Senin, 16 April 2018 - 07:54:31 WIB
Bareskrim : Penyitaan Kapal Super Yacht Equanimity Cayman Sesuai ProsedurKategori: Jakarta - Dibaca: 47 kali

Baca Juga:Kendati Puasa, Pembongkaran Bangunan Bermasalah di Jakarta Pusat Tetap DilakukanSDN Gununghalu 2 Salah Gunakan Anggaran BSMKemenhub Bangun Dua Bandara Baru Disulteng, Tahap II Pembangunan Terminal Penumpang Bandara MutiaraKP3L Pontianak Lakukan Penertiban Truk Muatan

FBI tengah menyelidiki dugaan tindak pidana pencucian uang terkait kapal tersebut.

Jakarta, Jaya Pos

Sidang lanjutan gugatan pra peradilan pemilik kapal super Yacht Equanimity Cayman terhadap Direktorat Tindak Pidana Ekonomi Khusus Bareskrim Mabes Polri di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, dilaksanakan Selasa (10/4).

Bareskrim Polri menanggapi (eksepsi) atas sebelum­nya, kuasa hukum perusahaan pemilik kapal Equanimity Cayman Ltd, Andi F Sima­ngungsong, mengajukan per­mo­honan pra peradilan ter­hadap Bareskrim Polri. Andi mempersoalkan tentang prosedur penyitaan kapal yang dinilai tidak sesuai prosedur.

Melalui Tim Biro Hukum Bareskrim Polri menegaskan bahwa penyitaan kapal Equanimity Cayman sesuai dengan prosedur. Polri mengatakan penyitaan itu berdasarkan perjanjian kerja sama kedua pihak. Hal itu diungkapkan di hadapan majelis Ratmoho. “Penyitaan yang dilakukan termohon terhadap barang pemohon telah dilakukan sesuai dengan prosedur berdasarkan ketentuan sebagaimana diatur dalam ketentuan KUHAP,” jelasnya.

Lanjutnya, penyitaan tersebut berdasarkan adanya permohonan permintaan bantuan operasi bersama antara FBI dan Polri. Permintaan tersebut terkait adanya informasi kapal Equanimity masuk perairan Indonesia. FBI tengah menyelidiki dugaan tindak pidana pencucian uang terkait kapal tersebut.

Ia menyatakan pada tanggal 19 Februari 2018, Bareskrim Polri menerima surat permohonan bantuan dari FBI untuk melakukan operasi bersama dalam rangka penyitaan terhadap sebuah kapal bernama Equanimity yang diperkirakan berada di wilayah Indonesia, “ Kesepakatan pemberian bantuan kepada FBI dilakukan Polri berdasarkan Pasal 5 UU Nomor 1 Tahun 2016 tentang bantuan timbal balik dalam pelaksanaan pidana. Selain itu, kesepakatan pemberian bantuan hukum juga berdasarkan hubungan baik di antara kedua pihak,” tegasnya.

Seperti yang diberitakan sebelumnya kapal yang disita dicurigai bagian dari pencucian uang di Amerika Serikat, terkait skandal 1MBD yang melibatkan Perdana Menteri Malaysia, M Nadjib.

Penyitaan kapal bernama Equanimity dengan panjang 100 meter tersebut dilakukan Polri bekerja sama dengan Dinas Investigasi Federal AS, FBI, didampingi tim dari Pengadilan Negeri Denpasar.

Equanimity adalah kapal yacht yang terdaftar di Kepulauan Cayman, yang diduga dibeli oleh bankir Malaysia Jho Low atau Low Taek Jho, dengan menggunakan uang yang diselewaengkan dari badan investasi negara Malaysia, 1MDB. Low Taek Jho, pengusaha yang menjadi pusat dari skandal keuangan raksasa yang sedang diproses secara hukum di Amerika Serikat, belum dikenai dakwaan, namun pemerintah Malaysia meminta Interpol untuk menangkapnya.

Aparat penegak hukum di Amerika Serikat berupaya menyita aset yang seluruhnya bernilai US$1,7 miliar atau sekitar Rp 23 triliun yang mereka katakan bersumber dari penyalahgunaan dana 1MDB. (@D2)

 


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerDinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (13168)BPPT MoU Dengan Pemkab Natuna Kaji Pemanfaatan Teknologi Guna Mendukung Percepatan Pembangunan Dae (12610)Kejanggalan Pengadaan Barang dan Jasa di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kab Sidoarjo Terciu (8571)Perselingkuhan Antar Kepsek Akhirnya Terbongkar (7726)Mandi Seperti Manusia Petugas Yakin Bonita Adalah Harimau 'Jadi-Jadian' (5101)Dua Siswa Kelas 3 SMKN Tutur Dikeluarkan, Disuruh Buat Pernyataan Pengunduran Diri (3638)PT IIGF Adakan Baksos di Desa Telajung (3474)Proyek KA di Sulsel Membawa Petaka, Danyon Zipur Jadi Tersangka (3276)PT Jembatan Nusantara Melakukan Pembohongan Terhadap Pelamar Pekerjaan (2265)Menuju Sumut 1 Djarot-Sihar Diunggulkan (2232)
Bedah JayaposPelebaran Jalan Rantepao-Palopo Senilai 141,6 M BermasalahSeharusnya proyek ini sudah berakhir pada Desember 2017 lalu, hingga memasuki tahun 2018, pekerjaan belum ...


Bibit Tanaman Bantuan Diembat Kabid dan PNS Perikanan dan Ketahanan PangaProyek Penataan Halaman Rusun di Kapuas Senilai Rp 1,3 M Terindikasi KKNAbaikan Persyaratan Dokumen Kontrak, CV. MGA Harus Bertanggung JawabPolsek Kualuh Hulu Diduga Tangkap Lepas Pemain JudiAPBDeS Balong Garut Dikorupsi ? (BAG. 3)Geruduk Kantor Bupati dan DPRD, Kampak Tuntut Sekda dan Kepala BPKPSDM Kembalikan Uang PungliBukan Hanya Sarat Pungli, Pengangkatan Pramubakti Di Kantor Kemenag Pandeglang Berbau Nepotisme
Laporan KhususDandim Salim 0304 Agam Lakukan Kegiatan Peduli Lingkungan Danau Maninjau Dan Berbagi KasihAgam, Jaya Pos Program kegiatan Peduli Lingkungan Danau Maninjau Kab.Agam Sumatera Barat dilakukan oleh ...


Rumahnya Dibangun, Napiah Berterimakasih Kepada Tim Wasev Kodam IV/DiponegoroDan TNI AL Adakan Kegiatan Terjun PayungTujuh Dinas Usul Perubahan AnggaranNiat Terpangil Meriahkan Penutupan TMMD Dengan Tari Rampak PurbalinggaKabupaten Ciamis Siap Kembali Meraih Adipura Kali Ke 9 71 Desa di Ciamis Terima Dana DesaBNN Kota Manado Giat Pengembangan Kapasitas P4GN di Instansi Pemerintah