Minggu, 12 November 2017 - 22:36:47 WIB
Kreasi Seni Budaya Nusantara Warnai Expo SMPN I CiamisKategori: Pendidikan - Dibaca: 140 kali

Baca Juga:Deddy Kusdinar Akan Menyeret Andi Mallarangeng Jadi TersangkaBonaran Situmeang Lecehkan PendukungnyaFoke dan Istri Optimis Rakyat Akan Dukung Dirinya di Putaran KeduaMau Mendapat Untung Besar Kontraktor Kerja Asal Jadi, Dinas Bina Marga dan Tata Ruang Tertidur

Ciamis, Jaya Pos
Ratusan siswa kelas IX SMPN I Ciamis ikut ambil bagian memeriahkan kegiatan tahunan dalam ajang kreatifitas siswa yang menyajikan berbagai hasil pembelajaran siswa dan prestasi sekolah. Kegiatan tersebut dalam bentuk Expo SMPN I Ciamis ke 18 yang diselenggarakan Senin-Selasa (30-31/10).
Expo Nesacis yang kali pertama digelar pada tahun 1999 ini merupakan implementasi pembelajaran seni dan budaya siswa kelas IX selama kurang lebih 2,5 tahun dalam bentuk pergelaran kesenian dan pameran karya seni.
Pada kegiatan tersebut diselenggarakan lomba untuk tingkat SD, seperti Lomba Pupuh, Lomba Ngadongeng, Lomba Baca Puisi, MTQ, Lomba Melukis, Story Telling dan Olimpiade MIPA.
Expo ini dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Pendidikan Ciamis Dr H Wawan As Arifien MM. Dalam sambutannya Kadisdik mengatakan, expo yang rutin dilaksanakan SMPN I Ciamis merupakan upaya memberikan wawasan kebangsaan kepada siswa lewat kesenian-kesenian nusantara yang ditampilkan. “Hal ini tentu perlu terus dikembangkan dan didukung, sehingga siswa tak hanya memiliki kemampuan membuat kerajinan namun juga memiliki jiwa entrepreneurship atau jiwa wirausaha,” jelasnya.
Kepala SMPN I Ciamis Dr Agus Sumantri MPd mengungkapkan, expo ini singkatan dari ekspresi pelajar oke, sudah dimulai dari tahun 1999. Tahun 2017 ini merupakan expo yang ke 18. Menurutnya, expo ini dikemas dengan penampilan-penampilan kreasi seni budaya dari berbagai daerah di nusantara serta mendirikan stand pameran-pameran kesenian siswa. “Makanya pada Expo ini, kita ambil tema Nusantara dalam kreasi dan apresiasi seni menjadikan siswa berkarakter Indonesia,” katanya.
Lewat expo ini diharapkan setiap generasi bangsa utamanya para pelajar mampu menjaga nilai dan identitas budaya bangsa. Sebab apabila bangsa kita sudah tidak mempunyai identitas budaya, maka bisa hancur.
“Makanya dengan expo ini, kita berharap pelajar lebih mencintai budaya dan kesenian nusantara, sehingga kedepan bangsa kita tidak kehilangan jati diri. Siswa juga bisa menyalurkan bakatnya de­ngan membuat kreasi seni seperti lu­kisan, dan cinderamata lainnya yang bernilai ekonomis,” harap Agus Tri.(Mamay)


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerKejanggalan Pengadaan Barang dan Jasa di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kab Sidoarjo Terciu (50354)Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (13445)BPPT MoU Dengan Pemkab Natuna Kaji Pemanfaatan Teknologi Guna Mendukung Percepatan Pembangunan Dae (12779)Perselingkuhan Antar Kepsek Akhirnya Terbongkar (8004)Mandi Seperti Manusia Petugas Yakin Bonita Adalah Harimau 'Jadi-Jadian' (5325)Tujuh Komoditas Unggulan Dinas Perkebunan Propinsi Jawa Timur (4815)Dua Siswa Kelas 3 SMKN Tutur Dikeluarkan, Disuruh Buat Pernyataan Pengunduran Diri (3941)Sintong Gultom Bubarkan Rapat Banmus DPRD Setiran Bonaran Situmeang (3739)PT IIGF Adakan Baksos di Desa Telajung (3612)Pengusaha Ayam Goreng Karawaci Rugi Rp 28 Juta (3526)
Bedah JayaposPenggunaan Anggaran Pendidikan PAUD Mantan Pjs Mekar Jaya Diduga Tidak TransparanPandeglang, JAYAPOS - Hj Murtiningsih SE, mantan Pejabat Sementara (Pjs) Kepala Desa Mekar Jaya ...


Pungli di CV BB Travel Catut Nama Polres Penyidik Dilapor Ke Propam Polda KaltengPedestrian Merr-Kalidami Senilai Rp 3 Milyar Terkesan Asal JadiGalian C Desa Treman Kabupaten Minut Diduga Tidak Mengantongi IzinProyek Kawasan Wisata Penataran Blitar Abaikan Spek Kadis dan Satker Disbudpar Lempar Tanggung JawabKinerja PPDP KPU Way Kanan DipertanyakanSatpol PP Kota Tanjungbalai Tertibkan PKL Berdagang di TrotoarDishub Labuhanbatu Lakukan Sidak di Empat Dermaga Penyeberangan
Laporan KhususSembako Malam Disalurkan Kepada Warga Sasaran TMMD BanjarnegaraBanjarnegara, JAYAPOS - Bantuan paket sembako dari Kodim 0704 Banjarnegara yang sebelumnya ...


Peringatan Harganas XXV Tahun 2018, Bupati Irdinansyah Peroleh Tanda Kehormatan Manggala Karya KencaSuport Ibu-ibu Karanggondang Luar Biasa "Tak Ragu Langsir Material"Pemprov Jambi Dukung Pelestarian Olahraga Tradisional dan Liga SantriBerkah TMMD Bagi Pedagang TernakPembangunan Drainase di Lokasi TMMD Reg 102 DikebutRehab RTLH di Lokasi TMMD Reg 102 PasegeranBupati Lantik Direktur dan Badan Pengawas PDAM Tirta Bahalap Kuala Kurun