Kamis, 12 Juli 2018 - 08:17:05 WIB
PKL di Seputaran Masjid Raya Baiturrahman Raya DitertibkanKategori: Aceh - Dibaca: 266 kali

Baca Juga:Proyek Siluman di Dinas PU Binamarga Kabupaten Sidoarjo Diduga Ada KongkalikongSungai Cikamangi Desa Leuweunghapit Siap DikerukDiduga Korupsi DAK Rp 150 Juta, Kejari Bantaeng Periksa Anak Buah Kr GodengPengerjaan Rehab dan RKB Sejumlah SDN Asal Jadi, Kepsek dan Konsultan Diduga Lakukan Konspirasi

Banda Aceh, JAYAPOS - Tim gabungan yang terdiri dari Satpol PP Kota Banda Aceh, Petugas Dinas Kebersihan, Disperindagkop bersama TNI dan Polri, Kamis (5/7/2018) melakukan penertiban terhadap PKL yang berjualan di seputaran Masjid Raya Banda Aceh.

Data dari Disperindagkop, ada sekitar 63 PKL yang ditertibkan dan tidak diizinkan lagi berjualan di sekitar Masjid Kebanggaan masyarakat Aceh tersebut.

Asisten Pemerintahan dan Kesra Setdakota Banda Aceh Bachtiar yang ikut hadir di lokasi menyampaikan, penertiban yang dilakukan merupakan amanah dari Qanun Nomor 3 Tahun 2007, Pasal 5 tentang pengaturan dan penataan PKL.

“Ini mengacu pada Qanun Nomor 3 Tahun 2007 dimana tidak dibenarkan PKL berjualan di seputaran Masjid Raya dan area yang menganggu fasilitas publik,” jelas Bachtiar.

Penertiban yang dilakukan Pemko Banda Aceh bertujuan untuk mengembalikan fungsi taman dan akses publik yang terganggu de­ngan aktifitas PKL di seputaran Masjid Raya.

Selain itu, beberapa kalangan juga menilai bahwa keberadaan PKL juga dinilai merusak keindahan Masjid Raya Baiturrahman sebagai salah-satu ikon Banda Aceh sebagai tempat ibadah dan tujuan destinasi wisata islami dunia.

Pemko Siapkan Lokasi Baru Untuk PKL

Kepala Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan Kota Banda Aceh T Iwan Kesuma mengatakan, pihaknya siap memberikan lokasi baru bagi PKL yang ditertibkan di seputaran Masjid Raya Baiturrahman.

“Ada 63 PKL yang kita tertibkan. Sesuai dengan Qanun Nomor 3 Tahun 2007 tidak dibenarkan berjualan disini, ini lokasi taman,” jelas Iwan Kesuma.
Sebelum penertiban dilakukan, Pemko telah melakukan sosialisasi kepada para PKL dimana lokasi seputaran Masjid Raya segera dikosongkan dari aktifitas perdagangan kaki lima.

Kemudian, lanjutnya, Pemko telah menyiapkan lo­kasi baru untuk tempat berjualan para PKL sebagai solusi.
“Kita sudah siapkan lokasi baru, PKL kita minta memanfaatkan pasar Newton Batoh dan lahan terminal APK Keudah. Untuk pemanfaatan di terminal akan kita komunikasikan dengan Dishub untuk ditempati PKL nantinya,” ujarnya.(Bus)


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerProyek Kawasan Wisata Penataran Blitar Abaikan Spek Kadis dan Satker Disbudpar Lempar Tanggung Jawab (60012)Walikota Tanjungbalai Hadiri Seminar Nasional Yang Diselenggarakan Pusat Kajian Selat Malaka USU Me (54798)Kejanggalan Pengadaan Barang dan Jasa di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kab Sidoarjo Terciu (51855)Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (15357)Perempuan Misterius Titip Bayi, Gegerkan Warga Kolelet Picung (14622)BPPT MoU Dengan Pemkab Natuna Kaji Pemanfaatan Teknologi Guna Mendukung Percepatan Pembangunan Dae (14437)Sepasang Kekasih Tewas Di Hotel Kisaran (14129)Kejahatan Freddie Tan, Menjual Aset Triliunan Milik Pemprov DKI Jakarta (13693)Sintong Gultom Bubarkan Rapat Banmus DPRD Setiran Bonaran Situmeang (13679)Perselingkuhan Antar Kepsek Akhirnya Terbongkar (9642)
Bedah JayaposPAD Dishub Bukittinggi Diduga Terjadi Kebocoran, Oknum ASN Tidak Beretika Perlu PembinaanBukittinggi, Jaya Pos Tingkat kebocoran sektor Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari retribusi perparkiran di ...


Kasektor Citata Kramat Jati Diduga Lindungi Bangunan BermasalahProyek Jalan PUPR Lahat AmburadulPT DWK Diduga Produksi CPO Dioplos MikoTiang Oktagonal Segi 8 Bengkok, Dishub Surabaya Lakukan PembiaranKegiatan Pamsimas di Kabupaten Sidoarjo Diduga Mark UpPembangunan Gerai Pusat Oleh-Oleh Diduga Gunakan Bangunan LamaPendataan Dinas Sosial Bukittinggi Diduga Pilih Kasih Pada Warga Miskin
Laporan KhususPemkab Gumas Raih Penghargaan Dari Menkumham RIKuala Kurun, Jaya Pos Pemerintah Kabupaten Gunung Mas (Gumas) Kalimantan Tengah (Kalteng) melalui Bagian ...


Menjelang Hari Jadi Kabupaten Indramayu Lantik WabupWalikota Padang Panjang Kembali Terima Penghargaan Pembina ProklimPemkab Bantaeng Raih Penghargaan STBM Award Tingkat NasionalJumaga Nadeak Kembali Dilantik Pimpin DPRD KepriPimpinan Tiga Daerah ke Bantaeng Ikuti Monev Bersama KPKHari Kesaktian Pancasila Pemkot Manado Gelar Upacara Bendera45 Anggota DPRD Labuhanbatu Periode 2019 - 2014 Dilantik