Rabu, 11 Juli 2018 - 07:50:16 WIB
Kabupaten Labusel Dicanangkan Menjadi Kabupaten LiterasiKategori: Sumatera Utara - Dibaca: 80 kali

Baca Juga:Sungai Cikamangi Desa Leuweunghapit Siap DikerukDiduga Korupsi DAK Rp 150 Juta, Kejari Bantaeng Periksa Anak Buah Kr GodengPengerjaan Rehab dan RKB Sejumlah SDN Asal Jadi, Kepsek dan Konsultan Diduga Lakukan KonspirasiPasca Lebaran, Pasar Labuan Dikepung Tumpukan Sampah

Labusel, JAYAPOS - Wakil Bupati Labuhanbatu Selatan Drs Kholil Jufri Harahap mencanangkan Kabupaten Labuhanbatu Selatan (Labusel) sebagai kabupaten literasi. Pencanangan ini dilakukan pada Sosialisasi Gerakan Literasi Nasional oleh Balai Bahasa Provsu Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, Selasa (3/7) di aula kantor bupati.

Hadir pada acara tersebut Kepala Balai Bahasa Provsu DR Fairul Zabadi, Wabup Drs Kholil Jufri Harahap, Sekda Zulkifli SIP MM, Asisten, pimpinan OPD, Camat, Lurah dan Kepala Desa dan undangan lainnya.

Wabup Drs Kholil Jufri Harahap dalam sambutannya menyatakan siap mendukung dan menjadikan Kabupaten Labuhanbatu Selatan sebagai Kabupaten Literasi di Provinsi Sumatera Utara.

Wabup meminta kepada seluruh OPD, camat, lurah dan kepala desa untuk mendukung Gerakan Literasi Nasional di Kabupaten Labuhanbatu Selatan.
“Kabupaten Labuhanbatu Selatan harus mampu menjadi percontohan sebagai kabupaten literasi baik di tingkat Provinsi Sumut maupun tingkat nasional”, ujar Drs Kholil Jufri Harahap.

Pada kesempatan itu, Wabup juga memerintahkan Kadis Perpustakaan membuat perpustakaan desa di 54 desa/kelurahan se-Kabupaten Labuhanbatu Selatan.

“39 desa sudah memiliki perpustakaan desa, saya minta Kadis Perpustakaan untuk melengkapi perpustakaan desa di 54 desa/kelurahan yang ada,” tegas Wabup.

“Kepada Kadis Pendidikan saya juga minta untuk membuat program perpustakaan sekolah di seluruh sekolah yang ada baik di tingkat SD, SLTP dan SLTA”, lanjutnya.

Sementara itu Kepala Balai Bahasa Provsu DR Fairul Zabadi dalam sambutannya mengajak seluruh elemen di Kabupaten Labuhanbatu Selatan untuk menggelorakan semangat Literasi.

“Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Balai Bahasa Provsu akan menjadikan Labuhanbatu Selatan sebagai projek Literasi di Provsu dan Nasional”, jelasnya.

Gerakan Literasi Nasional bertujuan untuk menumbuhkembangkan budaya literasi pada ekosistem pendidikan, keluarga, sekolah dan masyarakat dalam rangka pembelajaran sepanjang hayat sebagai upaya meningkatkan kualitas hidup.

Penerapan gerakan literasi nasional dilakukan melalui 3 ranah yaitu literasi sekolah, literasi masyarakat dan literasi keluarga. Literasi Sekolah dilakukan dengan menciptakan lingkungan sekolah yang gemar membaca dan rajin menulis.

Sedangkan Literasi Masyarakat dengan menciptakan lingkungan masyarakat yang gemar membaca dan rajin menulis dan literasi keluarga untuk menciptakan lingkungan keluarga yang gemar membaca dan rajin menulis.

Pada kesempatan itu, juga dilakukan penandatangan Nota Kesepahaman antara Balai Bahasa Sumatera Utara Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kemdikbud dengan Pemkab Labuhanbatu Selatan tentang Pengembangan, Pembinaan dan Perlindungan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah serta penandatanganan Piagam kerjasama antara Pemkab Labuhanbatu Selatan dengan Balai Bahasa Sumatera Utara Kemdikbud tentang Pengembangan, Pembinaan dan Perlindungan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah.(Gatti)


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerProyek Kawasan Wisata Penataran Blitar Abaikan Spek Kadis dan Satker Disbudpar Lempar Tanggung Jawab (55718)Kejanggalan Pengadaan Barang dan Jasa di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kab Sidoarjo Terciu (50749)Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (14039)Perempuan Misterius Titip Bayi, Gegerkan Warga Kolelet Picung (13525)BPPT MoU Dengan Pemkab Natuna Kaji Pemanfaatan Teknologi Guna Mendukung Percepatan Pembangunan Dae (13187)Kejahatan Freddie Tan, Menjual Aset Triliunan Milik Pemprov DKI Jakarta (12466)Perselingkuhan Antar Kepsek Akhirnya Terbongkar (8512)Sintong Gultom Bubarkan Rapat Banmus DPRD Setiran Bonaran Situmeang (7318)Sudah 4 Bulan Pegawai Kejaksaan RI Tidak Dapat Dana Remunerasi (6433)Tujuh Komoditas Unggulan Dinas Perkebunan Propinsi Jawa Timur (6227)
Bedah JayaposKontrak Kerja Sudah Habis Pengerjaan Puskesmas Palembayan Masih LanjutAgam, Jaya Pos Proyek pembangunan Puskesmas Palembayan di Kab. Agam Sumbar, sudah menjadi gonjang ganjing ...


Diduga Terlibat Proyek, LSM Penjara Desak KKP Periksa Sejumlah Anggota DPRD Kota ManadoCV Linang Jaya Diduga Kirim Material Tak Sesuai RAB Ke 30 Penerima Program RTLH Di Desa LabuanDinas PUPR Kab Sidoarjo Bidang Pengairan Diduga Lakukan Mark UpPembangunan USB SDN Babat 2 Kecamatan Legok Beraroma KorupsiDiduga Proyek Pembangunan Pasar Cibaliung, Gunakan Besi BekasProyek NUSP-2 ADB Loan Rp 5,9 M di Kapuas Berbau KKNKades Tanjung Diduga Selewengkan Keuangan Desa Ratusan Juta Rupiah
Laporan KhususDesa Kendalrejo Gunakan Dana Desa Untuk Tingkatkan PembangunanTrenggalek, Jaya Pos Program pemerintah melalui Dana Desa serta Alokasi Dana Desa yang langsung diterima ...


APBD Tanah Datar 2019 DisepakatiHari Jadi Bantaeng Ke-764 Gubernur Sulsel Bantu Bantaeng 26 MBakti PUPR Bangun Infrastruktur Mempersatukan BangsaLurah Bahu : Sidak Bagi Pendatang Berdomisili di WilayahnyaPengawasan APK Bersama Stakeholder Untuk Pemilu 2019Bupati Canangkan Gerakan Banyumas MembacaBanjir di Buaran DPU Tangsel Sigap Tangani Laporan Warga