Kamis, 07 Desember 2017 - 06:29:50 WIB
Guru Berperan Besar Mencerdaskan BangsaKategori: Pendidikan - Dibaca: 142 kali

Baca Juga:Terkait PPDB TP 2012/2013, Unit Sekolah di Kota Bekasi KewalahanKerapian Parkir Kendaraan Perlu Menjadi PerhatianSatpas SIM Colombo Surabaya Rawan CaloPembangunan Puskesmas Cisayong Terbengkalai

Ciamis, Jaya Pos

Tanggal 25 November 2017, para guru dari seluruh wilayah Republik Indonesia memperingati Hari Guru Nasional sekaligus memperingati organisasi profesi mereka, PGRI (Persatuan Guru Republik Indonesia) yang ke-72. Perjalanan sejarah para guru melewati rentang waktu tersebut diwarnai banyak dinamika. Namun ada benang merah yang tetap mencitrakan guru sebagai sosok yang patut “digugu dan ditiru” dan sosok yang dengan ikhlas.

Ketua PGRI Kecamatan Sadananya Kabupaten Ciamis Iwa Rustiawan SIP menegaskan, adanya momentum Hari Guru Nasional 2017 dan HUT ke-72 PGRI harus disikapi dengan langkah guru menjadi guru profesional. Dikatakannya, guru profesional minimal memiliki 4 ciri, yakni guru memiliki ilmu yang cukup yang tidak berhenti belajar, serta guru sebagai pembelajar harus menjadi model dalam pembelajaran. Lalu memiliki kreatifitas yang dikolaborasikan dengan stakehol­der.

Guru harus memiliki tanggung jawab terhadap berbagai amanah yang dipercayakan padanya, seperti tanggung jawab sebagai PNS, sebagai bagian dari tugas kemasyarakatan, dan tanggung jawab terhadap stakeholder. “Yang terakhir guru harus ikhlas. Mudah-mudahan teman-teman guru bisa ikhlas dalam melaksanakan tugasnya,” kata Iwa yang juga sebagai Kepala SDN 3 Mangkubumi Kecamatan Sadananya.

Meski begitu, tandas Iwa, saat ini dari 2,8 juta guru PNs, yang tersertifikasi baru 1,8 juta guru. “Yang satu juta lagi, guru di negeri ini hanya melihat teman-temannya lebih mapan, mereka masih merangkak. Persyaratan yang dibuat pemerintah sekarang melalui Dirjen GTK semakin sulit. Mudah-mudahan guru yang sudah menikmati undang-undang guru bisa bekerja lebih baik,” tandasnya.

Apalagi teknologi dari waktu ke waktu semakin canggih dan akan terus canggih kedepan, karena itu kata Iwa, guru saat ini harus lebih melek terhadap teknologi. “Jika guru lalai terhadap teknologi, terutama teknologi komunikasi, kita akan jadi bangsa yang terlambat. Untuk itu, mudah-mudahan guru sebagai pembelajar menjadi panutan, menjadi tauladan dan mau belajar. Sehingga ke depan penguasaan teknologi yang harus dimiliki oleh anak-anak kita saat ini, pondasi dasarnya sudah dimiliki,” katanya.

Di tempat terpisah, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Ciamis Dr H Wawan AS Arifien MM, saat ditemui Jaya Pos di ruangannya, menyampaikan, mudah-mudahan guru semakin menambah wawasannya, makin hari makin profesional, dan semakin sejahtera. “Diharapkan dengan adanya hari guru ini semua anak didik bisa lebih baik lagi dan berkualitas,” tandasnya.

Dalam pembangunan nasional, guru mempunyai peranan dan kedudukan strategis dalam mencerdaskan dan memajukan kehidupan bangsa. Untuk itu, guru perlu mendapatkan perlindungan hukum dan ekonomi sesuai dengan cita-cita pembangunan nasional yaitu terwujudnya masyarakat adil, makmur, dan sejahtera.(Mamay)


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerKejanggalan Pengadaan Barang dan Jasa di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kab Sidoarjo Terciu (50610)Proyek Kawasan Wisata Penataran Blitar Abaikan Spek Kadis dan Satker Disbudpar Lempar Tanggung Jawab (41256)Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (13887)Perempuan Misterius Titip Bayi, Gegerkan Warga Kolelet Picung (13381)BPPT MoU Dengan Pemkab Natuna Kaji Pemanfaatan Teknologi Guna Mendukung Percepatan Pembangunan Dae (13014)Kejahatan Freddie Tan, Menjual Aset Triliunan Milik Pemprov DKI Jakarta (12281)Perselingkuhan Antar Kepsek Akhirnya Terbongkar (8350)Sintong Gultom Bubarkan Rapat Banmus DPRD Setiran Bonaran Situmeang (6429)Tujuh Komoditas Unggulan Dinas Perkebunan Propinsi Jawa Timur (5795)Mandi Seperti Manusia Petugas Yakin Bonita Adalah Harimau 'Jadi-Jadian' (5574)
Bedah JayaposPT PLN (Persero) Riau Memasang Jaringan Arus Listrik Asal JadiRiau, Beberapa anggota masyarakat kembali lagi mempertayakan sudah sejauh mana pertanggung jawaban ...


Tersangka Jansaiman Saragih Menguasai Asset GBI ICC Rayon 11 Pekanbaru Kasus Penebangan Pohon Jati Milik PTPN 2 Tandem MengambangDirut Rumah Sakit Diduga Pungli, Massa Berunjuk RasaAnggaran DD Desa Cimanis- Sobang Pantas DiauditCatut Nama Emil Dardak Akun FB Pencari Sumbangan DipolisikanTipu Nasabah, Developer KSU Penyang Sangkalemu DipolisikanDamparit Kabupaten Barru Sul-Sel Diduga Tidak Sesuai Bestek
Laporan KhususBupati Emil Dardak Sambut Baik Lawatan Danrem 081/DSJ MadiunDitengah kesibukan kerjanya, Emil Dardak meluangkan waktu bersilaturahmi dan menjalin komunikasi dengan ...


TMMD Reg 103 Wilayah Kodim 0736/ Batang, Percepat Pembangunan Wilayah dan Masyarakat Pemkab Gumas Gelar Bursa Inovasi Desa 20182019, Seluruh Kegiatan di OPD Gumas Terintegrasi Secara OnlineUsai Dilantik, Fadly Amran dan Asrul Resmi Jabat Walikota dan Wakil Walikota Padang PanjangPemkab Gumas Rakor Pilkades Serentak 2018HUT OKI Jadi Energi Tuntaskan PembangunanPemko Tanjungbalai Menerima Kedatangan Kafilah MTQN XXVII Asal Kepri di Bandara Kuala Namu