Kamis, 09 November 2017 - 07:41:33 WIB
Tingkatkan Potensi Wisata di Tatar Galuh Ciamis, Dispar Menggelar Rally Nyukcruk LemburKategori: Laporan Khusus - Dibaca: 112 kali

Baca Juga:Foke dan Istri Optimis Rakyat Akan Dukung Dirinya di Putaran KeduaMau Mendapat Untung Besar Kontraktor Kerja Asal Jadi, Dinas Bina Marga dan Tata Ruang TertidurPemilik Sabu Divonis 1 Tahun Penjara di PN Simalungun, JPU Hanya Tuntut Terdakwa 1,6 Tahun BuiGrand Final Futsal Nabaja CUP III 2012 , Minggu 22 Juli 2012

Ciamis, Jaya Pos

Dalam upaya memperkenalkan obyek wisata Kabupaten Ciamis, Dinas Pariwisata (Dispar) menggelar Rally Nyukcruk Lembur Tatar Galuh. Peserta diajak mengunjungi beberapa lokasi wisata andalan di wilayah ini.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Ciamis H Toto Marwoto melalui Kepala Bidang Destinasi Dinas Pariwisata Ciamis Budi Kurnia menuturkan, Rally Nyukcruk Lembur Tatar Galuh ini baru pertama kali digelar, tujuannya untuk mengenalkan dan meningkatkan potensi wisata di Tatar Galuh Ciamis.
Meski baru pertama kali digelar kata Budi, antusiasme masyarakat cukup tinggi, setidaknya ada 68 kendaraan yang turut serta.

Bukan hanya dari warga lokal, terdapat 10 kendaraan yang datang dari kota/kabupaten Bandung, Kota Cirebon hingga Kabupaten Cilacap. “Kaitan dengan destinasi wisata, tempat wisata di Kabupaten Ciamis tidak hanya menyuguhkan ekosistem alam, namun juga menyuguhkan kesejahteraan, terutama sejarah Kerajaan Galuh,” ujarnya.

Dikatakan Budi, destinasi wisata di Kabupaten Ciamis bisa menceritakan kaitan sejarah pusat peradaban sunda, dan bagaimana peradaban sunda dahulu kala. “Semua peninggalan dan tempat-tempat bersejarah masih asli dan asri, sangat penting untuk kajian kesejahteraan,” ungkap Budi.

Rute yang dilewati para peserta mengikuti Rally Nyukcruk Lembur ini dimulai dari Pendopo Kabupaten Ciamis menuju Jambansari tempat atau makam Raden Arya Kusumadiningrat, kemudian berlanjut ke wisata Sumber Jaya untuk mengikuti fun game. “Selanjutnya ke Astana Gede Kawali, dimana di sana ada 7 prasasti yang memang penyumbang terbanyak di tanah Jawa Barat ini. Kemudian finish di Karangkamulyan,” jelasnya.

Budi menambahkan, obyek wisata Ciung Wanara Karangkamulyan atau Bojong Galuh didirikan pada abad ke 6. Kerajaan Majapahit dan Mataram erat kaitannya dengan Kerajaan Galuh. “Jadi bukan hanya obyek wisata atau alamnya saja tetapi sejarahnya juga. Even ini digelar agar masyarakat mengetahui Kabupaten Ciamis memiliki karakteristik wisata yang berbeda dengan daerah lain,” katanya.

Sementara Bupati Ciamis H Iing Syam Arifien mengatakan, kegiatan Rally Nyukcruk Lembur Tatar Galuh sebagai salah satu promosi untuk menyampaikan bahwa Kabupaten Ciamis memiliki berbagai jenis wisata, seperti wisata budaya, wisata rekreasi, wisata religi dan wisata sejarah. “Mudah-mudahan kegiatan ini menambah informasi dan bisa menjadi motivasi untuk berpartisipasi dalam membangun Kabupaten Ciamis untuk meningkatkan wisata,” jelasnya. (Mamay)


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerKejanggalan Pengadaan Barang dan Jasa di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kab Sidoarjo Terciu (50355)Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (13446)BPPT MoU Dengan Pemkab Natuna Kaji Pemanfaatan Teknologi Guna Mendukung Percepatan Pembangunan Dae (12779)Perselingkuhan Antar Kepsek Akhirnya Terbongkar (8004)Mandi Seperti Manusia Petugas Yakin Bonita Adalah Harimau 'Jadi-Jadian' (5326)Tujuh Komoditas Unggulan Dinas Perkebunan Propinsi Jawa Timur (4817)Dua Siswa Kelas 3 SMKN Tutur Dikeluarkan, Disuruh Buat Pernyataan Pengunduran Diri (3942)Sintong Gultom Bubarkan Rapat Banmus DPRD Setiran Bonaran Situmeang (3739)PT IIGF Adakan Baksos di Desa Telajung (3615)Pengusaha Ayam Goreng Karawaci Rugi Rp 28 Juta (3527)
Bedah JayaposPerusakan Pagar Beton Diperintah Oleh TerdakwaTangerang, JAYAPOS - Sungguh berani, walaupun usia tua tapi semangat tetap muda. Kalau pada ...


Penggunaan Anggaran Pendidikan PAUD Mantan Pjs Mekar Jaya Diduga Tidak TransparanPungli di CV BB Travel Catut Nama Polres Penyidik Dilapor Ke Propam Polda KaltengPedestrian Merr-Kalidami Senilai Rp 3 Milyar Terkesan Asal JadiGalian C Desa Treman Kabupaten Minut Diduga Tidak Mengantongi IzinProyek Kawasan Wisata Penataran Blitar Abaikan Spek Kadis dan Satker Disbudpar Lempar Tanggung JawabKinerja PPDP KPU Way Kanan DipertanyakanSatpol PP Kota Tanjungbalai Tertibkan PKL Berdagang di Trotoar
Laporan KhususSrikandi Pasegeran Multi Peran di TMMDBanjarnegara, JAYAPOS - Suparti (45) petani dari Dusun Kroya Rt 02 Rw 03 Desa Pasegeran Kecamatan ...


Sembako Malam Disalurkan Kepada Warga Sasaran TMMD BanjarnegaraPeringatan Harganas XXV Tahun 2018, Bupati Irdinansyah Peroleh Tanda Kehormatan Manggala Karya KencaSuport Ibu-ibu Karanggondang Luar Biasa "Tak Ragu Langsir Material"Pemprov Jambi Dukung Pelestarian Olahraga Tradisional dan Liga SantriBerkah TMMD Bagi Pedagang TernakPembangunan Drainase di Lokasi TMMD Reg 102 DikebutRehab RTLH di Lokasi TMMD Reg 102 Pasegeran