Sabtu, 11 November 2017 - 10:08:37 WIB
Masyarakat Diminta Ikut Memantau Anggaran Dana DesaKategori: Jawa Barat - Dibaca: 27 kali

Baca Juga:Deddy Kusdinar Akan Menyeret Andi Mallarangeng Jadi TersangkaBonaran Situmeang Lecehkan PendukungnyaFoke dan Istri Optimis Rakyat Akan Dukung Dirinya di Putaran KeduaMau Mendapat Untung Besar Kontraktor Kerja Asal Jadi, Dinas Bina Marga dan Tata Ruang Tertidur

Ciamis, Jaya Pos
Anggaran Dana Desa (ADD) harus digunakan sesuai peruntukan, artinya harus sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Oleh karena itu, masyarakat diminta ikut memantau ADD) tersebut jangan sampai ada penyimpangan.
Demikian disampaikan Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Ciamis Sri Respatini SH MHum ketika memberikan keterangan pers selepas memberikan sambutan kepada 258 kepala desa se-Kabupaten Ciamis di ruang aula Auditorium Universitas Galuh Ciamis, beberapa waktu lalu
Sri mengatakan, sudah ada beberapa laporan dari masyarakat terkait penyimpangan ADD dan kini sudah ditangani pihak Kejari, seperti kasus di Desa Bunter dan Desa Sukadana. “Untuk menekan terjadinya penyimpangan ADD, kejaksaan mengadakan sosialisasi terkait dengan aturan penggunaan ADD agar sesuai peruntukan. Saya harap pemantauan tidak dilakukan sendiri, harus ada peran pemerintah agar anggaran dana desa itu betul-betul dapat dimanfaatkan untuk kepentingan masyarakat,” ucapnya.
Sri mengungkapkan, penyimpangan banyak dilakukan dengan cara memindahkan peruntukan dan mengurangi aturan yang telah ada. “Seharusnya digunakan untuk fasilitas membangun jalan desa, tetapi malah digunakan untuk kebutuhan lain, dan itu pun tidak sesuai dengan peruntukan. Dengan begini tentu dari sisi administrasi dan anggaran pun akan menyimpang dan tidak bisa dipertanggungjawabkan,” katanya.
Maka dari itu, lanjut Sri, untuk menghindari urusan dengan hukum, penggunaan anggaran dana desa harus disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat. Apalagi kata dia, mekanisme dan sistem dari pemerintah sudah bagus, artinya tinggal masyarakat bersama seluruh perangkat desa dapat memanfaatkan dana desa untuk kebutuhan masyarakat. “Jangan sampai menyimpang dari petunjuk pelaksanaanya. Semuanya harus ikut serta berperan dalam melakukan pemantauan. Insya Allah kalau bersama-sama ikut memantau akan meminimalisir penyimpangan,” ujar Sri.

Tertib Keuangan
Senada diungkapkan Bupati Ciamis H Iing Syam Arifien. Menurutnya, penyelenggaraan pemerintah desa sebagaimana diatur dalam UU No 6 Tahun 2014 tentang desa memiliki peran strategis dalam pengaturan masyarakat desa dan keberhasilan pembangunan nasional.
Kepala desa sebagai penanggungjawab harus mampu mengelola keuangan desa. Apalagi dana desa sekarang jumlahnya jauh lebih besar dari sebelumnya.
Adanya undang-undang tersebut, kata H Iing, tentunya harus menjadi sebuah motivasi yang kuat dari para kepala desa dalam meningkatkan pembangunan desa, merangsang pertumbuhan ekonomi, serta mewujudkan kesejahteraan masyarakat desa.
Bantuan desa yang dialokasikan oleh pemerintah pusat saat ini seperti diketahui mencapai miliaran rupiah. “Saya berharap Apdesi bisa mensinergikan pemerintahan desa dengan pemerintah daerah untuk lebih meningkatkan pembangunan demi terwujudnya kesejahteraan masyarakat desa khususnya di Kabupaten Ciamis,” H Iing menambahkan.(Mamay)


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerDinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (10050)Proyek KA di Sulsel Membawa Petaka, Danyon Zipur Jadi Tersangka (3041)PT IIGF Adakan Baksos di Desa Telajung (1853)Komentari Kasus e-KTP, Andar: Abraham Samad Itu 'Omdo' (1691)Pandangan Umum Fraksi PDIP, PAN, dan RNB Terhadap Nota Keuangan dan Raperda APBD Kota Depok TA 2018 (1115)Sutadi SH dan Oknum Polres Ketapang Diduga Bobol Rumah Walet Milik Akim (997)PT Jembatan Nusantara Melakukan Pembohongan Terhadap Pelamar Pekerjaan (844)10,8 Miliar Proyek Pembangunan Jembatan Ulim Dikerjakan Asal Jadi (586)Endorsement Operational Level Untuk Kelas III dan IV Merugikan Pelaut (534)Sintong Gultom Bubarkan Rapat Banmus DPRD Setiran Bonaran Situmeang (504)
Bedah JayaposPT MRIA Harus Bertanggung Dalam Kasus Yang Menyeret Danyon Zipur 8 SMG Jadi TersangkaMakassar, Jaya Pos Kasus keterlibatan Danyon Zipur 8 SMG yang terlibat dalam peledakan bukit (blasting), ...


Proyek Rehabilitasi Jembatan Terkesan Asal Jadi, BPKP Diminta Turun TanganPengusaha Nakal Berkeliaran Memburuh Proyek Di Kabupaten DharmasrayaSoal Kasus Lampu Jalan di Maros, Kompolnas Minta Klarifikasi Kepada Kapolri10,8 Miliar Proyek Pembangunan Jembatan Ulim Dikerjakan Asal JadiAPBDes Katimoho Terindikasi DikorupsiBendungan Karalloe Senilai 518 M Tidak Selesai PPK dan Kontraktor Enggan KomentarTangani Sengketa Tanah Damang Tewah Turun Lapangan
Laporan KhususPerantau Asal Samosir Merintis Obyek Wisata di KampungSamosir, Jaya Pos Sejak dicanangkan oleh Presiden Jokowi bahwa Samosir adalah salah satu tempat kunjungan ...


TNI Peduli Atas Penderitaan Seorang Anak BOB Berikan Bantuan Mesin Pengolah Pakan Ikan Kepada Warga Desa KasikanDPRD Muba Sambut Baik Inisiatif Pemkab MubaPemkab Muba Sampaikan Raperda Tentang Pinjaman Daerah Kepada DPRDDinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan Depok Gelar Workshop B2SAMemperkenalkan Lebih Dini Budaya Batak Pada Anak-Anak Melalui Natal STM SarohaWaiting List Keberangkatan Jamaah Haji Kabupaten Ciamis Sudah Mencapai 2030