Rabu, 11 Juli 2018 - 07:50:16 WIB
Kabupaten Labusel Dicanangkan Menjadi Kabupaten LiterasiKategori: Sumatera Utara - Dibaca: 65 kali

Baca Juga:Sungai Cikamangi Desa Leuweunghapit Siap DikerukDiduga Korupsi DAK Rp 150 Juta, Kejari Bantaeng Periksa Anak Buah Kr GodengPengerjaan Rehab dan RKB Sejumlah SDN Asal Jadi, Kepsek dan Konsultan Diduga Lakukan KonspirasiPasca Lebaran, Pasar Labuan Dikepung Tumpukan Sampah

Labusel, JAYAPOS - Wakil Bupati Labuhanbatu Selatan Drs Kholil Jufri Harahap mencanangkan Kabupaten Labuhanbatu Selatan (Labusel) sebagai kabupaten literasi. Pencanangan ini dilakukan pada Sosialisasi Gerakan Literasi Nasional oleh Balai Bahasa Provsu Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, Selasa (3/7) di aula kantor bupati.

Hadir pada acara tersebut Kepala Balai Bahasa Provsu DR Fairul Zabadi, Wabup Drs Kholil Jufri Harahap, Sekda Zulkifli SIP MM, Asisten, pimpinan OPD, Camat, Lurah dan Kepala Desa dan undangan lainnya.

Wabup Drs Kholil Jufri Harahap dalam sambutannya menyatakan siap mendukung dan menjadikan Kabupaten Labuhanbatu Selatan sebagai Kabupaten Literasi di Provinsi Sumatera Utara.

Wabup meminta kepada seluruh OPD, camat, lurah dan kepala desa untuk mendukung Gerakan Literasi Nasional di Kabupaten Labuhanbatu Selatan.
“Kabupaten Labuhanbatu Selatan harus mampu menjadi percontohan sebagai kabupaten literasi baik di tingkat Provinsi Sumut maupun tingkat nasional”, ujar Drs Kholil Jufri Harahap.

Pada kesempatan itu, Wabup juga memerintahkan Kadis Perpustakaan membuat perpustakaan desa di 54 desa/kelurahan se-Kabupaten Labuhanbatu Selatan.

“39 desa sudah memiliki perpustakaan desa, saya minta Kadis Perpustakaan untuk melengkapi perpustakaan desa di 54 desa/kelurahan yang ada,” tegas Wabup.

“Kepada Kadis Pendidikan saya juga minta untuk membuat program perpustakaan sekolah di seluruh sekolah yang ada baik di tingkat SD, SLTP dan SLTA”, lanjutnya.

Sementara itu Kepala Balai Bahasa Provsu DR Fairul Zabadi dalam sambutannya mengajak seluruh elemen di Kabupaten Labuhanbatu Selatan untuk menggelorakan semangat Literasi.

“Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Balai Bahasa Provsu akan menjadikan Labuhanbatu Selatan sebagai projek Literasi di Provsu dan Nasional”, jelasnya.

Gerakan Literasi Nasional bertujuan untuk menumbuhkembangkan budaya literasi pada ekosistem pendidikan, keluarga, sekolah dan masyarakat dalam rangka pembelajaran sepanjang hayat sebagai upaya meningkatkan kualitas hidup.

Penerapan gerakan literasi nasional dilakukan melalui 3 ranah yaitu literasi sekolah, literasi masyarakat dan literasi keluarga. Literasi Sekolah dilakukan dengan menciptakan lingkungan sekolah yang gemar membaca dan rajin menulis.

Sedangkan Literasi Masyarakat dengan menciptakan lingkungan masyarakat yang gemar membaca dan rajin menulis dan literasi keluarga untuk menciptakan lingkungan keluarga yang gemar membaca dan rajin menulis.

Pada kesempatan itu, juga dilakukan penandatangan Nota Kesepahaman antara Balai Bahasa Sumatera Utara Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kemdikbud dengan Pemkab Labuhanbatu Selatan tentang Pengembangan, Pembinaan dan Perlindungan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah serta penandatanganan Piagam kerjasama antara Pemkab Labuhanbatu Selatan dengan Balai Bahasa Sumatera Utara Kemdikbud tentang Pengembangan, Pembinaan dan Perlindungan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah.(Gatti)


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerKejanggalan Pengadaan Barang dan Jasa di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kab Sidoarjo Terciu (50562)Proyek Kawasan Wisata Penataran Blitar Abaikan Spek Kadis dan Satker Disbudpar Lempar Tanggung Jawab (33593)Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (13804)Perempuan Misterius Titip Bayi, Gegerkan Warga Kolelet Picung (13335)BPPT MoU Dengan Pemkab Natuna Kaji Pemanfaatan Teknologi Guna Mendukung Percepatan Pembangunan Dae (12965)Kejahatan Freddie Tan, Menjual Aset Triliunan Milik Pemprov DKI Jakarta (12214)Perselingkuhan Antar Kepsek Akhirnya Terbongkar (8278)Sintong Gultom Bubarkan Rapat Banmus DPRD Setiran Bonaran Situmeang (5776)Tujuh Komoditas Unggulan Dinas Perkebunan Propinsi Jawa Timur (5593)Mandi Seperti Manusia Petugas Yakin Bonita Adalah Harimau 'Jadi-Jadian' (5513)
Bedah JayaposKades Cimanis - Sobang Diduga Korup Dana DesaPandengglang, JAYAPOS - Berawal dari pengaduan warga Desa Cimanis, Kec, Sobang yang tidak mau ...


Proyek Jalan Usaha Tani Senilai Ratusan Juta di Desa Brayung Kecamatan Puri HancurDiduga Ada Konspirasi, Bantuan Hibah Ternak Sapi 2017 MencurigakanCinta Sejati Berakhir di Balik Jeruji, Pelaku Pengeroyokan Malah Tidak Terjamah HukumEmbung Tanpa AirCV. Dewi Lestari Ketapang Diduga Mark-Up Proyek Jalan Usaha TaniPolisi Kecolongan, Ribuan Potong Kayu Log Ilegal lolosAMP Milik PT AKI Disinyalir Tidak Mengantongi Izin
Laporan KhususMasuk DCT, Pande-Iroot Siap Perjuangkan Aspirasi Rakyat MiskinManado, JAYAPOS -  Rasa syukur diungkapkan oleh Steven Pande-iroot salah satu Calon ...


Bulan Dana PMI Banyumas Targetkan 1,25 MRaih WTP 7 Kali, Pemkab OKI: Dampaknya untuk MasyarakatApel Akbar dan Pawai Muharram Terbesar Diikuti Ribuan SantriDanrem 071/Wk Juara 3rd Place "U Grade" IPSC Level III Standard DivisionRibuan Santri Banyumas Ikuti Pawai Taaruf Sambut Tahun BaruDrs Klusen Ketua Timses Kab MelawiSambut Tahun Baru Hijriyah, Bupati Banyumas Tabuh Bedug