Jumat, 13 April 2018 - 10:27:59 WIB
Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bogor Peringati Hari Peduli Sampah Nasional Tahun 2018Kategori: Laporan Khusus - Dibaca: 83 kali

Baca Juga:Kemenhub Bangun Dua Bandara Baru Disulteng, Tahap II Pembangunan Terminal Penumpang Bandara MutiaraKP3L Pontianak Lakukan Penertiban Truk MuatanRazia Tanpa Plang di Pasar Cipulir, Sat Lantas Wilayah Jaksel Bikin MacetBelum Beroperasi, Kapal Bantuan DKP Rp 1,3 M Didaratkan

Dewasa ini jumlah penduduk di Kabupaten Bogor terus meningkat. Tahun 2017, diperkirakan jumlah penduduk Kabupaten Bogor meningkat dari 5.587.390 menjadi 5.715.009. Dengan bertambahnya jumlah penduduk, maka permasalahan lingkungan akan semakin kompleks. Salah satunya adalah jumlah timbulan sampah yang semakin meningkat.

Pengelolaan sampah se­suai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan serta partisipasi aktif seluruh elemen masyarakat dalam proses penyelenggaraan dan pengawasan di bidang pengelolaan sampah sangatlah penting untuk mewujudkan Kabupaten Bogor yang sehat dan bersih dari sampah. Pe­ngelolaan sampah diselenggarakan berdasarkan asas : tanggung jawab, berkelanjutan, kesadaran, kebersamaan, keselamatan, keamanan, nilai ekonomi, produk ramah lingkungan.

Berkaitan dengan itu, Dinas Lingkungan Hidup melaksanakan Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional. Kegiatan peringatan Hari Peduli Sampah Nasional 2018 dengan bertemakan SAYANGI BUMI BERSIHKAN DARI SAMPAH, yang bertujuan meningkatkan kepedulian dan peran aktif masyarakat Kabupaten Bogor mulai dari pribadi, komunitas sampai dengan perangkat dae­rah Kabupaten Bogor dalam mengelola sampah.
Kegiatan dilaksanakan selama 4 (empat) hari, yaitu pada tanggal 21 Februari 2018 bertempat di Gedung Tegar Beriman, Jl.Tegar Beriman Kec. Cibinong dan tanggal 23 s/d 25 Februari 2018 bertempat di Bumi Perkemahan Cimandala.
Kegiatan yang dilaksanakan pada tanggal 21 Februa­ri 2018 yaitu TALKSHOW dengan tema “ SWAKELOLA SAMPAH MENUJU EKONOMI KREATIF’ dihadiri oleh tamu undangan ±1000 orang, yang terdiri dari SKPD, Camat, Lurah/Desa, KODIM, TNI/POLRI, Perusahaan, Komunitas Lingkungan, LSM, Bank Sampah, Sekolah Adiwiyata dan Tokoh Lintas Agama. Talkshow dibuka oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Bogor, Bapak Drs. Adang Suptandar, Ak. MM., dan dilanjutkan dengan pembacaan deklarasi yang diikuti oleh seluruh peserta. Adapun isi deklarasi Kabupaten Bogor Bersih Sampah 2020 adalah :

DEKLARASI “KABUPATEN BOGOR BERSIH SAMPAH TAHUN 2020

Sebagai upaya menjaga lingkungan demi generasi mendatang yang lebih baik, kami, masyarakat Kabupaten Bogor bertekad mewujudkan Kabupaten Bogor Bersih Sampah tahun 2020, kami siap bersama-sama :

• Memilah sampah mulai dari sumbernya
• Mengelola sampah secara bertanggung jawab
• Berperan aktif dalam kegiatan pengelolaan sampah, guna mewujudkan Kabupaten Bogor Bersih Sampah tahun 2020

Tujuan kegiatan tersebut untuk mengajak seluruh lapisan masyarakat bersama-sama bergerak mengubah perilaku lama menjadi PANDAI (Pilah, Ambil Sampah, Nabung Sampah, Daur Ulang Sampah Agar Indah) lingkungan kita serta melaksanakan pengelolaan sampah mulai dari memilah sampah sampai dengan mendaur ulang sampah. Sosialisasi kebijakan pemerintah akan pengelolaan sampah (penanganan dan pengurangan) tersampaikan dan dapat berjalan mulai dari lini terkecil. Adanya kampung biopori dan clean up. Adapun sampah yang dihasilkan pada kedua kegiatan tersebut diangkut oleh truk sampah yang telah disediakan.

Sedangkan pelaksanaan kegiatan tanggal 23 s/d 25 Februari 2018 dihadiri oleh 300 Peserta yang berasal dari Pegiat Lingkungan, Pegiat Bank Sampah, Sekolah Adiwiyata dan Eco Village. Kegiatan ini berupa Jambore “Pos Pandai Greenvaganza 2018” dengan tujuan menjadikan Jambore sebagai ajang silaturahmi yang memiliki semangat Go-green berkelanjutan, wawasan masyarakat terhadap pengelolaan sampah meningkat.

Sasaran dari Kegiatan Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional antara lain :

• Peningkatan kesadaran dan kepedulian masyarakat dalam pengelolaan sampah. Peningkatan pengelolaan sampah yang berwawasan aman terhadap lingkungan. Peningkatan peran serta masyarakat dari semua elemen dalam pengelolaan sampah. Pengurangan dam­pak sosial dan dampak lingkungan dari pengelolaan sampah.
• Target akan pengurangan dan penanganan timbulan sampah, pembatasan timbulan sampah, pendauran ulang sampah, pemanfaatan kembali sampah, pemilahan sampah, pengumpulan dan pengolahan sampah.
• Terlaksananya pengelolaan sampah sesuai dengan ke­tentuan perundang-undangan. Setiap elemen masyarakat memperoleh informasi yang benar dan akurat mengenai penyelenggaraan pengelolaan sampah. Dan memperoleh pembinaan agar dapat melaksanakan pengelolaan sampah secara baik dan berwawasan aman dan ramah lingkungan, berupa pendidikan lingkungan serta sosialisasi.

Upaya yang dilakukan untuk menindak lanjuti hasil sampah yang terkumpul adalah dengan memanfaatkan sampah organik menjadi kompos. Kemudian sampah an-organik sebagian akan diolah kembali menjadi barang yang produktif dan bermanfaat oleh Kelompok Swadaya Masyarakat dan Kelompok Bank Sampah, dan sebagian lagi akan diberikan kepada pemulung untuk didistribusikan kepada pabrik daur ulang.

Sampai saat ini Kabupaten Bogor sudah mempunyai 111 Bank Sampah yang tersebar di Kecamatan Cibinong, Bojonggede, Citeureup, Sukaraja, Tajurhalang, Babakan Madang, Ciawi, Caringin, Ciomas, Cisarua, Cigombong, Ciampea, Tenjolaya, dan Leuwiliang.

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan tercipta pengurangan volume sampah di Kabupaten Bogor dan pe­nanganan sampah semakin komprehensif serta dapat mewujudkan Kabupaten Bogor menjadi Kabupaten Bogor Bersih Sampah 2020, untuk itu DINAS LINGKUNGAN HIDUP menghimbau kepada seluruh masyarakat Kabupaten Bogor untuk MEMBUANG SAMPAH PADA TEMPATNYA, SAMPAHMU. (Adv/Bost)

 


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerKejanggalan Pengadaan Barang dan Jasa di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kab Sidoarjo Terciu (50370)Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (13454)BPPT MoU Dengan Pemkab Natuna Kaji Pemanfaatan Teknologi Guna Mendukung Percepatan Pembangunan Dae (12783)Perselingkuhan Antar Kepsek Akhirnya Terbongkar (8009)Mandi Seperti Manusia Petugas Yakin Bonita Adalah Harimau 'Jadi-Jadian' (5335)Tujuh Komoditas Unggulan Dinas Perkebunan Propinsi Jawa Timur (4892)Proyek Kawasan Wisata Penataran Blitar Abaikan Spek Kadis dan Satker Disbudpar Lempar Tanggung Jawab (4573)Dua Siswa Kelas 3 SMKN Tutur Dikeluarkan, Disuruh Buat Pernyataan Pengunduran Diri (3947)Sintong Gultom Bubarkan Rapat Banmus DPRD Setiran Bonaran Situmeang (3797)PT IIGF Adakan Baksos di Desa Telajung (3616)
Bedah JayaposProgram PPLP di Dispora Jatim Jadi Ajang Korupsi ?Surabaya, JAYAPOS - Pemusatan Pelatihan Pelajar Provinsi Jawa Timur (PPLP) digulirkan sejak tahun ...


Kades Mekar Sari-Panimbang Diduga Manipulasi Data BSPS Kaum MiskinDana DAK Rehab, RKB dan Perpustakaan Sekolah Diduga Dipungli Hingga Ratusan Juta RupiahPerusakan Pagar Beton Diperintah Oleh TerdakwaPenggunaan Anggaran Pendidikan PAUD Mantan Pjs Mekar Jaya Diduga Tidak TransparanPungli di CV BB Travel Catut Nama Polres Penyidik Dilapor Ke Propam Polda KaltengPedestrian Merr-Kalidami Senilai Rp 3 Milyar Terkesan Asal JadiGalian C Desa Treman Kabupaten Minut Diduga Tidak Mengantongi Izin
Laporan KhususBuka Pekan Koperasi, Walikota Jabarkan Tiga Komponen ReformasiPekan koperasi yang digagas oleh DKUM Kota Depok ini mengusung tema koperasi bergerak bersama untuk ekonomi ...


Wagub Berikan Jawaban pada Rapat Paripurna DPRD Provinsi SumselBupati OKI Minta Polisi Tindak Tegas Pembakaran LahanSrikandi Pasegeran Multi Peran di TMMDSembako Malam Disalurkan Kepada Warga Sasaran TMMD BanjarnegaraPeringatan Harganas XXV Tahun 2018, Bupati Irdinansyah Peroleh Tanda Kehormatan Manggala Karya KencaSuport Ibu-ibu Karanggondang Luar Biasa "Tak Ragu Langsir Material"Pemprov Jambi Dukung Pelestarian Olahraga Tradisional dan Liga Santri