Jumat, 20 April 2018 - 07:00:44 WIB
71 Desa di Ciamis Terima Dana DesaKategori: Laporan Khusus - Dibaca: 137 kali

Baca Juga:Memasuki Bulan Puasa Kendaraan Roda Emat Dilakukan PengujianSalah Satu Panorama Tugu di SamosirMenager PT PLN Ranting Air Molek dan Pimpinan Ranting CV CBS Diduga KonspirasiDemi Main Judi, Sujanto Selewengkan Uang PT Sejahtera Agro Perkasa Rp 3,790 M

Ciamis, Jaya Pos

Sebanyak 71 desa di Kabupa­ten Ciamis hingga akhir Maret 2018 ini sudah mene­rima transferan Dana Desa tahap satu ke rekening masing-masing desa.

Berdasarkan data dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Ciamis, me­lalui Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat Desa, Aman SSTP MSi didampingi Kepala Seksi Pemberdayaan Partisipasi dan Swadaya Masyarakat, Irwan Effendi menga­takan, desa yang sudah me­nerima Dana Desa adalah desa yang telah memenuhi persyaratan pencarian DD.

Aman menyebutkan, dari 258 desa yang tersebar di Kabupaten Ciamis baru 71 yang sudah mencairkan dana desa. Sisanya sebanyak 187 desa masih belum menerima. “Banyak juga yang sekarang sudah masuk persyaratan, ada yang sedang proses, semoga secepatnya semua desa bisa menyerap dana desa tahap pertama, agar di desa bisa segera melakukan pembangunan,” ucapnya.

Karena tahap satu pencairan Dana Desa hanya 20 persen dari total yang akan diterima, rata-rata desa menerima sekitar Rp 160 juta. Paling kecil Rp 140 juta dan paling besar mencapai Rp 200 juta lebih.

Menurut Aman, tahun 2018 ini pencairan Dana Desa dilakukan tiga tahap. “Tahap pertama 20 persen, tahap kedua 40 persen dan tahap ketiga 40 persen,” tuturnya.

Berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 225/PMK.07/2017 ten­tang perubahan kedua atas PMK Nomor 50/PMK. 07/2017 tentang pengelolaan transfer ke daerah dan desa telah dirincikan bahwa pada tahap pertama disalurkan sebesar 20 persen pada Januari hingga minggu ketiga Juni dengan persyaratan adanya perda mengenai APBD dan peraturan kepala daerah me­ngenai dana desa per desa.

Untuk tahap kedua yakni sebesar 40 persen dengan penyaluran paling cepat bulan Maret dan paling lambat minggu keempat Juni dengan persyaratan laporan realisasi penyaluran dana desa tahun anggaran sebelumnya dan laporan konsolidasi realisasi penyerapan dan capaian serapan dana desa tahun anggaran sebelumnya.

Sementara itu, terkait de­ngan pengawasan Dana Desa, Eko mengatakan bahwa peng­awasan yang paling efektif adalah masyarakat. Karena itu ia minta bantuan media untuk terus mensosialisasikan padat karya tunai, dana desa dan program-program dari Kemendes PDTT. “Dengan turut dibantu oleh media juga akan efektif lagi dalam pengawasannya,” katanya.(Mamay)


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerKejanggalan Pengadaan Barang dan Jasa di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kab Sidoarjo Terciu (50469)Proyek Kawasan Wisata Penataran Blitar Abaikan Spek Kadis dan Satker Disbudpar Lempar Tanggung Jawab (18735)Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (13556)BPPT MoU Dengan Pemkab Natuna Kaji Pemanfaatan Teknologi Guna Mendukung Percepatan Pembangunan Dae (12870)Perselingkuhan Antar Kepsek Akhirnya Terbongkar (8132)Mandi Seperti Manusia Petugas Yakin Bonita Adalah Harimau 'Jadi-Jadian' (5423)Tujuh Komoditas Unggulan Dinas Perkebunan Propinsi Jawa Timur (5177)Sintong Gultom Bubarkan Rapat Banmus DPRD Setiran Bonaran Situmeang (4414)Dua Siswa Kelas 3 SMKN Tutur Dikeluarkan, Disuruh Buat Pernyataan Pengunduran Diri (4069)PT IIGF Adakan Baksos di Desa Telajung (3684)
Bedah JayaposDugaan Pungli Program Redis di Kecamatan Sobang, LSM Setempat Siap Laporkan ke Aparat HukumPandeglang, JAYAPOS - Terkait dugaan pungutan liar (pungli) Program Redistibusi yang sedang berjalan ...


Futsal Pogot Samping Balai RW Asal Jadi, Penyelenggara Dispora BungkamKebakaran Jenggot, Kadis PUTR Kabupaten Agam Marah-Marah Pemasangan Lampu PJU Darmo Terindikasi DikorupsiDiduga Tanpa IMB, Pembangunan Pasar Rao-Rao Tetap DilanjutkanTPM P3TGAI Desa Banyubiru Tertutup Pada WartawanAnggota DPRD Geram, Bangun Drainase Tidak Sesuai HarapanKejati Minta Tindak PT Citra Indah Lestari, Proyek Rp 4 M di Kapuas Terindikasi Tak Sesuai Kontrak
Laporan KhususRapat Paripurna DPRD Tanah Datar Terkait APBDTanah Datar, JAYAPOS - Ranperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Kabupaten Tanah Datar tahun 2017 ...


Publikasi Kinerja Sekretariat Daerah Kabupaten Bogor Semester I Tahun 2018Bupati Heri Amalindo Lepas Rombongan Karnaval HUT RI Ke-73Detik-Detik Proklamasi HUT Kemerdekaan RI di Muara Enim BerkumandangBangun Kesehatan, Padangpanjang Canangkan GermasRibuan Manusia Menari Maumere di Penutupan TMMD BanjarnegaraMengenang Sejarah Aceh di Pameran Aceh Story ExpoPangdam Diponegoro Bangun Jembatan Sutabrata Desa Sawangan