Jumat, 20 April 2018 - 07:00:44 WIB
71 Desa di Ciamis Terima Dana DesaKategori: Laporan Khusus - Dibaca: 165 kali

Baca Juga:Memasuki Bulan Puasa Kendaraan Roda Emat Dilakukan PengujianSalah Satu Panorama Tugu di SamosirMenager PT PLN Ranting Air Molek dan Pimpinan Ranting CV CBS Diduga KonspirasiDemi Main Judi, Sujanto Selewengkan Uang PT Sejahtera Agro Perkasa Rp 3,790 M

Ciamis, Jaya Pos

Sebanyak 71 desa di Kabupa­ten Ciamis hingga akhir Maret 2018 ini sudah mene­rima transferan Dana Desa tahap satu ke rekening masing-masing desa.

Berdasarkan data dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Ciamis, me­lalui Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat Desa, Aman SSTP MSi didampingi Kepala Seksi Pemberdayaan Partisipasi dan Swadaya Masyarakat, Irwan Effendi menga­takan, desa yang sudah me­nerima Dana Desa adalah desa yang telah memenuhi persyaratan pencarian DD.

Aman menyebutkan, dari 258 desa yang tersebar di Kabupaten Ciamis baru 71 yang sudah mencairkan dana desa. Sisanya sebanyak 187 desa masih belum menerima. “Banyak juga yang sekarang sudah masuk persyaratan, ada yang sedang proses, semoga secepatnya semua desa bisa menyerap dana desa tahap pertama, agar di desa bisa segera melakukan pembangunan,” ucapnya.

Karena tahap satu pencairan Dana Desa hanya 20 persen dari total yang akan diterima, rata-rata desa menerima sekitar Rp 160 juta. Paling kecil Rp 140 juta dan paling besar mencapai Rp 200 juta lebih.

Menurut Aman, tahun 2018 ini pencairan Dana Desa dilakukan tiga tahap. “Tahap pertama 20 persen, tahap kedua 40 persen dan tahap ketiga 40 persen,” tuturnya.

Berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 225/PMK.07/2017 ten­tang perubahan kedua atas PMK Nomor 50/PMK. 07/2017 tentang pengelolaan transfer ke daerah dan desa telah dirincikan bahwa pada tahap pertama disalurkan sebesar 20 persen pada Januari hingga minggu ketiga Juni dengan persyaratan adanya perda mengenai APBD dan peraturan kepala daerah me­ngenai dana desa per desa.

Untuk tahap kedua yakni sebesar 40 persen dengan penyaluran paling cepat bulan Maret dan paling lambat minggu keempat Juni dengan persyaratan laporan realisasi penyaluran dana desa tahun anggaran sebelumnya dan laporan konsolidasi realisasi penyerapan dan capaian serapan dana desa tahun anggaran sebelumnya.

Sementara itu, terkait de­ngan pengawasan Dana Desa, Eko mengatakan bahwa peng­awasan yang paling efektif adalah masyarakat. Karena itu ia minta bantuan media untuk terus mensosialisasikan padat karya tunai, dana desa dan program-program dari Kemendes PDTT. “Dengan turut dibantu oleh media juga akan efektif lagi dalam pengawasannya,” katanya.(Mamay)


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerKejanggalan Pengadaan Barang dan Jasa di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kab Sidoarjo Terciu (50601)Proyek Kawasan Wisata Penataran Blitar Abaikan Spek Kadis dan Satker Disbudpar Lempar Tanggung Jawab (38346)Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (13872)Perempuan Misterius Titip Bayi, Gegerkan Warga Kolelet Picung (13369)BPPT MoU Dengan Pemkab Natuna Kaji Pemanfaatan Teknologi Guna Mendukung Percepatan Pembangunan Dae (13003)Kejahatan Freddie Tan, Menjual Aset Triliunan Milik Pemprov DKI Jakarta (12266)Perselingkuhan Antar Kepsek Akhirnya Terbongkar (8331)Sintong Gultom Bubarkan Rapat Banmus DPRD Setiran Bonaran Situmeang (6328)Tujuh Komoditas Unggulan Dinas Perkebunan Propinsi Jawa Timur (5745)Mandi Seperti Manusia Petugas Yakin Bonita Adalah Harimau 'Jadi-Jadian' (5562)
Bedah JayaposKasus Penebangan Pohon Jati Milik PTPN 2 Tandem MengambangBinjai, Kasus penebangan beberapa pohon jati diklaim masih masuk areal Kebun Tandem Hilir PTPN II ...


Dirut Rumah Sakit Diduga Pungli, Massa Berunjuk RasaAnggaran DD Desa Cimanis- Sobang Pantas DiauditCatut Nama Emil Dardak Akun FB Pencari Sumbangan DipolisikanTipu Nasabah, Developer KSU Penyang Sangkalemu DipolisikanDamparit Kabupaten Barru Sul-Sel Diduga Tidak Sesuai Bestek Masyarakat Kayuagung Tuntut PT Waskita Perbaiki Jalan RusakHibah Pemprov Jatim 2016 Terindikasi Mark Up Warga Geram
Laporan KhususPemkab Gumas Gelar Bursa Inovasi Desa 2018Kuala Kurun, Pemerintah Kabupa­ten Gunung Mas (Gumas) melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat ...


2019, Seluruh Kegiatan di OPD Gumas Terintegrasi Secara OnlineUsai Dilantik, Fadly Amran dan Asrul Resmi Jabat Walikota dan Wakil Walikota Padang PanjangPemkab Gumas Rakor Pilkades Serentak 2018HUT OKI Jadi Energi Tuntaskan PembangunanPemko Tanjungbalai Menerima Kedatangan Kafilah MTQN XXVII Asal Kepri di Bandara Kuala NamuAlat Berat Dalam Pra TMMD Reguler Ke 103 di Desa Duren OmboJaya Baru dan Lueng Bata Juara II dan III Baiturrahman Juara Cerdas Cermat KIG 2018