Jumat, 08 Juni 2018 - 06:35:04 WIB
Disnakkan Kabupaten Ciamis Lakukan Pemeriksaan PAH di Pasar Tradisonal dan Pasar ModernKategori: Jawa Barat - Dibaca: 113 kali

Baca Juga:PPK Tidak Becus, Proyek Senilai Rp 2,1 M GagalKinerja Polres Dapat Apresiasi PositifDirtek PDAM Tirta Sukapura Dinilai AroganPenumpang ke Malaysia Mengeluh, Pelabuhan Semrawut

Ciamis, Jaya Pos

Pelaksanaan Kegiatan Pemeriksaan Pangan Asal Hewan (PAH) dan Produk PAH di awal bulan Ramadhan yang dilakukan Pemkab Ciamis melalui Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakkan) Kabupaten Ciamis dipusatkan di pasar tradisional dan pasar modern di wilayah Kabupaten Ciamis.

Kegiatan dilaksanakan secara sampling oleh tim dari Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Ciamis yang terdiri dari Ir Ma’mun, drh Asri Kurnia, Hj Sri Kusmiati AMd, Endang Didi, Rachmawati Sugihartini, Wawang, Nurul Hanifah Rachim SPt bertempat di Pasar Manis Ciamis, Pasar Su­buh Ciamis dan Yogya Dept Store.

Adapun hasil monitoring dan pemeriksaan berdasarkan keterangan dari para petugas Disnakkan yang diterjunkan diperoleh informasi bahwa pada kios daging sapi Ibu Hj Euis dilakukan pemeriksaan organ oleptik pada bau, konsistensi, warna dari daging sapi. Dari pemeriksaan tersebut ditemukan hasil secara keseluruhan normal yaitu bau khas daging sapi, konsistensi normal, warna merah khas daging sapi sehingga layak dikonsumsi masyarakat.

Pada kios daging sapi Ibu Ida dilakukan pemeriksaan organ oleptik pada daging dan jeroan. Dari hasil pemeriksaan tersebut ditemukan bahwa daging tercium bau khas daging, konsistensi normal, dan warna merah segar. Selain daging, dilakukan pemeriksaan pada organ hati dengan hasil bahwa organ hati tidak terdapat cacing hati dan perubahan lainnya se­hingga layak dikonsumsi oleh masyarakat.

Pada kios baso curah Ibu Mamah, juga dilakukan pemeriksaan/pengujian pada baso terhadap formalin dan boraks. Dari pengujian tersebut dinyatakan tidak mengandung bahan yang membahayakan.

Tim Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Ciamis, dalam kesempatan ini menyarankan kepada para penjual baso agar menggunakan bahan tambahan makanan dari bahan alami, tidak lagi menggunakan bahan tambahan makanan dari bahan kimia.

Selain itu, apabila menggunakan bahan pengenyal instant untuk pembuatan baso diharapkan menggunakan takaran sesuai petunjuk pemakaian dan kepada pihak manager Yogya Dept Store untuk memberikan masukan kepada supplier produk ikan laut agar memperhatikan rantai dingin pembekuan saat proses pengolahan sehingga produk bisa tahan lama tanpa menggunakan bahan kimia.

Tindak lanjut pasca kegiatan ini adalah kunjungan ulang (rutin) setiap enam bulan sekali untuk sosialisasi, pemeriksaan PAH dan Produk Olahan PAH di kios-kios pasar ataupun pusat perbelanjaan yang berada di wilayah Kabupaten Ciamis. (Mamay)


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerKejanggalan Pengadaan Barang dan Jasa di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kab Sidoarjo Terciu (50601)Proyek Kawasan Wisata Penataran Blitar Abaikan Spek Kadis dan Satker Disbudpar Lempar Tanggung Jawab (38349)Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (13872)Perempuan Misterius Titip Bayi, Gegerkan Warga Kolelet Picung (13369)BPPT MoU Dengan Pemkab Natuna Kaji Pemanfaatan Teknologi Guna Mendukung Percepatan Pembangunan Dae (13003)Kejahatan Freddie Tan, Menjual Aset Triliunan Milik Pemprov DKI Jakarta (12266)Perselingkuhan Antar Kepsek Akhirnya Terbongkar (8331)Sintong Gultom Bubarkan Rapat Banmus DPRD Setiran Bonaran Situmeang (6329)Tujuh Komoditas Unggulan Dinas Perkebunan Propinsi Jawa Timur (5745)Mandi Seperti Manusia Petugas Yakin Bonita Adalah Harimau 'Jadi-Jadian' (5562)
Bedah JayaposKasus Penebangan Pohon Jati Milik PTPN 2 Tandem MengambangBinjai, Kasus penebangan beberapa pohon jati diklaim masih masuk areal Kebun Tandem Hilir PTPN II ...


Dirut Rumah Sakit Diduga Pungli, Massa Berunjuk RasaAnggaran DD Desa Cimanis- Sobang Pantas DiauditCatut Nama Emil Dardak Akun FB Pencari Sumbangan DipolisikanTipu Nasabah, Developer KSU Penyang Sangkalemu DipolisikanDamparit Kabupaten Barru Sul-Sel Diduga Tidak Sesuai Bestek Masyarakat Kayuagung Tuntut PT Waskita Perbaiki Jalan RusakHibah Pemprov Jatim 2016 Terindikasi Mark Up Warga Geram
Laporan KhususPemkab Gumas Gelar Bursa Inovasi Desa 2018Kuala Kurun, Pemerintah Kabupa­ten Gunung Mas (Gumas) melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat ...


2019, Seluruh Kegiatan di OPD Gumas Terintegrasi Secara OnlineUsai Dilantik, Fadly Amran dan Asrul Resmi Jabat Walikota dan Wakil Walikota Padang PanjangPemkab Gumas Rakor Pilkades Serentak 2018HUT OKI Jadi Energi Tuntaskan PembangunanPemko Tanjungbalai Menerima Kedatangan Kafilah MTQN XXVII Asal Kepri di Bandara Kuala NamuAlat Berat Dalam Pra TMMD Reguler Ke 103 di Desa Duren OmboJaya Baru dan Lueng Bata Juara II dan III Baiturrahman Juara Cerdas Cermat KIG 2018