Sabtu, 12 Mei 2018 - 08:51:15 WIB
Terkait Penglolaan DD, 114 Kades di Gumas Teken Pakta IntegritasKategori: Kalimantan Tengah - Dibaca: 172 kali

Baca Juga:Rehab Samsat Rancaekek Diduga Salahi Bestek dan SPPDPC PPP Berikan 100 Bingkisan Sembako Kepada Masyarakat Mengungkap Aktor Intelektual Pemalsuan Dokumen Honorer K-2 Elisadikin NababanPemeriksaan Siti Hartati Murdaya Setelah Lebaran

Kuala Kurun, Jaya Pos

Sebanyak 114 kepala desa (kades) se-Kabupaten Gunung Mas (Gumas), Kalimantan Tengah (Kalteng), menandatangani Pakta Integritas Pengelolaan Dana Desa (DD). Kegiatan Sosialisasi Pengelolaan Dana Desa digelar Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Gunung Mas di Gedung Pertemuan Umun (GPU) Damang Batu, Kuala Kurun, Selasa (9/5).

Selain dihadiri perwakilan Kejati Kalteng, Koordinator Pidana Khusus Agus Widodo, Kejari Gunung Mas Koswara SH MH, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Yulius Agau SSos, kegiatan itu juga dihadiri oleh camat se-Kabupaten Gunung Mas.

Dalam sambutannya Bupati Gunung Mas Drs Arton S Dohong berpesan kepada kepala desa agar mentaati dan me­laksanakan tanggung jawab pakta integritas sesuai dengan komitmen.

“Agar saudara-saudari memegang teguh, mentaati dan melaksanakan apa yang telah menjadi tanggung jawab pemerintah desa di dalam pakta integritas dan komitmen bersama yang saudara -saudari tanda tangani,” ujarnya.

Apabila pemerintah desa melanggar butir-butir kesepakatan dalam pakta integritas dan komitmen bersama tersebut, maka sudah barang tentu akan dikenakan sanksi, baik itu berupa sanksi moral, bahkan hingga sanksi pidana sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Hal yang penting lainnya yang perlu disampaikan untuk tahun 2018, lanjutnya informasi terbaru didapat bahwa batas untuk tahap 1 penyaluran Dana Desa adalah sampai dengan minggu pertama bulan Juni. Apabila sampai batas waktu yang telah ditentukan tersebut Dana Desa tidak juga terserap, maka DD tahap pertama akan dianggap hangus.

“Kepada seluruh camat agar lebih tanggap dan berperan lebih aktif dalam menyikapi setiap permasalahan yang terjadi di desa di wilayah kerja masing-masing, agar segera mengambil langkah-langkah nyata memacu percepatan penyusunan dan pengevaluasian APBDesa Tahun Anggaran 2018, untuk percepatan pengajuan penyaluran ADD dan Dana Desa,” tandasnya.

Selain itu, Kejari Gunung Mas Koswara SH MH, menyampaikan penandatanganan Pakta Integritas oleh para kepala desa ini merupakan program Kejaksaan Tinggi Kalimantan Tengah agar supaya para kepala Ddesa mempunyai komitmen bersama untuk menggunakan Dana Desa sesuai kententuan, demi terciptanya desa yang mandiri dan sejahtera, sebagaimana program nawacita pemerintah yang ke-3 yakni membangun Indonesia dari pinggiran de­ngan memperkuat daerah.

“Untuk Kabupaten Gunung Mas saja, tahun kemaren kita sudah tipikorkan Kades Tumbang Pasangon karena melakukan perbuatan korupsi. Ini harus menjadi contoh bagi kita semua para kepala desa dan perangkat desa supaya jangan main-main dan mengambil keuntungan pribadi dalam menge­lola Dana Desa,” terang Kejari Gunung Mas Koswara.

Sementara itu, perwakilan Kejati Kalteng Agus Widodo mengemukakan, undang-undang desa telah menempatkan bahwa desa merupakan ujung tombak pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat. Desa diberikan kewenangan dan juga diberikan sumber dana yang memadai agar dapat mengelola potensi yang dimilikinya guna meningkatkan perekonomian.

“Terkait dengan bentuk konsekuensi adanya kebijakan akan tekat dan tujuan besar tersebut, maka dalam tiga tahun belakangan ini pemerintah telah mengucurkan dana yang setiap tahun makin bertambah dan akan terus ditambah. Di tahun 2018 ini alokasi Dana Desa dalam APBN mencapai 60 triliun,” jelasnya.  (Kominfosp/Mandau)


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerProyek Kawasan Wisata Penataran Blitar Abaikan Spek Kadis dan Satker Disbudpar Lempar Tanggung Jawab (58981)Kejanggalan Pengadaan Barang dan Jasa di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kab Sidoarjo Terciu (50855)Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (14143)Perempuan Misterius Titip Bayi, Gegerkan Warga Kolelet Picung (13626)BPPT MoU Dengan Pemkab Natuna Kaji Pemanfaatan Teknologi Guna Mendukung Percepatan Pembangunan Dae (13294)Kejahatan Freddie Tan, Menjual Aset Triliunan Milik Pemprov DKI Jakarta (12577)Perselingkuhan Antar Kepsek Akhirnya Terbongkar (8608)Sintong Gultom Bubarkan Rapat Banmus DPRD Setiran Bonaran Situmeang (7703)Walikota Tanjungbalai Hadiri Seminar Nasional Yang Diselenggarakan Pusat Kajian Selat Malaka USU Me (7469)Sudah 4 Bulan Pegawai Kejaksaan RI Tidak Dapat Dana Remunerasi (6619)
Bedah JayaposGawat! Polisi Diduga Tangkap LepasPekanbaru,Jaya Pos Masyarakat Palamboyan, Kecamatan Tapung membeberkan adanya pe­nangkapan oleh ...


Proyek Pasar Rakyat Namang Diduga BermasalahLelang Proyek Kementerian PU Diduga Terjadi Praktik KKNDikonfirmasi Soal RTLH, Kadis Perkim Banten Jawabnya NgibulPerbaikan Bahu Jalan Link 157,158,160,162,163,164,165 Dikorupsi ?Mantan Kadis Kopumdag Dan Direktur CV Umrah Utama Dijebloskan Ke LapasBappeda Kab. Mojokerto Diduga Kuat Terlibat Penyelewengan Dan Pemalsuan Data Keuangan NegaraMafia Tanah Beraksi Di Bukit Timah Dumai, Jual Lahan Milik M Muhiddin
Laporan KhususBidang Intelijen Kejari Kabupaten Bandung Mendapatkan Penghargaan Terbaik di Wilkum Kejati JabarKab Bandung, Jaya Pos Kejaksaan Negeri Kabupaten Bandung menjadi yang terbaik dibidang intelijen untuk ...


Unit Bisnis TAM PDAM Tirtawening Layani Warga Bandung 24 JamDanrem 071/Wijayakusuma Kunjungan Kerja Sambil Olahraga dan Mempererat SilatuhamiAwal Tahun, Padang Panjang Juarai Kategori Kota Kecil Smart CityCapaian 6 Misi Pembangunan Meningkat, Fachrori Ajak Semua Pihak Bersinergi Membangun JambiNatal Sagala Raja Bere Ibebere, Boru Dihadiri DPRD Deli Serdang Rosmawati Sitanggang SHPersit Kartika Chandra Kirana Koorcab Rem 071 Ikuti Donor Darah Hari Juang Kartika 2018Mayjen TNI Mochamad Effendi Resmi Jabat Pangdam IV/Diponegoro