Minggu, 12 November 2017 - 22:31:15 WIB
Panji Dongkrak Swasembada Pangan Kabupaten MelawiKategori: Kalimantan Barat - Dibaca: 35 kali

Baca Juga:Deddy Kusdinar Akan Menyeret Andi Mallarangeng Jadi TersangkaBonaran Situmeang Lecehkan PendukungnyaFoke dan Istri Optimis Rakyat Akan Dukung Dirinya di Putaran KeduaMau Mendapat Untung Besar Kontraktor Kerja Asal Jadi, Dinas Bina Marga dan Tata Ruang Tertidur

Melawi, Jaya Pos
Bupati Melawi Panji SSos berusha be­kerja sama dengan masyarakat dan TNI guna mengupayakan wilayah itu menjadi swasembada ketahanan pangan.
“Bila peningkatan hasil sawah kita mampu ekspor, saya sebagai bupati akan berusaha mengadakan mesin penggilingan padi skala besar dan pengadaan gudang padi,” uja Panji pada saat menanam padi perdana di Desa Tanjung Arak Kecamatan Nanga Pinoh, Kamis (9/11).
Pertumbuhan pemba­ngunan dan pemukiman di Indonesia sangat berpengaruh negatif terhadap pertumbuhan sektor swasembada pangan, termasuk pertanian/produksi sawah atau padi.
Akhir-akhir ini banyak lahan pertanian yang dialihfungsikan menjadi bentuk usa­ha lain. Hal ini mengancam tetnu kemandirian ketahanan swasembada pangan nasional.
Dalam rangka mewujudkan kemandirian ketahanan pangan nasional, harus memperluas lahan baku pertanian khususnya sawah. Mengelola lahan dan air yang tersedia secara alami, dan memberdayakan petani sebagai tenaga penggarap lahan persawahan.
Melalui kegiatan perluasan tanah sawah, dilakukan mekanisme pola swakelola kerja sama dengan TNI, dari teknis identifikasi Calon Pertanian dan Calon Lokasi [CPCL] survey, serta investigasi calon petani. Untuk menjadikan Kabupaten Melawi mampu memproduksi padi lebih besar.
Pemerintah Kabupaten Melawi melalui Dinas Pertanian dan tim PKK, dibantu TNI, mengacu UU No 10/2017. Pertanian sawah akan terus diperluas yang seterusnya diserahkan kepada kelompok tani. Dan akan dilaksanakan penanaman padi dua kali dalam semusim.
Perlu digarisbawahi, lahan yang sudah dicetak sawah tidak bisa dialihfungsikan. “Dan kita masyarakat Kabupaten Melawi berterimakasih kepada pemerintah pusat yang sudah mengalokasikan dana percetakan sawah ke Kabupaten Melawi pada anggaran DAK tahun 2017. Saya sebagai anak petani harus mampu berkembang di bidang usaha tani, meningkatkan sampai ke produksi bisnis, bukan hanya kebutuhan sendiri atau hanya sekedar membutuhi Kabupaten Melawi, tapi harus mampu ekspor ke luar,” jelas Panji.
Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Melawi Oslan MSi dalam kesempatan itu menyampaikan, dalam kegitan pelaksanaan percetakan sawah tidak ada kendala, hanya bila bersentuhan dengan hutan lindung atau industri, tentu menjadi tantangan serius.
Namun demikian Bupati akan berusaha menemui kementerian terkait guna mencari solusi bagaimana cara mengelolanya, atau bisa saja bentuknya pinjam pakai. “Untuk progaram tahun 2017 ini, kita menargetkan 300 ha lahan sawah yang sudah dikelola 285 ha, dengan dana pemerintah pusat atau DAK.
Kenaikan hasil panen tahun ini berkisar 6,4% dari tahun 2017. Dan program perluasan lahan persawahan tiap tahun akan diusahakan. “Bahkan target kita, Kabupaten Melawi tahun 2020 akan ekspor beras mandiri,” jelasnya.
(Pangaribuan)


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerDinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (10050)Proyek KA di Sulsel Membawa Petaka, Danyon Zipur Jadi Tersangka (3041)PT IIGF Adakan Baksos di Desa Telajung (1853)Komentari Kasus e-KTP, Andar: Abraham Samad Itu 'Omdo' (1691)Pandangan Umum Fraksi PDIP, PAN, dan RNB Terhadap Nota Keuangan dan Raperda APBD Kota Depok TA 2018 (1115)Sutadi SH dan Oknum Polres Ketapang Diduga Bobol Rumah Walet Milik Akim (997)PT Jembatan Nusantara Melakukan Pembohongan Terhadap Pelamar Pekerjaan (844)10,8 Miliar Proyek Pembangunan Jembatan Ulim Dikerjakan Asal Jadi (586)Endorsement Operational Level Untuk Kelas III dan IV Merugikan Pelaut (534)Sintong Gultom Bubarkan Rapat Banmus DPRD Setiran Bonaran Situmeang (504)
Bedah JayaposPT MRIA Harus Bertanggung Dalam Kasus Yang Menyeret Danyon Zipur 8 SMG Jadi TersangkaMakassar, Jaya Pos Kasus keterlibatan Danyon Zipur 8 SMG yang terlibat dalam peledakan bukit (blasting), ...


Proyek Rehabilitasi Jembatan Terkesan Asal Jadi, BPKP Diminta Turun TanganPengusaha Nakal Berkeliaran Memburuh Proyek Di Kabupaten DharmasrayaSoal Kasus Lampu Jalan di Maros, Kompolnas Minta Klarifikasi Kepada Kapolri10,8 Miliar Proyek Pembangunan Jembatan Ulim Dikerjakan Asal JadiAPBDes Katimoho Terindikasi DikorupsiBendungan Karalloe Senilai 518 M Tidak Selesai PPK dan Kontraktor Enggan KomentarTangani Sengketa Tanah Damang Tewah Turun Lapangan
Laporan KhususPerantau Asal Samosir Merintis Obyek Wisata di KampungSamosir, Jaya Pos Sejak dicanangkan oleh Presiden Jokowi bahwa Samosir adalah salah satu tempat kunjungan ...


TNI Peduli Atas Penderitaan Seorang Anak BOB Berikan Bantuan Mesin Pengolah Pakan Ikan Kepada Warga Desa KasikanDPRD Muba Sambut Baik Inisiatif Pemkab MubaPemkab Muba Sampaikan Raperda Tentang Pinjaman Daerah Kepada DPRDDinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan Depok Gelar Workshop B2SAMemperkenalkan Lebih Dini Budaya Batak Pada Anak-Anak Melalui Natal STM SarohaWaiting List Keberangkatan Jamaah Haji Kabupaten Ciamis Sudah Mencapai 2030