Rabu, 16 Mei 2018 - 06:23:11 WIB
Operator Kapal Harus Berikan Keselamatan Terhadap PenumpangKategori: Sumatera Selatan - Dibaca: 110 kali

Baca Juga:Jalin Silahturahmi, Kementerian Lingkungan Hidup Adakan Buka Puasa Bersama Dengan Yatim PiatuBarang Bukti Dari Korlantas di BukaSesuai Spesifikasi Pelaksanaan Kerja, Rehabilitasi Bendungan Irigasi Koto Kandis DilakukanRehab Samsat Rancaekek Diduga Salahi Bestek dan SPP

Kayuagung, Jaya Pos

Operator kapal sungai atau danau harus mampu memberikan dan menjamin keselamatan bagi para penumpangnya. Jika hal tersebut dapat dipenuhi, hal ini akan berdampak terhadap beberapa sektor lainnya.

Hal ini diungkapkan Dirjen Perhubu­ngan Darat Kementerian Perhubungan Pandu Yunianto saat menghadiri Bimtek Operator Kapal Sungai dan Danau di Hotel Dinasti II Kayuagung, Selasa (8/5/2018).

Menurutnya, jika operator kapal dapat memberikan kenyamanan ini akan berpotensi memberikan dampak terhadap sektor pariwisata. “Presiden juga sedang menggalakkan sektor pariwisata, siapa tau nanti bisa jadi destinasi wisata. Kuncinya, bagaimana kita memberikan pelayanan kepada wisatawan, pandailah memberikan pelayanan,” ujarnya.

Untuk memberikan pelayanan tersebut, menurut Pandu, kuncinya berada di tangan para operator kapal ini. “Perhatikan dengan seksama aspek keselamatan, jangan sekali-kali abaikan faktor keselamatan. Karena sekecil apapun kesalahan itu bisa berakibat fatal,” bebernya.

Menurutnya, jika terjadi kecelakaan ataupun kendala dalam lalu lintas ini akan memberikan dampak yang luas terhadap masyarakat. “Untuk itu, perhatikan alat pendukung keselamatan lalu lintas. Misalnya life jacket dan atribut keselamatan lainnya,” ujarnya.
“Kalau ada operator kapal yang nakal nanti akan dikembalikan kepada regulasinya untuk sanksi. Misalnya teguran, bahkan izinnya bisa dicabut,” tegasnya.

Sementara, Kasubdit Lantas SDP Dinas Perhubungan OKI, Fredy Tampubolon mengatakan, dengan adanya bimbingan teknis terhadap para operator kapal sungai dan danau ini dapat lebih meningkatkan kesadaran akan pentingnya perlengkapan kapal dan alat keselamatan. “Sehingga terwujud lalu lintas sungai dan danau yang tertib, aman dan lancar,” sebutnya.

Sementara, Asisten III, Sekretariat Daerah (Setda) OKI, M Zulkarnain menuturkan, bahwa di Kabupaten OKI modal transportasi sungai masih menjadi modal utama di beberapa wilayah. “Oleh karena itu, kebutuhan akan transportasi sungai ini masih sangat penting dalam menopang kehidupan dan aktifitas masyarakat,” katanya.

Dengan masih dibutuhkannya moda transportasi ini, menurutnya, tentu menjadi hal yang sangat penting bagi para operator kapal sungai dan danau ini untuk memberikan pelayanan yang aman dan nyaman untuk para penumpangnya sehingga transportasi sungai ini menjadi lebih baik dan aman. (Toyo)


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerProyek Kawasan Wisata Penataran Blitar Abaikan Spek Kadis dan Satker Disbudpar Lempar Tanggung Jawab (58981)Kejanggalan Pengadaan Barang dan Jasa di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kab Sidoarjo Terciu (50855)Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (14143)Perempuan Misterius Titip Bayi, Gegerkan Warga Kolelet Picung (13626)BPPT MoU Dengan Pemkab Natuna Kaji Pemanfaatan Teknologi Guna Mendukung Percepatan Pembangunan Dae (13294)Kejahatan Freddie Tan, Menjual Aset Triliunan Milik Pemprov DKI Jakarta (12577)Perselingkuhan Antar Kepsek Akhirnya Terbongkar (8608)Sintong Gultom Bubarkan Rapat Banmus DPRD Setiran Bonaran Situmeang (7703)Walikota Tanjungbalai Hadiri Seminar Nasional Yang Diselenggarakan Pusat Kajian Selat Malaka USU Me (7469)Sudah 4 Bulan Pegawai Kejaksaan RI Tidak Dapat Dana Remunerasi (6619)
Bedah JayaposGawat! Polisi Diduga Tangkap LepasPekanbaru,Jaya Pos Masyarakat Palamboyan, Kecamatan Tapung membeberkan adanya pe­nangkapan oleh ...


Proyek Pasar Rakyat Namang Diduga BermasalahLelang Proyek Kementerian PU Diduga Terjadi Praktik KKNDikonfirmasi Soal RTLH, Kadis Perkim Banten Jawabnya NgibulPerbaikan Bahu Jalan Link 157,158,160,162,163,164,165 Dikorupsi ?Mantan Kadis Kopumdag Dan Direktur CV Umrah Utama Dijebloskan Ke LapasBappeda Kab. Mojokerto Diduga Kuat Terlibat Penyelewengan Dan Pemalsuan Data Keuangan NegaraMafia Tanah Beraksi Di Bukit Timah Dumai, Jual Lahan Milik M Muhiddin
Laporan KhususBidang Intelijen Kejari Kabupaten Bandung Mendapatkan Penghargaan Terbaik di Wilkum Kejati JabarKab Bandung, Jaya Pos Kejaksaan Negeri Kabupaten Bandung menjadi yang terbaik dibidang intelijen untuk ...


Unit Bisnis TAM PDAM Tirtawening Layani Warga Bandung 24 JamDanrem 071/Wijayakusuma Kunjungan Kerja Sambil Olahraga dan Mempererat SilatuhamiAwal Tahun, Padang Panjang Juarai Kategori Kota Kecil Smart CityCapaian 6 Misi Pembangunan Meningkat, Fachrori Ajak Semua Pihak Bersinergi Membangun JambiNatal Sagala Raja Bere Ibebere, Boru Dihadiri DPRD Deli Serdang Rosmawati Sitanggang SHPersit Kartika Chandra Kirana Koorcab Rem 071 Ikuti Donor Darah Hari Juang Kartika 2018Mayjen TNI Mochamad Effendi Resmi Jabat Pangdam IV/Diponegoro