Rabu, 05 September 2012 - 07:29:34 WIB
Pengerjaan Rehab dan RKB Sejumlah SDN Asal Jadi, Kepsek dan Konsultan Diduga Lakukan KonspirasiKategori: Pendidikan - Dibaca: 212 kali

Baca Juga:Pasca Lebaran, Pasar Labuan Dikepung Tumpukan SampahKapolda Sulteng Serahkan Bantuan Banjir Bandang di Lokasi BencanaDiduga Realisasi Dana Gempa Kec. Cilawu BermasalahWarga Jakarta Pusat Harapkan Penegak Hukum Awasi Penggunaan Anggaran

Pandeglang, Jaya Pos

Program nasional rehabilitasi ruang kelas rusak berat dan mebeulair yang didanai oleh APBN tahun anggaran 2012 pada sejumlah SDN di Kabupaten Pandeglang seperti di Kecamatan Jiput, Pagelaran, dan Sukaresmi diketahui terdapat beberapa keganjilan dan ketidaksempurnaan sebagaimana yang dituangkan pada RAB maupun bestek, lebih dari itu dikhwatirkan kekuatan fisik bangunan tidak akan bertahan lama dan cepat ambruk.

SDN Jaya Mekar 2, SDN Salapraya 2 dan SDN Bama 1, dalam pengerjaannya diketahui menggunakan semen yang kurang bermerek serta dibawah harga standar. Para kepala sekolah pun [kepsek] beralasan bahwa penggunaan semen tersebut, disamping harganya lebih rendah dari semen yang bermerek juga sudah disetujui oleh konsultan.

“Kami menggunakan semen tersebut disebabkan semen yang sudah disesuaikan sebagaimana yang dituangkan pada  laporan volume, barangnya tidak ada dipasaran. Disamping itu, konsultan sudah menyetujuinya,” kata salah satu kepsek via telepon selular pada Jaya Pos.

Yang mengejutkan lagi terjadi di SDN Janaka 3. Bangunan SDN itu jelas-jelas tidak mengacu dan  melanggar bestek contohnya segitiga atas tidak memakai sofi-sofi [istilah tukang.Red], kurangnya beberapa balok penghubung dan menggunakan pasir cor dan adukan untuk  pasangan dengan pasir laut.

Fatalnya, Maman SPd selaku Kepsek mengakui atas kesalahan penggunaan bahan bangunan akan tetapi tidak ada upaya untuk memperbaikinya dengan alasan yang sama yaitu sudah di amini konsultan.

Juki, salah satu konsultan saat dipinta komentarnya terkait banyaknya bangunan SDN diwilayah kerjanya yang menyalahi Bestek justru balik bertanya. Dia katakan kalau Jaya Pos menanyakan hal itu, ia minta diperlihatkan surat tugas berikut ID Card. “Untuk saya ambil dan saya photo,” katanya yang terkesan konyol dan amatiran, sebab secara tidak langsung Juki sudah mengambil hak dan wewenang PWI sekaligus aparatur penegak hukum.

Sikap Juki tidak jauh berbeda dengan Alek, konsultan yang membawahi sejumlah SDN di Kec Sukaresmi. “Silahkan wartawan cek langsung dan kalau menemukan beberapa keganjilan SDN mana saja laporkan pada Saya,” katanya dengan semangat idealisme yang kental. Akan tetapi, ketika Jaya Pos menemukan adanya keganjilan salah satu  SDN di Kec Sukaresmi, jangankan menjawab atau membalas SMS yang dikirimkan via handphonenya, diangkat pun tidak.

Mencermati hal itu, Yance salah satu aktivis LSM Jambakk mennyimpulkan adanya kesan dugaan konspirasi  sejumlah kepsek dan konsultan yang tidak terpuji dan sekaligus.  Mereka sudah melecehkan Permendiknas No 56 tahun 2011 yang direalisasikan untuk tahun anggaran 2012 tentang penggunaan dana rehab dan RKB untuk SDN dan SD luar biasa.

“Kadisdik Kab Pandeglang hendaknya tidak tinggal diam atas pelanggran-pelanggaran yang di lakukan oleh oknum-oknum itu. Saya berharap Kadisdik segera cek langsung ke lokasi, termasuk pihak penegak hukum agar,” kata Yance kepada Jaya Pos. Yan/Rus


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerProyek Kawasan Wisata Penataran Blitar Abaikan Spek Kadis dan Satker Disbudpar Lempar Tanggung Jawab (59090)Kejanggalan Pengadaan Barang dan Jasa di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kab Sidoarjo Terciu (50947)Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (14252)Walikota Tanjungbalai Hadiri Seminar Nasional Yang Diselenggarakan Pusat Kajian Selat Malaka USU Me (13817)Perempuan Misterius Titip Bayi, Gegerkan Warga Kolelet Picung (13719)BPPT MoU Dengan Pemkab Natuna Kaji Pemanfaatan Teknologi Guna Mendukung Percepatan Pembangunan Dae (13399)Sepasang Kekasih Tewas Di Hotel Kisaran (13353)Kejahatan Freddie Tan, Menjual Aset Triliunan Milik Pemprov DKI Jakarta (12701)Perselingkuhan Antar Kepsek Akhirnya Terbongkar (8738)Sintong Gultom Bubarkan Rapat Banmus DPRD Setiran Bonaran Situmeang (8258)
Bedah JayaposKetua NCW Lahat Dapat Surat Balasan Terkait Dugaan Korupsi di PUPR Senilai Rp24 MNCW desak KPK agar secepatnya memproses kasus dugaan korupsi senilai Rp 24 miliar yang dilaporkan melalui ...


RSI Siti Hajar Tidak Profesional Dalam Menangani PasienPolemik Pengiriman 2.493 Ton Zirkon Oleh PT Putraprima Mineral MandiriDiduga Gelapkan Dana Nasabah, PT PNM Unit Amurang Dilaporkan Ke Polda SulutMencuri Kabel Milik PT OKI Pulp and Papers Mills, Sarmadin Ditangkap PolisiMantan Camat Merapi Timur Diduga Terlibat Pembuatan Surat Tanah FiktifDrainase Desa Rimba Beringin Rusak Diduga Pembangunan Asal JadiRealisasi APBD Membengkak, Biaya Perjalanan Dinas 2017 Terindikasi Korupsi ?
Laporan KhususPenilaian Dasawisma Aster II "Optimis Raih Juara"Padang Panjang, Jaya Pos Dasawisma Aster II berhasil menjadi nominator Kelompok Dasawisma Berprestasi ...


Fachrori: Kita Berupaya Maksimal Wujudkan Program Pembangunan 30 Ribu Massa Akan Ramaikan Gelaran Generasi Muda Cinta Lalu Lintas di Provinsi JambiFachrori Rapat Bersama Mentan Bicarakan Penguatan Harga Karet dan PanganHasil Evaluasi SAKIP Pemkab Gunung Mas Raih Predikat BPerbub Baru: Gaji PTT di Gumas Diatas UMKBupati Gumas Lantik 59 Kades Terpilih Periode 2018-2024Jiwa Rela Berkorban R Joko Kaiman Perlu Diteladani