Minggu, 12 November 2017 - 22:31:15 WIB
Panji Dongkrak Swasembada Pangan Kabupaten MelawiKategori: Kalimantan Barat - Dibaca: 135 kali

Baca Juga:Deddy Kusdinar Akan Menyeret Andi Mallarangeng Jadi TersangkaBonaran Situmeang Lecehkan PendukungnyaFoke dan Istri Optimis Rakyat Akan Dukung Dirinya di Putaran KeduaMau Mendapat Untung Besar Kontraktor Kerja Asal Jadi, Dinas Bina Marga dan Tata Ruang Tertidur

Melawi, Jaya Pos
Bupati Melawi Panji SSos berusha be­kerja sama dengan masyarakat dan TNI guna mengupayakan wilayah itu menjadi swasembada ketahanan pangan.
“Bila peningkatan hasil sawah kita mampu ekspor, saya sebagai bupati akan berusaha mengadakan mesin penggilingan padi skala besar dan pengadaan gudang padi,” uja Panji pada saat menanam padi perdana di Desa Tanjung Arak Kecamatan Nanga Pinoh, Kamis (9/11).
Pertumbuhan pemba­ngunan dan pemukiman di Indonesia sangat berpengaruh negatif terhadap pertumbuhan sektor swasembada pangan, termasuk pertanian/produksi sawah atau padi.
Akhir-akhir ini banyak lahan pertanian yang dialihfungsikan menjadi bentuk usa­ha lain. Hal ini mengancam tetnu kemandirian ketahanan swasembada pangan nasional.
Dalam rangka mewujudkan kemandirian ketahanan pangan nasional, harus memperluas lahan baku pertanian khususnya sawah. Mengelola lahan dan air yang tersedia secara alami, dan memberdayakan petani sebagai tenaga penggarap lahan persawahan.
Melalui kegiatan perluasan tanah sawah, dilakukan mekanisme pola swakelola kerja sama dengan TNI, dari teknis identifikasi Calon Pertanian dan Calon Lokasi [CPCL] survey, serta investigasi calon petani. Untuk menjadikan Kabupaten Melawi mampu memproduksi padi lebih besar.
Pemerintah Kabupaten Melawi melalui Dinas Pertanian dan tim PKK, dibantu TNI, mengacu UU No 10/2017. Pertanian sawah akan terus diperluas yang seterusnya diserahkan kepada kelompok tani. Dan akan dilaksanakan penanaman padi dua kali dalam semusim.
Perlu digarisbawahi, lahan yang sudah dicetak sawah tidak bisa dialihfungsikan. “Dan kita masyarakat Kabupaten Melawi berterimakasih kepada pemerintah pusat yang sudah mengalokasikan dana percetakan sawah ke Kabupaten Melawi pada anggaran DAK tahun 2017. Saya sebagai anak petani harus mampu berkembang di bidang usaha tani, meningkatkan sampai ke produksi bisnis, bukan hanya kebutuhan sendiri atau hanya sekedar membutuhi Kabupaten Melawi, tapi harus mampu ekspor ke luar,” jelas Panji.
Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Melawi Oslan MSi dalam kesempatan itu menyampaikan, dalam kegitan pelaksanaan percetakan sawah tidak ada kendala, hanya bila bersentuhan dengan hutan lindung atau industri, tentu menjadi tantangan serius.
Namun demikian Bupati akan berusaha menemui kementerian terkait guna mencari solusi bagaimana cara mengelolanya, atau bisa saja bentuknya pinjam pakai. “Untuk progaram tahun 2017 ini, kita menargetkan 300 ha lahan sawah yang sudah dikelola 285 ha, dengan dana pemerintah pusat atau DAK.
Kenaikan hasil panen tahun ini berkisar 6,4% dari tahun 2017. Dan program perluasan lahan persawahan tiap tahun akan diusahakan. “Bahkan target kita, Kabupaten Melawi tahun 2020 akan ekspor beras mandiri,” jelasnya.
(Pangaribuan)


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerKejanggalan Pengadaan Barang dan Jasa di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kab Sidoarjo Terciu (50354)Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (13445)BPPT MoU Dengan Pemkab Natuna Kaji Pemanfaatan Teknologi Guna Mendukung Percepatan Pembangunan Dae (12779)Perselingkuhan Antar Kepsek Akhirnya Terbongkar (8004)Mandi Seperti Manusia Petugas Yakin Bonita Adalah Harimau 'Jadi-Jadian' (5325)Tujuh Komoditas Unggulan Dinas Perkebunan Propinsi Jawa Timur (4815)Dua Siswa Kelas 3 SMKN Tutur Dikeluarkan, Disuruh Buat Pernyataan Pengunduran Diri (3941)Sintong Gultom Bubarkan Rapat Banmus DPRD Setiran Bonaran Situmeang (3739)PT IIGF Adakan Baksos di Desa Telajung (3612)Pengusaha Ayam Goreng Karawaci Rugi Rp 28 Juta (3526)
Bedah JayaposPenggunaan Anggaran Pendidikan PAUD Mantan Pjs Mekar Jaya Diduga Tidak TransparanPandeglang, JAYAPOS - Hj Murtiningsih SE, mantan Pejabat Sementara (Pjs) Kepala Desa Mekar Jaya ...


Pungli di CV BB Travel Catut Nama Polres Penyidik Dilapor Ke Propam Polda KaltengPedestrian Merr-Kalidami Senilai Rp 3 Milyar Terkesan Asal JadiGalian C Desa Treman Kabupaten Minut Diduga Tidak Mengantongi IzinProyek Kawasan Wisata Penataran Blitar Abaikan Spek Kadis dan Satker Disbudpar Lempar Tanggung JawabKinerja PPDP KPU Way Kanan DipertanyakanSatpol PP Kota Tanjungbalai Tertibkan PKL Berdagang di TrotoarDishub Labuhanbatu Lakukan Sidak di Empat Dermaga Penyeberangan
Laporan KhususSembako Malam Disalurkan Kepada Warga Sasaran TMMD BanjarnegaraBanjarnegara, JAYAPOS - Bantuan paket sembako dari Kodim 0704 Banjarnegara yang sebelumnya ...


Peringatan Harganas XXV Tahun 2018, Bupati Irdinansyah Peroleh Tanda Kehormatan Manggala Karya KencaSuport Ibu-ibu Karanggondang Luar Biasa "Tak Ragu Langsir Material"Pemprov Jambi Dukung Pelestarian Olahraga Tradisional dan Liga SantriBerkah TMMD Bagi Pedagang TernakPembangunan Drainase di Lokasi TMMD Reg 102 DikebutRehab RTLH di Lokasi TMMD Reg 102 PasegeranBupati Lantik Direktur dan Badan Pengawas PDAM Tirta Bahalap Kuala Kurun