Sabtu, 18 November 2017 - 07:11:00 WIB
FBBI Sumbangkan Buku ke SDN 106149 Bulu CinaKategori: Laporan Khusus - Dibaca: 176 kali

Baca Juga:Grand Final NABASA CUP III 2012, Minggu 22 Juli 2012SMAN 2 Kabanjahe BerbenahDeddy Kusdinar Akan Menyeret Andi Mallarangeng Jadi TersangkaBonaran Situmeang Lecehkan Pendukungnya

Deli Serdang, Jaya Pos

Guna mencerdaskan anak bangsa sebagai generasi penerus, dibutuhkan sarana dan prasarana sekolah yang memadai, utama­nya buku bacaan sebagai gerbang dunia. Hal ini dicermati oleh Forum Bangso Batak Indonesia (FBBI) dengan menyumbangkan buku-buku bacaan dengan ratusan judul ke Bona Pasogit.

Kali ini, FBBI melirik SDN 106146 Bulu Cina Kecamatan Hamparan Perak Kabupaten Deli Serdang Provinsi Sumatera Utara sebagai target sasaran sumbangan buku. Sebanyak kurang-lebih 400 judul buku bacaan disumbangkan FBBI yang berkantor pusat di Jakarta terhadap sekolah tersebut, dengan maksud memberi dorongan, motivasi dan semangat belajar bagi para murid-murid disana, (11/11).

Dalam kesempatan itu, Ke­tua Umum DPP FBBI DR Ronsen Pasaribu MH diwakili Sekretaris Eksekutif DPP FBBI DR (C) Li­berty Simbolon MKom mengatakan bahwa FBBI terlibat aktif dalam membantu masyarakat Ba­tak baik berupa bantuan buku, pelatihan masyarakat (perhotelan, kesehatan, peternakan, pertanian), pemeliharaan dan pemberdayaan Seni Budaya Batak dan bantuan hukum.

“Peranan Organisasi Forum Bangso Batak Indonesia adalah menjembatani masyarakat Ba­tak baik di Perantauan maupun di Kampung Halaman (Bona Pasogit) agar terkoneksi dan terjalin silaturahmi dengan maksud untuk saling membantu dan memberi masukan/kontribusi sekecil apa­pun guna pembangunan masyara­kat Batak demi kesejahteraan bersama,” ujar Liber Simbolon.

Setelah buku diserahterimakan dan makan bersama, dilanjutkan sesi tanya-jawab antara orangtua murid dan pengurus FBBI yang datang dari Jakarta. Ada tiga orangtua murid mempertanyakan kepada FBBI terkait hubungannya dengan kelanjutan belajar anak-anak mereka.

Simatupang, salah satu orang­tua murid mempertanyakan jikalau ada anak mempunyai kemampuan namun tidak dapat me­lanjutkan sekolah karena keterbatasan finansial.

Kemudian dijawab oleh Rahmad Samosir, anak yang kurang mampu namun punya prestasi, jika tidak diberdayakan oleh pemerintah daerah, maka sebagai anak rantau siap menjadi orangtua asuh untuk membiayai anak tersebut hingga sekolah tinggi dengan syarat harus kerja keras dan punya kemauan belajar agar sukses.

“Para perantau sudah sepakat kalau ada anak kurang mampu secara finansial dan tidak diperhatikan oleh pemerintah daerah, yang bersangkutan harus dibantu bersama-sama dengan syarat dan ketentuan bersama,” tambah Rahmad Samosir, perantau asal Bulu Cina yang juga Dosen Fakultas Tehnik Mesin Universitas Indonesia (UKI) Jakarta.

Seorang ibu br Sitanggang juga meminta kepada perantau dari Jakarta agar memberikan bantuan guru Bahasa Inggris dan Matematika untuk meningkatkan kualitas belajar anak-anak khususnya kelas V dan VI.

Pertanyaan itu langsung dijawab oleh Leskan Simarmata dengan menyebutkan bahwa kunci keberhasilan seseorang dalam menempuh pendidikan dilihat dari kerja keras dan disiplin yang tinggi. “Kalau ingin berhasil, pendidikan harus betul-betul ditempuh dengan kerja keras dan harus disiplin tinggi. Misalnya, anak-anak kita ingin belajar Bahasa Inggris dan mata pelajaran tambahan yang lain diluar sekolah, saya siap untuk membantu mereka asalkan dengan kemaun dan semangat yang tinggi. Orang­tua juga harus ikut mendorang agar anak mereka termotivasi dan bekerja keras untuk belajar,” tegas Leskan Simarmata yang baru pensiun Juni 2017 lalu dari SMAN 14 Jakarta, datang ke Bulu Cina dan bersedia membantu murid-murid SDN 106149 Bulu Cina untuk tambahan belajar tanpa dipungut biaya.

Sementara orangtua lain­nya meminta kepada perantau agar membantu menyiapkan komputer di sekolah tersebut.

Sementara Toni Limbong yang juga perantau yang berasal dari Bulu Cina langsung merespon keluhan para orang tua murid. “Kami siap untuk membantu beberapa unit komputer untuk disumbangkan kepada sekolah ini, dan akan berkoordinasi dengan kepala sekolah agar ditambahkan guru honor khusus mempelajari komputer, sehingga mata pelajaran komputer nantinya ditambahkan dalam mata pelajaran,” sebut Toni Limbong yang juga Pemim­pin Redaksi Harian Jaya Pos terbitan Jakarta itu.

Di lain pihak, Kepala SD Bulu Cina Daman SPd menyambut gembira atas bantuan itu mengaku terharu dan berterima kasih atas partisipasi DPP FBBI yang telah menyumbangkan 400 judul buku serta inisiatif para perantau asal Desa Bulu Cina Hamparan Perak Deli Serdang yang peduli terhadap Bona Pasogit khususnya di bidang pendidikan dasar.(Tim)


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerKejanggalan Pengadaan Barang dan Jasa di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kab Sidoarjo Terciu (50355)Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (13446)BPPT MoU Dengan Pemkab Natuna Kaji Pemanfaatan Teknologi Guna Mendukung Percepatan Pembangunan Dae (12779)Perselingkuhan Antar Kepsek Akhirnya Terbongkar (8004)Mandi Seperti Manusia Petugas Yakin Bonita Adalah Harimau 'Jadi-Jadian' (5326)Tujuh Komoditas Unggulan Dinas Perkebunan Propinsi Jawa Timur (4818)Dua Siswa Kelas 3 SMKN Tutur Dikeluarkan, Disuruh Buat Pernyataan Pengunduran Diri (3942)Sintong Gultom Bubarkan Rapat Banmus DPRD Setiran Bonaran Situmeang (3739)PT IIGF Adakan Baksos di Desa Telajung (3615)Pengusaha Ayam Goreng Karawaci Rugi Rp 28 Juta (3527)
Bedah JayaposPerusakan Pagar Beton Diperintah Oleh TerdakwaTangerang, JAYAPOS - Sungguh berani, walaupun usia tua tapi semangat tetap muda. Kalau pada ...


Penggunaan Anggaran Pendidikan PAUD Mantan Pjs Mekar Jaya Diduga Tidak TransparanPungli di CV BB Travel Catut Nama Polres Penyidik Dilapor Ke Propam Polda KaltengPedestrian Merr-Kalidami Senilai Rp 3 Milyar Terkesan Asal JadiGalian C Desa Treman Kabupaten Minut Diduga Tidak Mengantongi IzinProyek Kawasan Wisata Penataran Blitar Abaikan Spek Kadis dan Satker Disbudpar Lempar Tanggung JawabKinerja PPDP KPU Way Kanan DipertanyakanSatpol PP Kota Tanjungbalai Tertibkan PKL Berdagang di Trotoar
Laporan KhususSrikandi Pasegeran Multi Peran di TMMDBanjarnegara, JAYAPOS - Suparti (45) petani dari Dusun Kroya Rt 02 Rw 03 Desa Pasegeran Kecamatan ...


Sembako Malam Disalurkan Kepada Warga Sasaran TMMD BanjarnegaraPeringatan Harganas XXV Tahun 2018, Bupati Irdinansyah Peroleh Tanda Kehormatan Manggala Karya KencaSuport Ibu-ibu Karanggondang Luar Biasa "Tak Ragu Langsir Material"Pemprov Jambi Dukung Pelestarian Olahraga Tradisional dan Liga SantriBerkah TMMD Bagi Pedagang TernakPembangunan Drainase di Lokasi TMMD Reg 102 DikebutRehab RTLH di Lokasi TMMD Reg 102 Pasegeran