Sabtu, 12 Mei 2018 - 08:58:27 WIB
Diduga Gunakan Ijazah Palsu, Kadus DipecatKategori: Bedah Jaya Pos - Dibaca: 149 kali

Baca Juga:Rehab Samsat Rancaekek Diduga Salahi Bestek dan SPPDPC PPP Berikan 100 Bingkisan Sembako Kepada Masyarakat Mengungkap Aktor Intelektual Pemalsuan Dokumen Honorer K-2 Elisadikin NababanPemeriksaan Siti Hartati Murdaya Setelah Lebaran

Maros, Jaya Pos

Kepala Dusun Kaluku, Desa Purnakarya, Kecamatan Tanralili, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan, akhirnya harus rela melepaskan jabatannya dan meringkuk di sel tahanan Polres Maros, akibat menggunakan ijasah palsu. Nurdin sang Kepala Dusun yang baru menjabat sejak Tahun 2017 lalu, saat ini telah ditahan oleh penyidik Polres Maros, guna mempertanggung jawabkan perbuatannya.

Perbuatan tersangka Nurdin ini, ia lakukan saat hendak mrncalonkan diri sebagai Kepala Dusun Tahun 2017 lalu, yang mana perbuatan tidak terpuji ini, telah diketahui oleh salah seorang warga bernama Ruslan yang juga sebagia pihak pelapor. Sebelum membawa kasus pemalsuan ijazah ini keranah hukum, Ruslan terlebih dahulu melaporkan masalah ini, kepada pemerintah setempat, yakni Kades, Koramil dan Polsek, akan tetapi laporannya tidak direspon dengan baik.

Kepada Jaya Pos saat ditemui di Maros, Rabu (02/05), Ruslan mengatakan, semoga kasus yang ia laporkan ini, akan menjadi pelajaran yang berharga bagi siapa saja, yang dengan sengaja memalsukan dokumen negara, untuk digunakan pada kepentingan diri sendiri. “Saya juga tak lupa berterima kasih kepada pihak pe­nyidik Polres Maros, yang telah sungguh sungguh dan bekerja keras dalam meng­ungkap kasus ini, sehingga bisa menahan pelakunya,” ungkap Ruslan.

Dengan ditahannya Nurdin selaku tersangka, Ruslan berharap kasus ini, tidak berhenti sampai disini, karena diduga otak pelaku utamanya, adalah Hj. Ratna, justru masih bebas berkeliaran. Ratna adalah oknum yang diduga membantu Nurdin, untuk mendapatkan ijasah SMA Ilham yang berkedudukan di Kota Makassar, untuk digunakan pada pemilihan Kepala Dusun Kaluku, yang hingga saat ini statusnya tidak jelas.

Sementara itu, pihak Kejari Maros yang menerima pelimpahan berkas tersangka Nurdin, melalui Kasi Intelnya mengatakan, jika sidang awal pembacaan tutuntutan kepada Tersangka, akan dilaksanakan pada Senin, (7/5). tersangka dikenakan pasal 263 ayat 2 dengan ancaman hukuman minimal enam tahun penjara.

Menurut Kasi Intel Kejari Maros Muhammad Adib Adam,SH, “Bahwa Hj. Ratna dalam hal ini, hanya selaku saksi, dan kami tidak boleh melampaui kewenangan penyidik”, sehingga jika memang yang bersangkutan terlibat dalam kasus ini, silakan tanyakan ke pihak penyidik” tegas Adib panggilan akrabnya, saat dikonfirmasi Jaya Pos Rabu lalu.

“Jika memang ada pihak lain yang terlibat langsung dalam kasus ini, maka ancaman hukumannya sama dengan tersangka,” tandas Kasi Intel Kejari Maros. (JK/AH)


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerKejanggalan Pengadaan Barang dan Jasa di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kab Sidoarjo Terciu (50601)Proyek Kawasan Wisata Penataran Blitar Abaikan Spek Kadis dan Satker Disbudpar Lempar Tanggung Jawab (38348)Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (13872)Perempuan Misterius Titip Bayi, Gegerkan Warga Kolelet Picung (13369)BPPT MoU Dengan Pemkab Natuna Kaji Pemanfaatan Teknologi Guna Mendukung Percepatan Pembangunan Dae (13003)Kejahatan Freddie Tan, Menjual Aset Triliunan Milik Pemprov DKI Jakarta (12266)Perselingkuhan Antar Kepsek Akhirnya Terbongkar (8331)Sintong Gultom Bubarkan Rapat Banmus DPRD Setiran Bonaran Situmeang (6329)Tujuh Komoditas Unggulan Dinas Perkebunan Propinsi Jawa Timur (5745)Mandi Seperti Manusia Petugas Yakin Bonita Adalah Harimau 'Jadi-Jadian' (5562)
Bedah JayaposKasus Penebangan Pohon Jati Milik PTPN 2 Tandem MengambangBinjai, Kasus penebangan beberapa pohon jati diklaim masih masuk areal Kebun Tandem Hilir PTPN II ...


Dirut Rumah Sakit Diduga Pungli, Massa Berunjuk RasaAnggaran DD Desa Cimanis- Sobang Pantas DiauditCatut Nama Emil Dardak Akun FB Pencari Sumbangan DipolisikanTipu Nasabah, Developer KSU Penyang Sangkalemu DipolisikanDamparit Kabupaten Barru Sul-Sel Diduga Tidak Sesuai Bestek Masyarakat Kayuagung Tuntut PT Waskita Perbaiki Jalan RusakHibah Pemprov Jatim 2016 Terindikasi Mark Up Warga Geram
Laporan KhususPemkab Gumas Gelar Bursa Inovasi Desa 2018Kuala Kurun, Pemerintah Kabupa­ten Gunung Mas (Gumas) melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat ...


2019, Seluruh Kegiatan di OPD Gumas Terintegrasi Secara OnlineUsai Dilantik, Fadly Amran dan Asrul Resmi Jabat Walikota dan Wakil Walikota Padang PanjangPemkab Gumas Rakor Pilkades Serentak 2018HUT OKI Jadi Energi Tuntaskan PembangunanPemko Tanjungbalai Menerima Kedatangan Kafilah MTQN XXVII Asal Kepri di Bandara Kuala NamuAlat Berat Dalam Pra TMMD Reguler Ke 103 di Desa Duren OmboJaya Baru dan Lueng Bata Juara II dan III Baiturrahman Juara Cerdas Cermat KIG 2018