Minggu, 03 Desember 2017 - 05:53:48 WIB
Proyek KA di Sulsel Membawa Petaka, Danyon Zipur Jadi Tersangka Kategori: Bedah Jaya Pos - Dibaca: 2989 kali

Baca Juga:Dugaan Korupsi, Bupati Simalungun DR JR Saragih DidemoSimpan Ecstasy Satrio Purwanto DiadiliTerkait Kontrak Freeport, SBY dan Menteri ESDM Digugat Rp 70 TriliunRehab DAK SDN 095205 Nagori Parbalogan Terkatung-katung, Siswa-siswi Belajar di Luar Ruang Kelas

Makassar, Jaya Pos

Mega proyek pembangunan Jalur Kereta Api di Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) untuk jalur Makassar-Parepare, akhirnya membawa petaka. Proyek yang tahun 2017 ini menggunakan dana APBN lebih dari 4 triliun rupiah, akhirnya menyeret Komandan Batalyon Zeni Tempur 8/Sakti Mandra Guna (Yon Zipur 8/SMG) Letkol Czi Dwi Joko Siswanto SE MIPOL menjadi tersangka.

Dwi Joko Siswanto sudah kurang lebih sepekan mendekam di sel tahanan Pomdam IVX Hasanuddin. Danyon Zipur 8/SMG ini, harus mempertanggungjawabkan perbuatannya, atas penyalahgunaan jabatan terhadap institusi yang dipimpin­nya, karena terlibat langsung dalam pekerjaan blasting/peledakan bukit, pada proyek kereta api yang berlokasi di Desa Siawung Kecamatan Taneterilau Kabupaten Barru Provinsi Sulawesi Selatan.

“Peledakan bukit tersebut, tanpa sepengetahuan Pangdam IVX Hasanuddin dan Kasad, sebagai atasan langsung, yang mana kegiatan tersebut harus terlebih dahulu mendapatkan persetujuan dari Kasad, setelah melalui proses kelengkapan dokumen,” ucap Kepala Penerangan Kodam (Kapendam) Kodam IVX Hasanuddin Kol Inf Alamsyah saat dihubungi Jaya Pos, Senin (27/11).

Alamsyah mengatakan, yang bersangkutan sudah ditahan setelah menjalani pemeriksaan. “Yang bersangkutan disangkakan dengan pelanggaran menyalahgunakan jabatan dan wewenang,” tegas Alamsyah.

Saat ditanya soal adanya aliran dana sebesar 10 miliar rupiah yang diterima oleh Danyon Zipur 8/SMG Letkol Dwi Joko Siswanto, Kapendam mengatakan, hal tersebut masih dalam penyidikan pihak Pomdam. Pekerjaan blasting tersebut, masuk dalam wilayah kerja kontraktor pelaksana PT Dwifarita Fajarkharisma yang melakukan KSO dengan PT Irian Putra Persada dengan nilai kontrak lebih dari 90 miliar rupiah, yang mana ang­garannya berasal dari dana APBN 2017.

Dari investigasi yang dilakukan Jaya Pos, Danyon Zipur 8/SMG, terlibat bisnis dalam peledakan bukit, atas permintaan kontraktor pelaksana, dan diduga menerima aliran dana sebesar 10 miliar rupiah.

Dalam melaksanakan pe­kerjaan blasting ini, Dwi Joko Siswanto juga dibantu bebera­pa orang anak buahnya, yang juga telah ditahan bersamaan.
Sementara itu, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Perkeretaapian Sulawesi Selatan Hendry, saat hendak dimintai komentar soal ini, justru enggan memberikan jawaban. Saat dihubungi berulang kali, perihal kasus yang mencoreng kinerjanya, melalui handphone serta WA yang bersangkutan, justru tidak menggubris panggilan dari Jaya Pos.

Sebelum kasus ini terungkap, Hendry selaku PPK, justru bersikap baik jika dimintai konfirmasi soal proyek kereta api ini.(JK)


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerDinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (4498)Proyek KA di Sulsel Membawa Petaka, Danyon Zipur Jadi Tersangka (2989)Komentari Kasus e-KTP, Andar: Abraham Samad Itu 'Omdo' (1659)Pandangan Umum Fraksi PDIP, PAN, dan RNB Terhadap Nota Keuangan dan Raperda APBD Kota Depok TA 2018 (1080)PT IIGF Adakan Baksos di Desa Telajung (604)PT Jembatan Nusantara Melakukan Pembohongan Terhadap Pelamar Pekerjaan (440)Proyek Jalan Siduk-Ketapang Rp 27 M Diduga Bermasalah (328)Wujud Sinergitas TNI Polri, Polsek Wates Makan bersama dengan 70 Anggota TNI (283)Diabetes, Ancaman Yang Harus Diwaspadai (273)Ratusan Pekarya KSO Demo PT BBP (238)
Bedah JayaposBendungan Karalloe Senilai 518 M Tidak Selesai PPK dan Kontraktor Enggan KomentarMakassar, Jaya Pos Mega proyek konstruksi pembangunan Bendungan Karalloe, yang menelan anggaran sebesar Rp ...


Tangani Sengketa Tanah Damang Tewah Turun LapanganPT EBB Supply Puluhan Ribu Ton Solar Perhari ke Penambang di Sei KahayanRehab Sekolah Di Pandeglang Diduga Rawan PenyimpanganBPN Maros Akan Panggil Pemilik Sertifikat Ganda Pada Lahan Proyek Mamminasata Pekerjaan Jalan Pasirkadu-Perdana Dikeluhkan WargaPT. MAJI Diduga Serobot Lahan Kelompok Tani Karya MandiriPeningkatan Jalan Kebonagung Kemangsen Menyimpang
Laporan KhususMemperkenalkan Lebih Dini Budaya Batak Pada Anak-Anak Melalui Natal STM SarohaJakarta, Jaya Pos Perayaan Natal Parsahutaon STM Saroha Kedaung Kali Mati Jakarta Barat, Sabtu (9/12/2017) ...


Waiting List Keberangkatan Jamaah Haji Kabupaten Ciamis Sudah Mencapai 2030Menggali Monumen Quo Lijn, Tim Pusat Sejarah Kepolisian Melakukan PenelitianSiapkan Aparatur Transportasi Handal, Padang Panjang Teken MoU dengan STTDPemkab Mukomuko Memperingati Maulid Nabi Mudammad SAW 1439 H/2017 MImbau Pemkab/Pemkot Ingatkan Masyarakat Lakukan Pencegahan KebakaranPengembangan Pemasaran Melalui OnlinePublikasi Kinerja Setda Kabupaten Bogor Semester II Tahun 2017