Rabu, 07 Februari 2018 - 07:10:44 WIB
Pemkab Konsisten Majukan Sektor Pertanian BangkaKategori: Kepri - Dibaca: 647 kali

Baca Juga:Polsek Cisaat Siaga Dalam KinerjaDisdikpora Cimahi Alokasikan Dana Rp 2,4 MiliarManajemen SMKN 53 Jakarta Gelar Tatap Muka Dengan Orang Tua SiswaWisata Budaya Sianjur Mula-Mula Pusuk Buhit Samosir

Salah satu bukti adalah Kabupaten Bangka disebut sebagai daerah yang mempunyai lahan
cetak sawah baru terbanyak se Provinsi Babel.

Bangka, Jaya Pos

Kabupaten Bangka Pro­vinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) dibawah kepemimpinan Bupati Bangka Ir H Tarmizi Saat MM dan Wakil Bupati Drs Rustamsyah tetap konsisten dalam memajukan sektor pertanian sesuai dengan salah satu mi­sinya mewujudkan pertanian yang tangguh.

Salah satu bukti adalah Kabupaten Bangka disebut sebagai daerah yang mempunyai lahan cetak sawah baru terbanyak se Provinsi Babel dan terus melakukan penanaman padi sawah dan padi ladang. Selain itu juga pada bulan Maret 2018 akan dilakukan penananaman se­rentak penanaman jagung di lahan persawahan yang telah selesai di panen.

Bupati Bangka Ir H Tarmizi Saat MM ketika menghadiri panen padi di Desa Kemuja Mendobarat, Sabtu siang (27/1) mengatakan bahwa untuk penanaman padi, Kabupaten Bangka sudah melakukan cetak sawah sekitar 4 ribu hektar yang mana untuk padi sawah 3 ribu dan padi ladang sekitar seribu hektar.

Dengan harga beras yang terus meningkat, tanaman padi adalah kepentingan sendiri yang bermanfaat untuk masyarakat sendiri karena kalau sudah mempunyai sawah maka minimal tidak membeli beras lagi.

“Sawah sangat penting. Anggaran persawahan tahun 2018 ada di Puding Besar sekitar 600 juta. Pangkal Niur Lama, Pangkal Niur dan Banyu Asin ada anggaran sekitar 5 miliar untuk irigasi,” ungkap Bupati Bangka.

Untuk itulah, setelah panen padi selesai pada akhir Februari, Bupati menyiapkan solar dan meminjam traktor kepada TNI serta hand traktor di Dinas Pertanian untuk melakukan penanaman jagung di lokasi persawahan Kemuja seluas 150 hektar untuk ditanam jagung pada bulan Maret.

Kepada para petani juga diharapkan minimal sebagian warga yang menanam padi tidak lagi membeli beras karena sudah tersedia berkat kerja kerasnya menanam padi dan tidak usah memikirkan bisa swasembada beras karena lambat laun jika terus digiatkan maka dengan sendirinya akan swasembada beras.

“Apa yang sudah diprogramkan harus terus dilaksanakan karena hasilnya akan terlihat di masa depan sebab kita sudah menyiapkan persawahan,” ujarnya.

Bupati juga menghimbau kepada alim ulama agar memberi semangat kepada para pemuda untuk menggiatkan pertanian. “Pemkab Bangka akan memberikan mobil operasional bagi kelompok tani yang berprestasi,” ungkap Bupati Bangka.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Bangka Kemas Arfani Rahman mengucapkan terima kasih kepada Gapoktan dan Kades Kemuja yang telah berhasil mengolah pertanian sawah (cetak sawah baru) seluas 321 hektar. Dimana, diantaranya baru ditanam sekitar setengahnya karena terkendala kondisi alam yang membuat lahannya terendam.

Untuk itu, pihaknya mengaku akan mempelajari sistem menanam padi dengan lahan tergenang air atau yang disebut sistem Lebak Lebon sehingga kendala alam tidak menjadi masalah. “Yang penting kita ada niat. Untuk tahun 2018 kita target tanaman padi lebih 5 ribu hektar baik padi sawah dan ladang. Untuk jagung minimal 700 hektar. Tergantung kita mau atau tidak dan dikerjakan oleh gapoktan,” ungkap Kemas Arfani Rahman.

Dalam kegiatan tersebut juga dihadiri Kasdim 0413 Bangka, perwakilan kepolisian, PKK, para Kades, Gapoktan, para kepala OPD Pemkab Bangka, masyarakat, serta tamu undangan.(Oby)

 


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerProyek Kawasan Wisata Penataran Blitar Abaikan Spek Kadis dan Satker Disbudpar Lempar Tanggung Jawab (59472)Kejanggalan Pengadaan Barang dan Jasa di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kab Sidoarjo Terciu (51339)Walikota Tanjungbalai Hadiri Seminar Nasional Yang Diselenggarakan Pusat Kajian Selat Malaka USU Me (38577)Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (14816)Perempuan Misterius Titip Bayi, Gegerkan Warga Kolelet Picung (14118)BPPT MoU Dengan Pemkab Natuna Kaji Pemanfaatan Teknologi Guna Mendukung Percepatan Pembangunan Dae (13930)Sepasang Kekasih Tewas Di Hotel Kisaran (13682)Kejahatan Freddie Tan, Menjual Aset Triliunan Milik Pemprov DKI Jakarta (13117)Sintong Gultom Bubarkan Rapat Banmus DPRD Setiran Bonaran Situmeang (10462)Perselingkuhan Antar Kepsek Akhirnya Terbongkar (9111)
Bedah JayaposDana Pokir Desa Bojonegara Diduga Dijadikan Ajang BancakanSubang, Jaya Pos Para pelaku tindak pidana korupsi bukan orang-orang susah yang butuh uang buat bayar sewa ...


Korupsi Dana Desa, Dua Oknum Kades Asal Sukabumi DihukumMasyarakat Minta Bupati Turun Tangan Selesaikan Kasus Penutupan Jalan Pengadaan Alat Timbang DAK Ketapang, Kadisperindag Diduga Lakukan Pembohongan PublikProyek Siluman: Galian C dan Klaser di Desa Treman Diduga Tidak Memiliki Izin Proyek Lapangan Sepak Bola Konvensional Pagesangan Diduga Menyimpang, Dispora Surabaya Lakukan PembMantan Plt Camat Kapuas Murung Divonis 4 Tahun Penjara, Denda 200 JutaPelebaran Jalan Lingkar Samosir Kurang Profesional
Laporan KhususBupati Sergai Gelar Halal Bihalal Bersama Ratusan Masyarakat Perbaungan dan Pantai CerminSergei, Jaya Pos Bupati Sergai, H Soekirman gelar halal bihalal bersama Camat Perbaungan dan Camat Pantai ...


Meriahkan HUT Ke-235 Kota Pekanbaru, SMPN 35 Pekanbaru Gelar Lomba Permainan TradisionalSilaturahmi Masyarakat di Hamparan Perak Berjalan BaikWaasops Panglima TNI Cek Kesiapan Akhir Satgas Yonif 406/Ck Pamtas RI-PNGBupati Banyumas Nominator Penerima Satyalencana PembangunanUhum Dalam Kehidupan Masyarakat BatakFachrori Umar Sebut Danau Sipin Siap Untuk Gelaran Kejurnas DayungKorem 071/Wk Halal Bihalal Pererat Silaturahmi dan Kebersamaan