang dari kota/kabupaten Bandung, Kota Cirebon hingga Kabupaten Cilacap. “Kaitan dengan destinasi wisata, tempat wisata di Kabupaten Ciamis tidak hanya menyuguhkan ekosistem alam, namun juga menyuguhkan kesejahteraan, terutama sejarah Kerajaan Galuh,” ujarnya.

Dikatakan Budi, destinasi wisata di Kabupaten Ciamis bisa menceritakan kaitan sejarah pusat peradaban sunda, dan bagaimana peradaban sunda dahulu kala. “Semua peninggalan dan tempat-tempat bersejarah masih asli dan asri, sangat penting untuk kajian kesejahteraan,” ungkap Budi.

Rute yang dilewati para peserta mengikuti Rally Nyukcruk Lembur ini dimulai dari Pendopo Kabupaten Ciamis menuju Jambansari tempat atau makam Raden Arya Kusumadiningrat, kemudian berlanjut ke wisata Sumber Jaya untuk mengikuti fun game. “Selanjutnya ke Astana Gede Kawali, dimana di sana ada 7 prasasti yang memang penyumbang terbanyak di tanah Jawa Barat ini. Kemudian finish di Karangkamulyan,” jelasnya.

Budi menambahkan, obyek wisata Ciung Wanara Karangkamulyan atau Bojong Galuh didirikan pada abad ke 6. Kerajaan Majapahit dan Mataram erat kaitannya dengan Kerajaan Galuh. “Jadi bukan hanya obyek wisata atau alamnya saja tetapi sejarahnya juga. Even ini digelar agar masyarakat mengetahui Kabupaten Ciamis memiliki karakteristik wisata yang berbeda dengan daerah lain,” katanya.

Sementara Bupati Ciamis H Iing Syam Arifien mengatakan, kegiatan Rally Nyukcruk Lembur Tatar Galuh sebagai salah satu promosi untuk menyampaikan bahwa Kabupaten Ciamis memiliki berbagai jenis wisata, seperti wisata budaya, wisata rekreasi, wisata religi dan wisata sejarah. “Mudah-mudahan kegiatan ini menambah informasi dan bisa menjadi motivasi untuk berpartisipasi dalam membangun Kabupaten Ciamis untuk meningkatkan wisata,” jelasnya. (Mamay)


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerDinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (4499)Proyek KA di Sulsel Membawa Petaka, Danyon Zipur Jadi Tersangka (2989)Komentari Kasus e-KTP, Andar: Abraham Samad Itu 'Omdo' (1659)Pandangan Umum Fraksi PDIP, PAN, dan RNB Terhadap Nota Keuangan dan Raperda APBD Kota Depok TA 2018 (1080)PT IIGF Adakan Baksos di Desa Telajung (604)PT Jembatan Nusantara Melakukan Pembohongan Terhadap Pelamar Pekerjaan (441)Proyek Jalan Siduk-Ketapang Rp 27 M Diduga Bermasalah (328)Wujud Sinergitas TNI Polri, Polsek Wates Makan bersama dengan 70 Anggota TNI (283)Diabetes, Ancaman Yang Harus Diwaspadai (273)Ratusan Pekarya KSO Demo PT BBP (238)
Bedah JayaposBendungan Karalloe Senilai 518 M Tidak Selesai PPK dan Kontraktor Enggan KomentarMakassar, Jaya Pos Mega proyek konstruksi pembangunan Bendungan Karalloe, yang menelan anggaran sebesar Rp ...


Tangani Sengketa Tanah Damang Tewah Turun LapanganPT EBB Supply Puluhan Ribu Ton Solar Perhari ke Penambang di Sei KahayanRehab Sekolah Di Pandeglang Diduga Rawan PenyimpanganBPN Maros Akan Panggil Pemilik Sertifikat Ganda Pada Lahan Proyek Mamminasata Pekerjaan Jalan Pasirkadu-Perdana Dikeluhkan WargaPT. MAJI Diduga Serobot Lahan Kelompok Tani Karya MandiriPeningkatan Jalan Kebonagung Kemangsen Menyimpang
Laporan KhususMemperkenalkan Lebih Dini Budaya Batak Pada Anak-Anak Melalui Natal STM SarohaJakarta, Jaya Pos Perayaan Natal Parsahutaon STM Saroha Kedaung Kali Mati Jakarta Barat, Sabtu (9/12/2017) ...


Waiting List Keberangkatan Jamaah Haji Kabupaten Ciamis Sudah Mencapai 2030Menggali Monumen Quo Lijn, Tim Pusat Sejarah Kepolisian Melakukan PenelitianSiapkan Aparatur Transportasi Handal, Padang Panjang Teken MoU dengan STTDPemkab Mukomuko Memperingati Maulid Nabi Mudammad SAW 1439 H/2017 MImbau Pemkab/Pemkot Ingatkan Masyarakat Lakukan Pencegahan KebakaranPengembangan Pemasaran Melalui OnlinePublikasi Kinerja Setda Kabupaten Bogor Semester II Tahun 2017