Minggu, 12 November 2017 - 22:36:47 WIB
Kreasi Seni Budaya Nusantara Warnai Expo SMPN I CiamisKategori: Pendidikan - Dibaca: 27 kali

Baca Juga:Deddy Kusdinar Akan Menyeret Andi Mallarangeng Jadi TersangkaBonaran Situmeang Lecehkan PendukungnyaFoke dan Istri Optimis Rakyat Akan Dukung Dirinya di Putaran KeduaMau Mendapat Untung Besar Kontraktor Kerja Asal Jadi, Dinas Bina Marga dan Tata Ruang Tertidur

Ciamis, Jaya Pos
Ratusan siswa kelas IX SMPN I Ciamis ikut ambil bagian memeriahkan kegiatan tahunan dalam ajang kreatifitas siswa yang menyajikan berbagai hasil pembelajaran siswa dan prestasi sekolah. Kegiatan tersebut dalam bentuk Expo SMPN I Ciamis ke 18 yang diselenggarakan Senin-Selasa (30-31/10).
Expo Nesacis yang kali pertama digelar pada tahun 1999 ini merupakan implementasi pembelajaran seni dan budaya siswa kelas IX selama kurang lebih 2,5 tahun dalam bentuk pergelaran kesenian dan pameran karya seni.
Pada kegiatan tersebut diselenggarakan lomba untuk tingkat SD, seperti Lomba Pupuh, Lomba Ngadongeng, Lomba Baca Puisi, MTQ, Lomba Melukis, Story Telling dan Olimpiade MIPA.
Expo ini dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Pendidikan Ciamis Dr H Wawan As Arifien MM. Dalam sambutannya Kadisdik mengatakan, expo yang rutin dilaksanakan SMPN I Ciamis merupakan upaya memberikan wawasan kebangsaan kepada siswa lewat kesenian-kesenian nusantara yang ditampilkan. “Hal ini tentu perlu terus dikembangkan dan didukung, sehingga siswa tak hanya memiliki kemampuan membuat kerajinan namun juga memiliki jiwa entrepreneurship atau jiwa wirausaha,” jelasnya.
Kepala SMPN I Ciamis Dr Agus Sumantri MPd mengungkapkan, expo ini singkatan dari ekspresi pelajar oke, sudah dimulai dari tahun 1999. Tahun 2017 ini merupakan expo yang ke 18. Menurutnya, expo ini dikemas dengan penampilan-penampilan kreasi seni budaya dari berbagai daerah di nusantara serta mendirikan stand pameran-pameran kesenian siswa. “Makanya pada Expo ini, kita ambil tema Nusantara dalam kreasi dan apresiasi seni menjadikan siswa berkarakter Indonesia,” katanya.
Lewat expo ini diharapkan setiap generasi bangsa utamanya para pelajar mampu menjaga nilai dan identitas budaya bangsa. Sebab apabila bangsa kita sudah tidak mempunyai identitas budaya, maka bisa hancur.
“Makanya dengan expo ini, kita berharap pelajar lebih mencintai budaya dan kesenian nusantara, sehingga kedepan bangsa kita tidak kehilangan jati diri. Siswa juga bisa menyalurkan bakatnya de­ngan membuat kreasi seni seperti lu­kisan, dan cinderamata lainnya yang bernilai ekonomis,” harap Agus Tri.(Mamay)


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerMembongkar Proyek Permai Grup (Bag 1), PT AJ Dapat Jatah Rp 35 M di Kementerian Perhubungan (121670)Komisi IX DPR RI dan Menteri Kesehatan Agar Meninjau Kembali Pembangunan Rumah Sakit Internasional (90982)Bayi Hasil Hubungan Gelap Dibuang di WC Sekitar Kabah ( Nestapa Pahlawan Devisa di Negeri Orang Bgn (69678)SMPN 2 Pasar Kemis Butuh Ruang Kelas Baru (50763)PP Amanatul Ummah Tidak Penuhi Janjinya Pada Wali Murid (45936)Diduga Peras Pengusaha Toko Material dan Toko Emas, PPATK Diminta Audit Harta Pejabat KPP Pratama Ko (45832)Tanah Milik H.Amiruddin Pase Jadi Ajang Kejahatan Koneksitas Hakim Dan Penyidik Kepolisian (37607)Perusahaan Martua Sitorus Ngemplang Pajak Rp 7,2 Triliun? (33028)Ibunda Ajeng Mamamia Dimejahijaukan (31756)Sudah Tiga Jenderal Polisi Pembawa Gerbong Terbelit Kasus (24290)
Bedah JayaposSertifikat Ganda Di Lahan Proyek Nasional MamminasataPembebasan lahan milik warga di Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan, untuk pembangunan jalan pada proyek ...


Peningkatan Jalan di Desa Kali Pucang Diduga Tidak Sesuai SpekWabah Korupsi Diduga Melanda Desa PelemwatuPolres Bolmong Diminta Usut Tuntas Dugaan Pungli DDDiduga Banyak Item Hilang, Proyek 5,5 Milyar Layak Di SorotRekanan Dispora Diduga Curangi Proyek Lapangan Futsal, Kabid Lakukan PembiaranPengerjaan Trotoar Kota Padangpanjang Diduga Tidak Sesuai SpekProyek Pusyangatra Ditengarai Tidak Sesuai Speck
Laporan KhususDPA DP3AP2KB Dorong Anak Aktif Mengembangkan Minat dan KemampuanBogor, Jaya Pos Saat ini jumlah penduduk usia anak (dibawah 18 tahun) di Kabupaten Bogor cukup tinggi yaitu ...


FBBI Sumbangkan Buku ke SDN 106149 Bulu CinaPemkab Kampanyekan Program Gemar Makan IkanTingkatkan Potensi Wisata di Tatar Galuh Ciamis, Dispar Menggelar Rally Nyukcruk LemburCamat Cengkareng Gelar Jumling ke Wilayah KapukUntuk Kali Kedua Menteri Susi Dianugerahi Gelar Doktor Honoris Causa dari Undip SemarangDimeriahkan Penghafal 30 Juz, Kegiatan Wakaf 1.000 Hafidz di Istano Basa PagaruyungWakil Bupati Kabupaten Mukomuko Resmikan Pelaksanaan Karya Bhakti Kodim 0423/BU