Sabtu, 11 November 2017 - 10:08:37 WIB
Masyarakat Diminta Ikut Memantau Anggaran Dana DesaKategori: Jawa Barat - Dibaca: 137 kali

Baca Juga:Deddy Kusdinar Akan Menyeret Andi Mallarangeng Jadi TersangkaBonaran Situmeang Lecehkan PendukungnyaFoke dan Istri Optimis Rakyat Akan Dukung Dirinya di Putaran KeduaMau Mendapat Untung Besar Kontraktor Kerja Asal Jadi, Dinas Bina Marga dan Tata Ruang Tertidur

Ciamis, Jaya Pos
Anggaran Dana Desa (ADD) harus digunakan sesuai peruntukan, artinya harus sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Oleh karena itu, masyarakat diminta ikut memantau ADD) tersebut jangan sampai ada penyimpangan.
Demikian disampaikan Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Ciamis Sri Respatini SH MHum ketika memberikan keterangan pers selepas memberikan sambutan kepada 258 kepala desa se-Kabupaten Ciamis di ruang aula Auditorium Universitas Galuh Ciamis, beberapa waktu lalu
Sri mengatakan, sudah ada beberapa laporan dari masyarakat terkait penyimpangan ADD dan kini sudah ditangani pihak Kejari, seperti kasus di Desa Bunter dan Desa Sukadana. “Untuk menekan terjadinya penyimpangan ADD, kejaksaan mengadakan sosialisasi terkait dengan aturan penggunaan ADD agar sesuai peruntukan. Saya harap pemantauan tidak dilakukan sendiri, harus ada peran pemerintah agar anggaran dana desa itu betul-betul dapat dimanfaatkan untuk kepentingan masyarakat,” ucapnya.
Sri mengungkapkan, penyimpangan banyak dilakukan dengan cara memindahkan peruntukan dan mengurangi aturan yang telah ada. “Seharusnya digunakan untuk fasilitas membangun jalan desa, tetapi malah digunakan untuk kebutuhan lain, dan itu pun tidak sesuai dengan peruntukan. Dengan begini tentu dari sisi administrasi dan anggaran pun akan menyimpang dan tidak bisa dipertanggungjawabkan,” katanya.
Maka dari itu, lanjut Sri, untuk menghindari urusan dengan hukum, penggunaan anggaran dana desa harus disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat. Apalagi kata dia, mekanisme dan sistem dari pemerintah sudah bagus, artinya tinggal masyarakat bersama seluruh perangkat desa dapat memanfaatkan dana desa untuk kebutuhan masyarakat. “Jangan sampai menyimpang dari petunjuk pelaksanaanya. Semuanya harus ikut serta berperan dalam melakukan pemantauan. Insya Allah kalau bersama-sama ikut memantau akan meminimalisir penyimpangan,” ujar Sri.

Tertib Keuangan
Senada diungkapkan Bupati Ciamis H Iing Syam Arifien. Menurutnya, penyelenggaraan pemerintah desa sebagaimana diatur dalam UU No 6 Tahun 2014 tentang desa memiliki peran strategis dalam pengaturan masyarakat desa dan keberhasilan pembangunan nasional.
Kepala desa sebagai penanggungjawab harus mampu mengelola keuangan desa. Apalagi dana desa sekarang jumlahnya jauh lebih besar dari sebelumnya.
Adanya undang-undang tersebut, kata H Iing, tentunya harus menjadi sebuah motivasi yang kuat dari para kepala desa dalam meningkatkan pembangunan desa, merangsang pertumbuhan ekonomi, serta mewujudkan kesejahteraan masyarakat desa.
Bantuan desa yang dialokasikan oleh pemerintah pusat saat ini seperti diketahui mencapai miliaran rupiah. “Saya berharap Apdesi bisa mensinergikan pemerintahan desa dengan pemerintah daerah untuk lebih meningkatkan pembangunan demi terwujudnya kesejahteraan masyarakat desa khususnya di Kabupaten Ciamis,” H Iing menambahkan.(Mamay)


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerKejanggalan Pengadaan Barang dan Jasa di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kab Sidoarjo Terciu (50610)Proyek Kawasan Wisata Penataran Blitar Abaikan Spek Kadis dan Satker Disbudpar Lempar Tanggung Jawab (41255)Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (13887)Perempuan Misterius Titip Bayi, Gegerkan Warga Kolelet Picung (13381)BPPT MoU Dengan Pemkab Natuna Kaji Pemanfaatan Teknologi Guna Mendukung Percepatan Pembangunan Dae (13014)Kejahatan Freddie Tan, Menjual Aset Triliunan Milik Pemprov DKI Jakarta (12281)Perselingkuhan Antar Kepsek Akhirnya Terbongkar (8350)Sintong Gultom Bubarkan Rapat Banmus DPRD Setiran Bonaran Situmeang (6429)Tujuh Komoditas Unggulan Dinas Perkebunan Propinsi Jawa Timur (5795)Mandi Seperti Manusia Petugas Yakin Bonita Adalah Harimau 'Jadi-Jadian' (5574)
Bedah JayaposPT PLN (Persero) Riau Memasang Jaringan Arus Listrik Asal JadiRiau, Beberapa anggota masyarakat kembali lagi mempertayakan sudah sejauh mana pertanggung jawaban ...


Tersangka Jansaiman Saragih Menguasai Asset GBI ICC Rayon 11 Pekanbaru Kasus Penebangan Pohon Jati Milik PTPN 2 Tandem MengambangDirut Rumah Sakit Diduga Pungli, Massa Berunjuk RasaAnggaran DD Desa Cimanis- Sobang Pantas DiauditCatut Nama Emil Dardak Akun FB Pencari Sumbangan DipolisikanTipu Nasabah, Developer KSU Penyang Sangkalemu DipolisikanDamparit Kabupaten Barru Sul-Sel Diduga Tidak Sesuai Bestek
Laporan KhususBupati Emil Dardak Sambut Baik Lawatan Danrem 081/DSJ MadiunDitengah kesibukan kerjanya, Emil Dardak meluangkan waktu bersilaturahmi dan menjalin komunikasi dengan ...


TMMD Reg 103 Wilayah Kodim 0736/ Batang, Percepat Pembangunan Wilayah dan Masyarakat Pemkab Gumas Gelar Bursa Inovasi Desa 20182019, Seluruh Kegiatan di OPD Gumas Terintegrasi Secara OnlineUsai Dilantik, Fadly Amran dan Asrul Resmi Jabat Walikota dan Wakil Walikota Padang PanjangPemkab Gumas Rakor Pilkades Serentak 2018HUT OKI Jadi Energi Tuntaskan PembangunanPemko Tanjungbalai Menerima Kedatangan Kafilah MTQN XXVII Asal Kepri di Bandara Kuala Namu