Rabu, 16 Mei 2018 - 06:23:11 WIB
Operator Kapal Harus Berikan Keselamatan Terhadap PenumpangKategori: Sumatera Selatan - Dibaca: 84 kali

Baca Juga:Jalin Silahturahmi, Kementerian Lingkungan Hidup Adakan Buka Puasa Bersama Dengan Yatim PiatuBarang Bukti Dari Korlantas di BukaSesuai Spesifikasi Pelaksanaan Kerja, Rehabilitasi Bendungan Irigasi Koto Kandis DilakukanRehab Samsat Rancaekek Diduga Salahi Bestek dan SPP

Kayuagung, Jaya Pos

Operator kapal sungai atau danau harus mampu memberikan dan menjamin keselamatan bagi para penumpangnya. Jika hal tersebut dapat dipenuhi, hal ini akan berdampak terhadap beberapa sektor lainnya.

Hal ini diungkapkan Dirjen Perhubu­ngan Darat Kementerian Perhubungan Pandu Yunianto saat menghadiri Bimtek Operator Kapal Sungai dan Danau di Hotel Dinasti II Kayuagung, Selasa (8/5/2018).

Menurutnya, jika operator kapal dapat memberikan kenyamanan ini akan berpotensi memberikan dampak terhadap sektor pariwisata. “Presiden juga sedang menggalakkan sektor pariwisata, siapa tau nanti bisa jadi destinasi wisata. Kuncinya, bagaimana kita memberikan pelayanan kepada wisatawan, pandailah memberikan pelayanan,” ujarnya.

Untuk memberikan pelayanan tersebut, menurut Pandu, kuncinya berada di tangan para operator kapal ini. “Perhatikan dengan seksama aspek keselamatan, jangan sekali-kali abaikan faktor keselamatan. Karena sekecil apapun kesalahan itu bisa berakibat fatal,” bebernya.

Menurutnya, jika terjadi kecelakaan ataupun kendala dalam lalu lintas ini akan memberikan dampak yang luas terhadap masyarakat. “Untuk itu, perhatikan alat pendukung keselamatan lalu lintas. Misalnya life jacket dan atribut keselamatan lainnya,” ujarnya.
“Kalau ada operator kapal yang nakal nanti akan dikembalikan kepada regulasinya untuk sanksi. Misalnya teguran, bahkan izinnya bisa dicabut,” tegasnya.

Sementara, Kasubdit Lantas SDP Dinas Perhubungan OKI, Fredy Tampubolon mengatakan, dengan adanya bimbingan teknis terhadap para operator kapal sungai dan danau ini dapat lebih meningkatkan kesadaran akan pentingnya perlengkapan kapal dan alat keselamatan. “Sehingga terwujud lalu lintas sungai dan danau yang tertib, aman dan lancar,” sebutnya.

Sementara, Asisten III, Sekretariat Daerah (Setda) OKI, M Zulkarnain menuturkan, bahwa di Kabupaten OKI modal transportasi sungai masih menjadi modal utama di beberapa wilayah. “Oleh karena itu, kebutuhan akan transportasi sungai ini masih sangat penting dalam menopang kehidupan dan aktifitas masyarakat,” katanya.

Dengan masih dibutuhkannya moda transportasi ini, menurutnya, tentu menjadi hal yang sangat penting bagi para operator kapal sungai dan danau ini untuk memberikan pelayanan yang aman dan nyaman untuk para penumpangnya sehingga transportasi sungai ini menjadi lebih baik dan aman. (Toyo)


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerKejanggalan Pengadaan Barang dan Jasa di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kab Sidoarjo Terciu (50601)Proyek Kawasan Wisata Penataran Blitar Abaikan Spek Kadis dan Satker Disbudpar Lempar Tanggung Jawab (38357)Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (13872)Perempuan Misterius Titip Bayi, Gegerkan Warga Kolelet Picung (13369)BPPT MoU Dengan Pemkab Natuna Kaji Pemanfaatan Teknologi Guna Mendukung Percepatan Pembangunan Dae (13003)Kejahatan Freddie Tan, Menjual Aset Triliunan Milik Pemprov DKI Jakarta (12266)Perselingkuhan Antar Kepsek Akhirnya Terbongkar (8331)Sintong Gultom Bubarkan Rapat Banmus DPRD Setiran Bonaran Situmeang (6331)Tujuh Komoditas Unggulan Dinas Perkebunan Propinsi Jawa Timur (5745)Mandi Seperti Manusia Petugas Yakin Bonita Adalah Harimau 'Jadi-Jadian' (5562)
Bedah JayaposKasus Penebangan Pohon Jati Milik PTPN 2 Tandem MengambangBinjai, Kasus penebangan beberapa pohon jati diklaim masih masuk areal Kebun Tandem Hilir PTPN II ...


Dirut Rumah Sakit Diduga Pungli, Massa Berunjuk RasaAnggaran DD Desa Cimanis- Sobang Pantas DiauditCatut Nama Emil Dardak Akun FB Pencari Sumbangan DipolisikanTipu Nasabah, Developer KSU Penyang Sangkalemu DipolisikanDamparit Kabupaten Barru Sul-Sel Diduga Tidak Sesuai Bestek Masyarakat Kayuagung Tuntut PT Waskita Perbaiki Jalan RusakHibah Pemprov Jatim 2016 Terindikasi Mark Up Warga Geram
Laporan KhususPemkab Gumas Gelar Bursa Inovasi Desa 2018Kuala Kurun, Pemerintah Kabupa­ten Gunung Mas (Gumas) melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat ...


2019, Seluruh Kegiatan di OPD Gumas Terintegrasi Secara OnlineUsai Dilantik, Fadly Amran dan Asrul Resmi Jabat Walikota dan Wakil Walikota Padang PanjangPemkab Gumas Rakor Pilkades Serentak 2018HUT OKI Jadi Energi Tuntaskan PembangunanPemko Tanjungbalai Menerima Kedatangan Kafilah MTQN XXVII Asal Kepri di Bandara Kuala NamuAlat Berat Dalam Pra TMMD Reguler Ke 103 di Desa Duren OmboJaya Baru dan Lueng Bata Juara II dan III Baiturrahman Juara Cerdas Cermat KIG 2018