Sabtu, 17 Maret 2018 - 04:44:11 WIB
Kadis Kebersihan dan Lingkungan Diserbu Para BHLKategori: Sumatera Utara - Dibaca: 60 kali

Baca Juga:Pemkab Waykanan Dan Bukit Asam Teken MoU CSR Bantu Biaya SekolahKewenangan RW dan RT Kelurahan Sei Lekop Meresahkan Masyarakat SetempatSDN 21 Desa Parit Keladi Direhab TotalPT Ciomas Unit Sidoarjo Diduga Produksi Makanan Haram

Kaban Jahe, Jaya Pos

Ratusan buruh harian lepas (BHL) dari Dinas Kebersihan dan Lingku­ngan Hidup Kabupaten Karo, Sumatera Utara menuntut hak mereka yang belum diterima dari Januari sampai Maret 2018, Senin (12/3).

Para BHL tersebut mulai dari supir truk, pengangkut sampah, becak sampah, tukang sapu sampah hingga para mandor. Akibat dari aksi itu, satu unit mobil Dinas Lingkungan Hidup dibalikan oleh mereka di kantor dinas tersebut, tepatnya di Jln Letjen Jamin Ginting, Desa Ketaren, Kec, Kaban Jahe, akibat geram dengan janji-janji manis yang mereka terima dari dinas tersebut,terkait upah honor tak kunjung diberi.

Bahkan sampah juga dibiarkan bertebaran oleh mereka, “Sudah dalam dua bulan kami tidak menerima upah,janji saja kami dapatkan. Bila kami meminta upah kami mereka selalu ada alasan, sementara kesabaran kami juga ada batasnya,” ucap Marga Tarigan. “Jangan sampai terulang kembali seperti tahun yang lalu,” ungkap Cinting mendampingi BHL kepada Jaya Pos saat menuntut hak mereka.

Para BHL juga berjanji akan mengerahkan masa lebih dari yang sekarang. Karena belum semua BHL ikut. Mereka juga akan memaksa untuk menginap, apabila tuntutan mereka tidak segera dicairkan.”Kami akan tidur disini,” ucap seorang BHL. “Dan besoknya kami kerahkan lagi semua bila dinas lingkungan hidup tidak merespon tuntutan kami,mengigat jumlah kami sekitar 300 BHL untuk Kabupaten Karo,” ucapnya lagi.

Upah honor yang mereka terima juga bervariasi seperti mandor mencapai 2 jt/bulan dan tukang sapu jalan 1,908,360/bulan. Berdasarkan pantauan harian Jaya Pos, hingga sampai malam pukul 20 WIB para BHL itu masih bertahan di depan kantor tersebut.

Kepala Dinas, Timotius Ginting didampingi Kabid Kebersihan, Hotman Brahmana kepada BHL menjelaskan bahwa keterlambatan honor mereka akibat ketidak lengkapan adiministrasi dan berdampak pada keterlambatan upah. Maka melihat ancaman BHL yang akan bertahan hingga sampai besok pagi, bila mana tidak kunjung upah mereka terima, Timotius terus berupaya akan memberikan honor BHL tersebut. ”Malam ini akan kita usahakan keluar honor kalian, dan kita akan kerja sama dengan bendahara yang baru,” ucapnya.

Ditempat yang sama Jaya Pos sempat meminta tanggapan Ketua LSM KCBI Karo, Rudi Surbakti yang mengatakan ,”Seribu misteri dan harus diungkap OTT 2017, keterlambatan gaji supir pengangkut sampah.jangan bendahara yang lama bermasalah korbanya jadi BHL jangan jangan masih banyak yang lain seperti mau mau jadi supir harus pakai iming iming dan gara gara bendahara yang lama jadi korbanya para BHL yang menantikan gaji selama kurang lebih 3 bulan,” ujarnya. (Sumardo Hutabarat)


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerDinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (13168)BPPT MoU Dengan Pemkab Natuna Kaji Pemanfaatan Teknologi Guna Mendukung Percepatan Pembangunan Dae (12610)Kejanggalan Pengadaan Barang dan Jasa di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kab Sidoarjo Terciu (8573)Perselingkuhan Antar Kepsek Akhirnya Terbongkar (7726)Mandi Seperti Manusia Petugas Yakin Bonita Adalah Harimau 'Jadi-Jadian' (5102)Dua Siswa Kelas 3 SMKN Tutur Dikeluarkan, Disuruh Buat Pernyataan Pengunduran Diri (3638)PT IIGF Adakan Baksos di Desa Telajung (3474)Proyek KA di Sulsel Membawa Petaka, Danyon Zipur Jadi Tersangka (3276)PT Jembatan Nusantara Melakukan Pembohongan Terhadap Pelamar Pekerjaan (2265)Menuju Sumut 1 Djarot-Sihar Diunggulkan (2232)
Bedah JayaposPelebaran Jalan Rantepao-Palopo Senilai 141,6 M BermasalahSeharusnya proyek ini sudah berakhir pada Desember 2017 lalu, hingga memasuki tahun 2018, pekerjaan belum ...


Bibit Tanaman Bantuan Diembat Kabid dan PNS Perikanan dan Ketahanan PangaProyek Penataan Halaman Rusun di Kapuas Senilai Rp 1,3 M Terindikasi KKNAbaikan Persyaratan Dokumen Kontrak, CV. MGA Harus Bertanggung JawabPolsek Kualuh Hulu Diduga Tangkap Lepas Pemain JudiAPBDeS Balong Garut Dikorupsi ? (BAG. 3)Geruduk Kantor Bupati dan DPRD, Kampak Tuntut Sekda dan Kepala BPKPSDM Kembalikan Uang PungliBukan Hanya Sarat Pungli, Pengangkatan Pramubakti Di Kantor Kemenag Pandeglang Berbau Nepotisme
Laporan KhususDandim Salim 0304 Agam Lakukan Kegiatan Peduli Lingkungan Danau Maninjau Dan Berbagi KasihAgam, Jaya Pos Program kegiatan Peduli Lingkungan Danau Maninjau Kab.Agam Sumatera Barat dilakukan oleh ...


Rumahnya Dibangun, Napiah Berterimakasih Kepada Tim Wasev Kodam IV/DiponegoroDan TNI AL Adakan Kegiatan Terjun PayungTujuh Dinas Usul Perubahan AnggaranNiat Terpangil Meriahkan Penutupan TMMD Dengan Tari Rampak PurbalinggaKabupaten Ciamis Siap Kembali Meraih Adipura Kali Ke 9 71 Desa di Ciamis Terima Dana DesaBNN Kota Manado Giat Pengembangan Kapasitas P4GN di Instansi Pemerintah