Kamis, 15 Maret 2018 - 07:30:48 WIB
Garap Mega Proyek, Tangsel Wujudkan Ikon KotaKategori: Laporan Khusus - Dibaca: 259 kali

Baca Juga:SDN 21 Desa Parit Keladi Direhab TotalPT Ciomas Unit Sidoarjo Diduga Produksi Makanan HaramWarga Leuwicingcin Dambakan Jembatan Penyeberangan PermanenBandar Sabu Status Tahanan Melahirkan

Jaya Pos, Tangsel

Obsesi Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Pemkot Tangsel) dalam mewujudkan ikon kota sebagai kota yang bermotto cerdas, modern dan religius sepertinya bukan isapan jempol semata. Tahun ini Pemkot Tangsel melalui Dinas Bangunan dan Penataan ruang

(DBPR) kota Tangerang Selatan (Tangsel) akan mengerjakan beberapa mega proyek terdiri dari gedung perkantoran maupun non perkantoran. Semua pembangunan ini dijadikan sebagai ikon Tangsel. Misalnya pembangunan gedung 3 RSU Kota Tangsel, bangunan ini bakal menjadi ikon gedung kesehatan di kota Tangsel.

Kepala Dinas DBPR Kota Tangsel Dendy Priandana mengatakan, mega proyek lain yang akan dibangun adalah gedung inovasi center UMKM, gedung DPMPTSP, gedung perpustakaan dan melanjutkan pembangunan menara pandang serta melanjutkan kawasan pertanian terpadu. “Pembangunan ada yang baru, meneruskan dan multiyears,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Bangunan Perkantoran pada DBPR Kota Tangsel Dedeng Afriyanto mengatakan, tahun ini, 11 pekerjaan yang akan dilakukan baik kelanjutan maupun baru. “Mulai dari pembangunan kantor kelurahan sampai pembangunan gedung Kejaksaan Negeri Kota Tangsel,” ujarnya.

Dedeng menambahkan, tahun ini bidangnya akan melanjutkan pembangunan gedung pusat pelayananan kesehatan terpadu (PPKT), sarana prasarana (Sapras) serta meneruskan pembangunan mesjid Puspem.

Selain itu pihaknya juga bakal melanjutkan pembangunan menara pandang, sapras parkir puspem, pembangunan dua kantor kelurahan dan gedung DPRD tahap IV. Sedangkan untuk pembangunan gedung baru, yakni pembangunan lima kantor kelurahan, gedung Depo Arsip, gedung BNN, gedung Pelayanan Perizinan Masyarakat (DPMPTSP) dan gedung perpustakaan. “Pembangunan Depo Arsip, Kejaksaan dan DPMPTSP, semua dilakukan secara multiyears yakni 2018-2019,” tambahnya.

Masih menurut Dedeng, untuk meneruskan pembangunan dan membangun gedung perkantoran baru, DBPR Kota Tangsel tahun ini menyiapkan anggaran sebesar Rp 240 miliar. Anggaran tersebut lebih besar dari tahun lalu yang hanya Rp 213 miliar.

Pria ramah tersebut menjelaskan, 2017 bidang perkantoran juga telah mengerjakan beberapa bangunan, yakni, melanjutkan pembangunan 4 kantor kelurahan dan membuat baru kantor Kelurahan Pondok Jagung Timur dan membuat aula Kelurahan Ciputat. “Kita melanjutkan pembangunan gedung DPRD tahap 3, membangun gedung PPKT, melanjutkan pembangunan mesjid Puspem, membangun Menara Pandang juga melanjutkan sapras Puspem, gedung Parkir Puspem, gedung tiga Puspem dan melengkapi interior gedung 3 Puspem,” jelasnya.

Sementara itu, untuk bangunan non perkantoran DBPD Kota Tangsel akan membangun mega proyek. Setidaknya ada empat mega proyek yang akan dibangun Pemkot Tangsel, baik bangunan baru dan multiyears.

Kepala Bidang Bangunan Non Perkantoran pada DBPR Kota Tangsel Buana Mahardhika mengatakan, untuk membangun RSU Tangsel gedung tiga, anggaran yang disediakan sebesar Rp 180 miliar. “Desain gedung tiga mengalami perubahan dan akan dibangun tahun ini,” ujarnya.
Buana menambahkan, RSU gedung tiga nantinya akan dibangun 7 lantai serta dilengkapi ruang bedah, UGD, PICU, dan menyediakan 120 ruang inap dan lainnya. Untuk gedung inovasi Center UMKM akan dibangun 8 lantai.

Menurutnya, triwulan pertama lelang sudah dimulai dan diharapkan Triwulan kedua sudah dikerjakan. Sedangkan untuk kelanjutan kawasan pertanian terpadu akan dibangun di kawasan Tandon Ciater. “Nantinya disana akan dibangun kolam ikan, budidaya tanaman, peternakan unggas, menara pandang dan lainnya,” sebutnya. Dana yang disediakan sebesar Rp 20 miliar dan akan dibangun layaknya Taman Buah Mekar Sari.

DBPR kota Tangsel juga akan membangun Terminal Tipe C di pasar modern. Namun, pembangunan baru akan dilaksanakan jika lahan sudah siap dan dinas menerima kejelasan administrasinya.

Terminal Tipe C nantinya akan digunakan untuk naik atau turun penumpang dan DBPR menyediakan dana Rp 5 miliar.
Untuk fasilitas kesehatan, DBPR juga akan menambah gedung Puskesmas Pondok Ranji yang sudah ada, yakni penambahan ruang rawat dan poli. Sedangkan untuk pendidikan ada sekitar 7 SD yang dilanjutkan pembangunannya, 4 SMP dilanjutkan pembangunanya dan 1 SMP gedung baru.(Adv)


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerKejanggalan Pengadaan Barang dan Jasa di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kab Sidoarjo Terciu (50370)Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (13454)BPPT MoU Dengan Pemkab Natuna Kaji Pemanfaatan Teknologi Guna Mendukung Percepatan Pembangunan Dae (12783)Perselingkuhan Antar Kepsek Akhirnya Terbongkar (8009)Mandi Seperti Manusia Petugas Yakin Bonita Adalah Harimau 'Jadi-Jadian' (5335)Tujuh Komoditas Unggulan Dinas Perkebunan Propinsi Jawa Timur (4892)Proyek Kawasan Wisata Penataran Blitar Abaikan Spek Kadis dan Satker Disbudpar Lempar Tanggung Jawab (4573)Dua Siswa Kelas 3 SMKN Tutur Dikeluarkan, Disuruh Buat Pernyataan Pengunduran Diri (3947)Sintong Gultom Bubarkan Rapat Banmus DPRD Setiran Bonaran Situmeang (3797)PT IIGF Adakan Baksos di Desa Telajung (3616)
Bedah JayaposProgram PPLP di Dispora Jatim Jadi Ajang Korupsi ?Surabaya, JAYAPOS - Pemusatan Pelatihan Pelajar Provinsi Jawa Timur (PPLP) digulirkan sejak tahun ...


Kades Mekar Sari-Panimbang Diduga Manipulasi Data BSPS Kaum MiskinDana DAK Rehab, RKB dan Perpustakaan Sekolah Diduga Dipungli Hingga Ratusan Juta RupiahPerusakan Pagar Beton Diperintah Oleh TerdakwaPenggunaan Anggaran Pendidikan PAUD Mantan Pjs Mekar Jaya Diduga Tidak TransparanPungli di CV BB Travel Catut Nama Polres Penyidik Dilapor Ke Propam Polda KaltengPedestrian Merr-Kalidami Senilai Rp 3 Milyar Terkesan Asal JadiGalian C Desa Treman Kabupaten Minut Diduga Tidak Mengantongi Izin
Laporan KhususBuka Pekan Koperasi, Walikota Jabarkan Tiga Komponen ReformasiPekan koperasi yang digagas oleh DKUM Kota Depok ini mengusung tema koperasi bergerak bersama untuk ekonomi ...


Wagub Berikan Jawaban pada Rapat Paripurna DPRD Provinsi SumselBupati OKI Minta Polisi Tindak Tegas Pembakaran LahanSrikandi Pasegeran Multi Peran di TMMDSembako Malam Disalurkan Kepada Warga Sasaran TMMD BanjarnegaraPeringatan Harganas XXV Tahun 2018, Bupati Irdinansyah Peroleh Tanda Kehormatan Manggala Karya KencaSuport Ibu-ibu Karanggondang Luar Biasa "Tak Ragu Langsir Material"Pemprov Jambi Dukung Pelestarian Olahraga Tradisional dan Liga Santri