Senin, 11 Desember 2017 - 07:49:12 WIB
Imbau Pemkab/Pemkot Ingatkan Masyarakat Lakukan Pencegahan KebakaranKategori: Laporan Khusus - Dibaca: 158 kali

Baca Juga:Perajin Tempe dan Tahu Ancam Mogok BerproduksiMengisi Kekosongan, Apan Sutarpan Lantik Dua Aparat DesaSertijab Camat SukaresmiKades Cianaga Giat Membangun

Kuala Tungkal, Jaya Pos

Begitu mengetahui adanya musibah kebakaran yang menimpa warga di Jl Pang­lima H Saman Kelurahan Tungkal III Kecamatan Tungkal Ilir Kabupaten Tanjung Jabung Barat, usai melantik Sekda Provinsi Jambi, Gubernur Jambi H Zumi Zola Zulkifli STP MA segera mengunjungi para korban kebakaran dan memberikan bantuan bagi mereka, Sabtu (2/12) siang.

Kebakaran yang terjadi di Kelurahan Tungkal III ini telah mengha­nguskan le­bih kurang 79 bangunan yang terdiri dari 3 rukun tetangga, 81 Kepala Keluarga/307 jiwa. Penyebab kebakaran masih diselidiki oleh pihak yang berwajib.

Selain melihat langsung kondisi eks lokasi kebakaran dan memberikan bantuan dari Pemerintah Provinsi Jambi, Zola juga ingin memberikan dukungan moral bagi masyarakat kor­ban kebakaran tersebut.

Sekretaris Daerah Kabupaten Tanjung Jabung Barat Drs Ambok Tuo MM mendampingi Gebernur Jambi dan rombongan dalam peninjauan tersebut.
Gubernur Zola memberikan bantuan dari Pemerintah Provinsi Jambi secara simbolis kepada korban kebakaran di Kelurahan Tungkal III berupa sembako, sandang, kain sarung, selimut, matras dan makanan siap saji.

“Saya atas nama pribadi dan Pemerintah Provinsi Jambi langsung datang ke sini untuk melihat lokasi kebakaran dan bertemu dengan para korban, untuk menyampaikan rasa prihatin secara langsung. Saya tadi sudah berkoordinasi dengan Bapak Sekda Kabupaten Tanjung Jabung Barat, terkait bantuan yang telah diberikan oleh pemerintah kabupaten. Pemerintah Provinsi Jambi siap untuk membantu apabila masih ada yang diperlukan,” ujar Zola.

Gubernur mengemukakan, tidak ada satu orang pun yang menginginkan musibah ini terjadi, tetapi musibah kebakaran ini merupakan sebuah bentuk ujian bagi Provinsi Jambi, khususnya Kelurahan Tungkal III Kabupaten Tanjung Jabung Barat.

Zola berpesan agar para korban tabah serta bersabar dalam menghadapi ujian ini karena semua orang tidak tahu kapan musibah itu akan datang. “Pemkab Tanjung Jabung Barat beserta Pemprov Jambi akan memberikan bantuan secara maksimal, untuk dapur umum sudah berjalan dan dipastikan akan menyuplai makanan bagi para korban setiap harinya, kemudian posko kesehatan akan siap melayani para korban,” jelasnya.

Gubernur juga mengungkapkan, Pemprov Jambi akan meminta bantuan berupa bahan bangunan kepada Kementerian Sosial RI, yang nanti diberikan kepada para korban kebakaran, agar para korban bisa membangun rumah lagi, karena jumlah rumah yang terbakar sudah lebih dari 30 rumah, maka Pemprov bisa meminta bantuan kepada Kementerian Sosial RI.

“Saya akan meminta bantuan kepada Ibu Menteri Sosial, tapi terlebih dahulu saya menunggu surat klarifikasi yang harus disampaikan oleh Bapak Bupati Tanjung Jabung Barat kepada saya, yang isinya terkait dengan kebakaran ini, berupa rumah yang terbakar serta jumlah kepala keluarganya,” sebutnya.

Lebih lanjut Gubernur Zola menghimbau seluruh pemerintah kabupaten/kota se Provinsi Jambi untuk selalu mengingatkan masyarakatnya agar selalu preventif, melakukan pencegahan dini kebakaran, supaya musibah seperti ini bisa diminimalisir. Dengan kondisi yang berbeda-beda di setiaap daerah.

Dalam peninjauan tersebut, Gubernur Zola juga didampingi Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Provinsi Jambi Arief Munandar SE, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Jambi Bachyuni Deliansyah SH MH, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran Provinsi Jambi Edi Kusmiran SSTP, dan Kepala Biro Humas dan Protokol Provinsi Jambi Johansyah SE ME.(Rizal))


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerKejanggalan Pengadaan Barang dan Jasa di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kab Sidoarjo Terciu (50563)Proyek Kawasan Wisata Penataran Blitar Abaikan Spek Kadis dan Satker Disbudpar Lempar Tanggung Jawab (33787)Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (13807)Perempuan Misterius Titip Bayi, Gegerkan Warga Kolelet Picung (13339)BPPT MoU Dengan Pemkab Natuna Kaji Pemanfaatan Teknologi Guna Mendukung Percepatan Pembangunan Dae (12965)Kejahatan Freddie Tan, Menjual Aset Triliunan Milik Pemprov DKI Jakarta (12216)Perselingkuhan Antar Kepsek Akhirnya Terbongkar (8278)Sintong Gultom Bubarkan Rapat Banmus DPRD Setiran Bonaran Situmeang (5791)Tujuh Komoditas Unggulan Dinas Perkebunan Propinsi Jawa Timur (5597)Mandi Seperti Manusia Petugas Yakin Bonita Adalah Harimau 'Jadi-Jadian' (5514)
Bedah JayaposKades Cimanis - Sobang Diduga Korup Dana DesaPandengglang, JAYAPOS - Berawal dari pengaduan warga Desa Cimanis, Kec, Sobang yang tidak mau ...


Proyek Jalan Usaha Tani Senilai Ratusan Juta di Desa Brayung Kecamatan Puri HancurDiduga Ada Konspirasi, Bantuan Hibah Ternak Sapi 2017 MencurigakanCinta Sejati Berakhir di Balik Jeruji, Pelaku Pengeroyokan Malah Tidak Terjamah HukumEmbung Tanpa AirCV. Dewi Lestari Ketapang Diduga Mark-Up Proyek Jalan Usaha TaniPolisi Kecolongan, Ribuan Potong Kayu Log Ilegal lolosAMP Milik PT AKI Disinyalir Tidak Mengantongi Izin
Laporan KhususMasuk DCT, Pande-Iroot Siap Perjuangkan Aspirasi Rakyat MiskinManado, JAYAPOS -  Rasa syukur diungkapkan oleh Steven Pande-iroot salah satu Calon ...


Bulan Dana PMI Banyumas Targetkan 1,25 MRaih WTP 7 Kali, Pemkab OKI: Dampaknya untuk MasyarakatApel Akbar dan Pawai Muharram Terbesar Diikuti Ribuan SantriDanrem 071/Wk Juara 3rd Place "U Grade" IPSC Level III Standard DivisionRibuan Santri Banyumas Ikuti Pawai Taaruf Sambut Tahun BaruDrs Klusen Ketua Timses Kab MelawiSambut Tahun Baru Hijriyah, Bupati Banyumas Tabuh Bedug