Selasa, 07 Agustus 2012 - 07:19:25 WIB
Tender Disdik Sibolga Dikondisikan, Panitia Tak Kunjung Umumkan Pemenang LelangKategori: Sumatera Utara - Dibaca: 439 kali

Baca Juga:Proyek PLN Resahkan Warga Desa Pal SembilanPetani Tembakau Dirgahayu Butuh Perhatian PemkabGemuruh Mesin PLTU 2 Banten Labuan Kejutkan Warga Saat Berbuka PuasaDisperindag Natuna Perkenalkan Produk Unggulan di Berbagai Pameran

Sibolga, Jaya Pos

Proses tender 10 paket proyek Pendidikan Dinas (Disdik) Sibolga, Sumatera Utara yang dilangsungkan baru-baru ini, kembali menuai protes dari sejumlah elemen masyarakat. Pasalnya hingga saat ini panitia tak kunjung mengumumkan pemenang tender.

Diduga hal itu sengaja dilakukan panitia tender, agar para rekanan pemenang dapat dikondisikan sesuai dengan hasil lobi-lobi yang dilakukan antara panitia tender dengan pihak rekanan.

Hal itu diungkapkan Aktivis Gerakan Masyarakat Pro Perubahan (GMPP) James Situmorang kepada sejumlah wartawan. James Situmorang mengungkapkan ketidaktransparanan panitia untuk menjadwalkan pengumuman pemenang tender, setidaknya membuktikan bahwa tender tersebut hanya formalitas yang pemenangnya sudah ditentukan.

Padahal lazimnya pada dokumen penawaran, harusnya proses tender mulai dari pengumuman pelelangan hingga pengumuman pemenang, sudah terjadwal secara tertulis.

Selain itu, aktivis yang getol mengkritisi kebijakan pemerintah melalui aksi unjuk rasa ini lanjut mengatakan untuk membongkar kolaborasi dan koorporasi kotor ini, pihaknya berkomitmen untuk mengawal proses dugaan tender rekayasa ini, hingga nantinya bila ditemukan bukti-bukti yang menjurus pada dugaan tindak pidana korupsi, kolusi dan nepotisme, maka pihaknya akan segera melaporkan panitia tender kepada pihak aparat hukum.

“Saat ini, kita sedang mengumpulkan data akurat, salah satunya tentang keengganan panitia untuk mengumumkan pemenang tender yang ditengarai sarat KKN. Padahal sudah satu bulan proses lelang (tender) dilangsungkan. Sehingga hal ini mengundang berbagai pertanyaan dari kalangan masyarakat.

Sementara pihak rekanan yang ikut memasukkan penawaran yang kita konfirmasi, juga pada kebingungan akibat lambatnya para pemenang tender diumumkan,” pungkas James.

Sementara, lanjut James Ketua Panitia tender Basarullah Lubis, setiap kali dikonfirmasi selalu berdalih bahwa pengumuman pemenang akan dilakukan pada minggu-minggu ini. Namun, tunggu punya tunggu sudah 4 (empat) minggu usai proses tender, panitia tak kunjung mengumumkan para pemenang tender.

Sehingga wajar saja berbagai pihak menilai, hal itu sengaja dilakukan oleh panitia, agar waktu luang itu dipergunakan untuk lobi-lobi terhadap para rekanan, agar saat pengumuman pemenang, pihak rekanan tidak melakukan sanggahan yang berakibat pembatalan pemenang paket proyek.

“Untuk itu, kita menegaskan sekaligus mendesak agar panitia tender segera mengumumkan pemenang, bila tidak ingin berurusan dengan pihak aparat hukum.

Bila panitia tetap merahasiakan jadwal pengumuman pemenang, maka tidak tertutup kemungkinan kita akan turun ke jalan (unjuk rasa) guna mendesak aparat hukum, baik kepolisian maupun kejaksaan setempat, agar melakukan penyelidikan terhadap proses tender akal-akalan itu yang berpotensi menghancurkan keuangan negara,” tugas James (JP/SS-86).


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerWalikota Tanjungbalai Hadiri Seminar Nasional Yang Diselenggarakan Pusat Kajian Selat Malaka USU Me (66450)Proyek Kawasan Wisata Penataran Blitar Abaikan Spek Kadis dan Satker Disbudpar Lempar Tanggung Jawab (60952)Kejanggalan Pengadaan Barang dan Jasa di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kab Sidoarjo Terciu (52716)Sintong Gultom Bubarkan Rapat Banmus DPRD Setiran Bonaran Situmeang (18423)Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (16281)Perempuan Misterius Titip Bayi, Gegerkan Warga Kolelet Picung (15541)BPPT MoU Dengan Pemkab Natuna Kaji Pemanfaatan Teknologi Guna Mendukung Percepatan Pembangunan Dae (15263)Sepasang Kekasih Tewas Di Hotel Kisaran (14952)Kejahatan Freddie Tan, Menjual Aset Triliunan Milik Pemprov DKI Jakarta (14712)Diduga Mabuk, Tarian Gemulai Siswi SMAN 1 Mojosari Mojokerto Viral (10931)
Bedah JayaposProyek Jl Pelang-Batu Tajam Ketapang Rp 56,4 M Terindikasi Gagal MutuKetapang, Jaya Pos Proyek Peningkatan Jalan Pelang-Batu Tajam yang dilaksanakan oleh PT Marga Mulya senilai ...


Kejari Kabupaten Bandung Setor Uang Pengganti Perkara Tipikor ke Kas NegaraDiduga Lakukan Pungli, Kepala Desa Dan Panitia PTSL Dilaporkan Ke Kejari PandeglangDiduga Belum Kantongi IMB, Pembangunan Tower Pemancar Dari Ratelindo Berjalan MulusPetugas Tahanan Kejari Kabupaten Bandung Amankan Pembesuk Bawa SabuDaud Pasaribu SH, : Fakta Persidangan, Objek Perkara Merupakan Harta Warisan Ibu Sinap Untuk PoniyemDewan Kunjungi Proyek 2.2 Milyar, Pelaksana Tuding Bekas PPK Persulit MerekaMerasa Dirugikan, Afrets Elat Melaporkan Keluarga Tumbel ke Polresta Manado
Laporan KhususKesakralan Gunung Pusuk Buhit Perlu DipertahankanCatatan Aliman Tua Limbong (Wartawan Jaya Pos) Menurut beberapa sumber penelitian, para ilmuwan, setelah ...


DPRD Muba Tanggapi Audiensi Baznas MubaSiap Tanggap Bencana, Kodim 0711 Pemalang Menamam Rumput VertiverPemkab Gumas Gelar Forum Konsultasi Publik Penyempurnaan Rancangan RKPD 2021Kabid Humas Polda Sulsel Silaturrahmi Dengan Wartawan MarosEbid Diana Putra: Kita Akan Wujudkan Masyarakat SejahteraPemkab Sukabumi Kembali Pertahankan Opini WTPBupati Gumas Lantik 12 Pejabat Struktural Kecamatan Manuhing