Sabtu, 17 Maret 2018 - 04:44:11 WIB
Kadis Kebersihan dan Lingkungan Diserbu Para BHLKategori: Sumatera Utara - Dibaca: 149 kali

Baca Juga:Pemkab Waykanan Dan Bukit Asam Teken MoU CSR Bantu Biaya SekolahKewenangan RW dan RT Kelurahan Sei Lekop Meresahkan Masyarakat SetempatSDN 21 Desa Parit Keladi Direhab TotalPT Ciomas Unit Sidoarjo Diduga Produksi Makanan Haram

Kaban Jahe, Jaya Pos

Ratusan buruh harian lepas (BHL) dari Dinas Kebersihan dan Lingku­ngan Hidup Kabupaten Karo, Sumatera Utara menuntut hak mereka yang belum diterima dari Januari sampai Maret 2018, Senin (12/3).

Para BHL tersebut mulai dari supir truk, pengangkut sampah, becak sampah, tukang sapu sampah hingga para mandor. Akibat dari aksi itu, satu unit mobil Dinas Lingkungan Hidup dibalikan oleh mereka di kantor dinas tersebut, tepatnya di Jln Letjen Jamin Ginting, Desa Ketaren, Kec, Kaban Jahe, akibat geram dengan janji-janji manis yang mereka terima dari dinas tersebut,terkait upah honor tak kunjung diberi.

Bahkan sampah juga dibiarkan bertebaran oleh mereka, “Sudah dalam dua bulan kami tidak menerima upah,janji saja kami dapatkan. Bila kami meminta upah kami mereka selalu ada alasan, sementara kesabaran kami juga ada batasnya,” ucap Marga Tarigan. “Jangan sampai terulang kembali seperti tahun yang lalu,” ungkap Cinting mendampingi BHL kepada Jaya Pos saat menuntut hak mereka.

Para BHL juga berjanji akan mengerahkan masa lebih dari yang sekarang. Karena belum semua BHL ikut. Mereka juga akan memaksa untuk menginap, apabila tuntutan mereka tidak segera dicairkan.”Kami akan tidur disini,” ucap seorang BHL. “Dan besoknya kami kerahkan lagi semua bila dinas lingkungan hidup tidak merespon tuntutan kami,mengigat jumlah kami sekitar 300 BHL untuk Kabupaten Karo,” ucapnya lagi.

Upah honor yang mereka terima juga bervariasi seperti mandor mencapai 2 jt/bulan dan tukang sapu jalan 1,908,360/bulan. Berdasarkan pantauan harian Jaya Pos, hingga sampai malam pukul 20 WIB para BHL itu masih bertahan di depan kantor tersebut.

Kepala Dinas, Timotius Ginting didampingi Kabid Kebersihan, Hotman Brahmana kepada BHL menjelaskan bahwa keterlambatan honor mereka akibat ketidak lengkapan adiministrasi dan berdampak pada keterlambatan upah. Maka melihat ancaman BHL yang akan bertahan hingga sampai besok pagi, bila mana tidak kunjung upah mereka terima, Timotius terus berupaya akan memberikan honor BHL tersebut. ”Malam ini akan kita usahakan keluar honor kalian, dan kita akan kerja sama dengan bendahara yang baru,” ucapnya.

Ditempat yang sama Jaya Pos sempat meminta tanggapan Ketua LSM KCBI Karo, Rudi Surbakti yang mengatakan ,”Seribu misteri dan harus diungkap OTT 2017, keterlambatan gaji supir pengangkut sampah.jangan bendahara yang lama bermasalah korbanya jadi BHL jangan jangan masih banyak yang lain seperti mau mau jadi supir harus pakai iming iming dan gara gara bendahara yang lama jadi korbanya para BHL yang menantikan gaji selama kurang lebih 3 bulan,” ujarnya. (Sumardo Hutabarat)


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerProyek Kawasan Wisata Penataran Blitar Abaikan Spek Kadis dan Satker Disbudpar Lempar Tanggung Jawab (58981)Kejanggalan Pengadaan Barang dan Jasa di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kab Sidoarjo Terciu (50855)Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (14143)Perempuan Misterius Titip Bayi, Gegerkan Warga Kolelet Picung (13626)BPPT MoU Dengan Pemkab Natuna Kaji Pemanfaatan Teknologi Guna Mendukung Percepatan Pembangunan Dae (13294)Kejahatan Freddie Tan, Menjual Aset Triliunan Milik Pemprov DKI Jakarta (12577)Perselingkuhan Antar Kepsek Akhirnya Terbongkar (8608)Sintong Gultom Bubarkan Rapat Banmus DPRD Setiran Bonaran Situmeang (7703)Walikota Tanjungbalai Hadiri Seminar Nasional Yang Diselenggarakan Pusat Kajian Selat Malaka USU Me (7469)Sudah 4 Bulan Pegawai Kejaksaan RI Tidak Dapat Dana Remunerasi (6619)
Bedah JayaposGawat! Polisi Diduga Tangkap LepasPekanbaru,Jaya Pos Masyarakat Palamboyan, Kecamatan Tapung membeberkan adanya pe­nangkapan oleh ...


Proyek Pasar Rakyat Namang Diduga BermasalahLelang Proyek Kementerian PU Diduga Terjadi Praktik KKNDikonfirmasi Soal RTLH, Kadis Perkim Banten Jawabnya NgibulPerbaikan Bahu Jalan Link 157,158,160,162,163,164,165 Dikorupsi ?Mantan Kadis Kopumdag Dan Direktur CV Umrah Utama Dijebloskan Ke LapasBappeda Kab. Mojokerto Diduga Kuat Terlibat Penyelewengan Dan Pemalsuan Data Keuangan NegaraMafia Tanah Beraksi Di Bukit Timah Dumai, Jual Lahan Milik M Muhiddin
Laporan KhususBidang Intelijen Kejari Kabupaten Bandung Mendapatkan Penghargaan Terbaik di Wilkum Kejati JabarKab Bandung, Jaya Pos Kejaksaan Negeri Kabupaten Bandung menjadi yang terbaik dibidang intelijen untuk ...


Unit Bisnis TAM PDAM Tirtawening Layani Warga Bandung 24 JamDanrem 071/Wijayakusuma Kunjungan Kerja Sambil Olahraga dan Mempererat SilatuhamiAwal Tahun, Padang Panjang Juarai Kategori Kota Kecil Smart CityCapaian 6 Misi Pembangunan Meningkat, Fachrori Ajak Semua Pihak Bersinergi Membangun JambiNatal Sagala Raja Bere Ibebere, Boru Dihadiri DPRD Deli Serdang Rosmawati Sitanggang SHPersit Kartika Chandra Kirana Koorcab Rem 071 Ikuti Donor Darah Hari Juang Kartika 2018Mayjen TNI Mochamad Effendi Resmi Jabat Pangdam IV/Diponegoro