Sabtu, 16 Desember 2017 - 07:38:42 WIB
Memperkenalkan Lebih Dini Budaya Batak Pada Anak-Anak Melalui Natal STM SarohaKategori: Laporan Khusus - Dibaca: 196 kali

Baca Juga:BPK Diminta Audit Pelaksanaan OPRM, Habiskan Dana Puluhan Miliar Pelaksanaan OPRM Tidak MaksimalHari Ini, KPU Bahas Parpol Peserta Pemilu 2014Anggaran Dari APBD, MD Sirojul Mu`taalimin di Bangun Asal JadiNHKBP Duren Sawit ( Putra) dan Naposo Pardos Kali Malang (Putri) Juara I Futsal NABAJA CUP III 2012

Jakarta, Jaya Pos

Perayaan Natal Parsahutaon STM Saroha Kedaung Kali Mati Jakarta Barat, Sabtu (9/12/2017) di Hotel Centro City berjalan dengan suka cita dan penuh keharuan.

Diperkirakan sekitar 80 orang yang hadir, diantaranya anak-anak, remaja dan orang tua dari 26 KK Parsahutaon Se­rikat Tolong Menolong (STM) Saroha Kali Mati Kedaung Kali Angke Jakarta Barat.

Perayaan dimulai dengan ibadah dan menyanyikan lagu-lagu yang bertemakan natal, dan diselingi Liturgi maupun paduan suara anak-anak, paduan suara Ibu-Ibu, paduan suara Bapak-bapak dan koor bersama.

Pdt B Silitonga, dalam kotbahnya menekankan adanya kebersamaan sesama parsahutaon. Penerapan itu tentunya tidak sama dengan hitungan matematika. Dengan artian bahwa sumbangan setiap anggota untuk membiayai perayaan natal ini tentu berbeda-beda, sesuai berkat Tuhan yang diterima setiap anggota. “Saya senang melihat anak-anak kecil berliturgi dengan bahasa Batak, dengan membudayakan lebih dini bahasa Batak kepada anak-anak melalui Natal pada malam ini,” sebut Pdt B Silitonga.

Ada yang berbeda pada perayaan natal dari tahun-tahun sebelumnya, dimana ibu-ibu yang sudah ditinggal suaminya mendapat surprise dengan mendapat kado khusus yang diberikan oleh panitia, membuat kelima ibu-ibu yang menerima kado itu penuh dengan keharuan dengan linangan air mata. “Sudah sebelas tahun menjanda, baru hari ini saya menerima kado dari Parsahutaon, terima kasih atas perhatiannya kepada kami para janda ini,” ujar Nyonya Siahaan Br Marbun terbata-bata dengan mata berkaca-kaca.

Begitu juga dengan anak-anak, mereka manortor sambil diiringi music dengan gaya masing-masing, sementara orang tua memberikan uang di sela-sela tangan mereka, sehingga menambah semangat mereka untuk manortor lebih lama lagi.

Hampir semua orang tua merasakan kebersamaan satu sama lain, baik kebersamaan pakaian kaum ibu yang seragam merah, bapak-bapak dengan setelan jas yang rapi, membuat suasana semakin hidup.

Di akhir acara, digelar foto bersama seluruh orang tua dan menyanyikan bersama sama lagu “O Tano Batak.”(Tim)


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerKejanggalan Pengadaan Barang dan Jasa di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kab Sidoarjo Terciu (36853)Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (13338)BPPT MoU Dengan Pemkab Natuna Kaji Pemanfaatan Teknologi Guna Mendukung Percepatan Pembangunan Dae (12715)Perselingkuhan Antar Kepsek Akhirnya Terbongkar (7889)Mandi Seperti Manusia Petugas Yakin Bonita Adalah Harimau 'Jadi-Jadian' (5237)Tujuh Komoditas Unggulan Dinas Perkebunan Propinsi Jawa Timur (4483)Dua Siswa Kelas 3 SMKN Tutur Dikeluarkan, Disuruh Buat Pernyataan Pengunduran Diri (3809)PT IIGF Adakan Baksos di Desa Telajung (3548)Pengusaha Ayam Goreng Karawaci Rugi Rp 28 Juta (3472)Proyek KA di Sulsel Membawa Petaka, Danyon Zipur Jadi Tersangka (3400)
Bedah JayaposKorupsi Di Disdik Jabar ? Asep Suhanggan : Saya Punya Saudara JaksaBANDUNG, JAYA POS – Dengan anggaran gemuk Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat rentan ...


Warga Desa Indrajaya Komplain Pengerjaan JalanProyek Baja Ringan SMPN 9 Purwakarta Diduga Asal-asalan, Disdik Segera Tegur PemborongPengawasan Dinas Lemah, Inspeksi Tanggul Urukan Pantai Kenjeran (Bronjong) Asal JadiProyek Rp 14 M Lebih Kawalan TP4D Kajati Kalteng Terindikasi Tak Sesuai KontrakProgram BSPS Tahun 2017, Diduga Langgar Peraturan Kemen PUPRProyek Irigasi Banda Usang Di Siguhung Terkesan AmburadulApotik Intan Farma Diduga Jual Obat Diatas HET, Imodium Dijual Rp 145 Ribu, Apotik Lain Rp 91 Ribu
Laporan KhususPT Semen Baturaja (Persero) Tbk. ...


Jelang Lebaran, Harga Stabil di Mendobarat dan MerawangPemkab Mojokerto Kembali Pertahankan Gelar WTPPT Inalum Bagikan Paket Sembako Gratis kepada WargaPelantikan Pejabat Tinggi Pratama Kabupaten Samosir DigelarBupati Dan Ketua TP- PKK Tanjab Barat, Bagikan Zakat MalPUBLIKASI KINERJA DINAS SOSIAL KABUPATEN BOGOR TAHUN 2018WTP Ke Enam Anugerah Terindah Bagi Kabupaten Tanah Datar