Rabu, 11 Juli 2018 - 07:50:16 WIB
Kabupaten Labusel Dicanangkan Menjadi Kabupaten LiterasiKategori: Sumatera Utara - Dibaca: 36 kali

Baca Juga:Sungai Cikamangi Desa Leuweunghapit Siap DikerukDiduga Korupsi DAK Rp 150 Juta, Kejari Bantaeng Periksa Anak Buah Kr GodengPengerjaan Rehab dan RKB Sejumlah SDN Asal Jadi, Kepsek dan Konsultan Diduga Lakukan KonspirasiPasca Lebaran, Pasar Labuan Dikepung Tumpukan Sampah

Labusel, JAYAPOS - Wakil Bupati Labuhanbatu Selatan Drs Kholil Jufri Harahap mencanangkan Kabupaten Labuhanbatu Selatan (Labusel) sebagai kabupaten literasi. Pencanangan ini dilakukan pada Sosialisasi Gerakan Literasi Nasional oleh Balai Bahasa Provsu Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, Selasa (3/7) di aula kantor bupati.

Hadir pada acara tersebut Kepala Balai Bahasa Provsu DR Fairul Zabadi, Wabup Drs Kholil Jufri Harahap, Sekda Zulkifli SIP MM, Asisten, pimpinan OPD, Camat, Lurah dan Kepala Desa dan undangan lainnya.

Wabup Drs Kholil Jufri Harahap dalam sambutannya menyatakan siap mendukung dan menjadikan Kabupaten Labuhanbatu Selatan sebagai Kabupaten Literasi di Provinsi Sumatera Utara.

Wabup meminta kepada seluruh OPD, camat, lurah dan kepala desa untuk mendukung Gerakan Literasi Nasional di Kabupaten Labuhanbatu Selatan.
“Kabupaten Labuhanbatu Selatan harus mampu menjadi percontohan sebagai kabupaten literasi baik di tingkat Provinsi Sumut maupun tingkat nasional”, ujar Drs Kholil Jufri Harahap.

Pada kesempatan itu, Wabup juga memerintahkan Kadis Perpustakaan membuat perpustakaan desa di 54 desa/kelurahan se-Kabupaten Labuhanbatu Selatan.

“39 desa sudah memiliki perpustakaan desa, saya minta Kadis Perpustakaan untuk melengkapi perpustakaan desa di 54 desa/kelurahan yang ada,” tegas Wabup.

“Kepada Kadis Pendidikan saya juga minta untuk membuat program perpustakaan sekolah di seluruh sekolah yang ada baik di tingkat SD, SLTP dan SLTA”, lanjutnya.

Sementara itu Kepala Balai Bahasa Provsu DR Fairul Zabadi dalam sambutannya mengajak seluruh elemen di Kabupaten Labuhanbatu Selatan untuk menggelorakan semangat Literasi.

“Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Balai Bahasa Provsu akan menjadikan Labuhanbatu Selatan sebagai projek Literasi di Provsu dan Nasional”, jelasnya.

Gerakan Literasi Nasional bertujuan untuk menumbuhkembangkan budaya literasi pada ekosistem pendidikan, keluarga, sekolah dan masyarakat dalam rangka pembelajaran sepanjang hayat sebagai upaya meningkatkan kualitas hidup.

Penerapan gerakan literasi nasional dilakukan melalui 3 ranah yaitu literasi sekolah, literasi masyarakat dan literasi keluarga. Literasi Sekolah dilakukan dengan menciptakan lingkungan sekolah yang gemar membaca dan rajin menulis.

Sedangkan Literasi Masyarakat dengan menciptakan lingkungan masyarakat yang gemar membaca dan rajin menulis dan literasi keluarga untuk menciptakan lingkungan keluarga yang gemar membaca dan rajin menulis.

Pada kesempatan itu, juga dilakukan penandatangan Nota Kesepahaman antara Balai Bahasa Sumatera Utara Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kemdikbud dengan Pemkab Labuhanbatu Selatan tentang Pengembangan, Pembinaan dan Perlindungan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah serta penandatanganan Piagam kerjasama antara Pemkab Labuhanbatu Selatan dengan Balai Bahasa Sumatera Utara Kemdikbud tentang Pengembangan, Pembinaan dan Perlindungan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah.(Gatti)


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerKejanggalan Pengadaan Barang dan Jasa di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kab Sidoarjo Terciu (50354)Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (13445)BPPT MoU Dengan Pemkab Natuna Kaji Pemanfaatan Teknologi Guna Mendukung Percepatan Pembangunan Dae (12779)Perselingkuhan Antar Kepsek Akhirnya Terbongkar (8004)Mandi Seperti Manusia Petugas Yakin Bonita Adalah Harimau 'Jadi-Jadian' (5325)Tujuh Komoditas Unggulan Dinas Perkebunan Propinsi Jawa Timur (4815)Dua Siswa Kelas 3 SMKN Tutur Dikeluarkan, Disuruh Buat Pernyataan Pengunduran Diri (3941)Sintong Gultom Bubarkan Rapat Banmus DPRD Setiran Bonaran Situmeang (3739)PT IIGF Adakan Baksos di Desa Telajung (3613)Pengusaha Ayam Goreng Karawaci Rugi Rp 28 Juta (3526)
Bedah JayaposPenggunaan Anggaran Pendidikan PAUD Mantan Pjs Mekar Jaya Diduga Tidak TransparanPandeglang, JAYAPOS - Hj Murtiningsih SE, mantan Pejabat Sementara (Pjs) Kepala Desa Mekar Jaya ...


Pungli di CV BB Travel Catut Nama Polres Penyidik Dilapor Ke Propam Polda KaltengPedestrian Merr-Kalidami Senilai Rp 3 Milyar Terkesan Asal JadiGalian C Desa Treman Kabupaten Minut Diduga Tidak Mengantongi IzinProyek Kawasan Wisata Penataran Blitar Abaikan Spek Kadis dan Satker Disbudpar Lempar Tanggung JawabKinerja PPDP KPU Way Kanan DipertanyakanSatpol PP Kota Tanjungbalai Tertibkan PKL Berdagang di TrotoarDishub Labuhanbatu Lakukan Sidak di Empat Dermaga Penyeberangan
Laporan KhususSembako Malam Disalurkan Kepada Warga Sasaran TMMD BanjarnegaraBanjarnegara, JAYAPOS - Bantuan paket sembako dari Kodim 0704 Banjarnegara yang sebelumnya ...


Peringatan Harganas XXV Tahun 2018, Bupati Irdinansyah Peroleh Tanda Kehormatan Manggala Karya KencaSuport Ibu-ibu Karanggondang Luar Biasa "Tak Ragu Langsir Material"Pemprov Jambi Dukung Pelestarian Olahraga Tradisional dan Liga SantriBerkah TMMD Bagi Pedagang TernakPembangunan Drainase di Lokasi TMMD Reg 102 DikebutRehab RTLH di Lokasi TMMD Reg 102 PasegeranBupati Lantik Direktur dan Badan Pengawas PDAM Tirta Bahalap Kuala Kurun