Jumat, 08 Juni 2018 - 06:35:04 WIB
Disnakkan Kabupaten Ciamis Lakukan Pemeriksaan PAH di Pasar Tradisonal dan Pasar ModernKategori: Jawa Barat - Dibaca: 27 kali

Baca Juga:PPK Tidak Becus, Proyek Senilai Rp 2,1 M GagalKinerja Polres Dapat Apresiasi PositifDirtek PDAM Tirta Sukapura Dinilai AroganPenumpang ke Malaysia Mengeluh, Pelabuhan Semrawut

Ciamis, Jaya Pos

Pelaksanaan Kegiatan Pemeriksaan Pangan Asal Hewan (PAH) dan Produk PAH di awal bulan Ramadhan yang dilakukan Pemkab Ciamis melalui Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakkan) Kabupaten Ciamis dipusatkan di pasar tradisional dan pasar modern di wilayah Kabupaten Ciamis.

Kegiatan dilaksanakan secara sampling oleh tim dari Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Ciamis yang terdiri dari Ir Ma’mun, drh Asri Kurnia, Hj Sri Kusmiati AMd, Endang Didi, Rachmawati Sugihartini, Wawang, Nurul Hanifah Rachim SPt bertempat di Pasar Manis Ciamis, Pasar Su­buh Ciamis dan Yogya Dept Store.

Adapun hasil monitoring dan pemeriksaan berdasarkan keterangan dari para petugas Disnakkan yang diterjunkan diperoleh informasi bahwa pada kios daging sapi Ibu Hj Euis dilakukan pemeriksaan organ oleptik pada bau, konsistensi, warna dari daging sapi. Dari pemeriksaan tersebut ditemukan hasil secara keseluruhan normal yaitu bau khas daging sapi, konsistensi normal, warna merah khas daging sapi sehingga layak dikonsumsi masyarakat.

Pada kios daging sapi Ibu Ida dilakukan pemeriksaan organ oleptik pada daging dan jeroan. Dari hasil pemeriksaan tersebut ditemukan bahwa daging tercium bau khas daging, konsistensi normal, dan warna merah segar. Selain daging, dilakukan pemeriksaan pada organ hati dengan hasil bahwa organ hati tidak terdapat cacing hati dan perubahan lainnya se­hingga layak dikonsumsi oleh masyarakat.

Pada kios baso curah Ibu Mamah, juga dilakukan pemeriksaan/pengujian pada baso terhadap formalin dan boraks. Dari pengujian tersebut dinyatakan tidak mengandung bahan yang membahayakan.

Tim Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Ciamis, dalam kesempatan ini menyarankan kepada para penjual baso agar menggunakan bahan tambahan makanan dari bahan alami, tidak lagi menggunakan bahan tambahan makanan dari bahan kimia.

Selain itu, apabila menggunakan bahan pengenyal instant untuk pembuatan baso diharapkan menggunakan takaran sesuai petunjuk pemakaian dan kepada pihak manager Yogya Dept Store untuk memberikan masukan kepada supplier produk ikan laut agar memperhatikan rantai dingin pembekuan saat proses pengolahan sehingga produk bisa tahan lama tanpa menggunakan bahan kimia.

Tindak lanjut pasca kegiatan ini adalah kunjungan ulang (rutin) setiap enam bulan sekali untuk sosialisasi, pemeriksaan PAH dan Produk Olahan PAH di kios-kios pasar ataupun pusat perbelanjaan yang berada di wilayah Kabupaten Ciamis. (Mamay)


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerKejanggalan Pengadaan Barang dan Jasa di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kab Sidoarjo Terciu (36871)Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (13338)BPPT MoU Dengan Pemkab Natuna Kaji Pemanfaatan Teknologi Guna Mendukung Percepatan Pembangunan Dae (12715)Perselingkuhan Antar Kepsek Akhirnya Terbongkar (7889)Mandi Seperti Manusia Petugas Yakin Bonita Adalah Harimau 'Jadi-Jadian' (5237)Tujuh Komoditas Unggulan Dinas Perkebunan Propinsi Jawa Timur (4483)Dua Siswa Kelas 3 SMKN Tutur Dikeluarkan, Disuruh Buat Pernyataan Pengunduran Diri (3809)PT IIGF Adakan Baksos di Desa Telajung (3549)Pengusaha Ayam Goreng Karawaci Rugi Rp 28 Juta (3472)Proyek KA di Sulsel Membawa Petaka, Danyon Zipur Jadi Tersangka (3401)
Bedah JayaposKorupsi Di Disdik Jabar ? Asep Suhanggan : Saya Punya Saudara JaksaBANDUNG, JAYA POS – Dengan anggaran gemuk Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat rentan ...


Warga Desa Indrajaya Komplain Pengerjaan JalanProyek Baja Ringan SMPN 9 Purwakarta Diduga Asal-asalan, Disdik Segera Tegur PemborongPengawasan Dinas Lemah, Inspeksi Tanggul Urukan Pantai Kenjeran (Bronjong) Asal JadiProyek Rp 14 M Lebih Kawalan TP4D Kajati Kalteng Terindikasi Tak Sesuai KontrakProgram BSPS Tahun 2017, Diduga Langgar Peraturan Kemen PUPRProyek Irigasi Banda Usang Di Siguhung Terkesan AmburadulApotik Intan Farma Diduga Jual Obat Diatas HET, Imodium Dijual Rp 145 Ribu, Apotik Lain Rp 91 Ribu
Laporan KhususPT Semen Baturaja (Persero) Tbk. ...


Jelang Lebaran, Harga Stabil di Mendobarat dan MerawangPemkab Mojokerto Kembali Pertahankan Gelar WTPPT Inalum Bagikan Paket Sembako Gratis kepada WargaPelantikan Pejabat Tinggi Pratama Kabupaten Samosir DigelarBupati Dan Ketua TP- PKK Tanjab Barat, Bagikan Zakat MalPUBLIKASI KINERJA DINAS SOSIAL KABUPATEN BOGOR TAHUN 2018WTP Ke Enam Anugerah Terindah Bagi Kabupaten Tanah Datar