Jumat, 08 Juni 2018 - 06:35:04 WIB
Disnakkan Kabupaten Ciamis Lakukan Pemeriksaan PAH di Pasar Tradisonal dan Pasar ModernKategori: Jawa Barat - Dibaca: 181 kali

Baca Juga:PPK Tidak Becus, Proyek Senilai Rp 2,1 M GagalKinerja Polres Dapat Apresiasi PositifDirtek PDAM Tirta Sukapura Dinilai AroganPenumpang ke Malaysia Mengeluh, Pelabuhan Semrawut

Ciamis, Jaya Pos

Pelaksanaan Kegiatan Pemeriksaan Pangan Asal Hewan (PAH) dan Produk PAH di awal bulan Ramadhan yang dilakukan Pemkab Ciamis melalui Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakkan) Kabupaten Ciamis dipusatkan di pasar tradisional dan pasar modern di wilayah Kabupaten Ciamis.

Kegiatan dilaksanakan secara sampling oleh tim dari Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Ciamis yang terdiri dari Ir Ma’mun, drh Asri Kurnia, Hj Sri Kusmiati AMd, Endang Didi, Rachmawati Sugihartini, Wawang, Nurul Hanifah Rachim SPt bertempat di Pasar Manis Ciamis, Pasar Su­buh Ciamis dan Yogya Dept Store.

Adapun hasil monitoring dan pemeriksaan berdasarkan keterangan dari para petugas Disnakkan yang diterjunkan diperoleh informasi bahwa pada kios daging sapi Ibu Hj Euis dilakukan pemeriksaan organ oleptik pada bau, konsistensi, warna dari daging sapi. Dari pemeriksaan tersebut ditemukan hasil secara keseluruhan normal yaitu bau khas daging sapi, konsistensi normal, warna merah khas daging sapi sehingga layak dikonsumsi masyarakat.

Pada kios daging sapi Ibu Ida dilakukan pemeriksaan organ oleptik pada daging dan jeroan. Dari hasil pemeriksaan tersebut ditemukan bahwa daging tercium bau khas daging, konsistensi normal, dan warna merah segar. Selain daging, dilakukan pemeriksaan pada organ hati dengan hasil bahwa organ hati tidak terdapat cacing hati dan perubahan lainnya se­hingga layak dikonsumsi oleh masyarakat.

Pada kios baso curah Ibu Mamah, juga dilakukan pemeriksaan/pengujian pada baso terhadap formalin dan boraks. Dari pengujian tersebut dinyatakan tidak mengandung bahan yang membahayakan.

Tim Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Ciamis, dalam kesempatan ini menyarankan kepada para penjual baso agar menggunakan bahan tambahan makanan dari bahan alami, tidak lagi menggunakan bahan tambahan makanan dari bahan kimia.

Selain itu, apabila menggunakan bahan pengenyal instant untuk pembuatan baso diharapkan menggunakan takaran sesuai petunjuk pemakaian dan kepada pihak manager Yogya Dept Store untuk memberikan masukan kepada supplier produk ikan laut agar memperhatikan rantai dingin pembekuan saat proses pengolahan sehingga produk bisa tahan lama tanpa menggunakan bahan kimia.

Tindak lanjut pasca kegiatan ini adalah kunjungan ulang (rutin) setiap enam bulan sekali untuk sosialisasi, pemeriksaan PAH dan Produk Olahan PAH di kios-kios pasar ataupun pusat perbelanjaan yang berada di wilayah Kabupaten Ciamis. (Mamay)


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerProyek Kawasan Wisata Penataran Blitar Abaikan Spek Kadis dan Satker Disbudpar Lempar Tanggung Jawab (59377)Kejanggalan Pengadaan Barang dan Jasa di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kab Sidoarjo Terciu (51253)Walikota Tanjungbalai Hadiri Seminar Nasional Yang Diselenggarakan Pusat Kajian Selat Malaka USU Me (33524)Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (14726)Perempuan Misterius Titip Bayi, Gegerkan Warga Kolelet Picung (14015)BPPT MoU Dengan Pemkab Natuna Kaji Pemanfaatan Teknologi Guna Mendukung Percepatan Pembangunan Dae (13852)Sepasang Kekasih Tewas Di Hotel Kisaran (13608)Kejahatan Freddie Tan, Menjual Aset Triliunan Milik Pemprov DKI Jakarta (13015)Sintong Gultom Bubarkan Rapat Banmus DPRD Setiran Bonaran Situmeang (9978)Perselingkuhan Antar Kepsek Akhirnya Terbongkar (9027)
Bedah JayaposTim Saber Pungli Kota Banjar Siap Tindaklanjuti Dugaan Pungli di DisdikbudBanjar, Jaya Pos Tunjangan Kinerja (Tunkin) pengganti Tunjangan Dae­rah (Tunda) yang bakal diterima ...


Warga Huntara Korban Tsunami Keluhkan Air Bersih dan ListrikBobroknya Sikap Oknum Pegawai Bank BNI BukittinggiRekanan Chevron Diduga Gunakan BBM BersubsidiSHM Ganda Diduga Dilakukan oleh Oknum Pegawai BPN Kota PekanbaruGus Irawan Yang Merekomondasikan, Abdul Karim Yang Kerjakan, Nilai Proyek Tidak Tahu Berapa ?Bangunan Pompanisasi Di Desa Gendro Mangkrak dan Perlu di AuditRS MMC Jambi Diduga Curangi Gaji Karyawan, Lebaran Terancam Tidak Terima THR
Laporan KhususPemkab Labusel Kembali Memperoleh WTP TA 2108 dari Kepala BPK RI Perwakilan SumutLabusel, Jaya Pos Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Labuhanbatu Selatan (Labusel) kembali memperoleh opini Wajar ...


Pemkab Ciamis Pastikan Jalan Buniseuri-Jalatrang DihotmixLakukan Reformasi Koperasi Untuk Kesejahteraan Anggota, Naikan Pendapatan dan Pembangunan ApartemenPemkab Humbahas Raih WTP dari BPK RI Perwakilan SumutPatik Dalam Kehidupan Batak Safari Ramadan Wabub Bantaeng Sampaikan Pentingnya BersilaturrahimDPRD Sampaikan Rekomendasi Terhadap LKPj Walikota Tahun 2018DPRD Subang Gelar Rapat Paripurna LKPJ Bupati Tahun 2018