Senin, 11 Desember 2017 - 07:49:12 WIB
Imbau Pemkab/Pemkot Ingatkan Masyarakat Lakukan Pencegahan KebakaranKategori: Laporan Khusus - Dibaca: 45 kali

Baca Juga:Perajin Tempe dan Tahu Ancam Mogok BerproduksiMengisi Kekosongan, Apan Sutarpan Lantik Dua Aparat DesaSertijab Camat SukaresmiKades Cianaga Giat Membangun

Kuala Tungkal, Jaya Pos

Begitu mengetahui adanya musibah kebakaran yang menimpa warga di Jl Pang­lima H Saman Kelurahan Tungkal III Kecamatan Tungkal Ilir Kabupaten Tanjung Jabung Barat, usai melantik Sekda Provinsi Jambi, Gubernur Jambi H Zumi Zola Zulkifli STP MA segera mengunjungi para korban kebakaran dan memberikan bantuan bagi mereka, Sabtu (2/12) siang.

Kebakaran yang terjadi di Kelurahan Tungkal III ini telah mengha­nguskan le­bih kurang 79 bangunan yang terdiri dari 3 rukun tetangga, 81 Kepala Keluarga/307 jiwa. Penyebab kebakaran masih diselidiki oleh pihak yang berwajib.

Selain melihat langsung kondisi eks lokasi kebakaran dan memberikan bantuan dari Pemerintah Provinsi Jambi, Zola juga ingin memberikan dukungan moral bagi masyarakat kor­ban kebakaran tersebut.

Sekretaris Daerah Kabupaten Tanjung Jabung Barat Drs Ambok Tuo MM mendampingi Gebernur Jambi dan rombongan dalam peninjauan tersebut.
Gubernur Zola memberikan bantuan dari Pemerintah Provinsi Jambi secara simbolis kepada korban kebakaran di Kelurahan Tungkal III berupa sembako, sandang, kain sarung, selimut, matras dan makanan siap saji.

“Saya atas nama pribadi dan Pemerintah Provinsi Jambi langsung datang ke sini untuk melihat lokasi kebakaran dan bertemu dengan para korban, untuk menyampaikan rasa prihatin secara langsung. Saya tadi sudah berkoordinasi dengan Bapak Sekda Kabupaten Tanjung Jabung Barat, terkait bantuan yang telah diberikan oleh pemerintah kabupaten. Pemerintah Provinsi Jambi siap untuk membantu apabila masih ada yang diperlukan,” ujar Zola.

Gubernur mengemukakan, tidak ada satu orang pun yang menginginkan musibah ini terjadi, tetapi musibah kebakaran ini merupakan sebuah bentuk ujian bagi Provinsi Jambi, khususnya Kelurahan Tungkal III Kabupaten Tanjung Jabung Barat.

Zola berpesan agar para korban tabah serta bersabar dalam menghadapi ujian ini karena semua orang tidak tahu kapan musibah itu akan datang. “Pemkab Tanjung Jabung Barat beserta Pemprov Jambi akan memberikan bantuan secara maksimal, untuk dapur umum sudah berjalan dan dipastikan akan menyuplai makanan bagi para korban setiap harinya, kemudian posko kesehatan akan siap melayani para korban,” jelasnya.

Gubernur juga mengungkapkan, Pemprov Jambi akan meminta bantuan berupa bahan bangunan kepada Kementerian Sosial RI, yang nanti diberikan kepada para korban kebakaran, agar para korban bisa membangun rumah lagi, karena jumlah rumah yang terbakar sudah lebih dari 30 rumah, maka Pemprov bisa meminta bantuan kepada Kementerian Sosial RI.

“Saya akan meminta bantuan kepada Ibu Menteri Sosial, tapi terlebih dahulu saya menunggu surat klarifikasi yang harus disampaikan oleh Bapak Bupati Tanjung Jabung Barat kepada saya, yang isinya terkait dengan kebakaran ini, berupa rumah yang terbakar serta jumlah kepala keluarganya,” sebutnya.

Lebih lanjut Gubernur Zola menghimbau seluruh pemerintah kabupaten/kota se Provinsi Jambi untuk selalu mengingatkan masyarakatnya agar selalu preventif, melakukan pencegahan dini kebakaran, supaya musibah seperti ini bisa diminimalisir. Dengan kondisi yang berbeda-beda di setiaap daerah.

Dalam peninjauan tersebut, Gubernur Zola juga didampingi Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Provinsi Jambi Arief Munandar SE, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Jambi Bachyuni Deliansyah SH MH, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran Provinsi Jambi Edi Kusmiran SSTP, dan Kepala Biro Humas dan Protokol Provinsi Jambi Johansyah SE ME.(Rizal))


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerDinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (10050)Proyek KA di Sulsel Membawa Petaka, Danyon Zipur Jadi Tersangka (3041)PT IIGF Adakan Baksos di Desa Telajung (1853)Komentari Kasus e-KTP, Andar: Abraham Samad Itu 'Omdo' (1691)Pandangan Umum Fraksi PDIP, PAN, dan RNB Terhadap Nota Keuangan dan Raperda APBD Kota Depok TA 2018 (1115)Sutadi SH dan Oknum Polres Ketapang Diduga Bobol Rumah Walet Milik Akim (997)PT Jembatan Nusantara Melakukan Pembohongan Terhadap Pelamar Pekerjaan (844)10,8 Miliar Proyek Pembangunan Jembatan Ulim Dikerjakan Asal Jadi (586)Endorsement Operational Level Untuk Kelas III dan IV Merugikan Pelaut (532)Sintong Gultom Bubarkan Rapat Banmus DPRD Setiran Bonaran Situmeang (504)
Bedah JayaposPT MRIA Harus Bertanggung Dalam Kasus Yang Menyeret Danyon Zipur 8 SMG Jadi TersangkaMakassar, Jaya Pos Kasus keterlibatan Danyon Zipur 8 SMG yang terlibat dalam peledakan bukit (blasting), ...


Proyek Rehabilitasi Jembatan Terkesan Asal Jadi, BPKP Diminta Turun TanganPengusaha Nakal Berkeliaran Memburuh Proyek Di Kabupaten DharmasrayaSoal Kasus Lampu Jalan di Maros, Kompolnas Minta Klarifikasi Kepada Kapolri10,8 Miliar Proyek Pembangunan Jembatan Ulim Dikerjakan Asal JadiAPBDes Katimoho Terindikasi DikorupsiBendungan Karalloe Senilai 518 M Tidak Selesai PPK dan Kontraktor Enggan KomentarTangani Sengketa Tanah Damang Tewah Turun Lapangan
Laporan KhususPerantau Asal Samosir Merintis Obyek Wisata di KampungSamosir, Jaya Pos Sejak dicanangkan oleh Presiden Jokowi bahwa Samosir adalah salah satu tempat kunjungan ...


TNI Peduli Atas Penderitaan Seorang Anak BOB Berikan Bantuan Mesin Pengolah Pakan Ikan Kepada Warga Desa KasikanDPRD Muba Sambut Baik Inisiatif Pemkab MubaPemkab Muba Sampaikan Raperda Tentang Pinjaman Daerah Kepada DPRDDinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan Depok Gelar Workshop B2SAMemperkenalkan Lebih Dini Budaya Batak Pada Anak-Anak Melalui Natal STM SarohaWaiting List Keberangkatan Jamaah Haji Kabupaten Ciamis Sudah Mencapai 2030