Minggu, 12 November 2017 - 22:36:47 WIB
Kreasi Seni Budaya Nusantara Warnai Expo SMPN I CiamisKategori: Pendidikan - Dibaca: 29 kali

Baca Juga:Deddy Kusdinar Akan Menyeret Andi Mallarangeng Jadi TersangkaBonaran Situmeang Lecehkan PendukungnyaFoke dan Istri Optimis Rakyat Akan Dukung Dirinya di Putaran KeduaMau Mendapat Untung Besar Kontraktor Kerja Asal Jadi, Dinas Bina Marga dan Tata Ruang Tertidur

Ciamis, Jaya Pos
Ratusan siswa kelas IX SMPN I Ciamis ikut ambil bagian memeriahkan kegiatan tahunan dalam ajang kreatifitas siswa yang menyajikan berbagai hasil pembelajaran siswa dan prestasi sekolah. Kegiatan tersebut dalam bentuk Expo SMPN I Ciamis ke 18 yang diselenggarakan Senin-Selasa (30-31/10).
Expo Nesacis yang kali pertama digelar pada tahun 1999 ini merupakan implementasi pembelajaran seni dan budaya siswa kelas IX selama kurang lebih 2,5 tahun dalam bentuk pergelaran kesenian dan pameran karya seni.
Pada kegiatan tersebut diselenggarakan lomba untuk tingkat SD, seperti Lomba Pupuh, Lomba Ngadongeng, Lomba Baca Puisi, MTQ, Lomba Melukis, Story Telling dan Olimpiade MIPA.
Expo ini dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Pendidikan Ciamis Dr H Wawan As Arifien MM. Dalam sambutannya Kadisdik mengatakan, expo yang rutin dilaksanakan SMPN I Ciamis merupakan upaya memberikan wawasan kebangsaan kepada siswa lewat kesenian-kesenian nusantara yang ditampilkan. “Hal ini tentu perlu terus dikembangkan dan didukung, sehingga siswa tak hanya memiliki kemampuan membuat kerajinan namun juga memiliki jiwa entrepreneurship atau jiwa wirausaha,” jelasnya.
Kepala SMPN I Ciamis Dr Agus Sumantri MPd mengungkapkan, expo ini singkatan dari ekspresi pelajar oke, sudah dimulai dari tahun 1999. Tahun 2017 ini merupakan expo yang ke 18. Menurutnya, expo ini dikemas dengan penampilan-penampilan kreasi seni budaya dari berbagai daerah di nusantara serta mendirikan stand pameran-pameran kesenian siswa. “Makanya pada Expo ini, kita ambil tema Nusantara dalam kreasi dan apresiasi seni menjadikan siswa berkarakter Indonesia,” katanya.
Lewat expo ini diharapkan setiap generasi bangsa utamanya para pelajar mampu menjaga nilai dan identitas budaya bangsa. Sebab apabila bangsa kita sudah tidak mempunyai identitas budaya, maka bisa hancur.
“Makanya dengan expo ini, kita berharap pelajar lebih mencintai budaya dan kesenian nusantara, sehingga kedepan bangsa kita tidak kehilangan jati diri. Siswa juga bisa menyalurkan bakatnya de­ngan membuat kreasi seni seperti lu­kisan, dan cinderamata lainnya yang bernilai ekonomis,” harap Agus Tri.(Mamay)


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerDinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (10050)Proyek KA di Sulsel Membawa Petaka, Danyon Zipur Jadi Tersangka (3041)PT IIGF Adakan Baksos di Desa Telajung (1853)Komentari Kasus e-KTP, Andar: Abraham Samad Itu 'Omdo' (1691)Pandangan Umum Fraksi PDIP, PAN, dan RNB Terhadap Nota Keuangan dan Raperda APBD Kota Depok TA 2018 (1115)Sutadi SH dan Oknum Polres Ketapang Diduga Bobol Rumah Walet Milik Akim (997)PT Jembatan Nusantara Melakukan Pembohongan Terhadap Pelamar Pekerjaan (844)10,8 Miliar Proyek Pembangunan Jembatan Ulim Dikerjakan Asal Jadi (586)Endorsement Operational Level Untuk Kelas III dan IV Merugikan Pelaut (534)Sintong Gultom Bubarkan Rapat Banmus DPRD Setiran Bonaran Situmeang (504)
Bedah JayaposPT MRIA Harus Bertanggung Dalam Kasus Yang Menyeret Danyon Zipur 8 SMG Jadi TersangkaMakassar, Jaya Pos Kasus keterlibatan Danyon Zipur 8 SMG yang terlibat dalam peledakan bukit (blasting), ...


Proyek Rehabilitasi Jembatan Terkesan Asal Jadi, BPKP Diminta Turun TanganPengusaha Nakal Berkeliaran Memburuh Proyek Di Kabupaten DharmasrayaSoal Kasus Lampu Jalan di Maros, Kompolnas Minta Klarifikasi Kepada Kapolri10,8 Miliar Proyek Pembangunan Jembatan Ulim Dikerjakan Asal JadiAPBDes Katimoho Terindikasi DikorupsiBendungan Karalloe Senilai 518 M Tidak Selesai PPK dan Kontraktor Enggan KomentarTangani Sengketa Tanah Damang Tewah Turun Lapangan
Laporan KhususPerantau Asal Samosir Merintis Obyek Wisata di KampungSamosir, Jaya Pos Sejak dicanangkan oleh Presiden Jokowi bahwa Samosir adalah salah satu tempat kunjungan ...


TNI Peduli Atas Penderitaan Seorang Anak BOB Berikan Bantuan Mesin Pengolah Pakan Ikan Kepada Warga Desa KasikanDPRD Muba Sambut Baik Inisiatif Pemkab MubaPemkab Muba Sampaikan Raperda Tentang Pinjaman Daerah Kepada DPRDDinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan Depok Gelar Workshop B2SAMemperkenalkan Lebih Dini Budaya Batak Pada Anak-Anak Melalui Natal STM SarohaWaiting List Keberangkatan Jamaah Haji Kabupaten Ciamis Sudah Mencapai 2030