Selasa, 17 Juli 2018 - 04:40:00 WIB
Pedestrian Merr-Kalidami Senilai Rp 3 Milyar Terkesan Asal JadiKategori: Bedah Jaya Pos - Dibaca: 130 kali

Baca Juga:Terkait Kasus Hambalang, Putusan MA Dinilai Salah Penerapan HukumPemilihan Ketua BK DPRD Parimo TertutupIzin Galian C PPKS Unit Marihat Diberlakukan, Camat Siantar Kangkangi Hak KabupatenProyek Siluman di Dinas PU Binamarga Kabupaten Sidoarjo Diduga Ada Kongkalikong

Pekerjaan dilapangan terlihat asal jadi, semrawut dan amburadul.

Surabaya, JAYAPOS - Pejalan kaki sangat ingin mendapatkan kenyamanan ser­ta terbebas dari kema­cetan. Maka diperlukan pedestrian bagi pengguna jalan kaki.

Untuk itu Pemerintah Kota Surabaya dengan menggunakan anggaran ABPD 2018 yang merupakan uang hasil pajak dari rakyat mulai membangun pendestrian Merr-Kalidami.

Pemilihan kontraktor itu dilaksanakan lewat proses lelang umum dan tersaring pemenang yang mematuhi persyaratan. Meski mengacu pada penandatanganan integritas akan tetapi nyatanya saat proses perkerjaan di lapangan dan dokumen rekanan, berdasarkan pantauan Jaya Pos terkesan janggal.

Paket pedestrian de­ngan saluran Jalan Kertajaya Indah Merr- Sungai Kalidami dengan rekanan PT.Duta Persada Raya milik Heri Krisdianto beralamat di Kedung Asem Surabaya senilai Rp. 3.076.947.000.00 dengan kualifikasi M1 subidang SI001 tak mempunyai nilai referensi bahkan tak ada kemampuan dasar. Rekanan Pemkot baru berdiri 8 Januari 2018 bisa menang oleh pesaing rekanan raksasa lainya yang jauh lebih pengalaman diduga seperti lelang syarat kepentingan dan pesanan dalam pilihan pemenang.

Alhasil dilapangan tampak asal jadi, semrawut dan amburadul seperti ucap salah satu warga yang melintas berkomentar kepada Jaya Pos, “Lihat aja truk milik Indomaret sudah jadi korban amblesnya terperosok dampak dalam pekerjaan pedestrian karena tak ada rambu-rambu pengaman + lampu warning light pengaturan lalu lintas. Pembuatan papan nama proyek dengan ukuran 0,9 M x 1,2 M. Persiapan dan sewa Direksi tidak dilakukan dengan ukuran lantai • dinding rangka atap = 3 M x 6 M = rabatan beton = triplek tb. 4 MM finish cat tembok = kayu meranti 5/7 = asbes gelombang kecil tidak dilakukan,” ujarnya.

Pekerjaan pembesian wiremesh besi wiremesh Ø8 uk. 5,4 x 2,1 M – 15 CM. Pekerjaan beton K-350 untuk spesifikasi secara umum. Pekerjaan wiremesh Ø8-150 (untuk crossing). Untuk spesifikasi secara umum sudah dijelaskan tentang pekerjaan beton bertulang. Syarat - syarat pelaksanaan spektek-ditch cor setempat (K-350) overlapping panjang sambungan harus disesuaikan kembali berdasarkan diameter besi yang dipilih.

Penggantian tersebut tidak boleh mengakibatkan overlapping sambungan yang dapat menyulitkan pembetonan atau menyampaikan vibrator. Untuk plastic polythene adalah : thermoplastic, elastis/lentur, tidak tembus air, tidak berbau, plastic sedikit buram dan transparan, tahan benturan hingga 135 derajat celcius. Ketebelan minimal 125 mikron dan item.

Pemasangan pipa PVC 4” U/limbah domestik ukuran dan tata acara pemasangan pipa buangan rumah tangga drainase adalah pipa PVC ex : maspion, ukuran dimensi pipa yang digunakan 4” akan tetapi tidak dilakukan secara metode pelaksanaan, terdapat item pekerjaan Beton B-0 spesifikasi secara umum tentang pekerjaan beton termasuk bahan mutu yang digunakan adalah setara dengan K-100 untuk beton lantai kerja, rencana campuran beton (concrete mix design) lima minggu sebelum pekerjaan pengecoran beton dimulai.

Dan lampiran design procedure dan preliminary test guna mutu seperti yang syaratkan, campuran harus mengunakan perbandingan berat antara semen, pasir, kerikil dan air. Perencanaan campuran hendaknya sesuai persyaratan PBI 1971 efaluasi kekuatan karakteristiknya menurut pengujian beton dan peralatan.

Lapangan harus menyediakan tenaga dan alat-alat untuk melakukan semua test di lapangan pada beton dan material untuk beton yang tercantum dalam PBI 1971,alat dan tempat untuk melakukan pecobaan adalah slump test ( nilai kekentalan beton ) maximum 10 cm.

Test kadar lumpur, dan alat untuk menentukan moisture 5 cm dan maksimal 10 cm untuk campuran dengan koral beton dan maksimal 12 cm untuk campuran batu pe­cah (stone cruisher) akan tetapi tahapan tersebut tidak dilakukan.

Drs. Zainal Abidin ST, MT, aktivis LSM WAR (Wadah Aspirasi Rakyat), mengatakan, regulasi awal terkait proyek atau proses tahapan bila mengabaikan ketentuan serta adanya kongkalikong dan kesewenang wenangan jabatan terdapat tindak pidana dan merugikan negara atau melawan hokum. “Alangkah sebaiknya kita pantau sambil menunggu masa PHO menuju ke FHO akan kita laporkan pada pihak berwajib guna efek jera bagi penyelenggara dan rekanan,” ujarnya (Junn)

 


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerKejanggalan Pengadaan Barang dan Jasa di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kab Sidoarjo Terciu (50610)Proyek Kawasan Wisata Penataran Blitar Abaikan Spek Kadis dan Satker Disbudpar Lempar Tanggung Jawab (40566)Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (13884)Perempuan Misterius Titip Bayi, Gegerkan Warga Kolelet Picung (13379)BPPT MoU Dengan Pemkab Natuna Kaji Pemanfaatan Teknologi Guna Mendukung Percepatan Pembangunan Dae (13014)Kejahatan Freddie Tan, Menjual Aset Triliunan Milik Pemprov DKI Jakarta (12280)Perselingkuhan Antar Kepsek Akhirnya Terbongkar (8346)Sintong Gultom Bubarkan Rapat Banmus DPRD Setiran Bonaran Situmeang (6388)Tujuh Komoditas Unggulan Dinas Perkebunan Propinsi Jawa Timur (5782)Mandi Seperti Manusia Petugas Yakin Bonita Adalah Harimau 'Jadi-Jadian' (5572)
Bedah JayaposPT PLN (Persero) Riau Memasang Jaringan Arus Listrik Asal JadiRiau, Beberapa anggota masyarakat kembali lagi mempertayakan sudah sejauh mana pertanggung jawaban ...


Tersangka Jansaiman Saragih Menguasai Asset GBI ICC Rayon 11 Pekanbaru Kasus Penebangan Pohon Jati Milik PTPN 2 Tandem MengambangDirut Rumah Sakit Diduga Pungli, Massa Berunjuk RasaAnggaran DD Desa Cimanis- Sobang Pantas DiauditCatut Nama Emil Dardak Akun FB Pencari Sumbangan DipolisikanTipu Nasabah, Developer KSU Penyang Sangkalemu DipolisikanDamparit Kabupaten Barru Sul-Sel Diduga Tidak Sesuai Bestek
Laporan KhususBupati Emil Dardak Sambut Baik Lawatan Danrem 081/DSJ MadiunDitengah kesibukan kerjanya, Emil Dardak meluangkan waktu bersilaturahmi dan menjalin komunikasi dengan ...


TMMD Reg 103 Wilayah Kodim 0736/ Batang, Percepat Pembangunan Wilayah dan Masyarakat Pemkab Gumas Gelar Bursa Inovasi Desa 20182019, Seluruh Kegiatan di OPD Gumas Terintegrasi Secara OnlineUsai Dilantik, Fadly Amran dan Asrul Resmi Jabat Walikota dan Wakil Walikota Padang PanjangPemkab Gumas Rakor Pilkades Serentak 2018HUT OKI Jadi Energi Tuntaskan PembangunanPemko Tanjungbalai Menerima Kedatangan Kafilah MTQN XXVII Asal Kepri di Bandara Kuala Namu