Kamis, 09 Agustus 2012 - 07:25:58 WIB
Kendati Puasa, Pembongkaran Bangunan Bermasalah di Jakarta Pusat Tetap DilakukanKategori: Jakarta - Dibaca: 427 kali

Baca Juga:SDN Gununghalu 2 Salah Gunakan Anggaran BSMKemenhub Bangun Dua Bandara Baru Disulteng, Tahap II Pembangunan Terminal Penumpang Bandara MutiaraKP3L Pontianak Lakukan Penertiban Truk MuatanRazia Tanpa Plang di Pasar Cipulir, Sat Lantas Wilayah Jaksel Bikin Macet

Jakarta, Jaya Pos

Dalam rangka menciptakan tertib bangunan di tengah-tengah masyarakat, penertiban bangunan yang bermasalah hingga pembongkaran paksa tetap dilakukan oleh Suku Dinas Pengawasan dan Penertiban Bangunan (Sudin P2B) Jakarta Pusat di saat menjalani dan menunaikan ibadah puasa.

Buktinya, dalam sepekan ini, bangunan yang bermasalah di Jakarta Pusat telah dibongkar paksa seperti di Kecamatan Tanah Abang, Gambir, Sawah Besar dan Cempaka Putih, yang langsung dipimpin Kasi Penertiban Sudin P2B Jakarta Pusat, Sugiarto.

Pembongkaran itu pun mendapatkan dukungan dari tokoh masyarakat Jakarta Pusat, seperti Zulfan dari Kecamatan Sawah. “Saya secara pribadi mendukung pembongkaran bangunan bermasalah oleh pihak pengawasan dan penertiban bangunan walaupun di saat sedang menunaikan ibadah puasa. Aksi ini saya dukung guna mengingatkan masyarakat Jakarta agar mengurus IMB,” kata Zulfan.

Hal yang sama dikatakan Budi Setiawan, tokoh pemuda di Kecamatan Tanah Abang. “Saya sebagai pemuda mendukung penuh pembongkaran paksa bangunan yang bermasalah yang dilakukan pihak pengawasan dan penertiban bangunan di saat bulan puasa ini. Pasalnya untuk menciptakan masyarakat tertib membangun.

Saya berharap agar pembongkaran paksa sesuai dengan tupoksi maupun standar operasaional prosedur (SOP), dan menghindari terjadinya KKN bagi oknum yang diduga membekingi bangunan bermasalah. Mari kita awasi bersama,” terang Budi.

Kasi P2B Kecamatan Tanah Abang, Devi Lesmana, beberapa waktu yang lalu mengatakan, bahwa pihaknyalah yang pertama kali melakukan pembongkaran bangunan yang bermasalah dari kecamatan lain. Ia pun mencontohkaqn bangunan yang dibongkar ada di Kelurahan Benhil.

“Kita menertibkan bangunan tersebut untuk mengingatkan masyarakat agar sebelum membangun dapat mengurus izin mendirikan bangunan (IMB), dan juga membangun sesuai izin yang sudah diberikan, supaya tertib membangun,” kata Devi Lesmana, yang juga sebagai Plh Kasie Perizinan pada Sudin P2B Jakarta Pusat.

Sementara Sugiarto, Kasi Penertiban Bangunan pada Sudin P2B Jakarta Pusat, saat memim­pin pembongkaran paksa bangunan bermasalah di Kecamatan Sawah Besar, menegaskan bahwa jajarannya tetap melakukan pembongkaran paksa kepada bangunan yang bermasalah, sekalipun jajarannya sedang menjalani atau menunaikan ibadah puasa di bulan suci ramadhan.

“Kita melakukan pembongkaran ini semata-mata menjalankan tupoksi untuk menertibkan bangunan yang bermasalah agar masyarakat tertib membangun. Kita laksanakan sesuai tahapan dengan memberikan surat SP4, segel dan SPB, sebelum kita bongkar,” kata Sugiarto.

Aksi seperti ini, lanjutnya, harus diberikan apresiasi. “Jangan hanya bisa melaporkan saja. Kalau pembongkaran saja tidak bisa diperhatikan alias dipublikasikan, harusnya kan imbang, jangan laporan yang jelek aja oleh LSM dan wartawan, sementara pembongkaran tidak diekspos,” ujarnya. Didit


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerWalikota Tanjungbalai Hadiri Seminar Nasional Yang Diselenggarakan Pusat Kajian Selat Malaka USU Me (66673)Proyek Kawasan Wisata Penataran Blitar Abaikan Spek Kadis dan Satker Disbudpar Lempar Tanggung Jawab (60962)Kejanggalan Pengadaan Barang dan Jasa di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kab Sidoarjo Terciu (52723)Sintong Gultom Bubarkan Rapat Banmus DPRD Setiran Bonaran Situmeang (18440)Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (16291)Perempuan Misterius Titip Bayi, Gegerkan Warga Kolelet Picung (15555)BPPT MoU Dengan Pemkab Natuna Kaji Pemanfaatan Teknologi Guna Mendukung Percepatan Pembangunan Dae (15270)Sepasang Kekasih Tewas Di Hotel Kisaran (14961)Kejahatan Freddie Tan, Menjual Aset Triliunan Milik Pemprov DKI Jakarta (14722)Diduga Mabuk, Tarian Gemulai Siswi SMAN 1 Mojosari Mojokerto Viral (10937)
Bedah JayaposDiduga Gunakan Dana Desa FiktifMaros, Jaya Pos Wakil Ketua DPD Garda Nusantara Provinsi Sulawesi Selatan, Iswadhy Arifin mengatakan ada ...


Diduga Honor Pencegahan Karhutla Tahun 2019 di Ketapang DisunatKejati Babel Usut Dugaan Penyimpangan Pembelian Biji TimahProyek Jl Pelang-Batu Tajam Ketapang Rp 56,4 M Terindikasi Gagal MutuKejari Kabupaten Bandung Setor Uang Pengganti Perkara Tipikor ke Kas NegaraDiduga Lakukan Pungli, Kepala Desa Dan Panitia PTSL Dilaporkan Ke Kejari PandeglangDiduga Belum Kantongi IMB, Pembangunan Tower Pemancar Dari Ratelindo Berjalan MulusPetugas Tahanan Kejari Kabupaten Bandung Amankan Pembesuk Bawa Sabu
Laporan KhususDesa Sukamulya Maju Dan Berkembang Pesat Berkat Kepemimpinan H. NawawiTangerang, Jaya Pos Bergulir semangat reformasi dan demokrasi serta menyikapi segala permasalahan yang ada, ...


Ormas LACAK Mengajak Masyarakat Mengawal Terus Anggaran Negara Dalam Pemberantasan KorupsiKerajinan Ijuk Panumbangan Tembus Pasar Tanah AirKesakralan Gunung Pusuk Buhit Perlu DipertahankanDPRD Muba Tanggapi Audiensi Baznas MubaSiap Tanggap Bencana, Kodim 0711 Pemalang Menamam Rumput VertiverPemkab Gumas Gelar Forum Konsultasi Publik Penyempurnaan Rancangan RKPD 2021Kabid Humas Polda Sulsel Silaturrahmi Dengan Wartawan Maros