Senin, 12 Maret 2018 - 06:58:35 WIB
Sukseskan Pilkada Kabupaten Pasuruan, KPU Optimalkan Persiapan di Setiap Tahapan PilkadaKategori: Jawa Timur - Dibaca: 188 kali

Baca Juga:Warga Leuwicingcin Dambakan Jembatan Penyeberangan PermanenBandar Sabu Status Tahanan MelahirkanAda Korupsi di Sudin Kesmas Jakarta BaratBUMN PPKS Unit Marihat Kangkangi Izin Galian C dan Perpres 54/2010

Pasuruan, Jaya Pos

Untuk menyukseskan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Pasuruan yang akan dilaksanakan pada 27 Juni 2018 mendatang, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pasuruan intens mempersiapkan beberapa tahapan serta terus bersinergi dengan beberapa penyelenggara pemilu lainnya, baik KPU RI, KPU Provinsi maupun dengan tim lainnya. Seperti Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Panitia Pemungutan Suara (PPS), Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) dan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS).

Menurut Winaryo Sujoko SP Ketua KPU Kabupaten Pasuruan, diantara persiapan yang terus dimaksimalkan saat ini yakni proses pelelangan Alat Peraga Kampanye (APK) melalui Unit Layanan Pengadaan (ULP) sistem Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE). Adapun jenis APK, baleho, umbul-umbul, spanduk dan bahan kampanye yaitu liflet.

“Saat ini kami sudah melelang APK secara LPSE, seperti baleho ukuran 4x6 meter, umbul-umbul yang akan disebar di setiap Kecamatan, spanduk serta liflet bahan kampanye,” jelasnya ketika dikonfirmasi Dinas Kominfo Kabupaten Pasuruan, Kamis (1/3/2018).

Di sisi lain, KPU Kabupaten Pasuruan juga mempersiapkan kampanye yang akan dilaksanakan selama 129 hari terhitung mulai tanggal 15 Februari 2018 sampai 23 Juni 2018. Berikut menggelar sosialisasi dengan mengundang Kapolres dan Wakapolres Pasuruan, Sekretaris Daerah, Camat se-Kabupaten Pasuruan, sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait serta PPK se-Kabupaten Pasuruan.

Targetnya, mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Pasuruan yang punya hak pilih agar dapat menggunakannya dengan baik di masing-masing TPS yang telah ditentukan.

Adapun tahapan Pilkada Kabupaten Pasuruan diawali penetapan pasangan calon yang telah dilaksanakan pada tanggal 12 Februari 2018 yang kemudian menetapkan pasangan Irsyad Yusuf-Mujib Imron (Adjib) sebagai pasangan calon tunggal. Pasangan tersebut diusung oleh hampir seluruh partai pemilik kursi di DPRD Kabupaten Pasuruan yaitu PKB, Partai NasDem, Partai Golkar, Partai Gerindra, PPP, PKS, Partai Hanura dan PDI Perjuangan.

Masa kampanye dan debat publik dilakukan selama kurang lebih 4 bulan yakni mulai tanggal 15 Februari 2018 sampai 23 Juni 2018.

Pada tahapan selanjutnya dilakukan masa tenang dan pembersihan alat peraga kampanye pada tanggal 24-26 Juni 2018, disusul pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara satu hari setelahnya yakni 27 Juni 2018. Langkah selanjutnya adalah rekapitulasi hasil penghitungan suara pada tanggal 28 Juni 2018 sampai 6 Juli 2018.

Sebelumnya, tahapan Pilkada dimulai dengan pembentukan PPK dan PPS pada tanggal 12 Oktober 2018 sampai 11 November 2018 yang dilanjutkan dengan pembentukan KPPS pada tanggal 3 April 2018 sampai 3 Juni 2018.

Dari 2.380 Tempat Pemungutan Suara (TPS), penyelenggaraan Pilkada Kabupaten Pasuruan akan dibantu oleh tim Adhock yang terdiri dari 21.420 orang KPPS dan Linmas dan 2.380 orang PPDP untuk 365 desa. Berikut 2.190 orang PPS dan tim sekretariat dan 216 orang yang bertugas sebagai PPK.(A.Za/wio)


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerKejanggalan Pengadaan Barang dan Jasa di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kab Sidoarjo Terciu (50563)Proyek Kawasan Wisata Penataran Blitar Abaikan Spek Kadis dan Satker Disbudpar Lempar Tanggung Jawab (33784)Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (13807)Perempuan Misterius Titip Bayi, Gegerkan Warga Kolelet Picung (13339)BPPT MoU Dengan Pemkab Natuna Kaji Pemanfaatan Teknologi Guna Mendukung Percepatan Pembangunan Dae (12965)Kejahatan Freddie Tan, Menjual Aset Triliunan Milik Pemprov DKI Jakarta (12216)Perselingkuhan Antar Kepsek Akhirnya Terbongkar (8278)Sintong Gultom Bubarkan Rapat Banmus DPRD Setiran Bonaran Situmeang (5791)Tujuh Komoditas Unggulan Dinas Perkebunan Propinsi Jawa Timur (5597)Mandi Seperti Manusia Petugas Yakin Bonita Adalah Harimau 'Jadi-Jadian' (5514)
Bedah JayaposKades Cimanis - Sobang Diduga Korup Dana DesaPandengglang, JAYAPOS - Berawal dari pengaduan warga Desa Cimanis, Kec, Sobang yang tidak mau ...


Proyek Jalan Usaha Tani Senilai Ratusan Juta di Desa Brayung Kecamatan Puri HancurDiduga Ada Konspirasi, Bantuan Hibah Ternak Sapi 2017 MencurigakanCinta Sejati Berakhir di Balik Jeruji, Pelaku Pengeroyokan Malah Tidak Terjamah HukumEmbung Tanpa AirCV. Dewi Lestari Ketapang Diduga Mark-Up Proyek Jalan Usaha TaniPolisi Kecolongan, Ribuan Potong Kayu Log Ilegal lolosAMP Milik PT AKI Disinyalir Tidak Mengantongi Izin
Laporan KhususMasuk DCT, Pande-Iroot Siap Perjuangkan Aspirasi Rakyat MiskinManado, JAYAPOS -  Rasa syukur diungkapkan oleh Steven Pande-iroot salah satu Calon ...


Bulan Dana PMI Banyumas Targetkan 1,25 MRaih WTP 7 Kali, Pemkab OKI: Dampaknya untuk MasyarakatApel Akbar dan Pawai Muharram Terbesar Diikuti Ribuan SantriDanrem 071/Wk Juara 3rd Place "U Grade" IPSC Level III Standard DivisionRibuan Santri Banyumas Ikuti Pawai Taaruf Sambut Tahun BaruDrs Klusen Ketua Timses Kab MelawiSambut Tahun Baru Hijriyah, Bupati Banyumas Tabuh Bedug