Minggu, 13 Mei 2018 - 07:24:37 WIB
Fachrori: Camat Harus Menjaga Netralitas Dalam PilkadaKategori: Laporan Khusus - Dibaca: 91 kali

Baca Juga:Rehab Samsat Rancaekek Diduga Salahi Bestek dan SPPDPC PPP Berikan 100 Bingkisan Sembako Kepada Masyarakat Mengungkap Aktor Intelektual Pemalsuan Dokumen Honorer K-2 Elisadikin NababanPemeriksaan Siti Hartati Murdaya Setelah Lebaran

Jambi, Jaya Pos

Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Jambi Dr Drs H Fachrori Umar MHum mene­gaskan bahwa para camat di Provinsi Jambi harus menjaga netralitas dalam Pemilihan Langsung Kepala Daerah (Pilkada).

Fachrori mengatakan, pa­ra camat tidak ikut dalam melakukan kegiatan po­litik, terkait Pemilihan Langsung Kepala Daerah (Pilkada), Pemilihan Legislatif dan Pemilihan Presiden yang sebentar lagi akan berlangsung.

Hal tersebut disampaikan saat Membuka Rapat Koordinasi (Rakor) Camat Semester I Se Provinsi Jambi tahun 2018, bertempat di Ruang Pola Kantor Gubernur Jambi, Selasa (8/5) siang. Sekretaris Daerah Provinsi Jambi Drs HM Dianto MSi turut mendampingi Plt Gubernur Jambi dalam membuka rakor camat tersebut.

“Saya harap para camat benar-benar menjaga netralitasnya baik dalam pelaksanaan pilkada, pemilihan legislatif maupun pemilihan presiden nantinya,” ujar Fachrori.

Rakor Camat yang diselenggarakan oleh Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Setda Provinsi Jambi tahun ini mengangkat tema “Meningkatkan Peran Camat Dalam Menjaga Netra­litas Aparatur Sipil Negara (ASN) Pada Pelaksanaan Pemilihan Langsung Kepala Daerah, Pemilihan Legislatif dan Pemilihan Presiden di Provinsi Jambi.”

Fachrori menjelaskan, tahun ini Provinsi Jambi akan melaksanakan pesta demokrasi, dimana ada 3 daerah yang melaksanakan pemilihan langsung Kepala Daerah yaitu, Kota Jambi, Kabupaten Merangin dan Kabupaten Kerinci, serta persiapan dalam menghadapi Pemilihan Legislatif dan Pemilihan Presiden tahun 2019 nanti.

“Untuk itu, saya mengharapkan peran aktif dari para camat semua untuk mensukseskan pelaksanaan pesta demokrasi itu, dengan menjaga netralitas ASN dan menjaga agar tidak terjadi pelanggaran yang bisa me­ngarah pada konflik horizontal ditengah tengah masyara­kat,” tutur Fachrori.

Fachrori menekankan kepada para camat yang daerahnya akan melaksanakan pesta demokrasi agar benar-benar menjaga netralitas ASN di wilayahnya, karena akan ada sanksi yang tegas dari peme­rintah bila seorang ASN ikut serta dalam politik praktis, terlebih lagi jika seorang camat yang ikut serta karena ada kepentingan tertentu.

“Kita hanya bisa mendoakan agar yang menang nantinya adalah orang orang yang jujur dan adil, se­hingga bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat banyak, khususnya masyarakat Provinsi Jambi,” pesan Fachrori.

Para camat harus benar-benar memahami tugasnya, karena selain memberikan pelayanan kepada masyarakat, diperlukan juga pembinaan dan pengawasan dalam berbagai aspek, salah satunya dalam menghadapi pesta demokrasi ini. “Kita tidak cukup dengan berbuat baik saja, tetapi harus benar-benar memahami aturan hukum yang berlaku, agar perbuatan baik yang kita lakukan tidak menyalahi peraturan dan perundang-undangan yang berlaku,” terang Fachrori.

Lebih lanjut, Fachrori menyampaikan, kunci keberhasilan dari berbagai program kegiatan yang telah direncanakan adalah dengan meningkatkan koordinasi dan lebih intensif dalam berkomunikasi dengan seluruh pemangku kepentingan. “Untuk itu saya mengharapkan agar para camat turut andil dalam pembinaan dan pengawasan pada berbagai program kegiatan yang dilaksanakan Pemerintah Provinsi Jambi, diantaranya adalah dana desa dan alih fungsi lahan petanian,” harap Fachrori.

Kepala Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Setda Provinsi Jambi, Rahmad Hidayat,S.Sos,M.Si mengemukakan, tujuan dari Rakor ini adalah untuk mensinergikan penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan antara Pemerintah Provinsi Jambi dengan Pemerintah Kabupaten/Kota, serta sebagai salah satu persiapan dalam pelaksanaan Pemilihan Langsung Kepala Daerah di 3 daerah dalam Provinsi Jambi, yaitu: Kota Jambi, Kabupaten Merangin dan Kabupaten Kerinci. Selain itu, sebagai persiapan dalam menghadapi Pemilihan Legislatif dan Pemilihan Presiden tahun 2019 di Provinsi Jambi.

“Rakor ini juga dilaksa­nakan dengan tujuan untuk memberikan pemahaman ter­hadap netralitas ASN dalam pelaksanaan Pemilihan Langsung Kepala Daerah tahun 2018 di 3 daerah dalam Provinsi Jambi, serta dalam Pemilihan Legislatif dan Pemilihan Presiden tahun 2019 di Provinsi Jambi,” ujar Rahmad.

Dalam kesempatan ini, Fachrori didampingi Sekda Provinsi Jambi menyerahkan langsung Peraturan Menteri Dalam Negeri RI tentang Batas Daerah, yaitu kepada:

1) Kota Jambi, yaitu batas daerah Kota Jambi dengan Kabupaten Muaro Jambi,
2) Kabupaten Muaro Jambi, yaitu batas daerah Kabupaten Muaro Jambi dengan Kabupaten Musi Banyuasin dan Kabupaten Banyuasin Provinsi Sumatera Selatan,
3) Kabupaten Batanghari, yaitu batas daerah Kabupaten Batanghari dengan Kabupa­ten Musi Banyuasin Provinsi Sumatera Selatan,
4) Kabupaten Sarolangun, yaitu batas daerah Kabupaten Sarolangun dengan Kabupaten Musi Rawas Utara Provinsi Sumatera Selatan,
5) Kabupaten Tanjung Jabung Timur, yaitu batas daerah Kabupaten Tanjung Jabung Timur dengan Kabupaten Musi Banyuasin Provinsi Sumatera Selatan,
6) Kabupaten Merangin, yaitu batas daerah Kabupaten Merangin dengan Kabupaten Musi Rawas Utara Provinsi Sumatera Selatan.
(Rizal))


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerKejanggalan Pengadaan Barang dan Jasa di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kab Sidoarjo Terciu (50602)Proyek Kawasan Wisata Penataran Blitar Abaikan Spek Kadis dan Satker Disbudpar Lempar Tanggung Jawab (38359)Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (13872)Perempuan Misterius Titip Bayi, Gegerkan Warga Kolelet Picung (13369)BPPT MoU Dengan Pemkab Natuna Kaji Pemanfaatan Teknologi Guna Mendukung Percepatan Pembangunan Dae (13003)Kejahatan Freddie Tan, Menjual Aset Triliunan Milik Pemprov DKI Jakarta (12266)Perselingkuhan Antar Kepsek Akhirnya Terbongkar (8331)Sintong Gultom Bubarkan Rapat Banmus DPRD Setiran Bonaran Situmeang (6331)Tujuh Komoditas Unggulan Dinas Perkebunan Propinsi Jawa Timur (5746)Mandi Seperti Manusia Petugas Yakin Bonita Adalah Harimau 'Jadi-Jadian' (5562)
Bedah JayaposKasus Penebangan Pohon Jati Milik PTPN 2 Tandem MengambangBinjai, Kasus penebangan beberapa pohon jati diklaim masih masuk areal Kebun Tandem Hilir PTPN II ...


Dirut Rumah Sakit Diduga Pungli, Massa Berunjuk RasaAnggaran DD Desa Cimanis- Sobang Pantas DiauditCatut Nama Emil Dardak Akun FB Pencari Sumbangan DipolisikanTipu Nasabah, Developer KSU Penyang Sangkalemu DipolisikanDamparit Kabupaten Barru Sul-Sel Diduga Tidak Sesuai Bestek Masyarakat Kayuagung Tuntut PT Waskita Perbaiki Jalan RusakHibah Pemprov Jatim 2016 Terindikasi Mark Up Warga Geram
Laporan KhususPemkab Gumas Gelar Bursa Inovasi Desa 2018Kuala Kurun, Pemerintah Kabupa­ten Gunung Mas (Gumas) melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat ...


2019, Seluruh Kegiatan di OPD Gumas Terintegrasi Secara OnlineUsai Dilantik, Fadly Amran dan Asrul Resmi Jabat Walikota dan Wakil Walikota Padang PanjangPemkab Gumas Rakor Pilkades Serentak 2018HUT OKI Jadi Energi Tuntaskan PembangunanPemko Tanjungbalai Menerima Kedatangan Kafilah MTQN XXVII Asal Kepri di Bandara Kuala NamuAlat Berat Dalam Pra TMMD Reguler Ke 103 di Desa Duren OmboJaya Baru dan Lueng Bata Juara II dan III Baiturrahman Juara Cerdas Cermat KIG 2018