Kamis, 15 Maret 2018 - 07:22:41 WIB
Pembangunan Gedung Cargo di Dishub Provinsi Jatim Dikorupsi?Kategori: Bedah Jaya Pos - Dibaca: 174 kali

Baca Juga:SDN 21 Desa Parit Keladi Direhab TotalPT Ciomas Unit Sidoarjo Diduga Produksi Makanan HaramWarga Leuwicingcin Dambakan Jembatan Penyeberangan PermanenBandar Sabu Status Tahanan Melahirkan

Surabaya, Jaya Pos

Pekerjaan pembangunan gedung cargo di instansi Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Jatim) satuan kerja (Satker) Dinas Perhubungan yang berlokasi di Kabupaten Malang dengan pagu anggaran Rp 12.637.000.000, HPS Rp 12.619.500.000 dan harga penawaran Rp 11.781.000.000 yang dimenangkan PT Karya Singasari Abadi beralamat di Pondok Blimbing Indah C6 No 9 Malang Kota dalam pelaksanaanya dinilai banyak penyimpangan bahkan menghilangkan sebagian volume pekerjaan serta beberapa item pekerjaan dikurangi kualitas pekerjaan dengan sengaja oleh kontraktor (penyedia jasa).

Dari hasil monitoring dan investigasi yang dilakukan LSM WAR (Wadah Aspirasi Rakyat) serta unsur konsultan di lokasi kegiatan, ditemukan beberapa pengurangan volume dan kualitas pekerjaan seperti pada item pekerjaan pavingisasi, drainase, serta pemasangan pagar BRC juga pemasangan penangkal petir.

Dalam pelaksanaan pekerjaan pavingisasi yang terletak di halaman gedung cargo ditemukan beberapa penyimpangan yang menjurus pada pengurangan kualitas dan penghilangan salah satu unsur teknik pavingisasi pada tingkat pemadatan, sama sekali tidak dilakukan oleh kontraktor.

Terbukti permukaan paving tampak bergelombang dan dari bekas endapan tanah yang terbawa oleh air hujan juga tampak permukaan paving tidak rata. Yang lebih memprihatinkan lagi, salah satu unsur teknik pemasangan paving dihilangkan oleh kontraktor.

Atas pengurangan kualitas pekerjaan, diperkirakan negara dirugikan hingga ratusan juta rupiah. Dimana pekerjaan drainase (saluran) juga sangat jauh dari spesifikasi teknik yang telah disepakati dalam kontrak antara penyedia jasa dan pengguna jasa.

Dengan itikat yang buruk, kontraktor juga menghilangkan item pekerjaan sandfill (pasir padat) dan lantai kerja berupa rabat beton setebal 7 cm dibawah pasangan drainase dengan mutu beton K 175. Ini semua diduga sengaja dilakukan oleh kontraktor dengan tujuan untuk mencari keuntungan diluar batas kewajaran dengan jalan melawan hukum.

Masih dari hasil monitoring dan investigasi di lapangan, pelaksanaan item pekerjaan pagar BRC juga sangat jauh dari spektek yang ditentukan dalam kontrak kerja. Pagar tampak rapuh dan bila diberi sedikit tekanan pagar goyah dan hal ini jelas membuktikan bahwa teknik pemasangan pagar BRC, bahan baku pagar dan pipa penyangga pagar tidak sesuai dengan spesifikasi teknik. Dimana pipa sangat tipis dan terlihat ringkih, diduga kuat dalam proses pemasangan pipa kontraktor tidak memasang angkur pada kedalaman tanah.

Pekerjaan dinding dalam HPS yang dijadikan pijakan PPK untuk merilis lelang pekerjaan terdapat perhitungan sekat dinding partisi dan sekat diding batu bata. Aanya perbedaan harga partisi dan batu bata yang cukup signifikan membuat kontraktor pelaksana memilih yang termurah dan termudah dan hemat waktu.

Dari lima ruangan yang ada di gedung kargo seharusnya bersekat 3 ruangan dengan batu bata sedang 2 ruangan bersekat partisi, namun oleh kontraktor melaksanakanya dengan sekat partisi terhadap ke 5 ruangan dalam pekerjaan ini, dan masih banyak penyimpangan yang menjurus pada tindak pidana korupsi pada pekerjaan tersebut.

Sementara Kepala Bidang PPK Transportasi dan Multi Moda Provinsi Jawa Timur Kurniawan yang dihubungi lewat telepon selulernya, Kamis (8/3) sama sekali tidak mau mengangkat teleponnya. Demikian halnya Kasi Sherlita yang dimintai konfirmasi melalui aplikasi whatsApp juga tidak mau merespon meskin pesan terkirim telah dibaca. Bahkan surat dari LSM WAR tertanggal 22 Januari 2018 sama sekali tidak ditanggapi.

Terpisah, Ketua LSM WAR Ir Didik Wahono SH MSi, Kamis lalu kepada Jaya Pos di kantornya berjanji akan segera membawa kasus yang merugikan negara hingga miliaran rupiah tersebut ke ranah hukum walau saat ini belum memasuki masa FHO (Final Hand Over) atau serah terima akhir. “Namun setidaknya bila segera ditangani guna mencegah kerugian negara lebih jauh,” tandasnya.(ZEIN)


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerDinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (13168)BPPT MoU Dengan Pemkab Natuna Kaji Pemanfaatan Teknologi Guna Mendukung Percepatan Pembangunan Dae (12610)Kejanggalan Pengadaan Barang dan Jasa di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kab Sidoarjo Terciu (8574)Perselingkuhan Antar Kepsek Akhirnya Terbongkar (7726)Mandi Seperti Manusia Petugas Yakin Bonita Adalah Harimau 'Jadi-Jadian' (5102)Dua Siswa Kelas 3 SMKN Tutur Dikeluarkan, Disuruh Buat Pernyataan Pengunduran Diri (3638)PT IIGF Adakan Baksos di Desa Telajung (3474)Proyek KA di Sulsel Membawa Petaka, Danyon Zipur Jadi Tersangka (3276)PT Jembatan Nusantara Melakukan Pembohongan Terhadap Pelamar Pekerjaan (2265)Menuju Sumut 1 Djarot-Sihar Diunggulkan (2232)
Bedah JayaposPelebaran Jalan Rantepao-Palopo Senilai 141,6 M BermasalahSeharusnya proyek ini sudah berakhir pada Desember 2017 lalu, hingga memasuki tahun 2018, pekerjaan belum ...


Bibit Tanaman Bantuan Diembat Kabid dan PNS Perikanan dan Ketahanan PangaProyek Penataan Halaman Rusun di Kapuas Senilai Rp 1,3 M Terindikasi KKNAbaikan Persyaratan Dokumen Kontrak, CV. MGA Harus Bertanggung JawabPolsek Kualuh Hulu Diduga Tangkap Lepas Pemain JudiAPBDeS Balong Garut Dikorupsi ? (BAG. 3)Geruduk Kantor Bupati dan DPRD, Kampak Tuntut Sekda dan Kepala BPKPSDM Kembalikan Uang PungliBukan Hanya Sarat Pungli, Pengangkatan Pramubakti Di Kantor Kemenag Pandeglang Berbau Nepotisme
Laporan KhususDandim Salim 0304 Agam Lakukan Kegiatan Peduli Lingkungan Danau Maninjau Dan Berbagi KasihAgam, Jaya Pos Program kegiatan Peduli Lingkungan Danau Maninjau Kab.Agam Sumatera Barat dilakukan oleh ...


Rumahnya Dibangun, Napiah Berterimakasih Kepada Tim Wasev Kodam IV/DiponegoroDan TNI AL Adakan Kegiatan Terjun PayungTujuh Dinas Usul Perubahan AnggaranNiat Terpangil Meriahkan Penutupan TMMD Dengan Tari Rampak PurbalinggaKabupaten Ciamis Siap Kembali Meraih Adipura Kali Ke 9 71 Desa di Ciamis Terima Dana DesaBNN Kota Manado Giat Pengembangan Kapasitas P4GN di Instansi Pemerintah