Minggu, 12 November 2017 - 22:36:47 WIB
Kreasi Seni Budaya Nusantara Warnai Expo SMPN I CiamisKategori: Pendidikan - Dibaca: 185 kali

Baca Juga:Deddy Kusdinar Akan Menyeret Andi Mallarangeng Jadi TersangkaBonaran Situmeang Lecehkan PendukungnyaFoke dan Istri Optimis Rakyat Akan Dukung Dirinya di Putaran KeduaMau Mendapat Untung Besar Kontraktor Kerja Asal Jadi, Dinas Bina Marga dan Tata Ruang Tertidur

Ciamis, Jaya Pos
Ratusan siswa kelas IX SMPN I Ciamis ikut ambil bagian memeriahkan kegiatan tahunan dalam ajang kreatifitas siswa yang menyajikan berbagai hasil pembelajaran siswa dan prestasi sekolah. Kegiatan tersebut dalam bentuk Expo SMPN I Ciamis ke 18 yang diselenggarakan Senin-Selasa (30-31/10).
Expo Nesacis yang kali pertama digelar pada tahun 1999 ini merupakan implementasi pembelajaran seni dan budaya siswa kelas IX selama kurang lebih 2,5 tahun dalam bentuk pergelaran kesenian dan pameran karya seni.
Pada kegiatan tersebut diselenggarakan lomba untuk tingkat SD, seperti Lomba Pupuh, Lomba Ngadongeng, Lomba Baca Puisi, MTQ, Lomba Melukis, Story Telling dan Olimpiade MIPA.
Expo ini dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Pendidikan Ciamis Dr H Wawan As Arifien MM. Dalam sambutannya Kadisdik mengatakan, expo yang rutin dilaksanakan SMPN I Ciamis merupakan upaya memberikan wawasan kebangsaan kepada siswa lewat kesenian-kesenian nusantara yang ditampilkan. “Hal ini tentu perlu terus dikembangkan dan didukung, sehingga siswa tak hanya memiliki kemampuan membuat kerajinan namun juga memiliki jiwa entrepreneurship atau jiwa wirausaha,” jelasnya.
Kepala SMPN I Ciamis Dr Agus Sumantri MPd mengungkapkan, expo ini singkatan dari ekspresi pelajar oke, sudah dimulai dari tahun 1999. Tahun 2017 ini merupakan expo yang ke 18. Menurutnya, expo ini dikemas dengan penampilan-penampilan kreasi seni budaya dari berbagai daerah di nusantara serta mendirikan stand pameran-pameran kesenian siswa. “Makanya pada Expo ini, kita ambil tema Nusantara dalam kreasi dan apresiasi seni menjadikan siswa berkarakter Indonesia,” katanya.
Lewat expo ini diharapkan setiap generasi bangsa utamanya para pelajar mampu menjaga nilai dan identitas budaya bangsa. Sebab apabila bangsa kita sudah tidak mempunyai identitas budaya, maka bisa hancur.
“Makanya dengan expo ini, kita berharap pelajar lebih mencintai budaya dan kesenian nusantara, sehingga kedepan bangsa kita tidak kehilangan jati diri. Siswa juga bisa menyalurkan bakatnya de­ngan membuat kreasi seni seperti lu­kisan, dan cinderamata lainnya yang bernilai ekonomis,” harap Agus Tri.(Mamay)


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerKejanggalan Pengadaan Barang dan Jasa di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kab Sidoarjo Terciu (50610)Proyek Kawasan Wisata Penataran Blitar Abaikan Spek Kadis dan Satker Disbudpar Lempar Tanggung Jawab (41256)Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (13887)Perempuan Misterius Titip Bayi, Gegerkan Warga Kolelet Picung (13381)BPPT MoU Dengan Pemkab Natuna Kaji Pemanfaatan Teknologi Guna Mendukung Percepatan Pembangunan Dae (13014)Kejahatan Freddie Tan, Menjual Aset Triliunan Milik Pemprov DKI Jakarta (12281)Perselingkuhan Antar Kepsek Akhirnya Terbongkar (8350)Sintong Gultom Bubarkan Rapat Banmus DPRD Setiran Bonaran Situmeang (6429)Tujuh Komoditas Unggulan Dinas Perkebunan Propinsi Jawa Timur (5795)Mandi Seperti Manusia Petugas Yakin Bonita Adalah Harimau 'Jadi-Jadian' (5574)
Bedah JayaposPT PLN (Persero) Riau Memasang Jaringan Arus Listrik Asal JadiRiau, Beberapa anggota masyarakat kembali lagi mempertayakan sudah sejauh mana pertanggung jawaban ...


Tersangka Jansaiman Saragih Menguasai Asset GBI ICC Rayon 11 Pekanbaru Kasus Penebangan Pohon Jati Milik PTPN 2 Tandem MengambangDirut Rumah Sakit Diduga Pungli, Massa Berunjuk RasaAnggaran DD Desa Cimanis- Sobang Pantas DiauditCatut Nama Emil Dardak Akun FB Pencari Sumbangan DipolisikanTipu Nasabah, Developer KSU Penyang Sangkalemu DipolisikanDamparit Kabupaten Barru Sul-Sel Diduga Tidak Sesuai Bestek
Laporan KhususBupati Emil Dardak Sambut Baik Lawatan Danrem 081/DSJ MadiunDitengah kesibukan kerjanya, Emil Dardak meluangkan waktu bersilaturahmi dan menjalin komunikasi dengan ...


TMMD Reg 103 Wilayah Kodim 0736/ Batang, Percepat Pembangunan Wilayah dan Masyarakat Pemkab Gumas Gelar Bursa Inovasi Desa 20182019, Seluruh Kegiatan di OPD Gumas Terintegrasi Secara OnlineUsai Dilantik, Fadly Amran dan Asrul Resmi Jabat Walikota dan Wakil Walikota Padang PanjangPemkab Gumas Rakor Pilkades Serentak 2018HUT OKI Jadi Energi Tuntaskan PembangunanPemko Tanjungbalai Menerima Kedatangan Kafilah MTQN XXVII Asal Kepri di Bandara Kuala Namu