Kamis, 07 Desember 2017 - 06:29:50 WIB
Guru Berperan Besar Mencerdaskan BangsaKategori: Pendidikan - Dibaca: 41 kali

Baca Juga:Terkait PPDB TP 2012/2013, Unit Sekolah di Kota Bekasi KewalahanKerapian Parkir Kendaraan Perlu Menjadi PerhatianSatpas SIM Colombo Surabaya Rawan CaloPembangunan Puskesmas Cisayong Terbengkalai

Ciamis, Jaya Pos

Tanggal 25 November 2017, para guru dari seluruh wilayah Republik Indonesia memperingati Hari Guru Nasional sekaligus memperingati organisasi profesi mereka, PGRI (Persatuan Guru Republik Indonesia) yang ke-72. Perjalanan sejarah para guru melewati rentang waktu tersebut diwarnai banyak dinamika. Namun ada benang merah yang tetap mencitrakan guru sebagai sosok yang patut “digugu dan ditiru” dan sosok yang dengan ikhlas.

Ketua PGRI Kecamatan Sadananya Kabupaten Ciamis Iwa Rustiawan SIP menegaskan, adanya momentum Hari Guru Nasional 2017 dan HUT ke-72 PGRI harus disikapi dengan langkah guru menjadi guru profesional. Dikatakannya, guru profesional minimal memiliki 4 ciri, yakni guru memiliki ilmu yang cukup yang tidak berhenti belajar, serta guru sebagai pembelajar harus menjadi model dalam pembelajaran. Lalu memiliki kreatifitas yang dikolaborasikan dengan stakehol­der.

Guru harus memiliki tanggung jawab terhadap berbagai amanah yang dipercayakan padanya, seperti tanggung jawab sebagai PNS, sebagai bagian dari tugas kemasyarakatan, dan tanggung jawab terhadap stakeholder. “Yang terakhir guru harus ikhlas. Mudah-mudahan teman-teman guru bisa ikhlas dalam melaksanakan tugasnya,” kata Iwa yang juga sebagai Kepala SDN 3 Mangkubumi Kecamatan Sadananya.

Meski begitu, tandas Iwa, saat ini dari 2,8 juta guru PNs, yang tersertifikasi baru 1,8 juta guru. “Yang satu juta lagi, guru di negeri ini hanya melihat teman-temannya lebih mapan, mereka masih merangkak. Persyaratan yang dibuat pemerintah sekarang melalui Dirjen GTK semakin sulit. Mudah-mudahan guru yang sudah menikmati undang-undang guru bisa bekerja lebih baik,” tandasnya.

Apalagi teknologi dari waktu ke waktu semakin canggih dan akan terus canggih kedepan, karena itu kata Iwa, guru saat ini harus lebih melek terhadap teknologi. “Jika guru lalai terhadap teknologi, terutama teknologi komunikasi, kita akan jadi bangsa yang terlambat. Untuk itu, mudah-mudahan guru sebagai pembelajar menjadi panutan, menjadi tauladan dan mau belajar. Sehingga ke depan penguasaan teknologi yang harus dimiliki oleh anak-anak kita saat ini, pondasi dasarnya sudah dimiliki,” katanya.

Di tempat terpisah, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Ciamis Dr H Wawan AS Arifien MM, saat ditemui Jaya Pos di ruangannya, menyampaikan, mudah-mudahan guru semakin menambah wawasannya, makin hari makin profesional, dan semakin sejahtera. “Diharapkan dengan adanya hari guru ini semua anak didik bisa lebih baik lagi dan berkualitas,” tandasnya.

Dalam pembangunan nasional, guru mempunyai peranan dan kedudukan strategis dalam mencerdaskan dan memajukan kehidupan bangsa. Untuk itu, guru perlu mendapatkan perlindungan hukum dan ekonomi sesuai dengan cita-cita pembangunan nasional yaitu terwujudnya masyarakat adil, makmur, dan sejahtera.(Mamay)


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerDinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (10050)Proyek KA di Sulsel Membawa Petaka, Danyon Zipur Jadi Tersangka (3041)PT IIGF Adakan Baksos di Desa Telajung (1853)Komentari Kasus e-KTP, Andar: Abraham Samad Itu 'Omdo' (1691)Pandangan Umum Fraksi PDIP, PAN, dan RNB Terhadap Nota Keuangan dan Raperda APBD Kota Depok TA 2018 (1115)Sutadi SH dan Oknum Polres Ketapang Diduga Bobol Rumah Walet Milik Akim (997)PT Jembatan Nusantara Melakukan Pembohongan Terhadap Pelamar Pekerjaan (844)10,8 Miliar Proyek Pembangunan Jembatan Ulim Dikerjakan Asal Jadi (586)Endorsement Operational Level Untuk Kelas III dan IV Merugikan Pelaut (533)Sintong Gultom Bubarkan Rapat Banmus DPRD Setiran Bonaran Situmeang (504)
Bedah JayaposPT MRIA Harus Bertanggung Dalam Kasus Yang Menyeret Danyon Zipur 8 SMG Jadi TersangkaMakassar, Jaya Pos Kasus keterlibatan Danyon Zipur 8 SMG yang terlibat dalam peledakan bukit (blasting), ...


Proyek Rehabilitasi Jembatan Terkesan Asal Jadi, BPKP Diminta Turun TanganPengusaha Nakal Berkeliaran Memburuh Proyek Di Kabupaten DharmasrayaSoal Kasus Lampu Jalan di Maros, Kompolnas Minta Klarifikasi Kepada Kapolri10,8 Miliar Proyek Pembangunan Jembatan Ulim Dikerjakan Asal JadiAPBDes Katimoho Terindikasi DikorupsiBendungan Karalloe Senilai 518 M Tidak Selesai PPK dan Kontraktor Enggan KomentarTangani Sengketa Tanah Damang Tewah Turun Lapangan
Laporan KhususPerantau Asal Samosir Merintis Obyek Wisata di KampungSamosir, Jaya Pos Sejak dicanangkan oleh Presiden Jokowi bahwa Samosir adalah salah satu tempat kunjungan ...


TNI Peduli Atas Penderitaan Seorang Anak BOB Berikan Bantuan Mesin Pengolah Pakan Ikan Kepada Warga Desa KasikanDPRD Muba Sambut Baik Inisiatif Pemkab MubaPemkab Muba Sampaikan Raperda Tentang Pinjaman Daerah Kepada DPRDDinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan Depok Gelar Workshop B2SAMemperkenalkan Lebih Dini Budaya Batak Pada Anak-Anak Melalui Natal STM SarohaWaiting List Keberangkatan Jamaah Haji Kabupaten Ciamis Sudah Mencapai 2030