Rabu, 05 September 2012 - 07:29:34 WIB
Pengerjaan Rehab dan RKB Sejumlah SDN Asal Jadi, Kepsek dan Konsultan Diduga Lakukan KonspirasiKategori: Pendidikan - Dibaca: 65 kali

Baca Juga:Pasca Lebaran, Pasar Labuan Dikepung Tumpukan SampahKapolda Sulteng Serahkan Bantuan Banjir Bandang di Lokasi BencanaDiduga Realisasi Dana Gempa Kec. Cilawu BermasalahWarga Jakarta Pusat Harapkan Penegak Hukum Awasi Penggunaan Anggaran

Pandeglang, Jaya Pos

Program nasional rehabilitasi ruang kelas rusak berat dan mebeulair yang didanai oleh APBN tahun anggaran 2012 pada sejumlah SDN di Kabupaten Pandeglang seperti di Kecamatan Jiput, Pagelaran, dan Sukaresmi diketahui terdapat beberapa keganjilan dan ketidaksempurnaan sebagaimana yang dituangkan pada RAB maupun bestek, lebih dari itu dikhwatirkan kekuatan fisik bangunan tidak akan bertahan lama dan cepat ambruk.

SDN Jaya Mekar 2, SDN Salapraya 2 dan SDN Bama 1, dalam pengerjaannya diketahui menggunakan semen yang kurang bermerek serta dibawah harga standar. Para kepala sekolah pun [kepsek] beralasan bahwa penggunaan semen tersebut, disamping harganya lebih rendah dari semen yang bermerek juga sudah disetujui oleh konsultan.

“Kami menggunakan semen tersebut disebabkan semen yang sudah disesuaikan sebagaimana yang dituangkan pada  laporan volume, barangnya tidak ada dipasaran. Disamping itu, konsultan sudah menyetujuinya,” kata salah satu kepsek via telepon selular pada Jaya Pos.

Yang mengejutkan lagi terjadi di SDN Janaka 3. Bangunan SDN itu jelas-jelas tidak mengacu dan  melanggar bestek contohnya segitiga atas tidak memakai sofi-sofi [istilah tukang.Red], kurangnya beberapa balok penghubung dan menggunakan pasir cor dan adukan untuk  pasangan dengan pasir laut.

Fatalnya, Maman SPd selaku Kepsek mengakui atas kesalahan penggunaan bahan bangunan akan tetapi tidak ada upaya untuk memperbaikinya dengan alasan yang sama yaitu sudah di amini konsultan.

Juki, salah satu konsultan saat dipinta komentarnya terkait banyaknya bangunan SDN diwilayah kerjanya yang menyalahi Bestek justru balik bertanya. Dia katakan kalau Jaya Pos menanyakan hal itu, ia minta diperlihatkan surat tugas berikut ID Card. “Untuk saya ambil dan saya photo,” katanya yang terkesan konyol dan amatiran, sebab secara tidak langsung Juki sudah mengambil hak dan wewenang PWI sekaligus aparatur penegak hukum.

Sikap Juki tidak jauh berbeda dengan Alek, konsultan yang membawahi sejumlah SDN di Kec Sukaresmi. “Silahkan wartawan cek langsung dan kalau menemukan beberapa keganjilan SDN mana saja laporkan pada Saya,” katanya dengan semangat idealisme yang kental. Akan tetapi, ketika Jaya Pos menemukan adanya keganjilan salah satu  SDN di Kec Sukaresmi, jangankan menjawab atau membalas SMS yang dikirimkan via handphonenya, diangkat pun tidak.

Mencermati hal itu, Yance salah satu aktivis LSM Jambakk mennyimpulkan adanya kesan dugaan konspirasi  sejumlah kepsek dan konsultan yang tidak terpuji dan sekaligus.  Mereka sudah melecehkan Permendiknas No 56 tahun 2011 yang direalisasikan untuk tahun anggaran 2012 tentang penggunaan dana rehab dan RKB untuk SDN dan SD luar biasa.

“Kadisdik Kab Pandeglang hendaknya tidak tinggal diam atas pelanggran-pelanggaran yang di lakukan oleh oknum-oknum itu. Saya berharap Kadisdik segera cek langsung ke lokasi, termasuk pihak penegak hukum agar,” kata Yance kepada Jaya Pos. Yan/Rus


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerKejanggalan Pengadaan Barang dan Jasa di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kab Sidoarjo Terciu (19685)Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (13267)BPPT MoU Dengan Pemkab Natuna Kaji Pemanfaatan Teknologi Guna Mendukung Percepatan Pembangunan Dae (12661)Perselingkuhan Antar Kepsek Akhirnya Terbongkar (7807)Mandi Seperti Manusia Petugas Yakin Bonita Adalah Harimau 'Jadi-Jadian' (5169)Dua Siswa Kelas 3 SMKN Tutur Dikeluarkan, Disuruh Buat Pernyataan Pengunduran Diri (3705)PT IIGF Adakan Baksos di Desa Telajung (3507)Proyek KA di Sulsel Membawa Petaka, Danyon Zipur Jadi Tersangka (3336)Tujuh Komoditas Unggulan Dinas Perkebunan Propinsi Jawa Timur (2868)Sintong Gultom Bubarkan Rapat Banmus DPRD Setiran Bonaran Situmeang (2763)
Bedah JayaposDiduga Menyinggung Institusi TNI Kapolres Karawang DimutasiIsu yang berkembang menyebutkan kalau Kapolres Karawang di mutasi karena adanya rekaman video yang viral di ...


Telkom Manado Tutup Mata Tiang Melintang Di Jalan Trans Sulawesi TateliKomnas PAN Subang Gugat Sertifikat HGB PT.Central Georgente Nusantara6 Bulan Tidak Ditindaklanjuti Kejagung Koleksi Laporan Pengaduan?Poktan Penerima Program Kedelai Keluhkan Kualitas BenihPutusan Merasa Tidak Adil, Penggugat Curahkan Kemarahannya Pada HakimBantuan Keuangan Khusus Senilai Rp 2 M Jadi Ajang Bancakan (Bag 3)Bantuan Keuangan Khusus Senilai Rp 2 Milyar Jadi Ajang Bancakan (bag 2)
Laporan KhususAmbulans Hanura Siap Layani Kepentingan Warga ManadoManado, Jaya Pos Komitmen Partai Hati Nurani Rakyat Provinsi Sulawesi Utara dibawah kepemimpinan Ketua ...


Acara sosialisasi BHPRD TA 2018Study KomparasiKegiatan Ketahanan Pangan NasionalKegiatan Peningkatan Kapasitas TP-PKKPisah Sambut Dandim 0307/Tanah Datar, Sekaligus Penyambutan Komandan Secata B dan Ketua PA PadangpanJelang Ramadhan, Harga Bahan Pokok di Depok Masih Stabil Bupati Labuhanbatu Apresiasi Pelaksanaan Isra Mi'raj Yang Diprakarsai Oleh Kodim 0209/LB