Kamis, 09 November 2017 - 07:41:33 WIB
Tingkatkan Potensi Wisata di Tatar Galuh Ciamis, Dispar Menggelar Rally Nyukcruk LemburKategori: Laporan Khusus - Dibaca: 144 kali

Baca Juga:Foke dan Istri Optimis Rakyat Akan Dukung Dirinya di Putaran KeduaMau Mendapat Untung Besar Kontraktor Kerja Asal Jadi, Dinas Bina Marga dan Tata Ruang TertidurPemilik Sabu Divonis 1 Tahun Penjara di PN Simalungun, JPU Hanya Tuntut Terdakwa 1,6 Tahun BuiGrand Final Futsal Nabaja CUP III 2012 , Minggu 22 Juli 2012

Ciamis, Jaya Pos

Dalam upaya memperkenalkan obyek wisata Kabupaten Ciamis, Dinas Pariwisata (Dispar) menggelar Rally Nyukcruk Lembur Tatar Galuh. Peserta diajak mengunjungi beberapa lokasi wisata andalan di wilayah ini.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Ciamis H Toto Marwoto melalui Kepala Bidang Destinasi Dinas Pariwisata Ciamis Budi Kurnia menuturkan, Rally Nyukcruk Lembur Tatar Galuh ini baru pertama kali digelar, tujuannya untuk mengenalkan dan meningkatkan potensi wisata di Tatar Galuh Ciamis.
Meski baru pertama kali digelar kata Budi, antusiasme masyarakat cukup tinggi, setidaknya ada 68 kendaraan yang turut serta.

Bukan hanya dari warga lokal, terdapat 10 kendaraan yang datang dari kota/kabupaten Bandung, Kota Cirebon hingga Kabupaten Cilacap. “Kaitan dengan destinasi wisata, tempat wisata di Kabupaten Ciamis tidak hanya menyuguhkan ekosistem alam, namun juga menyuguhkan kesejahteraan, terutama sejarah Kerajaan Galuh,” ujarnya.

Dikatakan Budi, destinasi wisata di Kabupaten Ciamis bisa menceritakan kaitan sejarah pusat peradaban sunda, dan bagaimana peradaban sunda dahulu kala. “Semua peninggalan dan tempat-tempat bersejarah masih asli dan asri, sangat penting untuk kajian kesejahteraan,” ungkap Budi.

Rute yang dilewati para peserta mengikuti Rally Nyukcruk Lembur ini dimulai dari Pendopo Kabupaten Ciamis menuju Jambansari tempat atau makam Raden Arya Kusumadiningrat, kemudian berlanjut ke wisata Sumber Jaya untuk mengikuti fun game. “Selanjutnya ke Astana Gede Kawali, dimana di sana ada 7 prasasti yang memang penyumbang terbanyak di tanah Jawa Barat ini. Kemudian finish di Karangkamulyan,” jelasnya.

Budi menambahkan, obyek wisata Ciung Wanara Karangkamulyan atau Bojong Galuh didirikan pada abad ke 6. Kerajaan Majapahit dan Mataram erat kaitannya dengan Kerajaan Galuh. “Jadi bukan hanya obyek wisata atau alamnya saja tetapi sejarahnya juga. Even ini digelar agar masyarakat mengetahui Kabupaten Ciamis memiliki karakteristik wisata yang berbeda dengan daerah lain,” katanya.

Sementara Bupati Ciamis H Iing Syam Arifien mengatakan, kegiatan Rally Nyukcruk Lembur Tatar Galuh sebagai salah satu promosi untuk menyampaikan bahwa Kabupaten Ciamis memiliki berbagai jenis wisata, seperti wisata budaya, wisata rekreasi, wisata religi dan wisata sejarah. “Mudah-mudahan kegiatan ini menambah informasi dan bisa menjadi motivasi untuk berpartisipasi dalam membangun Kabupaten Ciamis untuk meningkatkan wisata,” jelasnya. (Mamay)


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerKejanggalan Pengadaan Barang dan Jasa di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kab Sidoarjo Terciu (50610)Proyek Kawasan Wisata Penataran Blitar Abaikan Spek Kadis dan Satker Disbudpar Lempar Tanggung Jawab (40570)Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (13884)Perempuan Misterius Titip Bayi, Gegerkan Warga Kolelet Picung (13379)BPPT MoU Dengan Pemkab Natuna Kaji Pemanfaatan Teknologi Guna Mendukung Percepatan Pembangunan Dae (13014)Kejahatan Freddie Tan, Menjual Aset Triliunan Milik Pemprov DKI Jakarta (12280)Perselingkuhan Antar Kepsek Akhirnya Terbongkar (8346)Sintong Gultom Bubarkan Rapat Banmus DPRD Setiran Bonaran Situmeang (6389)Tujuh Komoditas Unggulan Dinas Perkebunan Propinsi Jawa Timur (5782)Mandi Seperti Manusia Petugas Yakin Bonita Adalah Harimau 'Jadi-Jadian' (5572)
Bedah JayaposPT PLN (Persero) Riau Memasang Jaringan Arus Listrik Asal JadiRiau, Beberapa anggota masyarakat kembali lagi mempertayakan sudah sejauh mana pertanggung jawaban ...


Tersangka Jansaiman Saragih Menguasai Asset GBI ICC Rayon 11 Pekanbaru Kasus Penebangan Pohon Jati Milik PTPN 2 Tandem MengambangDirut Rumah Sakit Diduga Pungli, Massa Berunjuk RasaAnggaran DD Desa Cimanis- Sobang Pantas DiauditCatut Nama Emil Dardak Akun FB Pencari Sumbangan DipolisikanTipu Nasabah, Developer KSU Penyang Sangkalemu DipolisikanDamparit Kabupaten Barru Sul-Sel Diduga Tidak Sesuai Bestek
Laporan KhususBupati Emil Dardak Sambut Baik Lawatan Danrem 081/DSJ MadiunDitengah kesibukan kerjanya, Emil Dardak meluangkan waktu bersilaturahmi dan menjalin komunikasi dengan ...


TMMD Reg 103 Wilayah Kodim 0736/ Batang, Percepat Pembangunan Wilayah dan Masyarakat Pemkab Gumas Gelar Bursa Inovasi Desa 20182019, Seluruh Kegiatan di OPD Gumas Terintegrasi Secara OnlineUsai Dilantik, Fadly Amran dan Asrul Resmi Jabat Walikota dan Wakil Walikota Padang PanjangPemkab Gumas Rakor Pilkades Serentak 2018HUT OKI Jadi Energi Tuntaskan PembangunanPemko Tanjungbalai Menerima Kedatangan Kafilah MTQN XXVII Asal Kepri di Bandara Kuala Namu