Sabtu, 16 Desember 2017 - 07:38:42 WIB
Memperkenalkan Lebih Dini Budaya Batak Pada Anak-Anak Melalui Natal STM SarohaKategori: Laporan Khusus - Dibaca: 256 kali

Baca Juga:BPK Diminta Audit Pelaksanaan OPRM, Habiskan Dana Puluhan Miliar Pelaksanaan OPRM Tidak MaksimalHari Ini, KPU Bahas Parpol Peserta Pemilu 2014Anggaran Dari APBD, MD Sirojul Mu`taalimin di Bangun Asal JadiNHKBP Duren Sawit ( Putra) dan Naposo Pardos Kali Malang (Putri) Juara I Futsal NABAJA CUP III 2012

Jakarta, Jaya Pos

Perayaan Natal Parsahutaon STM Saroha Kedaung Kali Mati Jakarta Barat, Sabtu (9/12/2017) di Hotel Centro City berjalan dengan suka cita dan penuh keharuan.

Diperkirakan sekitar 80 orang yang hadir, diantaranya anak-anak, remaja dan orang tua dari 26 KK Parsahutaon Se­rikat Tolong Menolong (STM) Saroha Kali Mati Kedaung Kali Angke Jakarta Barat.

Perayaan dimulai dengan ibadah dan menyanyikan lagu-lagu yang bertemakan natal, dan diselingi Liturgi maupun paduan suara anak-anak, paduan suara Ibu-Ibu, paduan suara Bapak-bapak dan koor bersama.

Pdt B Silitonga, dalam kotbahnya menekankan adanya kebersamaan sesama parsahutaon. Penerapan itu tentunya tidak sama dengan hitungan matematika. Dengan artian bahwa sumbangan setiap anggota untuk membiayai perayaan natal ini tentu berbeda-beda, sesuai berkat Tuhan yang diterima setiap anggota. “Saya senang melihat anak-anak kecil berliturgi dengan bahasa Batak, dengan membudayakan lebih dini bahasa Batak kepada anak-anak melalui Natal pada malam ini,” sebut Pdt B Silitonga.

Ada yang berbeda pada perayaan natal dari tahun-tahun sebelumnya, dimana ibu-ibu yang sudah ditinggal suaminya mendapat surprise dengan mendapat kado khusus yang diberikan oleh panitia, membuat kelima ibu-ibu yang menerima kado itu penuh dengan keharuan dengan linangan air mata. “Sudah sebelas tahun menjanda, baru hari ini saya menerima kado dari Parsahutaon, terima kasih atas perhatiannya kepada kami para janda ini,” ujar Nyonya Siahaan Br Marbun terbata-bata dengan mata berkaca-kaca.

Begitu juga dengan anak-anak, mereka manortor sambil diiringi music dengan gaya masing-masing, sementara orang tua memberikan uang di sela-sela tangan mereka, sehingga menambah semangat mereka untuk manortor lebih lama lagi.

Hampir semua orang tua merasakan kebersamaan satu sama lain, baik kebersamaan pakaian kaum ibu yang seragam merah, bapak-bapak dengan setelan jas yang rapi, membuat suasana semakin hidup.

Di akhir acara, digelar foto bersama seluruh orang tua dan menyanyikan bersama sama lagu “O Tano Batak.”(Tim)


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerProyek Kawasan Wisata Penataran Blitar Abaikan Spek Kadis dan Satker Disbudpar Lempar Tanggung Jawab (55157)Kejanggalan Pengadaan Barang dan Jasa di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kab Sidoarjo Terciu (50743)Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (14030)Perempuan Misterius Titip Bayi, Gegerkan Warga Kolelet Picung (13517)BPPT MoU Dengan Pemkab Natuna Kaji Pemanfaatan Teknologi Guna Mendukung Percepatan Pembangunan Dae (13180)Kejahatan Freddie Tan, Menjual Aset Triliunan Milik Pemprov DKI Jakarta (12454)Perselingkuhan Antar Kepsek Akhirnya Terbongkar (8505)Sintong Gultom Bubarkan Rapat Banmus DPRD Setiran Bonaran Situmeang (7289)Sudah 4 Bulan Pegawai Kejaksaan RI Tidak Dapat Dana Remunerasi (6411)Tujuh Komoditas Unggulan Dinas Perkebunan Propinsi Jawa Timur (6210)
Bedah JayaposCV Linang Jaya Diduga Kirim Material Tak Sesuai RAB Ke 30 Penerima Program RTLH Di Desa LabuanPandeglang, Jaya Pos Desa Labuan, Kecamatan Labuan merupakan salah satu desa yang mendapatkan Program Rumah ...


Dinas PUPR Kab Sidoarjo Bidang Pengairan Diduga Lakukan Mark UpPembangunan USB SDN Babat 2 Kecamatan Legok Beraroma KorupsiDiduga Proyek Pembangunan Pasar Cibaliung, Gunakan Besi BekasProyek NUSP-2 ADB Loan Rp 5,9 M di Kapuas Berbau KKNKades Tanjung Diduga Selewengkan Keuangan Desa Ratusan Juta RupiahProyek Jalan Hotmix Desa Medalsari - Saketi Terkesan DitutupiBPK Diminta Audit Hasil Pekerjaan Peningkatan Jalan Perbatasan Tutur Arah Malang
Laporan KhususHari Jadi Bantaeng Ke-764 Gubernur Sulsel Bantu Bantaeng 26 MBantaeng, Jaya Pos Pada tanggal 7 Desember 2018, seluruh masyarakat Bantaeng bersuka cita menyambut kembali ...


Bakti PUPR Bangun Infrastruktur Mempersatukan BangsaLurah Bahu : Sidak Bagi Pendatang Berdomisili di WilayahnyaPengawasan APK Bersama Stakeholder Untuk Pemilu 2019Bupati Canangkan Gerakan Banyumas MembacaBanjir di Buaran DPU Tangsel Sigap Tangani Laporan WargaTanah Datar Gelar Festival Pesona Minang KabauDPRD Sumsel Gelar Rapat Paripurna Ke-LI (51)