Senin, 12 Maret 2018 - 06:58:35 WIB
Sukseskan Pilkada Kabupaten Pasuruan, KPU Optimalkan Persiapan di Setiap Tahapan PilkadaKategori: Jawa Timur - Dibaca: 149 kali

Baca Juga:Warga Leuwicingcin Dambakan Jembatan Penyeberangan PermanenBandar Sabu Status Tahanan MelahirkanAda Korupsi di Sudin Kesmas Jakarta BaratBUMN PPKS Unit Marihat Kangkangi Izin Galian C dan Perpres 54/2010

Pasuruan, Jaya Pos

Untuk menyukseskan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Pasuruan yang akan dilaksanakan pada 27 Juni 2018 mendatang, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pasuruan intens mempersiapkan beberapa tahapan serta terus bersinergi dengan beberapa penyelenggara pemilu lainnya, baik KPU RI, KPU Provinsi maupun dengan tim lainnya. Seperti Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Panitia Pemungutan Suara (PPS), Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) dan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS).

Menurut Winaryo Sujoko SP Ketua KPU Kabupaten Pasuruan, diantara persiapan yang terus dimaksimalkan saat ini yakni proses pelelangan Alat Peraga Kampanye (APK) melalui Unit Layanan Pengadaan (ULP) sistem Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE). Adapun jenis APK, baleho, umbul-umbul, spanduk dan bahan kampanye yaitu liflet.

“Saat ini kami sudah melelang APK secara LPSE, seperti baleho ukuran 4x6 meter, umbul-umbul yang akan disebar di setiap Kecamatan, spanduk serta liflet bahan kampanye,” jelasnya ketika dikonfirmasi Dinas Kominfo Kabupaten Pasuruan, Kamis (1/3/2018).

Di sisi lain, KPU Kabupaten Pasuruan juga mempersiapkan kampanye yang akan dilaksanakan selama 129 hari terhitung mulai tanggal 15 Februari 2018 sampai 23 Juni 2018. Berikut menggelar sosialisasi dengan mengundang Kapolres dan Wakapolres Pasuruan, Sekretaris Daerah, Camat se-Kabupaten Pasuruan, sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait serta PPK se-Kabupaten Pasuruan.

Targetnya, mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Pasuruan yang punya hak pilih agar dapat menggunakannya dengan baik di masing-masing TPS yang telah ditentukan.

Adapun tahapan Pilkada Kabupaten Pasuruan diawali penetapan pasangan calon yang telah dilaksanakan pada tanggal 12 Februari 2018 yang kemudian menetapkan pasangan Irsyad Yusuf-Mujib Imron (Adjib) sebagai pasangan calon tunggal. Pasangan tersebut diusung oleh hampir seluruh partai pemilik kursi di DPRD Kabupaten Pasuruan yaitu PKB, Partai NasDem, Partai Golkar, Partai Gerindra, PPP, PKS, Partai Hanura dan PDI Perjuangan.

Masa kampanye dan debat publik dilakukan selama kurang lebih 4 bulan yakni mulai tanggal 15 Februari 2018 sampai 23 Juni 2018.

Pada tahapan selanjutnya dilakukan masa tenang dan pembersihan alat peraga kampanye pada tanggal 24-26 Juni 2018, disusul pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara satu hari setelahnya yakni 27 Juni 2018. Langkah selanjutnya adalah rekapitulasi hasil penghitungan suara pada tanggal 28 Juni 2018 sampai 6 Juli 2018.

Sebelumnya, tahapan Pilkada dimulai dengan pembentukan PPK dan PPS pada tanggal 12 Oktober 2018 sampai 11 November 2018 yang dilanjutkan dengan pembentukan KPPS pada tanggal 3 April 2018 sampai 3 Juni 2018.

Dari 2.380 Tempat Pemungutan Suara (TPS), penyelenggaraan Pilkada Kabupaten Pasuruan akan dibantu oleh tim Adhock yang terdiri dari 21.420 orang KPPS dan Linmas dan 2.380 orang PPDP untuk 365 desa. Berikut 2.190 orang PPS dan tim sekretariat dan 216 orang yang bertugas sebagai PPK.(A.Za/wio)


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerKejanggalan Pengadaan Barang dan Jasa di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kab Sidoarjo Terciu (36863)Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (13338)BPPT MoU Dengan Pemkab Natuna Kaji Pemanfaatan Teknologi Guna Mendukung Percepatan Pembangunan Dae (12715)Perselingkuhan Antar Kepsek Akhirnya Terbongkar (7889)Mandi Seperti Manusia Petugas Yakin Bonita Adalah Harimau 'Jadi-Jadian' (5237)Tujuh Komoditas Unggulan Dinas Perkebunan Propinsi Jawa Timur (4483)Dua Siswa Kelas 3 SMKN Tutur Dikeluarkan, Disuruh Buat Pernyataan Pengunduran Diri (3809)PT IIGF Adakan Baksos di Desa Telajung (3548)Pengusaha Ayam Goreng Karawaci Rugi Rp 28 Juta (3472)Proyek KA di Sulsel Membawa Petaka, Danyon Zipur Jadi Tersangka (3400)
Bedah JayaposKorupsi Di Disdik Jabar ? Asep Suhanggan : Saya Punya Saudara JaksaBANDUNG, JAYA POS – Dengan anggaran gemuk Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat rentan ...


Warga Desa Indrajaya Komplain Pengerjaan JalanProyek Baja Ringan SMPN 9 Purwakarta Diduga Asal-asalan, Disdik Segera Tegur PemborongPengawasan Dinas Lemah, Inspeksi Tanggul Urukan Pantai Kenjeran (Bronjong) Asal JadiProyek Rp 14 M Lebih Kawalan TP4D Kajati Kalteng Terindikasi Tak Sesuai KontrakProgram BSPS Tahun 2017, Diduga Langgar Peraturan Kemen PUPRProyek Irigasi Banda Usang Di Siguhung Terkesan AmburadulApotik Intan Farma Diduga Jual Obat Diatas HET, Imodium Dijual Rp 145 Ribu, Apotik Lain Rp 91 Ribu
Laporan KhususPT Semen Baturaja (Persero) Tbk. ...


Jelang Lebaran, Harga Stabil di Mendobarat dan MerawangPemkab Mojokerto Kembali Pertahankan Gelar WTPPT Inalum Bagikan Paket Sembako Gratis kepada WargaPelantikan Pejabat Tinggi Pratama Kabupaten Samosir DigelarBupati Dan Ketua TP- PKK Tanjab Barat, Bagikan Zakat MalPUBLIKASI KINERJA DINAS SOSIAL KABUPATEN BOGOR TAHUN 2018WTP Ke Enam Anugerah Terindah Bagi Kabupaten Tanah Datar