Sabtu, 21 April 2018 - 06:49:34 WIB
Kabupaten Ciamis Siap Kembali Meraih Adipura Kali Ke 9 Kategori: Laporan Khusus - Dibaca: 50 kali

Baca Juga:Tim Safari Ramadhan Kunjungi Mesjid Al-IkhlasMemasuki Bulan Puasa Kendaraan Roda Emat Dilakukan PengujianSalah Satu Panorama Tugu di SamosirMenager PT PLN Ranting Air Molek dan Pimpinan Ranting CV CBS Diduga Konspirasi

Ciamis, Jaya Pos

Kabupaten Ciamis mentargetkan menjadi kabupaten konservasi tahun 2018. Terkait itu, berbagai program dan kegiatan telah dilaksanakan dan dicapai yaitu penanaman penghijauan dan peneduh di sepanjang jalan yang ada di perkotaan Ciamis dan kota-kota kecamatan.

Selain itu juga dilakukan penataan taman kota, rencana pembuatan Tempat Pemrosesan Akhir Sampah (TPAS) dengan sistem sanitary landfill di Kecamatan Kawali dan Kecamatan Banjarsari, dan lain-lain yang menunjang target tersebut.

Beberapa capaian yang cukup membanggakan telah diraih oleh Kabupaten Ciamis di bidang lingkungan hidup yaitu 8 kali berhasil meraih piala Adipura. Dan berharap, tahun ini bisa diraih kembali. Capaian lain seperti sekolah adiwiyata tingkat Provinsi Jawa Barat maupun tingkat nasional, Kalpataru dan Satya Lencana pembangunan bidang lingkungan hidup, serta program kampung iklim.

Hal tersebut dikemukakan Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Pemukiman dan Lingkungan Hidup (DPRKPLH) Kabupaten Ciamis Drs H Oman Rohman MM didampingi Kepala Bidang Penataan dan Peningkatan Kapasitas Lingkungan Hidup DPRKPLH Dadan Wiadi ST MT MMG saat dikonfirmasi Jaya Pos, selepas membuka secara resmi kegiatan rapat koordinasi persiapan penilaian adipura periode 2017-2018 yang dihadiri Kepala Pusat Pengelolaan Ekoregion Jawa, Kepala Badan Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah Provinsi Jawa Barat, para Kepala SKPD Kabupaten Ciamis, para camat dan lurah, bertempat di aula kantor DPRKPLH, beberapa waktu lalu.

Menurut H Oman, Adipura adalah penghargaan yang menyeluruh bagi kota/kabupaten yang mampu menciptakan kotanya tetap bersih, teduh, sehat dan berkelanjutan, yang penilaiannya dilaksanakan pada tiap tahun. Dimana Indeks Kualitas Lingkungan Hidup (IKLH) yang baik adalah kunci utama sebuah kota yang ingin mendapatkan anugerah Adipura. “Yang perlu kita garis bawahi, dalam penilaian adipura selain tampilan fisik secara keseluruhan adalah pengelolaan persampahan sebagaimana dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo bahwa Indonesia harus bebas sampah tahun 2020,” sebutnya.

Item-item dipengelolaan sampah sangat banyak, mulai dari sumber sampah (pemilahan), pengolahan, TPAS, pusat daur ulang sampah 3R, bank sampah dan sebagainya. “Secara umum nilai adipura yang dicapai oleh Kabupaten Ciamis periode 2016-2017 sudah cukup baik hampir di semua komponen. Hasil tersebut diminta untuk dipertahankan kalau perlu ditingkatkan di semua lokasi pantau adipura di Kabupaten Ciamis,” tegasnya.
Titik-titik pantau penilaian Adipura, kata H Oman, meliputi permukiman yaitu pemilahan sampah, proses pengolahan sampah, dan sebaran pohon peneduh.

Jalan yaitu pemeliharaan trotoar, sampah dan gulma di drainase jalan. Pasar manis dan pasar subuh yaitu penataan kios, penyediaan sarana pemrosesan sampah, pemilahan dan pemrosesan sampah dan sebaran pohon peneduh, dan sebagainya. “Kami minta kepada OPD, Camat, Lurah, dan warga yang masuk lokasi pantau Adipura khususnya, untuk tetap mempertahankan kondisi yang sudah baik ini dan kalau perlu meningkatkannya bukan hanya pada waktu ada penilaian adipura tetapi seterusnya.

“Kepada Pusat Pengelolaan Ekoregion Jawa Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dan BPLHD Provinsi Jawa Barat kami mohon dukungan dan dorongannya terhadap komitmen Kabupaten Ciamis dalam pengelolaan lingkungan hidup yang berkelanjutan,” kata H Oman.

Dirinya juga berharap kepada para narasumber dari Pusat Pengelolaan Ekoregion Jawa dan dari BPLHD Provinsi Jabar dapat memberikan pencerahan kepada pihaknya tentang mekanisme penilaian Adipura pada periode sekarang dan untuk periode kedepan mulai 2017-2018 termasuk penambahan kriteria yang dinilai yaitu mitigasi dan adaptasi perubahan iklim, penanganan kebakaran hutan dan lahan, serta pertambangan berwawasan lingkungan.(Mamay)


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerKejanggalan Pengadaan Barang dan Jasa di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kab Sidoarjo Terciu (18813)Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (13261)BPPT MoU Dengan Pemkab Natuna Kaji Pemanfaatan Teknologi Guna Mendukung Percepatan Pembangunan Dae (12657)Perselingkuhan Antar Kepsek Akhirnya Terbongkar (7799)Mandi Seperti Manusia Petugas Yakin Bonita Adalah Harimau 'Jadi-Jadian' (5164)Dua Siswa Kelas 3 SMKN Tutur Dikeluarkan, Disuruh Buat Pernyataan Pengunduran Diri (3697)PT IIGF Adakan Baksos di Desa Telajung (3505)Proyek KA di Sulsel Membawa Petaka, Danyon Zipur Jadi Tersangka (3333)Tujuh Komoditas Unggulan Dinas Perkebunan Propinsi Jawa Timur (2819)Sintong Gultom Bubarkan Rapat Banmus DPRD Setiran Bonaran Situmeang (2755)
Bedah JayaposKomnas PAN Subang Gugat Sertifikat HGB PT.Central Georgente NusantaraSubang, Jaya Pos Sidang gugatan perbuatan melawan hukum atas terbitnya sertifikat Hak Guna Bangunan (HGB), ...


6 Bulan Tidak Ditindaklanjuti Kejagung Koleksi Laporan Pengaduan?Poktan Penerima Program Kedelai Keluhkan Kualitas BenihPutusan Merasa Tidak Adil, Penggugat Curahkan Kemarahannya Pada HakimBantuan Keuangan Khusus Senilai Rp 2 M Jadi Ajang Bancakan (Bag 3)Bantuan Keuangan Khusus Senilai Rp 2 Milyar Jadi Ajang Bancakan (bag 2)Sering Dilalui Truk Tanah Milik PT Basuki, Jalan Menuju Kompleks Perkantoran Parbaba Rusak ParahDiduga Gunakan Ijazah Palsu, Kadus Dipecat
Laporan KhususStudy KomparasiAcara Study Komparasi dari DPRD Kabupaten Minaha Utara Provinsi Sulawesi Utara diterima dan dipimpin oleh ...


Kegiatan Ketahanan Pangan NasionalKegiatan Peningkatan Kapasitas TP-PKKPisah Sambut Dandim 0307/Tanah Datar, Sekaligus Penyambutan Komandan Secata B dan Ketua PA PadangpanJelang Ramadhan, Harga Bahan Pokok di Depok Masih Stabil Bupati Labuhanbatu Apresiasi Pelaksanaan Isra Mi'raj Yang Diprakarsai Oleh Kodim 0209/LBBupati Instruksikan Warga Pungut Sampah di Deli SerdangKautsar Sarankan Bangun Monumen Reformasi, Walikota: Lokasinya di Banda Aceh